CODE NAME: TOMAHAWK AP SPEED – RACE DAY

748

tomahawk ap speed race day sentul (81)

Day 2 is here. Dan itu berarti race day is comin. Setelah pada hari Sabtu kemaren Rian  sudah melakukan qtt dengan mencetak best time 12,86 detik. Maka pada keesokan harinya dia harus bisa membuktikan bahwa ia bisa mengendalikan Tomahawk nya, untuk bisa bermain di angka 13.00, atau dia akan brake out.

tomahawk ap speed race day sentul (5)

Saya pun tiba di lokasi pit AP Speed yang terletak di pit 24-26 sekitar pukul 9 pagi. Keadaan di pit AP Speed sudah mulai ramai dengan para crew dan juga member AP Speed, yang datang untung memberikan dukungan di race day ini. Dan cuacanya cukup cerah ceria pada pagi itu.

tomahawk ap speed race day sentul (8)

Sementara di area pit line masih terhitung cukup sepi pada pagi hari itu. Rata-rata para anggota team masih mempersiapkan kendaraan mereka. Race pun juga baru dimulai pada jam 10:00

tomahawk ap speed race day sentul (1)

Saya pun  berjalan-jalan di area pit AP Speed. Lantas saya pun mengambil gambar salah satu gear favorit saya dan idaman saya selain racing shoes, yaitu racing helmet.

tomahawk ap speed race day sentul (12)

Ada sesuatu yang membuat saya tak bisa diam untuk memphoto alat pelindung kepala ini

tomahawk ap speed race day sentul (13)

Terutama karena bentuknya yang macho dank has, apalagi yang khusus untuk open wheel atau mobil, yang dagu atau lehernya memanjang hingga ke leher. So sexy.

tomahawk ap speed race day sentul (6)

Sementara si  334 hp B20 Tomahawk terlihat santai saja di pit no.26. Menunggu untuk memulai heat 1 nya di Sentul Drag 2013 round 2.

tomahawk ap speed race day sentul (90)

Saya pun berjalan-jalan di di pit sebelah, yaitu pit Tiger Auto Racing yang kali ini featuring Engine+. Dan macam senaglah kita kena tengok Tiga lagi (The Tiger R35). Dan yang specialnya lagi saya tak sangka bisa bertemu dengan orang yang sudah menjemput saya di pagi buta di KLIA airport Malaysia, his name is Akina Teo from Kuraz Motorsport Malaysia. Akina datang ke Sentul atas undangan dari H. Dadang. Nice to see you again bratha.

tomahawk ap speed race day sentul (9)

Inilah pertama kalinya Akina datang ke Sirkuit Sentul Indonesia, dan kali ini dia ditemani oleh Chan Chee Mun, Research & Development Manager Ultra Racing Malaysia.  Kalo Anda membaca liputan saya selama di Malaysia bersama The Tiger R35, Chan adalah orang yang membuat Rollcage The Tiger hanya dalam waktu 3 jam di pabrik UR Malaysia. Mereka ber-2 menyempatkan diri untuk mampir ke pit AP Speed. Saya pun memperkenalkan Akina dan Chan kepada team AP Speed. Dan setelah itu Rian pun menjadi tour guide mereka di pit AP Speed.

tomahawk ap speed race day sentul (10)

Dari 7 mobil di pit AP Speed, Akina hanya memphoto Tomahawk EG6 milik Rian. Yaitu pada roll cage yang dekat dashboard (melengkung seperti huruf S), dan terutama Samco housing yang berwarna camouflage atau doreng. Akina sampai bilang “ Ah..this is uniq lah. Where u get it?”. Rian pun menjawab “Special order”

tomahawk ap speed race day sentul (11)

Dan sebagai tanda pertemanan antara Rian dan Akina, Rian dan kakaknya Rio memberikan kenang-kenangan dari Indonesia berupa Tomahawk AP Speed team t-shirt kepada Akina dan Chan. Dulu waktu saya di Malaysia, Akina lah yang memberikan saya The Tiger with Kuraz Motorsport lengkap dengan menambahkan logo Perfourm.com dilengannya dan Ultra Racing “think your love one” t-shirt. Kali ini saya membalasnya dengan sebuah Tomahawk AP Speed team t-shirt yang didesain oleh saya dan tim Perfourm.

tomahawk ap speed race day sentul (15)

Karena ada something wrong dengan timer dan lampu startnya, jadilah kelas 13 detik startnya diundur hingga jam 12:30 siang. Dan daripada mati gaya, Rian pun berubah menjadi skaterboy dengan long boardnya. Jika dulu waktu SMA dia bermain skateboard memakai Volcom pants dan Globe Shoes, kali ini he got style lah. Playing skateboard with Alpinestar race suit and racing shoes, how many horsepower that board has?

tomahawk ap speed race day sentul (16)

Tak mau kalah dengan adiknya, Rio yang sama-sama mati gayanya mencoba bergaya dengan bermain skateboard dengan wara-wiri area pit line. Dan tentu saja dengan Alpinestar race suit dan racing shoes. Ini dia rider baru Alpinestar di skateboard.lol

tomahawk ap speed race day sentul (17)Sementara Aik yang membawa skateboard ini juga tak mau kalah dengan sedikit bermain-main di area oit line. Just for your info ternyata Aik juga adalah seoarng skateboard. Sudah saya tebak dari gaya geolnya anak skate, yaitu topinya yang agak ditaro diatas kepala, tidak dimasukkan seluruhnya

tomahawk ap speed race day sentul (2)

Race pun segera di mulai, seluruh crew dan member tim AP Speed pun berkumpul di dalam pit untuk melakukan doa bersama sebelum mengikuti race.

tomahawk ap speed race day sentul (3)

Doa bersama kali ini dipimpin langsung oleh Daddy atau Bang Aprek selaku head mechanic  atau da big boss nya AP Speed. Dimana Daddy dalam early briefingnya memohon semoga tim ini diberikan keselamatan, kelancaran, dan kemenangan dalam race hari ini.

tomahawk ap speed race day sentul (4)

Rian pun langsung memberikan early briefing kepada kakaknya Rio bagaimana mengoperasikan mainan baru mereka, yaitu on board camera GoPro Hero 3. Video coming soon on Perfourm.com.

tomahawk ap speed race day sentul (19)

Sesaat sebelum start Rian pun di interview  dan photo session oleh salah satu surat kabar dari Jakarta, karena dia adalah peserta dari kota Surabaya

tomahawk ap speed race day sentul (20)

Tomahawk pun mulai berjalan meninggalkan pit AP Speed. Dan kali ini yang memulai run 1 nya di kelas bracket  13 detik adalah Rian, sementara kakaknya Rio bersiap-siap untuk run yang ke-2 di kelas bracket 13 detik.

tomahawk ap speed race day sentul (21)

All Motor Squad AP Speed pun meulai meninggalkan pit mereka satu persatu menuju garis start.

tomahawk ap speed race day sentul (79)Honey….I’m home.

tomahawk ap speed race day sentul (22)

Tom pun bersiap-siap di area waiting zone untuk memulai run yang 1 nya dikelas bracket 13 detik. Tampak juga  Daddy sedang memeriksa pintu samping kiri Tom.

tomahawk ap speed race day sentul (92)

Mungkin karena terlalu capek dan lama menunggu race di kelas nya dimulai, Rian pun menguap ngantuk

tomahawk ap speed race day sentul (25)

Rian pun mulai memanaskan M/T slick tire nya dan mulai maju ke garis start. tomahawk ap speed race day sentul (27)

Rian pun berhasil mencetak waktu 13.02 detik

tomahawk ap speed race day sentul (30)

Rio the Flash  kini berada di balik kemudi Tomahawk, pria yang baru saja menikah ini pun bersiap-siap untuk memulai 1st run nya di heat yang pertama di kelas bracket 13 detik.

tomahawk ap speed race day sentul (31)

Dan akhirnya Rio pun melesatkan EG6 yang bertenaga  menuju lantanas sepanjang 402 meter dengan mulus, dan berhasil mencetak waktu 13.32 detik, cukup jauh dari waktu sang adiknya Rian the Tomahawak (13.02 detik)

tomahawk ap speed race day sentul (29)

Sementara head-to head satu team terjadi di kelas bracket 13 detik. Dimana Spongebob AP Speed EG6 berada dalam satu race bersama Rainbow AP Speed EG6. Race ini akhirnya dimenangkan oleh Spongebob dengan catatan waktunya  13.092 detik yang diraih oleh Anggoro Oyot . Dan disusul oleh Rainbow dengan catatan waktunya 13.2 detik yang diraih oleh Aik

tomahawk ap speed race day sentul (75)

EG6 berwarna orange milik Fany asal Jambi ini sudah bersiap-siap di waiting zone menunggu drivernya untuk beraksi di lantanas sepanjang 402 m. Bagaimana kalo saya namakan EG6 berwarna orange ini dengan julukan atau nama The Smashing Pumpkins. Dan memang harus saya akui, cuaca di Sentul kali ini cukup panas. Dan supaya untuk mencegah mesin cepat overheat dan juga menjaga performance enginenya dalam suhu yang normal, maka perlu di semprotkan air supaya temperature engine nya turun. Supaya performance yang dihasilkan bisa maksimal.

tomahawk ap speed race day sentul (18)

Mobil pun siap, begitu juga drivernya. Dan yang menjadi drivernya adalah Fanny yang merupakan owner dari EG6 berwarna orange ini.

tomahawk ap speed race day sentul (33)

Lalu Amad. Yang ke-2 nya berasal dari Jambi

tomahawk ap speed race day sentul (34)

Dan akhirnya mereka berhasil mencetak waktu di kelas 13 detik, yaitu Fanny (13.852 detik) dan Amad (13.846 detik). Belum cukup untuk bisa bersaing di 5 besar kelas bracket 13 detik)

tomahawk ap speed race day sentul (35)

It’s all motor heaven here, kecuali evo itu. All Motor Squad AP Speed pun kembali memenuhi waiting zone untuk bermain dikelas 12 detik. Dimana dikelas ini sudah mulai banyak mobil force induction yang bertarung untuk menjadi  yang tercepat dikelas 12 detik.

tomahawk ap speed race day sentul (37)

Sekali lagi head to head sesame team dalam 1 race terjad pada Tomahawk AP Speed EG6 dengan Pedes Maniz AP Speed EG6 dikelas bracket 12 detik.

tomahawk ap speed race day sentul (38)

Dan akhirnya 334 hp Tomahawk harus mengakui mesin 368 hp B20 stroker kit 2.2 Lt milk Herdy. Catatan waktunya adalah dan 12,4 detik  (Sadat-Pedes-maniz) dan 13.0 detik (Rio)

tomahawk ap speed race day sentul (40)

Sementara si biang kerok bikini bottom bersaing dengan Red Onion Epo III (evo basic lancer local) yang sudah ipersenjatai mesin 4G63T dan AWD nya. Race ini pun dimenangkan oleh si Epo. Sementara SPongebob berhasil mencetak waktu 13.0 detik.

tomahawk ap speed race day sentul (43)

Sementara Pedes Manis, berhasil mencetak waktu 12.3 detik (Herdy),

tomahawk ap speed race day sentul (44)

Heat yang 1 pun telah selesai, saya pun kembali ke pit nomer 24-26 untuk beristirahat dan makan siang. Sungguh cuaca Srntul kali itu cukup panas.

tomahawk ap speed race day sentul (45)

Dan karena cuaca yang cukup panas, memaksa crew AP Speed untuk tetap keep the engine cool down dengan cara mengompres intake manifold nya dan juga menyiram radiatornya,

tomahawk ap speed race day sentul (46)

Rian pun juga tak mau diam, dirasa engine nya belum cukup dingin. Dia pun berinisiatif sendiri untuk menyiram radiator mesin 334 hp B20 nya.

tomahawk ap speed race day sentul (48)

Akhirnya lunch time. Dan seketika pit di sentul ini berubah seperti acara tahlilan, semuanya serempak duduk dilantai. Dan tentu saja sambil ditemani dengan super subwoofer audio system milik Daddy yang dengan setia menyetel Morena terus. Why oh why…Morena..morena..morena terus.lol

tomahawk ap speed race day sentul (50)

Dan inilah menu makan siang kami. Dalam kondisi saya bekerja yang wara wiri ini, biasanya saya hanya memakan sedikit nasinya saja, hanya untuk sarat biar cacing di perut saya tidak demo nasi mana nasi. Lol. Selebihnya saya menghabiskan lauk pauknya saja,dn banyak minum air. I’m high and dry here.

tomahawk ap speed race day sentul (49)

Sayangnya TV mochin di pit AP Speed tidak berisi fashion tv atau tv kabel, yang ada hanya angka saja, burem lagi.lol. Just for your info, tv ini hasil ngembat dari bengkel  Daddy (Daddy saja baru sadar kalo TV nya di gondola ke Sentul), dan kabel dari race controlnya hasil ngembat kabel atau mbajak punya Sentul. Benar-benar semprul.

tomahawk ap speed race day sentul (51)

Ingat photo tadi sewaktu Rian menguap sewaktu line up di heat yang 1, akhirnya pria yang gemar basket ini k.o juga di dekat super subwoofer yang sekali lagi memutarkan tembaang-tembang disco tung tung pengantar tidur Rian.

tomahawk ap speed race day sentul (55)

David dengan EG6 nya berhasil keluar sebagai juara ke-4 dengan catatan waktunya 16.284 detik di kelas bracket 16 detik.

tomahawk ap speed race day sentul (32)

Andre Phebe bersiap-siap untuk memulai heat 2 ya

tomahawk ap speed race day sentul (28)

Pink Love EG6 yang dipersenjatai dengan mesin B20 stock. Berhasil mengantarkan  Herdy ke juara yang 1 dikelas bracket 14 detik dengan catatan waktunya 14,022 detik, dan Anggoro Oyot di posisi ke-4, dengan waktu 14.135 detik.

tomahawk ap speed race day sentul (56)

Sementara nasib kurang beruntung menimpa Jamal dengan Soluna 4AFET nya, pada heat ke-2 kelas bracket 13 detik ini dia terkena jumo start.

tomahawk ap speed race day sentul (57)

Si trouble maker bikini bottom ini pun keluar sebagai juara ke 2 dan ke -5 di kelas bracket 13 detik. Dengan pembalapnya Anggoro Oyot (juara ke-2, 13.057 detik), dan Andre Phebe )juara ke-5, 13.145 detik)

tomahawk ap speed race day sentul (23)

Rian pun kembali memasangkan helm Rp.60.000 dari tahun 2004 nya. Yang jelas Rian merasa nyaman memakai helm yang sudah menemaninya dari dia turun di dunia drag race Surabaya bersama tim Gar Power di saat dia kelas 3 SMP. Dan tampaknya dia sudah segar bugar.

tomahawk ap speed race day sentul (62)

Di luar dugaan, Rian pun berhasil mencetak waktu 13.002 detik. Cukup dekat dengan nilai sempurna yaitu 13.000 detik. Itu berarti musuhnya harus bisa mencetak waktu 13.001 atau harus jadi seorangsniper untuk bisa mencetak 13.000 detik. Sementara ini Rian pun bertengger sebagai calon juara di kelas 13 detik.

tomahawk ap speed race day sentul (65)

Barisan EG6 pun mulai memenuhi area waiting zone, dari yang natural aspirated hingga force induction. Dan AP Speed yang mewakili kubu All Motor Honda paling banyak saat itu.

tomahawk ap speed race day sentul (66)

Setelah di heat 1 kelas bracket 13 detik Rio The Flash memperoleh waktu 13.092 detik,  dan cukup jauh dari adiknya Rian yang memperoleh best time 13.026 detik. Rio pun kini harus mempertajamkan waktunya untuk bisa mendekati atau memperkecil catatan waktu adiknya yaitu 13.002 detik.

tomahawk ap speed race day sentul (67)

Saya pun membantu mendorong Tomahawk menuju ke garis start

tomahawk ap speed race day sentul (41)

Memberikan tanda belum siap untuk diberangkatkan.

tomahawk ap speed race day sentul (69)

Sementara Rainbow AP Speed EG6 dengan Aik di dalamnya berhasil mencetak waktu 13.527 detik. Cukup jauh membuatnya terlempar dari 5 besar, dan harus puas duduk diposisi ke 10 di kelas bracket 13 detik.

tomahawk ap speed race day sentul (76)

Sedangkan Herdy tampak sedang bersiap-siap melakukan heat ke-2 nya dengan Pedes maniz

tomahawk ap speed race day sentul (77)

So far ini adalah monster atau the beast yang dimiliki oleh AP Speed. Dengan mesin  B20 stroker kit 2.2 Lt yang mampu memuntahkan tenaga sebesar  368 hp. Tentu jarak 402 terasa gampang untuknya, apalagi terasa lebih gampang lagi ketika V-tec just kicked in ya !

tomahawk ap speed race day sentul (71)

Pedes maniz pun berhasil mencetak waktunya  12.3 detik

tomahawk ap speed race day sentul (72)

Rian pun kembali ke garis start untuk memulai run nya di babak final heat ke-2 kelas bracket 12 detik. Ternyata Rian keluar sebagai juara 1 dikelas bracket 13 detik dengan catatan waktunya 13.002 detik tadi. Well done bro…well done

tomahawk ap speed race day sentul (78)

Pada final heat ke-2 di kelas bracket 12 detik ini, Rian hanya menyetak waktu 12.962 detik dan bertengger di posisi ke9. Sedangkan kakaknya Rio the Flash, menduduki posisi ke-7 dengan catatan waktunya 12.891 detik.

tomahawk ap speed race day sentul (53)

Tos antara sesame team Ap Speed yang telah berhasil meraih prestasi pada hari ini

tomahawk ap speed race day sentul (84)

Seluruh race pada hari itupun sudah selesai, waktunya untuk pengumuman pemenang yang dilakukan di atas podium yang berada di tengah-tengah pit Sentul Circuit.

tomahawk ap speed race day sentul (82)

Here’s comes the Superman. Jika Superman membuka jas nya dan yang muncul adalah logo S nya, maka Rian membuka race suit nya yang muncul adalah gambar Tomahawk EG6 nya yang sudah membawanya meraih podium 1 di kelas bracket 13 detik

tomahawk ap speed race day sentul (81)

At last, setelah kurang lebih 6 tahun saya tidak menyaksikan ke-2 kakak beradik ini juara dan naik keatas podium, kini saya bisa melihatnya lagi. Rian berhasil meraih podium 1 dengan waktu 13.002 detik, dan Rio podium ke-3 dengan waktu 13.021 detik. It’s a jump celebration ala Perfourm.com. tomahawk ap speed race day sentul (85)

Sedangkan Herdy pun tak mau kalah dengan kakak adik tersebut. Herdy pun  merayakan kemenangannya di kelas 14 detik (juara 1) dengan  jump celebration ala Perfourm.com. catatan waktunya adalah 14.022 detik. Nglompatnya antara takut dan senang, ya gini ini, jadinya tidak sadar kamera. Takut kejedot lantai.lol

tomahawk ap speed race day sentul (80)

Dan selalu ada waktu untuk berphoto bersama dengan seluruh teman yang menggunakan Tomahawk t-shirt.

tomahawk ap speed race day sentul (86)

Akhirnya setelah pada event  seri yang 1, Rian brake out atau bablas waktunya (12.9 detik). Kali ini di seri yang ke-2 Rian berhasil membukukan waktunya mendekati angka 13.000 detik dengan waktu 13.002 detik. Dan berhasil keluar sebagai juara 1 di kelas bracket 13 detik.

tomahawk ap speed race day sentul (87)

Berhubung Rio sudah pulang duluan, maka Rio diwakilkan oleh Sadat. Dan inilah para juara kelas 13 detik sirkuit sentul  yang 5 besarnya dikuasai oleh AP Speed  dan menyisakan 1 podium untuk Force induction ( Avan-EvoIV,13.147 detik). Juara ke-2 Anggara Oyot (13.057 detik), juara ke-3 Rio (13,021 detik), dan k e-5 Andre Phebe (13.145). Dan saya pikir team AP Speed layak mendapatkan sebagai tim drag race terbaik pada saat ini, karena mereka telah memenangkan beberapa seri drag race di pulau Sumatera dan Jawa pada kelas bergengsi (modified N/A classs).

tomahawk ap speed race day sentul (83)

Well done bro..well done

tomahawk ap speed race day sentul (88)

Well, that’s it my report from Drag Sentul 2013 round 2 with Tomahawk AP Speed EG6 guys. See ya….

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

Comments

comments!