INDONESIAN BIMMERFEST 2017 WITH BMWCCI SURABAYA CHAPTER

355

Jika pada tanggal 12 Maret 2016 yang lalu saya berkesempatan bonek datang dan meliput perasaan 100 years of BMW di Bumi Perkemahan Cibubur, Jawa Barat. Maka pada tanggal 7 Oktober 2017 saya pun datang menghadiri the biggest rave partynya para bimmer se Indonesia Raya di Balai Kota Among Tani, Batu, Malang, Jawa Timur.

Saya pun datang ke acara Indonesia Bimmerfest 2017 ini bersama BMWCCI Surabaya Chapter, yang dimana sehari sebelumnya saya sempat meliput acara E30 Meet di Selorejo, Malang.

Event tahunan yang sudah diadakan semenjak tahun 2007 ini mengambil tema Sheen Beyond The Legend ini di selenggarakan oleh BMWCCI  Malang Chapter yang mendapatkan mandat dari BMWCCI pusat untuk menjadi tuan rumah rave part terbesar para bimmer di Indonesia.

Dengan mengambil tempat di  Balai Kota Among Tani, Batu, Malang, Jawa Timur.  Sebanyak  lebih dari 300 mobil BMW dari hampir seluruh kota di Indonesia menghadiri acara yang juga di hadiri oleh perwakilan  BMW Enthusiast dari Hongkong dan Malaysia.  Dari Aceh, Pekanbaru, Medan, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Solo Jogja, Kediri, Malang, Surabaya, Bali, Lombok, Palangkaraya, hingga Makassar. Mereka semua berkumpul menjadi satu di acara tahunan ini.

BMWCCI Surabaya chapter ikut serta memeriahkan acara yang diadakan di area parkir Balai Kota Among Tani ini dengan mendisplay boothnya dengan BMW  seri 5 E39 dengan sentuhan livery batik dan wayang kulit di body sampingnya.

Tak hanya mendisplay seri 5 yang kebetulan Indonesia Bimmerfest 2017 ikut juga merayakan 45 tahun nya BMW Seri 5. BMWCCI Surabaya Chapter mendisplay wayang kulit sebagai tema booth bimmer asal kota Surabaya, dan juga mensulap area boothnya menjadi kid zone dengan memberikan fasiltas mewarnai kepada anak-anak anggota BMWCCI Surabaya Chapter yang kebetulan ikut ke acara tersebut.

Indonesia Bimmerfest 2017 ini dibuka oleh , Plt Walikota Batu H. Punjul Santoso (tengah) yang didampingi oleh Ketua Panitia IBF’17 Yos Sidharta (kiri), dan Presiden BMWCCI Asido Regazzoni S (kanan)

Dimana pada acara opening ceremony ini, sekitar 22 Chapter dan 2 Register BMW Car Club dari seluruh Indonesia maju ke atas panggung mengiringi acara pembukaan ini  dengan baju kebesaran chapter mereka masing-masing. Bahkan ada beberapa perwakilan chapter yang maju ke atas panggung dengan memakai baju adat atau daerah tersebut, seperti perwakilan dari BWMCCI Bali Chapter.

Termasuk juga dalam urusan cinderamata atau oleh-oleh dari  masing-masing chapter yang sangat khas dari daerah tersebut. Seperti  ketua BMWCCI Surabaya Chapter , Dicky Soelistyo, yang menyerahkan oleh-oleh dari chapter yang dia wakili kepada panitia Indonesia Bimmerfest 2017 berupa wayang kulit.

Bahkan BMWCCI Kediri Chapter mendisplay boothnya dengan kesenian Reog Ponorogo lengkap dengan kuda lumping dan gamelannya. Dimana booth ini berhasil memenangkan the best booth

Namun sayangnya acara yang dimulai dari  Sabtu pagi ini sempat terhenti pada siang hari akibat kota Batu diguyur hujan yang cukup deras  dan awet, yang membuat para bimmer berhamburan mencari tempat berteduh.

Baru setelah sore harinya, acara pun kembali dilanjurkan kembali. Saya pun kembali melanjutkan acara hunting saya di Bimmerfest , termasuk bertemu dengan BMW E36 berkelir estoril blue yang menarik perhatian saya. E36 ini menggunakan Body kit full mtech  yang terlihat simple namun tetap sporty.

Termasuk juga E36 berwarna merah ini yang menurut saya sebagai E36 sleeper alias musang berbulu domba.

Maklum saja jika saya menganggap E36 ini sebagai musang berbulu domba, karena ketika saya melihat kebagian kaki-kakinya, ternyata saya menemukan rims yang cukup rare BMW BBS RY- 2 pieces yang dibalut dengan ban semi slick Accelera 651 Sport dengan Brembo  brake kit system yang bersembunyi didalamnya. Yang jelas peralatan perang tersebut digunakan untuk menghentikan sesuatu yang buas yang berada di dalam  engine bay nya.

Dari yang tampilannya klimis alias simple, kita beralih ke tampilan BMW yang radikal atau ekstrem. Seperti BMW E36 yang sudah disulap menjadi pick up lengkap dengan pintu gull wing yang pernah ngehits pada jaman modifikasi tahun 2000an.

Masuk ke era kids jaman now dimana syarat untuk menjadi mobil yang kekinian atau ngehits adalah mobil proper dengan body mulus, rims ori, dan coilover. Atau Jika kurang rendah lagi, senjata pamungkas air suspension akan  membuat body mobil Anda semakin rebah ke tanah. Seperti BMW E46 coupe berkelir silver dengan OZ Racing Futura ini

Dan tentu saja jika Anda seorang Bimmer, So pasti Anda tak ingin datang ke rave partynya para Bimmer se Indonesia raya ini dengan mobil yang OEM.  Walaupun semuanya yang datang adalah sedan, namun BMW X1 F48 ini tetap tampil  ala BWM sedan lainnya. Dengan bermodalkan KW Suspension dan Sparco rims, sejauh mata memandang cuma SUV lansiran BMW inilah yang sudah di modif.

Tak lengkap rasanya kalo Bimmerfest tanpa kehadiran kasta tertinggi dari line up mobil BMW, yaitu BMW M series.  Terutama generasi terbaru BMW yang berkode chassis F, dan juga M4 dalam balutan warna Austin Yellow.

Tapi jangan lupakan juga barisan old school atau the dirty thiry BMW E30 yang rata-rata line up mobil yang hadir disini aneh bin ajaib dan hampir semuanya sudah di modif. Termasuk juga BMW E30 dengan sebuah caravan yang berasal dari half cut E30 mulik Tomy Vier E30 Register Bandung yang berhasil merebut  award Best of The Best IBF 2017 & Best of Modification di Indonesia Bimmerfest 2017

BMWCCI Surabaya Chapter sendiri hadir di Bimmerfest kali ini bersama 35 anggota nya dengan 20 mobil BMW yang diboyong lewat jalur darat Surabaya – Malang.

Berbeda dengan suasana di pagi dan siang hari yang sepi karena diguyur hujan, Bimmerfest pun menjadi hidup di malam hari dengan ramainya mobil BMW yang memadati area Balai Kota Among tani, dan pengunjung yang berlalu lalang.

Karena Indonesia Bimmerfest  2017 ini bertepatan dengan perayaan 45 tahunnya BMW seri 5, maka beberapa mid size sedan  dari pabrikan BMW  turut tampil di acara ini. Seperti BMW seri 5 E34 kelahiran tahun 1989 yang dibuat menjadi muda kembali dan gaul atau ngehits.

Termasuk juga dipasangkan  classic roof rack yang biasa terpasang di VW Beetle atau kodok. Saya tidak tahu apakah roof rack ini custom untuk seri 5 ini atau sudah fit ukurannya sama dengan VW kodok.

Masih dari keluarga BMW berbadan agak besar, ada salah satu mobil favorit saya, yaitu M series. Behold of BMW M6 E24 tampak clasic nan elegant namun mengisaratkan sebagai sedan coupe yang high performance dengan power output sebesar 282 hp dari mesin M88 inline-six DOHC. BMW CCI Semarang Chapter (Best of Traditional Car

Dari BMW M6, kita beralih ke mobil yang pernah digunakan oleh agen rahasia M6 dari Inggirs,Jim Bo alias 007 James Bond, yaitu BMW Z3 Roadster yang sudah dimodif mulai dari eksterior, kaki-kaki, hingga interior. James Bond sendiri pernah menggunakan Z3 Roadster dalam film Golden Eye yang dibintangi oleh Pierce Brosnan

Tapi yang jelas, saya salut dan angkat jempol bagi para bimmer yang sudah jauh-jauh datang dari rumah mereka yang jaraknya thousand miles, bahkan sampai menyebrangi lautan dan pulau dengan BMW kesayangan mereka, demi untuk bisa berkumpul dengan sesama pecinta BMW dari seluruh Indonesia. Seperti salah satu member dari BMWCCI Padang Chapter dengan E46 nya. Walaupun bisa dibilang perjalanan tersebut pergi cape, sampai cape, dan pulang cape. Namun hidup cuma sekali, dan Bimmerfest juga diadakan setahun sekali. Jadi tak ada salahnya untuk touring jarak jauh. Asal dengan catatan, mobilnya sehat walafiat begitu juga sopir dan penumpangnya. Seperti BMWCCI Aceh Chapter yang merupakan peserta terjauh yang menempuh kalo kata mbah google 3.334 km atau jika Anda menyetir tanpa henti layaknya supir bis AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), maka 66 jam atau sekitar 3harian Anda baru tiba di Batu. Itu dengan catatan Anda nonstop jadi auto pilotnya memegang kendali mobil Anda.

Tibalah di akhir penghujung acara Indonesia Bimmerfest 2017, dimana para member BMWCCI dari seluruh Indonesia dan pecinta BMW bisa langsung pulang dengan membawa sebuah grand prize BMW seri 5 520 E34. Caranya pun cukup gampang, Anda tinggal membeli official Indonesia Bimmerfest 2017 yang dimana di tshirt tersebut terdapat nomor doorprize Anda. Dan jika nomor tersebut keluar, maka Andalah yang bisa membawa pulang 1 unit BMW E34 ini.

Dan 1 orang yang paling beruntung pada Bimmerfest 2017 ini adalah Arimbi,anggota BMW CCI Semarang Chapter yang berhasil membawa pulang 1 unit BMW 520 E34. Mungkin sebuah kebetulan bagi Semarang chapter dimana pada tahun depan, BMWCCI Semarang Chapter akan menjadi tuan rumah atau host Indonesia Bimmerfest 2018

See ya in Indonesia Bimmerfest 2018 , Semarang, Jawa Tengah..

THE DIRTY THIRTY MEET 2017

100 YEARS OF BMW : THE ULTIMATE DRIVING MACHINE

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

 

Comments

comments!