THE SLEEPING MONSTERS : SUBARU IMPREZA WRX STI GC8 RALLY

975

Suara raungan mesin EJ20 cukup terdengar lantang saat saya memasuki areal perumahan yang berada di selatan surabaya, sampai-sampai saya hanya perlu mengikuti suara tersebut untuk tiba di lokasi pemotretan. Ternyata Suara tersebut berasal dari sebuah mobil rally yang cukup legendaries di dunia, yaitu sebuah Subaru Impreza WRX STI Rally generasi pertama yang berkode GC8. Yang ternyata merupakan mobil mantan peserta WRC Indonesia di Medan 1996-1997.

Sore itu saya cukup dibuat terkagum kagum oleh the sleeping monster yang kata empunya sudah cukup lama tertidur di garasi bengkel Presta Auto Restoration, dominasi warna World Rally Blue Mica khas Subaru cukup kontras dibandingkan beberapa mobil lain yang sedang opname di rumah modifikasi yang sama.

“Mobil ini cuma ada 3 di pulau jawa mas”, ujar Bergas Eldi, si empu mobil pabrikan Jepang ini, seorang car enthusiast yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia balap rally, terlebih lagi support dari sang ayah yang juga seorang pembalap rally pada era 80an.

Salah satu hal yang membuat saya cukup terkesan adalah part-part yang ditanam semuanya nyaris mempertahankan oem STI saat pertama kali membeli mobil ini. Tenaga dari engine EJ20 turbo rally spec cukup membuat telinga saya sakit saat bergas mencoba performa mobil yang tampilannya dibuat mirip seperti versi Collin Mcrae

Sayangnya, dengan performa dan spek yang cukup mumpuni, mobil karya designer Jepang Tetsuya Hayashi & Hidefumi Kato Ini malah lebih banyak menghuni garasi.

“Sayang banget kalau dipakai balap mas, mulai banyak sparepart yang langka dan gak gampang dapetinnya kalau ada kerusakan”. Alhasil mobil ini hanya dipakai untuk latihan tipis tipis di daerah Gresik.

Penasaran dengan masa lalu mobil dengan kode mesin GC8 ini, saya bertemu dengan Mr. Bogi Prestasia Yang merupakan ayah kandung Bergas.

“Dulu mobil ini saya beli dalam kondisi seperti ini, sudah pernah dipakai balap, sayangnya saya tidak tau ajang apa saja yang diikuti mobil ini sebelum saya beli”.

Di beberapa bagian sudut eksterior ada sedikit peremajaan, salah satu yang paling mencolok adalah facelift Subaru GC8 two doors yang sudah menerapkan kaca frameless.

Beberapa prestasi juga sudah pernah di raih oleh bergas di dunia sprint rally, tapi sayangnya dia lebih memilih untuk turun menggunakan Corolla ke 70 4age, “kalau pakai Subaru masih perlu penyesuaian lagi dari RWD ke AWD.

“Next project, Bergas berambisi untuk merapikan exterior, banyak aspek yang harus di restorasi supaya lebih enak dilihat. Kalo dibuat balapan lagi masih sayang banget mas. Tapi kalo buat nyoba tipis-tipis main tanah, boleh lah.hehehe ” terang Bergas

Well, semoga sleeping monster segera terbangun dari tidurnya. Seperti yang pernah dilakukan GC8 ini yang sempat bertarung di ajang WRC tahun 1996 – 1997 di Medan, lalu event rally di Jakarta.

 

Subaru Impreza WRX STI GC8  1995 Rally Spec

Owner : Bergas Eldi

Spek :  subaru gc8 1995 rally spec:

-engine ej20 turbo rally spec

-strut bar by STI

– kaki kaki STI rally spec

– ecu motec

-sparco full bucket+sabelt

-stir sparco

-face lift subaru gc8 2 doors

-velg speedline corse 15×7 5×100

-rollbar

 

Photo &  Words by : Rully Setiaputra

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!