FIGHT BACK TO SCHOOL OF DRIFT WITH PRO DRIFTER AKBAR RAIS

930

a day with Akabr Rais (4)

Akbar Rais is back! Indonesia Pro Drifter ini akhirnya balik lagi ke Kota Surabaya, untuk memberikan quick lesson atau drift tutor secara singkat kepada para drifter kota Surabaya. Akbar adalah 1 dari 3 Wali Drift yang pertama kali menyebarkan virus drift di kota Surabaya bersama Lucky dan Dika CH pada acara Drift Tutor sekitar bulan November 2011 yang lalu.  Walaupun ini bukan kunjungan official selaku wali drift dari kota Jakarta, karena pria yang tergabung dalam Achilles Drift Team ini menyempatkan waktu di sela-sela tugas kerjanya di Surabaya.

a day with Akabr Rais (1)

Setelah terakhir kali melihat Akbar pada 2 tahun yang lalu di Drift tutor Surabaya, saya pun kembali bertemu dengan pro drifter  yang disupport oleh Achilles radial ini

a day with Akabr Rais (14)

Welcome to our new driftland. Setelah beberapa waktu yang lalu saya mengawal Radit The Madman, Wira, dan Hando shakedown practice di tempat ini. Akhirnya kami putuskan untuk kembali lagi kesini, dan menurut Akbar sendiri tempat ini layak atau cukup dijadikan tempat latihan di Surabaya. Kali ini yang kembali kesini adalah Cefiro the Wall tap boys dan Michael The Madmike

a day with Akabr Rais (2)

Practice pun dimulai dengan Michael Madmike yang mengendarai RX8 nya. Setelah beberapa kali run, Akbar pun mengajak Madmike berdiskuisi dengan hasil run yang tadi. Terutama beberapa kesalahan yang dilakukannya, dan membuatnya tak bisa melakukan dougnuts besar (melewati cone ke-2)

a day with Akabr Rais (13)Madmike pun kembali menggeber RX8 nya menuju track dan bersiap-siap memulai inisiatenya

a day with Akabr Rais (7)

Madmike pun sekarang sudah mulai menggunakan e-brake sewaktu inisiatenya di cone yang pertama dan memulai big o dougnutsnya.

a day with Akabr Rais (11)

Dan akhirnya suskes sideways dari cone 1 ke kone-2 tanpa terputus. Bahkan dia tak hanya membuat ½ putaran, tapi dia memutari 2 cone yang jaraknya sekitar  4/5 cone ini hingga 3 kali secara nonstop.

a day with Akabr Rais (12)

Cefiro pun mulai beraksi dengan A31, dan memulai inisiatennya beberapa meter sebelum cone yang 1. Namun sayang, karena sudah lama tidak latihan di wide open space dan juga mungkin sudah lupa dengan basic drift, beberapa kali Cefiro tidak bisa mulus drifting dari cone ke-1 ke cone ke-2. Selalu saja terpelintir.

a day with Akabr Rais (6)

Cefiro pun kembali masuk ke kelas, bersama dengan tutor atau guru yang  sama mengajarainya pada 2 tahun silam. Dari setiap run yang dilakukan Cefiro, Akbar pun selalu memberikan koreksi kepada Cefiro atas kesalahannya. Dan lama-lama ketika setelah melakukan kesalahan, Akbar tinggal bertanya “tahu kesalahannya dimana?”, Cefiro pun menjawab “oh iya, tadi kurang bla..bla…bla” . Dan akhirnya dengan cara ini rookie drifter bisa merasakan dan tahu sendiri kesalahannya dimana.

a day with Akabr Rais (3)

Dan kamera 550D saya pun mulai berulah, auto focusnya kini kembali rusak. Padahal kamera ini baru berusia 1,5 tahun, dan terakhir servise lens kit standartnya pada Desember 2012). Hasilnya seperti yang Anda lihat sendiri tak bisa fakus.  Akbar masuk ke A31 nya Cefiro, dan akan memulai quick lesson nya dari dalam cockpit secara live.

a day with Akabr Rais (8)

Akbar pun meencontohkan bagaimana inisiate yang benar, kapan waktunya menarik e-brake, meng counter steer, mengambil angle atau line, dan menekan throttle  gas. Agar tidak kehilangan momentum.

a day with Akabr Rais (9)

Akbar pun memberikan quick lessonnya dengan baik, termasuk memberikan contoh supa angle

a day with Akabr Rais (10)

Dan membuat A31 yang dulunya dia kendarai masih berwarna kuning dengan 1JZ ini menari dengan kepulan asap yang cukup banyak dari rear tires  nya. 2 JZ power.

a day with Akabr Rais (21)

Karena practice pada hari itu baru di mulai pada jam 3, dan kami dikejar waktu sebelum magrib. Akhirnya Madmike dan Cefiro pun line berdampingan. Pelajaran dari Akbar adalah, Cefiro belajar clock wise (searah jarum jam), sedangkan si Michael belajar anti clock wise (karena clock wisenya dirasa sudah cukup bisa)

a day with Akabr Rais (22)

Madmike pun memulai anti clock wise driftnya yang pertama kali pada wide open space ini. Dan 1 run nya dia terlihat seperti orang yang masih takut. Beberapa kali RX8 nya under, dan melintir ketika hendak mendekati cone ke-2.

a day with Akabr Rais (20)

Setelah diyakinkan oleh Akbar untuk tidak takut menginjak gas, dan memulai inisiate pada kecepatan tinggi (50-60 km/jam). Akhirnya Madmike berhasil melewati cone yang pertama dan secara mulus drifting menuju ke cone ke-2.

a day with Akabr Rais (16)

Cefiro pun kembali mecoba untuk melewati ujian atau soal 1 hari itu, yaitu clock wise drift dengan melewati 2 buah cone. Dan akhirnya mobil yang bernama New Monalisa ini berhasil melewati cone yang pertama dan secara mulus sideways menuju ke cone ke-2.

a day with Akabr Rais (17)

Dan memulai supa angle nya.

a day with Akabr Rais (19)

Dan exit dengan big wiily smile di wajah cefiro.

a day with Akabr Rais (4)

Akbar rais pun kini memberikan soal baru untuk Cefiro, yaitu memulai inisiatenya jauh dari garis start yaitu sideways ke kekanan.

a day with Akabr Rais (23)

Lalu sedikit brushing,

a day with Akabr Rais (5)

Lalu switching ketika mendekati cone, dan sideways ke cone yang ke-2 (anti clock wise).

a day with Akabr Rais (15)

Karena masih rada keder, atau merasa belum mampu. Cefiropun  memutuskan untuk meneruskan pelajaran pertamanya yaitu drifting clock wise. Namun sayang setelah beberapa kali mencoba, Nissan Cefiro A31 yang dipersenjatai dengan 2JZ ini tiba-tiba mesin nya mati di tengah lintasan.

a day with Akabr Rais (25)

Akbar pun menghampiri Cefiro dan A31 nya, dan mencoba membantunya dengan mengecheck engine nya.

a day with Akabr Rais (26)

Akhirnya diputuskan untuk mendorong Cefiro ini ke tepi lintasan. Dan juga setelah beberapa kali di dorong, dan dicoba untuk di hidupkan, mesin 2JZ nya pun tetap tidak mau nyala.

a day with Akabr Rais (27)

Bad day for Cefiro. Padahal kalo saya lihat Cefiro sedang on fire dalam latihan tadi, maklum dia baru saja mendapatkan feel dengan mobilnya, mulai ngeh dalam melakukan soal yang 1 ini. Namun sayang mechanical problem pada 2JZ nya memaksanya harus menghentikan acara latihannya.

a day with Akabr Rais (36)

Saya pun sempat melongok ke dalam Nissan Cefiro A31 milik Cefiro ini, dan meilaht sebuah kutipan ayat pada dashboardnya. The Spririt within..

a day with Akabr Rais (30)

Akbar kini memberikan soal yang ke-3 kepada Michael pada hari itu, yaitu soal yang sama dengan yang diberikan kepada Cefiro. Akbar pun memulai inisiatenya jauh dari belakang garis start.

a day with Akabr Rais (31)

Lalu membrushing ke kanan dengan kecepatan cukup tinggi. Remember guys, RX8 ini 238 hp totally stock car and engine. Perubahan hanya pada ISC coil over, dan Walbro fuel pump

a day with Akabr Rais (32)

Beberapa kali mencoba Madmike pun masih terlihat kaku, dan driftnya masih belum mulus atau terputus-putus. Akbarpun kembali menjalankan tugasnya sebagai tutor hari itu dengan memberikan saran atau do and don’t pada madmike.

a day with Akabr Rais (29)

Akhrinya setelah di briefing sebentar, seperti yang Anda lihat sendiri, madmike pun berhasil melakukan long brush nya dengan kecepatan lumayan tinggi.

a day with Akabr Rais (28)

Lalu melakukan switching menuju ke cone pertama untuk memulai anti clock wise driftnya, dan exit pada cone ke-2. Bahkan yang pada  run yang terakhir Madmike melakukan anti clockwise driftnya sebanyak 4 kali nonstop dengan mulus. Woaaa…..now that’s madmike.

a day with Akabr Rais (33)

Magrib pun menjelang, karena ini di Kenjeran Park, dan penerangannya juga kurang, serta Azan magrib sudah mulai berkumandang. Kami pun menghentikan acara latihan kali ini.

a day with Akabr Rais (35)

Bukan berarti acara latihan kami sudah totally berhenti, namun kami melanjutkannya dengan sharing di tepi lintasan. Kali ini kami juga ditemani oleh Pro Slalomer Putu Indra dari team BOST (Bontang Slalom Team).

a day with Akabr Rais (37)

Michael a.k. The Madmike, cowok yang baru-baru saja memulai driftingnya ini (setelah dulunya Cuma main di Gran Turismo), terbilang cukup Hell Yea ! hari ini. “ Kalo saya lihat Madmike ini mempunyai potensi sebagai pro drifter dari kota Surabaya, karena dia mempunyai bakat, kemauan yang keras, dan mudah menyerap pelajaran yang saya berikan”, kata Akbar Rais. Bagaimana tidak berbakat dan  cepat pintar, setiap hari, setiap tikungan, dan setiap bundaran di kawasan perumahannya di Surabaya Barat dijadikan driftland oleh Madmike ini. Kini Anda tahu kenapa saya menjulukinya sebagai Madmike.

a day with Akabr Rais (38)

Cefiro chiu, Salah satu dari 2 pioneer drifting di Surabaya yang pertama kali saya kumpulkan dengan Andy (SP Garage R34) pada 2011 ini, terlihat sedikit suram diwajahnya. Mesin 2JZ nya jebol ketika dia sedang dapat feel dan on  fire melakukan practice session ini.  PR atau home work cowok yang juga murid pertama Akbar Rais di Surabaya ini  juga banyak, seperti  belajar menyatu dengan mobilnya untuk mendapatkan feel, sering latihan, memperpaiki set up suspension dan steering alignmentnya, dan terkahir memperbaiki mesin 2JZ nya yang ngadat di tengah latihan.

a day with Akabr Rais (39)

“Tempat atau venue ini sudah mencukupi untuk dijadikan tempat latihan, bahkan kita bisa membuat beberapa variasi soal di tempat ini. Yang harus dilakukan drifter kota Surabaya adalah sering atau lebih giat lagi untuk latihan, dan jangan mau kalah dengan kota Jakarta dan Bandung. Karena kota Surabaya sudah masuk hitungan dalam scene drifting di Indonesia. Mungkin suatu hari nanti Surabaya bisa mengirimkan wakilnya ke event kejurnas atau kompetisi drift di Jakarta”, kata Akbar Rais. Dia juga bilang kepada kami feel welcome kalo diundang ke Surabaya untuk berbagi ilmu drifting di kota Surabaya.

a day with Akabr Rais (40)

Sementara menurut Putu Indra, Madmike dan Cefiro harus  lebih banyak belajar mengendalikan throttle gas, kapan harus membuka dan menutup gas dan diikuti oleh counter steer atau mengatur posisi steering wheel, supaya kita bisa mengatur arah lari mobil ketika sideways.

a day with Akabr Rais (34)

Dan acara latihan itu ditutupi dengan trademark photo ala Perfourm.com, yaitu jump boy. Sebagai tanda it’s fun and it’s a wrap.

a day with Akabr Rais (41)

Cefiro milik Cefiro ini pun dinaikan ke atas  handy towing . I don’t know, perasaan dari pertama kali jadi mobil ini selalu saja ada mechanical problem pada mobil ini. Akbar mensarankan untuk men down spec Cefiro ini sesuai dengan skill nya Cefiro. Karena Cefiro ini spec nya cukup tinggi.

a day with Akabr Rais (42)

Tenaga habis, bensin habis, dan ban juga habis. Waktunya untuk fuel up da tank. Kama pun menuju ke sebuah restaurant ayam goreng di kawasan Surabaya Timur.

a day with Akabr Rais (43)

Dan memesan 1 ekor ayam goreng kampong yang rasanya juara dunia ini untuk hanya 3 orang.

a day with Akabr Rais (44)

Dan guru kita hari ini tampaknya menikmati ayam gorang kita hari itu, dan juga feel so hungry.

a day with Akabr Rais (24)

OK guys, sekian dulu laporan saya dari latihan bersama dengan Akbar Rais. See ya on the next drift practice in Surabaya. Keep drifting……

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

Comments

comments!