BANK BJB HGMP : TWO PODIUM IN SUPER DRIFT RD.2, WONOSARI

217

Bank BJB HGMP Racing Team akhirnya berhasil meraih 2 podium kemenangan di Kejurnas drifting Pertamax Motorsport  Super Drift rd.2 yang diadakan di Lanud Gading, Wonosari – Yogyakarta pada tanggal 30 September -1 Oktober 2017 yang lalu. Danny Ferdito berhasil merebut podium ke-2 di pro class, dan Alinka Hardianti pada podium ke-3 di rookie class menjadi pelipur lara team ini yang gagal meraih podium di seri 1 nya.

Dengan tampilan livery barunya yang menampilkan sponsor utama barunya, yaitu Bank BJB, team ini pun berubah nama menjadi Bank BJB HGMP Racing Team. Ini adalah debut perdananya HGMP dengan Bank BJB di scene drifting Indonesia.

Liverynya pun tampak lebih fresh alias segar daripada livery HGMP yang lama yang condong didominasi oleh warna kuning.

Dan untuk yang pertama kalinya, Dede Muhaimin sang team owner Bank BJB HGMP Racing Team akan turun di kejurnas drifting ini dengan Subaru BR2Z nya yang sebelumnya sudah di persiapkan oleh Akbar Rais melewati beberapa event drifting nasional. Sementara Akbar Rais akan kembali ke selera asal mempiloti Nissan Cefiro nya.

Tak hanya  livery pada mobil mereka saja yang berubah.  Livery pada helm mereka juga berubah dengan adanya warna biru yang merupakan livery dari Bank BJB.

Bank BJB HGMP Racing Team pada kejurnas seri ke-2 kemaren menurunkan sebanyak 5 drift car nya dengan 6 drifter di dalamnya yang bertarung di rookie class dan pro class.

Dari kiri ke kanan, Aria Ramadhan yang merupakan pembalap touring akan bertarung di rookie class, Akbar Rais akan bertarung di pro class, Alinka Hardianti akan bertarung di rookie class, Dede Muhaimin akan bertarung di kelas rookie class, dan akhirnya Alvito Hardianto akan bertarung di rookie class.

Dan tak ketinggalan juga Danny Ferdito yang akan menadampingi Akbar Rais bertarung di pro class.

Swag people

Danny Ferdito yang pada seri 1 kemaren terlibat insiden menabrak beton pembatas sewaktu melakukan solo run dengan Nissan S13 200SX nya, sehingga menyebabkan 200SXnya rusak parah. Akhirnya kembali ke drift car lamanya, yaitu sebuah Toyota Soarer UZZ30 nya.

Sementara untuk yang ke-2 kalinya BMW E46 yang merupakan touring car yang dipiloti oleh Dede Muhaimin dan Aria Ramadhan akan beraksi lagi di kejurnas drifting.

Dan bukanlah hal yang mudah menyemplungkan mobil spec touring untuk bermain drifting. Mulai dari kendala understeer alias ke grip an, hingga e-brake yang membuat beberapa kali Aria yang “mendadak menjadi drifter” ini berurusan dengan remnya yang cepat habis.

Jika pada seri 1 kemaren Bank BJB HGMP Racing Team menurunkan sebanyak 6 mobilnya. Maka seri ke-2 ini Nissan S15 Varietta nya di kandangkan oleh Dede Muhaimin.Dede Muhaimin sang team owner Bank BJB HGMP Racing Team akan berada di dalam cokpit Subaru BR2Z nya yang sebelumnya sering digunakan oleh Akbar Rais. Ini lah peralihannya dari sebuah S chassis ke mobil dengan chassis dan teknologi terbaru di dalamnya.

Sementara Alinka sendiri sudah mulai membuat brand image atau brandingannya sendiri dengan memproduksi stiker bergambar dirinya sendiri, t-shirt, hingga topi yang semua Anda bisa dapatkan jika Anda berhasil merayu nya.Well… Good luck guys..

Dan seperti biasa, saya pun dengan senang hati mengerjai seluruh drifter team ini ini melompat ketika di photo. Bagi saya ini adalah signature photo bagi team ini sebelum mereka mulai membakar ban dan door to door. We’re renegade of funk.

Dan yang pasti mereka sangat menikmati track baru drifting mereka yang merupakan apron atau tempat parkir pesawat di Lanud Gading Wonosari, Yogyakarta. Maklum saja track di JIEXPO sudah khatam dengan view dan layout yang beti atau beda tipis dari tahun ke tahun.

Waktunya bagi Dede untuk bercinta dengan mainan barunya yang sudah lama di pinjamkan ke Akbar Rais untuk di test trial error nya sebelum akhirnya Dede lah yang harus mempiloti mobilnya sendiri ini.

Sang Team Owner pun bersiap-siap di dalam cockpit BR2Z nya yang sudah beberapa kali di coba beradaptasi sewaktu latihan di Sentul International Circuit, Bogor. Latihannya pun berjalan lancar dan dia pun bisa beradaptasi dengan mobilnya. Namun  apakah dia bisa menyatu dengan mobilnya dibawah tekanan atau tatapan mata para dewan juri?

Biasanya kita melihat Dede dengan mobil Cabrio atau tanpa roof nya, kini no more “californa girl” car yang Daisy Dukes bikinis on top Sun-kissed skin So hot will melt your popsicle.

Dede pun mulai melakukan free parcticenya  bersama BR2Z nya. Tampaknya Dede terkena demam panggung. Beberapa kali dia melakukan kesalahan berupa understeer ataupun melebar

Namun di beberapa titik dia bisa membuat 590hp BR2Z nya berdansa dan membakar ban dengan sempurna. Dan baru kali ini lah saya melihat sang boss Bank BJB HGMP Racing Team ini berdansa dengan Subaru BR2Z yang sebelumnya sering digunakan oleh Akbar Rais. Dan tampaknya dia harus lebih banyak berlatih untuk bisa beradaptasi dengan mobil barunya ini.

Bahkan mungkin karena terlalu bersemangat atau demam panggung, otot tangan kirinya yang biasa digunakan untuk menarik e-brake terkilir. Sehingga menyebabkan rasa sakit atau tidak enak untuk pengusaha muda ini.

Yang menyebabkan diapun harus melepas race suitnya dan mengganti dengan sandal jepit dan D.N.S atau Did Not Start pada babak QTT atau kualifikasi karena tangan kirinya terkilir.

Masuk kebabak QTT atau kualifikasi dari 6 drifter, tersisalah 5 drifter yang akan mencoba peruntungannya di babak kualifikasi ini. Yang pertama adalah Alvito Hardianto dengan Nissan Cefiro A31 yang dipersenjatai dengan mesin RB25DET. Alvito  pun berhasil meraih point atau score sebanyak 49.00 yang membuatnya berada di urutan terbaik ke-10 di rookie class.

Diatas Alvito atau diposisi terbaik ke-9 di rookie class, ada Aria Ramadhan denga E46 touring car nya yang berhasil meraih score 50.00 dari 3 dewan juri

Dan akhirnya di rookie class, Alinka Hardianti berhasil menjadi yang terbaik ke-3 dengan total score 72.50. Menjadikannya the one and only drifter wanita yang paling garang se Indonesia Raya.

Di Pro Class, ada Danny Ferdito dengan Soarernya yang pada seri kali ini berhasil menjadi terbaik ke-4 dengan total score 76.00

Akbar Rais yang seharusnya berada di balik kemudi Nissan Cefiro A31 miliknya yang sudah diajak bercinta selama 2 hari ini

Dengan hasil running yang cukup baik walaupun masih perlu adjust sana sini dan tuning sana sini karena mesin baru jadi beberapa jam sebelum di towing ke Wonosari.

Dengan terpaksa mendapat surat perintah dari sang team owner untuk kembali mengegas  Subaru BR2Z nya, karena Dede tidak bisa melanjutkan ke babak QTT akibat tangan kirinya terkilir sewaktu free practice. Hasilnya Akbar pun berhasil meraih total score 76.00. Dimana dia berada di posisi terbaik ke-5 dibawah rekan satu teamnya, Danny Ferdito yang berada di posisi terbaik ke-4 di pro class.

QTT done..the boys are ready to rumble in tandem drift.

Tak ada salahnya jika saya mengajak para pembalap aing untuk berselfie bersama dan bersenda gurau sebelum masuk ke babak tandem dimana mereka akan door to door dengan drifter lainnya.

Atau mungkin mengajak mereka melakukan sesi photo dengan saya. Yang digambarkan dimana Akbar Rais berusaha merebut Alinka dari tangan Aria yang inginkan Alinka untuk selingkuh atau berpindah hati ke JDM car ketimbang BMW. Dimana Aria yang notabene adalah bimmer sejati. Cinta segitiga yang ga jelas juntrungnya dengan ending yang complicated antara ke-3 drifter ini.

Dan yang jelas selalu saja ada teman yang berbuat usil. Alias tidak bisa melihat temannya senang, alias perusak photo.

Tapi ketika mereka bertiga berada didalam drift car dan melakukan tandem practice, mereka pun kompak untuk bumper to bumper. Dimana Alinka berada di depan dengan E36 dan Akbar dibalik kemudi BR2Z mengejar Alinka dengan Aria di passenger seat.

Green flag pun dikibarkan oleh para marshall yang berarti babak pertarungan best 16 di rookie class bisa segera di mulai. Dimana terdapat 3 drifter Bank BJB HGMP yang bertarung di kelas ini.

Alinka pun melakukan persiapan terlibih dahulu sebelum melakukan battlenya di babak best 16 dengan mengecek tekanan ban, supaya ke-4 bannya bisa menghasilkan grip yang baik pada track yang cukup panas.

Satu-satunya drifter wanita yang bertarung di scene drifting Indonesia ini pun bersiap untuk di “sended” oleh para dewan juri di best 16 rookie class.

Di match yang 1 di best 16, Alinka pun melenggang kangkung seorang diri karena tak ada musuhnya di babak ini alias bye. Namun di best 8, dia pun bertemu dengan Aldy Bosar dengan Nissan 350Z nya.

 Alinka pun berhasil menundukkan Aldy dan maju ke babak best 4, dimana di babak ini dia dikalahkan oleh Ricko Nugraha.

Kalah dari Ricko Nugraha di babak best 4. Alinka pun meladeni Adi Indiarto di babak perebutan podium ke-3 rookie class. Pertarungan ke-2 drifter ini akhirnya dimenangkan oleh Alinka yang berhasil merebut podium ke-3 rookie class dari tangan Adi Indiarto. Bahkan 2 drifter ini pun kembali bertemu di kelas umum (rookie & pro class), dimana di babak best 16 Alinka berhasil sekali lagi mengalahkan Adi.

Namun sayangnya di babak best 8, Alinka bertekuk lutut dihadapan Abdul Azis

Yang membuat langkah Alinka terhenti di best 8. Walaupun kalah dari Abdul Azis, setidaknya dia sudah menggondol podium ke-3 di rookie class.

Alvito dengan Nissan Cefiro A31 terpaksa harus tersingkir dari race di best 16 setelah dikalahkan oleh Ziko Rahmadi dengan 180SX nya.

Sementara di kelas open (rookie & pro class), Alvito terpaksa harus menyerah di best 32 setelah berhadapan dengan pro drifter Evan Pratama

Waktunya untuk pembalap touring ini bersideways ria dengan mobil yang seharusnya digunakan untuk circuit attack dengan extra grip bukan loose grip.

Di best 16, Aria berhasil mengalahka drifter unggulan Rocca  dan berhasil melaju ke best 8 dimana dia bertemu dengan Demas Agil yang juga merupakan pro drifter yang sudah lama hibernate dan akhirnya come back lagi ke drifting dengan status sebagai rookie drifter. Dan hasilnya? Aria pun berhasil dikandaskan Demas Agil di best 8.

Sementara di open class (rookie & pro class), Aria pun harus mengadapi pro drifter unggulan Indonesia, yaitu The Smokey Rio SB. Walaupun dengan bermodalkan mobil touring dan musuhnya adalah si Rio dengan horsepower diatas 500 hp. Aria pun ogah kendor, bahkan dia mampu menempel ketat Rio SB ketika berada dibelakangnya.

Namun sayangnya pada saat dia berada di depan atau lead, Aria pun melakukan kesalahan degan memasukkan touring mode : on ke BMW E46 nya sehingga membuat mobilnya grip. Namun Rio yang berada di belakangnya tetap saja menyerangnya. Dan hasilnya Aria pun berhasil dikalahkan Rio di best 32.

Hail for touring car

Beralih ke pro class. Akbar Rais yang pada awalnya menggunakan Nissan Cefiro A31 beralih ke Subaru BR2Z nya setelah Dede Muhaimin tidak bisa melanjutkan race karena kram pada tangan kirinya pada saat sesi free practice.

Akbar yang pada babak best 16 berhasil menundukkan Dipo Dwiki, bertemu dengan rekan satu teamnya Danny Ferdito yang melangkah masuk ke best 8 setelah di best 16 berhasil mengalahkan Evan Pratama

Akbar yang kembali lagi ke hot seat BR2Z ini lansung tancap gas meninggalkan Danny Feridto yang mengejarnya dari belakang.

Namun sayangnya Danny Ferdito yang merupakan terbaik ke-4 pada babak QTT ini merupakan lawan yang cukup berat bagi Akbar.

Akhirnya pertarungan yang penuh dengan adegan bumper to bumper dan kepulan asap ban dimana-mana ini dimenangkan oleh Danny Ferdito yang berhak masuk ke best 4

Akbar pun harus mengakhiri race nya di best 8 setelah dia dikalahkan oleh rekan satu teamnya Danny Ferdito.

Danny Ferdito sendiri  di best 16 berhasil mengalahkan Evan Pratama

Dimana setelah berhasil mengalahkan Evan Pratama di best 16, dan menundukkan rekan satu teamnya, Akbar Rais di best 8. Danny pun bertemu dengan Abdul Azis di best 4. Dan sekali lagi drifter Bank BJB HGMP Racing Team ini berhasil mengalahkan lawannya dan masuk ke babak final.

Danny pun melaju ke babak final dimana dia bertemu dengan juara 1 Pertamax Motorsport Super Drift seri 1 kemaren, yaitu E. Amandio. Pertarungan ke-2 pro drifter ini pun berlangsung sengit, dimana  Danny yang menggunakan Toyota Soarer bermesin 1JZ (inline-6), harus meladeni serangan dari Amandio dengan Nissan Cefiro A31 bermesin SR20DET (4 cylinder). Pertarungan ini akhirnya dimenangkan oleh Amandio,

 Danny pun harus puas menjadi juara ke-2 atau runner up pada kejurnas drift seri ke-2 ini.

Namun seluruh drifter Bank BJB HGMP Racing Team sangat bangga atas hasil yang diraihnya, mengingat pada seri 1 kemaren Danny Ferdito yang merupakan drifter terbaik ke-3 di babak QTT, terpaksa harus out dari race setelah mobilnya mengantam beton pembatas pada saat dia melakukan solo run di best 32.

Di Rookie Class Alinka berhasil naik keatas podium ke-3 untuk Bank BJB HGMP Racing Team. Dimana podium 1 nya ditempati oleh Demas Agil, Ricko Nugraha di podium ke-2. Dan akhirnya Adi Indiarto di podium ke-4.

Dan akhirnya di pro class, Danny Ferdito dari Bank BJB HGMP Racing Team berhasil naik ke atas podium ke-2 Pertamax Motorsport Super Drift 2017 seri ke-2 setelah dikalahkan oleh Amandio di babak final . Amandio pun berhasil bercokol di podium 1 pro class, sementara di podium ke-3 ditempati oleh Rio SB. Dan akhirnya podium ke-4 di tempati oleh Abdul Azis.

Dua podium di 2 kelas yang berbeda berhasil direbut oleh ke-2 drifter Bank BJB HGMP Racing Team ini di Kejurnas Drifting Pertamax Motorsport Super Drift rd.2.

Dan tinggal 1 seri lagi dari Kejurnas Drifting pada musim balap 2017 yang rencananya akan diadakan pada akhirn tahun 2017 ini atau bulan November ini. Dimana mereka akan kembali bersiap sedia di hot seat drift car mereka masing-masing untuk kembali memperebutkan podium dimasing masing kelas.

But 1st..boys will always be boys.

See ya on round 3 guys..

HGMP RACING TEAM : SUPER DRIFT MADNESS

HGMP : AKBAR RAIS – FROM BORROWED CAR TO 2ND PODIUM OF KING OF NATIONS MALAYSIA 2017

HGMP : CAN’T TOUCH THIS M150 DRIFT COMPETITION THAILAND

ANOTHER VICTORY FOR B 805 HGM IN BSD CITY GRANDPRIX 2017

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!