TEAM MOTUL INDONESIA : GARUDA UNY FINISHED 5 RACE IN KMHE 2017

345

Kamis (9/11), Garuda UNY berhasil mengikuti semua kesempatan Race yang disediakan oleh panitia dalam ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017 di Kenjeran Park, Surabaya, Jawa Timur. Garuda UNY yang disponsori oleh Motul dengan produk Motul 300V 4T ini turun dengan mobil kebanggaannya, yaitu Garuda Urban Gasoline 17, yang dimana berhasil menaklukan lintasan balap sepanjang 11,6 km dalam waktu kurang dari 30 menit.

“Track KMHE bukan lintasan lurus namun adalah lintasan melingkar mengelilingi Kenjeran Park sehingga ada beberapa tikungan yang membutuhkan strategi dan kepiawaian driver dan kerjasama tim. Driver harus menyelesaikan 8 putaran dalam waktu kurang dari 30 menit.

Setelah kendaraan menyelesaikan kedelapan putaran, tangki bahan bakar akan diukur untuk mengetahui seberapa banyak bahan bakar yang dikonsumsi. Dari lima kali kesempatan akan diambil hasil terbaik untuk dinobatkan sebagai pemenang.

Apabila kendaraaan mengkonsumsi bahan bakar paling sedikit, maka kendaraan tersebut akan keluar sebagai juara. Garuda UNY sendiri masuk dalam tim ICE (Internal Combustion Engine) yang terdiri dari kendaraan berbahan bakar bensin dan ethanol. Untuk menjadi juara, Garuda UNY harus bersaing dengan 36 tim kelas ICE dari berbagai universitas di Indonesia.” jelas Mifta Saputra, tim pendukung Garuda UNY.

Race pertama berlangsung pada hari Rabu (8/11), race kedua serta ketiga pada hari Kamis (9/11), dan race keempat dan kelima pada hari Jumat (10/11). Kelima kesempatan Race dikemudikan oleh driver Fauzi Achmad Prapista (Pendidikan Teknik Otomotif/2015).

“KMHE ini cukup menantang. Apalagi saya juga baru pertama kali mengikuti kompetisi ini. Kalau kendala pasti ada karena driver kan membawa tanggung jawab dan nama Universitas. Tenang dan kontrol diri adalah usaha untuk menanggulangi rasa nervous. Tetap semangat dan yakin kalau bisa. Juga kerjasama tim sangat membantu.” ungkap Fauzi.

Dari kelima race tersebut mobil Garuda UNY meraih hasil yang memuaskan. “Alhamdulilah untuk pertama kalinya kita sudah memecahkan rekor kita sendiri. Eksistensi Garuda UNY Team betul-betul menjadi perhatian. Awalnya yang tidak diperhitungkan tiba-tiba melejit pada level ini. Semula hanya perguruan tinggi tertentu namun sekarang kita memiiki kemampuan untuk bersaing pada level atas. Secara umum telah terjadi perkembangan dibandingkan dulu. Juga kehadiran support tidak hanya dari Kemristekdikti namun juga pihak-pihak sponsor juga sangat membatu sekali seperti Motul dengan oli mesin Motul 300V 4T nya.” tutur Sutiman, M.T. selaku advisor tim Garuda UNY.

All photo and words by : Garuda UNY Racing Team

 

Motul Indonesia IG : @motulindonesia

MOTUL BATIK COMPETITION

TEAM MOTUL INDONESIA : SECOND PLACE ON TEAM CLUB CHAMPIONSHIP

Comments

comments!