GYMKHANA TIME

1413

gymkhana surabaya (82)

Tampaknya setelah demam Gangnam style dan Harlem shake, ada satu lagi demam yang bikin para penonton dan pembalap mnejadi panas dingin dan gatal ingin mencoba  cabang motorsport yang sudah lama ada, cuman baru nge-hit semenjak di populerkan oleh si perally tim Monster Energy Ken Block. … Gymkhana. Dan untuk pertamakalinya Gymkhana di Surabaya bahkan di Indonesia memakai lintasan atau track outdoor yang lebih afdol dibilang track SS (special stage) rally,ketimbang Gymkhana.

gymkhana surabaya (3)Saya mengawali hari Minggu, 24 February  yang lalu itu dengan breakfast ala Indonesia dengan teman saya di Gar Power Dhimas (kemeja biru) dan juga mekaniknya GAR Power, Mas Yudha yang hari itu kebagian tugas menjadi petugas scruteenering. Kama pun sarapan dengan  nasi gudeg dan segelas es teh. Sedaaap.

gymkhana surabaya (7)

Begitu saya kembali ke dalam arena Kenjeran park Surabaya, saya melihat track sudah mulai berbentuk sirkuit dengan handicap berupa ban dimana-mana. Ini merupakan track basic gymkhana yang dipersiapkan untuk para rookie atau beginner yang baru pertama kali mencoba gymkhana dengan basic dari drag race. Track sepanjang kurang lebih 400m (800 m pulang pergi) dari start ini hanya berisi 2 cone untuk hairpin (u-turn) dan doughnut (di awal & akhir lintasan), chicken, dan 50 meter lurus tanpa rintangan yang most favorit anak drag.

gymkhana surabaya (8)

Om Gary Rosanto (topi biru)  yang pernah menjadi  juara Gymkhana Asia ini bertugas membuat track gymkhana  yang drag racer friendly. Maklum hampir sebagian besar pesar pesertanya mempunyai background anak aliran jalan lurus dan gas pool, bukan penghapal cone yang baik. Jadilah Om Gary dibantu dengan Om Ananto membuat track yang tidak banyak aura slalomnya, fast, fun, namun tetap ada adrenaline and mostly  safety nya.

gymkhana surabaya (5)

Sementara untuk kelas expert atau pro, disediakan sebuah track gymkhana yang akan membawa Anda serasa menjadi Ken Block, dan juga serasa mengikuti event sprint rally.

gymkhana surabaya (4)

Dari track rookie, Anda akan masuk melewati sebuah pintu pagar yang lebarnya  seukuran truck, lalu melewati jalan  yang rindang dan penuh pepohonan, lalu berbelok  90 derajat masuk ke pagoda melewati sebuah gapura yang besar, U-turn, lalu kembali ke lantanas rookie. Can you feel da adrenaline guys?

gymkhana surabaya (9)

Waktu sudah menunjukkan jam 11 siang, itu berarti kita molor 2 jam dari schedule jam 9 pagi. Molor 2 jam ini disebabkan karena lamanya membuat track yang fun, fast, namun tetap safety bagi para rookie. Jadi Om Gary dan Om Ananto bolak-balik merubah tarck, dan memperkuat safety nya. Selagi para pembalap Asia itu bermain-main dengan tumpukkan ban, Mas Yudha pun melakukan tugasnya men scruteneering mobil para peserta. Rims ukurannya harus sama (depan belakang), ban boleh beda kembangan namun ukuranya harus sama depan belakang (profil dan lebar). Helmet, seatbelt, dan tabung pemadam wajib hukumnya. Sementara mobil yang sudah bercoilver dan lsd, masuk ke kelas pro.

gymkhana surabaya (10)

Beberapa menit kemudian Om Gary pun mulai melakukan final check dengan mencoba track yang dia buat bersama Om Ananto. Ketika saya melihat Om Gary melesat dengan menggunakan Zero car miliknya, kaki saya menjadi gatal untuk mencoba lintasan. Namun apa daya, tak ada mobil, dan kebagian tugas jadi media bukan tukang poto keliling.

gymkhana surabayaa (2)

Lanjut setelah Om Gary masuk, beberapa peserta yang notabenenya  masih rookie dan bau dragstrip ini memacu mobilnya  dengan full throttle. Entah itu di handicap ban, cone, bahkan big O 2 kali sebelum finish.

gymkhana surabaya (12)

Akhirnya korban pertama aliran gas pol ini adalah sebuah Toyota yaris yang menabrak tenda panitia sewaktu melakukan doughnut sebanyak 2 kali sebelum masuk ke finish. Namun sayang sewaktu doughnut yang ke-2 , saking nafsunya pembalap ini membejek open wide throttle. Bukan nya cepat masuk ke garis finish malah membuat penonton di bawah tenda semburat berhamburan menghindari tamu tak di undang. Tips nya, kalo mobil standart jangan di full throttle  ketika melakukan doughnut, malah membuat mobil Anda keluar dari line atau under steer. Anda bisa gas pol kalo sudah memakai LSD. Woles lah.

gymkhana surabaya (13)

Pada hari itu mobil FWD sekelas city car mendominasi event latihan bersama Gymkhana ini. Namun beberapa peserta menggunakan FWD saloon sedan yang cukup high performance. Anda tentu bisa menebak what under the hood dari  Toyota AE111 lokal ini. Samakan saja kode mesinnya dengan versi JDM nya AE111, hasilnya 180 hp 4AGE 20 valve black top plus ITB under the hood. Love when the 4AGE 20 valve + ITB screaming…..

gymkhana surabaya (14)

Cuaca Surabaya siang hari itu memang sedang galau. Setelah pagi hingga siangnya panas, mendadak mendung lalu hujan  deras. Walaupun hujan yang turun begitu deras, namun it wont stop this guys to practice. Bahkan mereka semakin enjoy dengan permainan barunya ini. Maklum anak drag race aliran gas pol, mereka sudah terbiasa bertanding dibawah hujan deras dan track basah dalam kecepatan over 100 km/h.

gymkhana surabayaa (13)Beberapa pembalap slalom senior atau expert juga tak mau kalah dengan para newbie yang seakan tak mau berhenti membejek gas mobil mereka walaupun hujan turun dengan derasnya, dan mereka baru 1st debut di Gymkhana

gymkhana surabayaa (8)

Tak ada yang lebih mengasyikan sewaktu hujan selain menyaksikan mobil RWD ber sideways and ber over steer ria di bawah hujan. Yehaaaa…..!

gymkhana surabayaa (9)

Sebuah Toyota Celica GT pun tak mau kalah dengan  mobil-mobil sekelas city car lainnya.

gymkhana surabayaa (14)

Ada waktunya kami beristirahat untuk makan dan minum, karena kami bukanlah robot. Robot saja perlu istirahat guys, apalagi kami. Maklum kami media atau reporter yang setengah dokumentasi. Oleh karena kami liputan atau memphoto dari awal hingga akhir acara, maka dari itu kami butuh energy yang banyak. Dan ini bukan pekerjaan yang mudah  dan ringan memphoto seluruh kejadian dari awal hingga akhir acara lalu, mengeditnya, dan mempostingnya di Perfourm. Ingat, KAMI BUKAN TUKANG PHOTO KELILING. Kama lebih baik dari itu. So respect us guys.

gymkhana surabaya (16)

Lanjut setelah kami makan siang, beristirahat sebentar, dan menunggu hujan reda. Kami pun mulai keluar dari perteduhan kami, dan melakukan hunting lagi. Beberapa peserta memang mengikuti latihan ini dengan menggunakan mobil standard (engine and suspension), minimal yang standard  pabrik hanya mengganti rims and wheels saja. Dan saya cukup terkejut dengan performance Honda Brio ini, walaupun suspensionnya standart, namun engine dan handlingnya cukup lumayan.

gymkhana surabaya (20)

Siapa bilang MPV tidak bisa diajak ber gymkhana ria, buktinya Toyota Avanza ini bisa ber hair pin ria sambil water splash di ujung lintasan.

gymkhana surabaya (19)

Namun MPV tetaplah MPV, panjang dan besar. Itulah yang menyebabkan beberapa MPV seperti Nissan Livina ini tidak bisa mulus melakukan U-turn, hingga harus bolak balik mundur maju sehingga  kehilangan banyak waktu.

gymkhana surabaya (22)Bukan hanya kehilangan banyak waktu, tetapi kehilangan teramat sangat banyak waktu dan kehilangan kesempatan untuk next race (arisan). Sewaktu melewati beberapa handicap Livina ini terlihat tidak mengangkat gas atau mengerem, namun tetap pada alirannya gas pol. Akhirnya Braak, Livina ini sukses under steer dan menabrak trotoar

gymkhana surabayaa (7)

Si Pembalap nya sendiri sempat terdiam sambil mukanya tegang sekali setelah kecelakaan ini. Bahkan ketika diahmpiri oleh beberapa panitia dan temannya dia tetap terdiam di dalam cockpit. Lalu dipanggil-panggil oleh temannya bahwa mobilnya rusak lumayan parah, barulah dia tersadar dan melihat ke luar kaca.

gymkhana surabaya (24)

Hasil under steer nya berupa, trotoar yang rusak, front bumper yang penyok, front tire  sebelah kiri sobek, dan saya tak tahu apa yang patah atau putus ini?Yang jelas mobii ini jalannya rada pincang atau bengkok.

gymkhana surabaya (23)

Jika Anda menyaksikan kecelakaan ini secara Live tanpa siaran tunda, maka Anda akan melihat muka dari si yang full merah seperti habis di gampar orang sekampung. Berdoa saja dia pulang tidak di gampar sama orang tuanya. Betharia Sonata dunk merah di pipi.Lol

gymkhana surabaya (32)

Ya beginilah kelakuan si King of RWD andalan Jatim, mas Diky, woles alias santai kaya di pantai, slow kaya di pulau. Walaupun para peserta sibuk practice atau berusaha mencetak the fastest time.  Orang yang dikutuk dari lahir hanya boleh mengendarai mobil RWD ini, malah duduk di samping KE70 GT bercanda bersama anaknya. Emangnya ini piknik 72? Sungguh T.E.R.L.A.L.U.

gymkhana surabaya (30)Beberapa mobilpun mulai memadati arena waiting zone, dan ada satu Nissan Cefiro A31 yang ikut line up di waiting zone

gymkhana surabaya (31)

Meet Feric, anak SMA yang tampaknya begitu bersemangat untuk ikut serta meramaikan drifting scene di kota Surabaya dengan A31 nya. Welcome to the ShowRockBoyo Sideways kid.

gymkhana surabaya (31) gymkhana surabaya (27)

Dan Anda tahu how deep is my love kepada mobil RWD, oleh karena itu apapun mobil RWD nya,apalagi RWD mobil Jepang, saya wajib memphotonya. Feric pun mengajak A31 nya melakukan sedikit berolahraga, tidak ada aksi sideways, yang ada grip action. Maklum A31 Feric ini masih perawan alias standart pabrik. Next dia akan mengupgrade cefiro ini, into a drift machine. Kapan saya bisa mempunyai mobil ini?

gymkhana surabayaa (6)

Tak mau kalah dengan A31, ada Toyota Corolla KE70 yang look so hard untuk bisa membuat big doughnut di cone terakhir ini. Nice old school or classic TRD liverly.

gymkhana surabaya (35)

Setelah sekitar 1  setengah jam free practice. Seleuruh peserta dikumpulkan di depan garis start untuk dilakukan briefing dari panitia dan juga tutor dari para pembalap arek Suroboyo yang pernah berlaga di event Gymkhana Asia, bahkan keluar sebagai juara. Yaitu Om Gary dan juga Om Ananto. Mereka ber-2 memberikan tips how to drive your car in gymkhana world dan juga basic dasarnya. Serta tak lupa mereka melayani sesi tanya jawab.

gymkhana surabaya (37)

This is it. Sebanyak kurang lebih 35 peserta latihan bersama Gymkhana yang diadakan oleh SDC dan  JSC.

gymkhana surabaya (40)

Karena tempatnya yang mendukung untuk piknik, jadi tak ada salahnya para orang tua mengajak anak-anak mereka untuk menonton Gymkhana dari tepi lantanas sambil menggelar tikar dan menyantap bakso atau mie ayam. Only in Indonesia. Sedaaaap.

gymkhana surabaya (67)

Open practice dengan official catatan waktu pun dimulai. Para oeserta yang diawal practice masih terlihat culun, kini berubah menjadi pro. Latihan selama 1 jam tadi tampaknya sudah memberikan mereka pelajaran how to control your throttle and your steering wheels. Meraka tampak lebih cepat dan bisa mengendalikan mobil mereka.

gymkhana surabaya (65)Mereka pun tak sungkan-sungkan untuk menarik e-brake lalu exit dengan full throttle.

gymkhana surabaya (60)

Bahkan mereka yang notabene penyandang aliran gas pol dan mobil yang digunakan berspek  drag race, tak ragu-ragu lagi untuk open wide throttle, lalu melakukan hard brake hingga rear tire nya terkunci dan berasap.

gymkhana surabayaa (21)Tak hanya di lintasan lurusnya saja mereka semakin cepat, pada bagian zig zag atau handicap, meraka tampak begitu kencang dan tipis dalam pengambilan racing linenya terhadap ban bekas disamping mereka

gymkhana surabaya (38)

Nah kalo yang ini tidak boleh ditiru guys, ini contoh pembalap yang tidak baik. Masak balapan dengan pakaian ala kadarnya, boxer tidur plus sandal japit. Mau bobo atau mau balapan mas ?Karena malu saya ledekin dan juga berada di mobil FWD, yang mencetak waktunya ya begitulah. Mas Diky pun naik ke tunggangan keramatnya.

gymkhana surabayaa (15)

Sebuah mobil RWD Nissan Cefiro A31 milik Binar. Dan saya pun dengan senang hati meladeni RWD actionnya dari tengah cone.gymkhana surabaya (58)

And he drive like the madman. Dasar RWD boys. Dikasi RWD aja jago, coba kalo FWD, ya begitulah jadinya.

gymkhana surabaya (50)

What ta? Is that Adhy?  Wah anak ini melarikan diri dari tugasnya sebagai photographer , berubah menjadi pembalap. Tampaknya kaki Adhy juga ikutan gatal sewaktu liputan ini. Maka Akhirnya dia membayar 200 ribu untuk tiketnya mengikuti open practice ini.

gymkhana surabaya (51)

Oh my god! You got the wrong way dude! Masak dari tadi motion orang yang lewat di cone terakhir bisa wrong way? Sungguh terlalu. Adhy ternyata melakukan aksi wrong way, yang seharusnya memutari cone terakhir anti clock wise (berlawanan arah jarum jam) menjadi clock wise (searah jarum jam). Ternyata begitu saya tanya kenapa melakukan aksi wrong way? Adhy menjawab dengan jawaban classic dan diplomatis , “grogi”

gymkhana surabaya (42)

Di cone terakhir sebelum finish ini, Anda bisa melihat bagaimana para pembalap ini kejar setoran untuk masuk ke garis finish. Bahkan di rintangan terakhir ini, Anda bisa melihat how good their driving skill, e-brake seting, dan terutama suspension seting nya.

gymkhana surabaya (53)

Beberapa mobil, bahkan mobil GE8 om Gary sampai terangkat bagian belakangnya, ketika mencoba melakukan doughnut . ini mungkin bisa dihindari dengan seting suspensionnya yang lebih baik. Tapi ada beberapa mitos diluar sana,  bahwa mobil yang setengah ngawang atau terbang ini, bisa mempercepat laju kendaraan ketika melakuna hair pin (u-turn) atau doughnuts (O). Bisa jadi teori yang dipakai, mengurangi beban gesekan dengan lantanas dengan melempar bagian buritan atau belakang mobil. Tapi ingat beban atau weight bias nya menjadi berat di depan. Konsekuensi gaya understeer semakin besar. Tapi mau besar atau kecil, kalo pembalapnya  juara punya, can lah. So pilih mana, on air mode atau grounding mode?

gymkhana surabayaa (24)

Kalau saya lebih memilih on air mode. Ini namanya Ciluuukkkk Braaaaak photography. Karena saya melompat dari luar lintasan ke dalam lantanas sambil memphoto para pembalap yang sedang beraksi. Dan hasilnya..ciluukkkkkkk………..

gymkhana surabaya (63)

 

 

 

 

Braaaakkk..!!! Hell no, saya tidak sebodoh dan senekat itu guys. Tapi bagaimanapun juga resiko kecelakaan itu tetap ada, walaupun sudah dimaksimalkan. That’s why it’s call “Motorsport is very Dangerous sport”. Sirkuit biasanya sudah didesain begitu safety, dengan berpatokan pada bagian yang bisa menimbulkan accident di perkecil resikonya, bahkan ditiadakan. Meskipun tetap saja yang namanya resiko selalu ada.

gymkhana surabayaa (19)

Contohnya salah satu peserta menabarak rintangan ban yang menyebabkan lips front bumpernya lepas karena saking kerasnya dia menabrak ban tersebut. Ya beginilah ketika melewati suatu rintangan yang ada bukan tutup gas, tapi buka gas.

gymkhana surabaya (43)

Korban ke-3 adalah mirror atau spion dari Toyota Yaris salah satu peserta yang patah karena menghantam tiang tenda finish. Bukannya masuk dalam tenda finish, tapi masuk dari samping, sehingga menghantam tiang bagian kanan.

gymkhana surabaya (68)

Di babak arisan yang pendaftarannya sebesar Rp.100.000 dan berhadiah winner takes all (dipotong pajak panitia), di luar dugaan Derek “The Kimcil Boy”  dari G5 Brotherhood  dengan Toyota Yaris mencetak waktu tercepat di kelas rookie. Membuat Yudha Myb tergeser keposisi ke -2.

 

gymkhana surabaya (69)

Dari Underground racing Kota Jember puntak mau kalah bersaing, bahkan dia menyodok sebagai yang tercepat mengalahkan Derek  G5 dan juga Yudha Myb, dengan time 41.781 detik. Derek pun menyerah karena koin atau uang di dompetnya habis, dan tidak bias membeli koin arisan lagi.

gymkhana surabaya (71)

Tetapi not for Yudha Myb, cowok yang sekarang domisil di Samarinda ini bertekat menjadi the fastest of the day. Dia pun membayar lagi Rp.100.000 untuk satu kali start lagi, dan mencoba mencetak waktu tercepat.

gymkhana surabaya (72)

Benar saja, dengan mengendarai Toyota Yaris, Yudha Myb mencetak waktu tercepat yaitu 41,237 detik. Dia mengalahkan  dari tim Underground racing Jember yang hanya  mencetak waktu 41,781 detik.

 

gymkhana surabaya (70)

Yang pasti teruk plus pening tingkat tinggi ni anak. Akhirnya podium juara  1 hilang dari genggamannya, dia pun harus puas di posisi ke 2. Ada yang tahu nama anak dari Jember ini? saya lupa

gymkhana surabaya (73)

Dan setelah final babak arisan, maka diadakan winner ceremony dengan mengarak  Yudha  Myb sebagai pemenang utama atau thefastest of the day dengan mobil nya. Dan yang bertugas sebagai sopirnya adalah Derek G5 yang bertengger di posisi ke -3. Congrats braw.

gymkhana surabaya (74)

Thanks for team Underground racing and Buckspeed Jember, yang telah ikut serta meramaikan acara ini.

gymkhana surabayaa (27)

Beberapa orang mungkin time out, untuk beristirahat mempersiapkan race ke-2 yaitu kelas pro atau expert. Namun sebagian orang teman Adhy malah burn some tires and go sideways. Tires are devil, they must be burn.

gymkhana surabayaa (25)

 Dan akhirnya saya sudah mendapat restu dari Master Yoda di Star Wars dengan mendapatkan “The Force”. Dan menjadi seorang Jedi. May the force be with me.

gymkhana surabaya (75)

Kelas expert atau pro pun dimulai, satu persatu pun mulai berbelok ke kiri dan melewati sebuah gang lalu masuk ke jalan yang rindang.

gymkhana surabaya (89)

And you’re know it’s pro, by looking how damn fast their drive his car. Honda Brio ini pun melaju begitu cepatnya setelah keluar dari gerbang dan menuju ke tikungan berikutnya.

gymkhana surabaya (88)
Setelah melewati tumpukan ban bersiap siap berbelok ke sebelah kanan untuk masuk ke area pagoda. Dan bersiap-siap juga sewaktu belok di photo oleh Adhy yang sudah nagkring di atas genteng. This is how we work, Totallitas tanpa batas.

gymkhana surabayaa (34)

Kami selalu berusaha menghadirkan photo-photo terbaik dengan berbagai macam cara, termasuk sampai manjat-manjat demi kepuasan pembaca. Bahkan angle photo yang epic dan dramatisir.

gymkhana surabaya (82)

Dan salah satu yang menjadi favorit saya adalah water splash pada tikungan masuk ke pagoda. Dimana saya serasa photo sprint rally.

gymkhana surabaya (97)

Tepat di depan pagoda, para pembalap kelas extreme  ini sedikit menarik e-brake mereka lalu melakukan u-turn di track yang terbuat dari paving.

gymkhana surabayaa (38)

Lalu mereka kembali  lagi menuju  garis finish melewati gerbang pintu masuk pagoda dengan high speed

gymkhana surabayaa (39)

And another water splash. Love this scene.

gymkhana surabayaa (37)

Then flying away  to the gate.

gymkhana surabaya (100)

Untuk kelas rookie atau pemula. Juara 1 diraih oleh Yudha Myb Samarinda,  juara ke-2 diraih oleh dari Underground racing/buckspeed Jember, dan juara ke-3 Derek G5 Brotherhood Surabaya.

gymkhana surabaya (101)

This is it pemenang kelas pro atau expert. Juara 1 Rizky TJ, juara ke-2 Ipung, dan juara ke-3 Daus.

gymkhana surabaya (102)

Untuk kelas rookie atau pemula. Juara 1 diraih oleh Yudha Myb Samarinda,  juara ke-2 diraih oleh dari Underground racing/buckspeed Jember, dan juara ke-3 Derek G5 Brotherhood Surabaya.

gymkhana surabaya (1)

Well guys, dan untuk yang terakhir saya dan Adhy berphoto bersama dengan banner Perfourm.com. Ini menjadi awal mula  atau 1st debut kami berdua liputan di website baru ini.  Hope we can serve you with ton’s of epic photo and  fun to read story. See you in another race guys.

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

Comments

comments!