BANK BJB HGMP : BIG DRIFT OUT !

1429

Some say kalo Bank BJB HGMP Team sudah bubar atau pensiun dari dunia motorsport Indonesia karena di beberapa seri kejuaraan drift dan balap touring ISSOM mereka absen. Namun rumor atau gossip terebut dibantah dengan hadirnya event Bank BJB HGMP Team : Big Drift Out! yang diadakan pada tanggal 27 Februari 2018 yang lalu dan bertempat di area parking lot Q BIG BSD City.

That’s right guys. Ini adalah playground barunya Bank BJB HGMP Team untuk event Big Drift Out yang bekerja sama dengan pihak QBIG Bsd City. Dimana acara Big Drift Out merupakan acara latihan drift bagi team Bank BJB HGMP  yang didalamnya terdapat taxi drift bagi 55 subscriber tau follower dari media sosial team ini atau pun sponsor (Accelera, HSR Wheel, QBig), dan juga 15 pengunjung QBIG. Dimana ajang ini sebagai ajang comebacknya team ini yang sempat vakum beberapa bulan.

Senang rasanya melihat si 590 hp Subaru BR2Z ini kembali lagi beraksi setelah terakhir membakar ban pada event drift camp Solo Balapan pada tahun lalu. Dimana beberapa godaan atau masalah datang silih berganti membuat si BR2Z ini tidak lancar beraksi di stadion Manahan Solo.

Sementara s 400 hp Alkaline BMW E36 ini sendiri terakhir beraksi pada saat Alinka membela Indonesia di ajang Intersport World Stage pada bulan Desember yang lalu. Dimana pada saat babak semi final, Alinka pun D.N.S atau Did Not Start akibat kerusakan pada Alkaline.

Namun saya pun bahkan Anda pun masih penasaran pada team yang bisa dibilang sebagai team drift terbesar dan sempat menggila di musim balap 2016-2017 ini, mendadak hilang  pada akhir tahun 2017 ini. Somesay banyak kabar burung ataupun rumor dan gosip bertebaran yang bilang kalo team yang di miliki oleh Dede Muhaimin ini sudah game over atau The End. Dan lebih bijaknya kalo kita bertanya langsung kepada sang team ownernya perihal tersebut.

“HGMP saya liburkan sementara, karena saya sedang sibuk mengurusi usaha atau bisnis saya yang sedang butuh perhatian khusus. Jadi dengan berat hati kami pun vakum dan absen pada seri terakhir Kejurnas drifting 2017 dan juga seri terakhir ISSOM 2017 karena saya sedang sibuk.

Namun Alhamdulliah pada awal tahun ini saya bersama anggota team HGMP bisa kembali lagi dari tidurnya, dan menyapa pecinta drift dengan acara Big Drift Out yang sekaligus event comebacknya kami ke dunia motorsport. Sekaligus menyatakan kalo kami masih ada dan tidak bubar” terang Dede Muhaimin selaku team owner Bank BJB HGMP terkait isu bubarnya Bank BJB HGMP Team.

“Kami memang sempat vakum karena ada kerjaan yang nggak bisa ditinggalkan, terutama  Om Dede yang sedang sibuk sekali mengurusi bisnisnya. Dan Alhamdulillah kemaren kami bisa kembali lagi sekaligus menepis rumor kalo kami sudah bubar.

Tujuan kami mengadakan acara Big Drift Out  supaya bisa lebih engagement  terhadap orang-orang yang antusias dengan drifting maupun masyarakat luas, sehingga brand yang bekerja sama dengan kami bisa melakukan engagement terhadap customer mereka. Kebetulan kali ini kita di support oleh pihak QBIG BSD City yang menyediakan area parking lot nya, HSR Wheel,

Dan juga Accelera Tire dengan produk andalannya Accelera 651 Sport yang mempunyai treadwear 180. Dan kebetulan kita mempunyai misi dan visi yang sama, jadi ini merupakan  awal alias pendekatan antara brand tersebut dengan team kita. Dan ini merupakan pertama kalinya Accelera  support Motorsport di Indonesia” terang Akbar Rais selaku team leader dari Bank BJB HGMP Team

Acara yang menurut jadwal di mulai setelah makan siang atau jam 1 siang ini, mulai dipadati oleh para pengunjung yang penasaran akan keseruan event HGMP di awal tahun 2018 ini.Bebera pengunjung pun memanfaatkan moment tersebut untuk berphoto bersama dan chit chat dengan para idola mereka, seperti Alinka Hardianti

Dan juga Akbar Rais yang menjadi buruan ajang selfie dan photo bersama. Dan rekor untuk pengunjung termuda pada hari itu adalah seorang bayi berusia 2 bulan yang diboyong oleh orang tua nya untuk menonton Big Drift Out

Ternyata orang tuanya merupakan penggemar Bank BJB HGMP Team, melihat team ini mengadakan acara berupa latihan drift beserta meet and greet dengan seluruh pembalap HGMP. Sang ayah pun tak mau menyianyiakan kesempatan ini dengan datang bersama buah hatinya yang baru berusia 2 bulan.

Shakedown atau pemanasan pertama dilakukan oleh Alinka dan Akbar Rais yang berlatih tandem drift, dimana Alinka dengan E36 berada di posisi lead, sementara Akbar Rais berada di posisi belakang atau chase.

Ke-2 drifter Bank BJB HGMP ini pun melakukan tandem drift sekaligus melakukan final inspeksi pada 2 mobil mereka yang akan digunakan untuk taxi drift. Dimana mereka juga beradaptasi dan mencari karakter serta setingan yang pas untuk ban baru mereka, yaitu Accelera 651 sport

Moment tersebut juga dimanfaatkan oleh Akbar untuk melatih dan mengasah drifting skill Alinka supaya jauh lebih aggressive sewaktu tandem drift ataupun solo run.

Karena juara ke-2 King Of Nations Pro Series Malaysia 2017 ini memang senang berbagi ilmu dan sharing tentang drift kepada siapa saja, terutama pada rekan satu teamnya.

Tujuannya agar rekan satu teamnya ini, Alinka bisa tampil lebih kompetitif dengan para drifter Indonesia yang semuanya notabenenya didominasi oleh para kaum adam.Karena si Subaru BR2Z sedang mengalami masalah pada mesin atau tidak sehat, Akbar pun tidak bisa membantai ban barunya tersebut untuk bisa merasakan atau memberikan penilaian akan ban Accelera 651 Sport nya.

Alhasil dia pun menggunakan E36 berkekuatan 400 hp ini untuk menguji coba ban Accelera sampai pada limitnya.

“Acara ini sangat menarik. Karena biasanya acara drift selalu bicara mengenai pertandingan, dan penontonnya hanya bisa melihat saja. Namun kali ini drift dikemas dengan pola entertain, dimana pengunjung diajak berpartisipasi menikmati adrenalin drift shingga pengunjung dapat meraskan sesuatu yang berbeda saat in action, terutama dengan ban andalan kami Accelera 651 sport” Surya Darma selaku Sales Manager Elang Perdana Tyre Industry selaku produsen ban lokal Accelera. “Kalo pribadi untuk ban Accelera 651 Sport, kita semua overall puas seh. Karena durability nya bagus dan gripnya juga oke”

Untuk HSR Wheel nya sendiri velgnya sendiri ringan (18’inch) dan cukup kuat, karena kemaren sempat terjadi benturan dengan pembatas jalan” terang Akbar Rais kepada Surya Darma selaku Sales Manager Elang Perdana Tyre Industry selaku produsen ban lokal Accelera dan Hendra selaku owner HSR Wheel dan TKB Group Indonesia

Sesi uji coba atau gladi resik pun sudah usai. Waktunya untuk para crew mekanik Bank BJB HGMP mempersiapkan mobil mereka sebelum sesi taxi drift yang akan berlangsung hingga sore atau sebelum magrib.

Itu berarti waktunya juga untuk mempersiapkan fisik dengan makan siang terlebih dahulu. Saya pun makan siang ditemani oleh pembalap touring HGMP Aria Ramadhan dan juga sang team manager, Reno yang tampaknya setelah makan siang ini akan sangat sibuk mengabsen satu persatu pengunjung yang mendapatkan golden ticket berupa taxi drift bersama para drifter HGMP.

Aria yang datangnya telat dan tidak sempat mencoba atau shakedown BMW E46 pun langsung melakukan pemanasan setelah menyantap hidangan makanan siang. Tak ketinggalan juga ikut bersamanya di dalam E46 stock ini ada Reno dan juga sang team owner Dede Muhaimin di kursi penumpang.

Alhasil Aria pun melakukan sesi shakedown taxi drift sudah seperti sesi QTT event kejuaraan drifting. Dia pun menggila membejek E46 nya, sementara Reno yang berada di belakangnya ikutan gila. Satu-satunya orang yang tidak ikut gila yaitu Dede Muhaimin yang sedang santai berbincang di telephone.

Sekitar jam 1 siang, area parkir QBig BSD City pun mulai ramai oleh hadirnya para pengunjung dan pemenang yang di ambil dari masing-masing Instagram Bank BJB HGMP, Accelera, HSR Wheel, QBig, Alinka, dan Akbar Rais

Ditambah lagi pemenang dari Subscribers nya chanel Youtube Akbar Rais. Dan akhirnya terpilihlah sekitar 55 orang dari Instagram dan Youtube yang beruntung mendapatkan golden ticket berupa taxi drift. Dan sebelumnya memulai taxi drift, tak ada salahnya untuk merekam kecerian dan semangat para pemenang yang merasakan drift experience bersama para drifter HGMP.

Akbar pun mendapatkan penumpang pertama yaitu seorang wanita yang sudah siap dengan helm nya untuk memulai taxi driftnya

Tanpa membutuhkan waktu yang cukup lama, Akbar pun mulai mengajak penumpang nya berdansa dengan 590 hp Subaru BR2Z nya di area parking lot QBig. Dan semua mata dan kamera pun tertuju pada mobil yang pernah mengantarkan Akbar Rais sebagai Top Qualifier Kejurnas Drifting seri 1 2017 di JIEXPO Jakarta.

Hell Yea! Akbar pun tampak sangat exited melakukan run nya ini bersama penumpang disebelahnya yang tampak sibuk memegang handphonenya sambil merekam bagaimana seru dan asyiknya drifting experience bersama HGMP. Maklum saja Akbar sendiri terakhir berdansa dengan BR2Z ini pada event Drift Camp di kota Solo.

Dan sementara sang penumpang tampak sangat exited menikmati taxi drift bersama Akbar Rais dengan memberikan tanda “peace” kepada saya .

Setelah Akbar, waktunya untuk Alinka membawa penumpang seorang bocah yang masih duduk di bangku SMP. Dan selidik punya selidik, ternyata bocah ini sampai niat untuk membolos dari sekolahnya demi merasakan serunya naik mobil drift bersama drifter HGMP

As you wish..alias impianya pun tercapai, dia pun lantas langsung diajak berdansa dengan BMW E36 bernama Alkaline ini bersama Alinka. Alinka pun langsung memberikan extra G Force dari mesin 400 hp 1JZ kepada si bocah tanpa ampun.

Dan tentu saja dengan bantuan efek asap ban belakang menjadikan pengalamn tak terlupakan bersama juara ke-2 rookie class kejurnas drifting seri ke-2 2017 yang lalu ini.

Dan seperti biasa camera pada handphone para penumpang selalu on

And on

Turun dari mobil drift kedua penumpang atau pemenang taxi drift yang ternyata kakak beradik yang saling kompak bolos sekolah demi pengalaman yang mungkin once in a life time ini langsung di interview oleh Akbar Rais. Dilan look

Akbar dan Alinka pun tak kuat menahan tawa ketika mendengar ucapan polos ke-2 kakak beradik yang berdandan ala Dilan Look , bahwa demi ngrasaain naik mobil drift mereka rela bolos sekolah.

Waktunya untuk Danny Ferdito yang kebagian tugas untuk mengajak salah satu pemenang merasakan taxi drift bersamanya di dalam Subaru BR2Z

Seperti biasa team ini pun menjalankan S.O.P ketika sedang membawa penumpang umum di dalam mobil drift mereka. Seperti pemasangan seat belt yang dibantu oleh Reno, hingga penumpang memakai helm yang sudah disediakan oleh HGMP. Setelah semua nya safety dan ok, baru mereka boleh dilepas keluar.

Juara nasional drifting Indonesia tahun 2013 ini pun langsung mengajak penumpangnya berdansa dengan Subaru BRZ yang dipersenjatai dengan mesin 2JZ yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 590 hp ini.

Danny benar-benar membuat sang penumpang merasakan sensasi taxi drift yang sesungguhnya di tangan sang pro drifter

Dan fully tuned drift car kita beralih ke stock  drift car atau mobil drift harian bersama Aria Ramadhan dengan BMW E46 nya yang kali ini kedapatan mengatarkan penumpang berkeliling area parkir QBig

Tak hanya satu penumpang, tapi bahkan sampai 2 penumpang sekaligus skali tarik. Dan tentu saja selfie dan juga ngevlog atau pun life streaming pun mengudara dimana-mana.

Namun kecerian hari itu sedikit berkurang karena Subaru BR2Z nya mengalami kendala pada bagian mesin alias tidak fit.

Mesin 2JZ nya mengalami masalah karena suaranya terdengar pincang atau tidak bersih. Sehingga ketika di blauer atau di gas bikan lagi terdengar seperti suara mesin inline 6 tapi suara mesin subaru boxer

Selagi menunggu Subaru diperbaiki, Akbar yang sedang kejar setoran mengantarkan penumpang taxi drift, lantas menggunakan BMW E46 untuk dijadikan taxinya. Tak hanya 1 penumpang untuk sekali tarik, Akbar pun sampai menarik 2 penumpang sekaligus dalam satu kali perjalanan.

Bahkan tak hany 2 penumpang, tapi sampai 4 penumpang sekaligus dalam sekali tarikan. “The show must go on “kata Akbar

Walaupun kursi penumpang depan dan belakang 3 orang full, namun mereka tampak sangat exiting akan taxi drift secara keroyokan atau ramai-ramai tersebut.

Seat back and enjoy the ride..

Dan karena Subarunya sedang tidak fit, jadilah sang BMW E36 yang dipiloti oleh Alinka menjadi idol atau primadona acara Big drift out kemaren. Walaupun secara polling, Subaru BR2Z menjadi mobil idaman para pemenang atau pengunjung untuk mencicipi sensasi taxi drift dibandingkan E36 ini

Dan karena menjadi idol nya hari ini adalah E36, mau tidak mau Alinka pun harus meladeni begitu banyaknya  para pemenang yang sudah mengantri untuk duduk di hot seat sebelahnya. Dan secara profesional dan sambil juga latihan, Alinka pun memberikan sensasi taxi drift bersama Alkaline

Yang pasti drifter wanita satu-satunya di Indonesia ini benar-benar memanfaatkan event big drift out ini untuk menghibur para pemenang dan pengunjung, juga meningkatkan drifting skill nya secara bersamaan.

Buktinya? Alinka sampai membuat area parkir nya di penuhi oleh asap pekat ban E36 nya

Namun bukan namya drift car atau mobil balap jika tidak ada kendala karena habis di geber non stop. Akhirnya Alkaline atau E36 ini pun sakit juga. Dan dengan sabar para pemenang taxi drift yang masih mengantri giliran mereka pun menunggu si mobil diperbaiki

Ternyata ketika di selidiki oleh crew mekanik HGMP, ternyata klem piping nya lepas hingga menyebabkan tidak ada boost atau tekanan. Sehingga menyebabkan mobil tidak bertenaga atau berubah seperti mobil natural aspirated.

Stop…Hammer Time!

Beberapa pro drifter Indonesia seperti M. Fadil, Regi, dan Rio SB menyempatkan diri untuk mampir ke acara Big Drift Out iniWaktunya untuk sang team owner, Dede Muhaimin  mempiloti mobilnya sendiri, yaitu Subaru BR2Z, sekaligus mengajak mobilnya ini berolahraga

Meskipun sang BR2Z sedikit pincang dan loyo akibat ada masalah pada mesin 590 hp 2JZ nya, namun tak menghentikan langkah Dede untuk mengajak mobil nya ini berdansa di atas track yang terbuat dari paving

“ Senang rasanya bisa drifting lagi dengan mobil ini, karena terakhir saya gunakan pada event drift camp solo tahun lalu. Ya walaupun ada masalah pada mesinnya, tapi saya sangat senang” komentar Dede Muhaimin setelah berdansa dengan Subarunya.

Waktunya untuk pertunjukan terakhir atau last show dari acara  Big Drift Out ini, yaitu tandem taxi drift

Dimana ke-2 pengunjung atau pemenang yang beruntung akan langsung diajak tandem taxi drift secara bersamaan dengan Alinka pada BMW E36 dan Akbar Rais pada Subaru BR2Z

Alinka yang berada di depan atau lead pun berusaha untuk melepaskan diri dari kejaran Akbar Rais yang berada dibelakangnya.

Walaupun mesin 2JZ nya masih bermasalah dan tidak bisa 100 % maximum attack karena performancenya drop, sang juara ke-2 King Of Nations Pro Series 2017 Malaysia ini menampilkan sesi bagaimana memburu drifter di depannya dengan baik dengan speed, angle, dan line yang baik.

Mungkin kalo Subaru yang di piloti Akbar fit atau sehat, ke-2 penumpang taxi drift ini akan merasakan door to door tandem drift dengan body contact di dalamnya.

Well setelah dari siang sampai sore anak-anak HGMP ini pun terlihat sangat enjoy dan menikmati keseruan hari ini dimana mereka mengibur para fans team ini dengan taxi drift kepada sebanyak 90 orang, sekaligus merayakan meoment mereka kembali lagi ke lintasan.

Saya pun lantas meminta seluruh pengunjung atau pememang yang masih bertahan hingga acara selesai untuk berphoto bersama dengan seluruh drifter Bank BJB HGMP Team. Yang dimana sebanyak 90 orang yang beruntung mendapatkan golden ticket taxi drift, dan juga para pengunjung sudah datang dan memberikan semangat kepada team ini untuk terus flat out di berbagai event motorsport Indonesia.

Dan tak lupa Akbar mengajak para pemenang dan pengunjung Big Drift Out untuk menutup acara hari itu dengan ber vlogging  ria untuk chanel Youtube nya.

Dan tak lupa Bank BJB HGMP juga turut berphoto bersama dengan para sponsor atau pihak- pihak yang sudah mendukung terselenggaranya event kali ini, yaitu QBIG Bsd, Accelera Tire, dan HSR Wheels.

“Buat gue, ini bukan sekedar racing team, di tempat ini gue belajar banyak tentang kehidupan

Terima kasih ya Allah saya dipertemukan dengan orang-orang baik di sekeliling saya” kata Akbar Rais sang team leader Bank BJB HGMP Team. Sementara sang team owner nya Dede Muhaimin tampak tersenyum atas keberhasilan teamnya dalam mengadakan event moment baliknya team miliknya ke hadapan public. Hari itu 5 pembalap dan 5 drifter ini dipersatukan lagi setelah kemaren sempat hibernate dari scene balap touring dan juga drifting.

Rencanya event Big Drift Out Vol.2 akan segera di gelar. Bocorannya adalah pada bulan April besok. So guys buat kamu yang belum beruntung mendapatkan golden ticket mencicipi hot seat taxi drift bersama Bank BJB HGMP Team, segera pantengin Instagram HGMP, siapa tau kamu yang bisa mendapatkan golden ticket tersebut.

 

BANK BJB HGMP : FREESTYLER IN 2017 INTERSPORT WORLD STAGE

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

 

Comments

comments!