G5 BROTHERHOOD : RAMADHAN ON THE STREET

609

G5 bagi tajil 2013 (4)

Bulan Ramadhan 2013 sudah di mulai, inilah greatest battle atau the greatest race antara manusia melawan diri nya sendiri atau nafsu. LeMans yang bernama buan puasa ini pun berlangsung selama 30 hari. Dan tentu saja selama 30 hari ini, seluruh race car dan pembalapnya kembali ke paddock atau pitnya masing-masing dan menjalankan bulan puasanya dengan kushuk, jauh dari  godaan haus, lapar, dan tentu saja godaan imron berupa umbrella girl. Lol. From strip to street, inilah liputan perdana saya di bulan Ramadhan  bersama  car club bernama G5 Brotherhood  dalam rangka bagi tajil di tepi jalan raya kota Surabaya. IMG_6300

Mulai dari kelas 2.1   kejurnas drag race round 1 Surabaya

IMG_0052 copy

Hingga Kejurnas drag race 2013 round 2 Surabaya, club yang didirikan pada 3 tahun yang lalu ini tidak pernah absen dalam mengikuti event drag race, gymkhana,  dan juga slalom. Terakhir mereka berhasil meraih podium ke-5 di kelas kejurnas  3.1 (stock sedan 0-1.700 cc) pada round 2 yang lalu.

G5 bagi tajil 2013 (1)

Seperti kata saya tadi from the drag strip into the street, club yang rata-rata membernya ini baru menjadi semester awal dan SMA ini, mengadakan acara sosial berupa bagi tajil bersama yang mengambil tempat di depan gedung grahadi Surabaya pada hari Jum’at (12/7) yang lalu.

G5 bagi tajil 2013 (3)

Karena keadaan sore hari itu traffic di depan gedung Grahadi sangat ramai, jadilah hanya sebagian mobil member G5 yang parkir dibahu jalan Gubernur Suryo ini.

G5 bagi tajil 2013 (2)

Saya tiba di lokasi sekitar jam 16:30, dan terlihat beberapa  anggota G5 sedang mempersiapkan banner acara mereka.

G5 bagi tajil 2013 (5)

G5 yang mulai berdiri pada 25 April 2010 ini merupakan sebuah club otomotif di kota Surabaya yang main course nya tidak hanya race melulu, tetapi mereka juga mempunyai divisi show car atau auto contest. Dimana the man behind club ini adalah orang-orang lawas atau jadul dalam scene otomotif Surabaya, yang bertugas sebagai  pembina nya. Ya katakanlah mbah nya untuk meminta wangsit atau petunjuk.

G5 bagi tajil 2013 (4)

Untuk memajukan club yang anggotanya sebagian besar masih seangkatan dengan Justiin Bieber yang tentu saja Young, wild, and free.

G5 bagi tajil 2013 (9)

Terhitung sekitar 35 anggota G5 yang hadir dalam acara rutin tahunan mereka setiap bulan Ramadhan. Namun kali ini mereka ditemani oleh 15 anggota DM Community, yang merupakan salah satu club mobil bentukan salah satu pabrikan rokok nasional asal kota Surabaya.

G5 bagi tajil 2013 (6)

Jam 5 sore, keadaan di depan patung Gubernur Suryo dan Gedung Grahadi ini semakin ramai dengan orang-orang yang mulai menunggu pembagian tajil gratis dari G5.

G5 bagi tajil 2013 (10)

Beberapa orang mulai anak kecil hingga orang dewasa mulai membentuk formasi atau line up didepan rombongan G5.

G5 bagi tajil 2013 (7)

Termasuk juga para pengguna jalan  yang menggunakan motor atau roda 2 sudah mulai line up di tepi jalan, dan bersiap-siap tancap gas meminta tajil begitu lampu start berupa adzan magrib berkumandang.

G5 bagi tajil 2013 (12)

5:15, atau 15 menit lagi menuju waktu berbuka puasa untuk Surabaya dan sekitarnya, jalan yang terletak di tengah kota Surabaya mulai ramai dan membuat kemacetan hingga jalan Tunjungan. Para pengguna moto pun sudah mulai berjejer di grid start nya hingga mencapai 2 jalur dari5 jalur yang tersedia, padahal sore itu waktunya pulang kantor.

G5 bagi tajil 2013 (13)

Paket tajil pun mulai dikeluarkan dari beberapa mobil anggota. Khusus untuk tajil bulan Ramadahan kali ini mereka menyediakan berupa es cao (sejenis agar-agar tradisional) berjumlah 600 buah untuk dibagikan kepada pengguna jalan yang sedang berpuasa.

G5 bagi tajil 2013 (14)

Sekitar jam 5:30, atau waktu berbuka puasa, keadaan pun rada chaos. Paket tajil yang baru saja dikeluarkan dari mobil dan belum sempat dibagi-bagikan sudah mulai diserbu massa yang dari tadi menunggu tajil.

G5 bagi tajil 2013 (15)

Tak lebih dari 30 detik paket tajil di dalam dos  minuman mineral itu habis diserbu massa.

G5 bagi tajil 2013 (20)

Inilah yang mereka perebutkan tadi, satu gelas es cau. Terlihat biasa,simple , dan murah buat Anda (mungkin segelas hanya 1000-2000 rupiah) buat Anda. Namun jika Anda sedang berpuasa dan tiba waktunya berbuka puasa, seteguk minuman yang menjadi jajanan idol saya sewaktu SD hingga sekarang  ini terasa sangat nikmat.

G5 bagi tajil 2013 (19)

Takut kebobolan lagi, kali ini mereka memakai taktik defense atau bertahan di belakang bagasi mobil mereka. Dan yang menjadi benteng mereka adalah para anggota yang berdiri di belakang paket tajil ini. Anak-anak G5 pun kini terlihat lebih woles atau santai dalam mengeluarkan tajil mereka.

G5 bagi tajil 2013 (16)

Sementara para anggota yang lainnya didepan benteng merea, embagi-bagikan secara langsung kepada pengguna jalan yang dari tadi sudah line up menanti tajil mereka.

G5 bagi tajil 2013 (18)

Dan peduli dia jalankaki, naik motor, naik mobil, ataupun naik sepeda ontel pun, anak-anak G5 ini membagikan dengan ikhlas, walaupun sedikit kerepotan denga jumlah massa yang meminta tajil mereka.

G5 bagi tajil 2013 (17)

Dan mereka pun berhasil membuat jalan utama atau protokol kota Surabaya ini macet hingga jalan Tunjungan, dan memaksa Polisi menutup arah putar balik ke jalan Gubernur Suryo (tempat bagi Tajil)

G5 bagi tajil 2013 (21)

Kurang lebih 5 menit tajill sejumlah 600 buah es cau itu pun ludes diserbu pengguna jalan dan massa yang mulai jam  5 bergerombol dan line up di depan Taman Apsari Surabaya ini. Mereka pun merayakan kesuksan dan kelancaran acara bagi tajil ini dengan tepuk tangan dan suka cita.

G5 bagi tajil 2013 (22)

Dan waktunya mereka untukberbuka puasa dan bersantai sejenak menikmati buka puasa.

G5 bagi tajil 2013 (23)

Taman Apsari atau TA, dulunya taman ini sangat kumuh, kotor, dan gelap sekali. Saya saja walaupun SMA saya berada di depan taman ini males hang out disini. Namun saat ini TA pun berubah menjadi  salah satu taman  di  kota Surabaya yang cukup cantik. patung Gubernur Suryo yang merupakan Pahlawan Perang Nasioanal (Pertempuran 10 November di Surabaya) dan juga  Gubernur pertama  provinsi Jawa Timur(45-48).

G5 bagi tajil 2013 (25)

Sayapun langsung memphoto  club mobil yag mulai memasuki tahun ke-3 nya di dunia otomotif Surabaya. Dan acara bagi tajil ini juga menjadi acara bagi ta jil mereka yang ke-4 selama mereka berdiri dari 3 tahun silam. Acara tajil di awal bulan puasa ini juga menjadi awal mula dari serangkaian acara sosial mereka di bulan Ramadhan ini, seperti buka bersama, santunan ke panti asuhan, sahur on the road, futsal bersama setelah sholat tarawih, dan tentu saja Ramadhan Night Race.

G5 bagi tajil 2013 (31)

Puas berphoto acara pun dilanjutkan dengan menyantap hidangan berbuka puasa di tepi taman Apsari Surabaya.

G5 bagi tajil 2013 (32)

Hidangan berbuka puasa kami saat itu adalah sebuah nasi kotak yang berisi sayur, sambal hati, urap, dan ayam bakar.

G5 bagi tajil 2013 (33)

Mungkin  karena kelelahan membagikan tajil taji, merekapun secara lahap menikmati hidangan berbuka puasa mereka di tepi jalan raya.

G5 bagi tajil 2013 (35)

Ataupu yang ingin menikmati suasana taman dan dinner romantis, bisa bergeser agak ketengah taman yang didirikan pada 10 November tahun 1979   ini.

G5 bagi tajil 2013 (26)

Saya pun tak sendirian hari itu, ada tv lokal yang juga meliput acara bagi-bagi tajil gratis G5 pada hari itu.

G5 bagi tajil 2013 (27)

“ Tujuan kami atau G5 Brotherhood mengadakan acara bagi-bagi tajil gratis dan serangkain acara sosial di bulan Ramadhan ini adalah agar bisa menumbuhkan rasa sosial dan saling menolong sesama manusia” terang Agasya selaku ketua G5 Brotherhood ketika di interview oleh host sebuah acara otomotif TV lokal Surabaya.

G5 bagi tajil 2013 (37)

And believe or not, inilah pertama kalinya saya photo di taman yang letaknya bersebrangan dengan SMA saya (SMU Trimurti). Padahal dari saya SMP hingga sampai saat ini, taman ini cuma saya lewati saja. Tapi kali ini karena Tamannya sudah ya lumayan bagus, tak ada salahnya saya mengabadikannnya. Dan lewat artikel ini, saya juga tahu siapa dan apa peran Beliau (Gubernur Suryo) pada masa perang 10 November 1945, dan juga orang dibalik penumpasan PKI di Jawa Timur. Yang sebelumnya saya tidak tahu sama sekali, padahal SMA saya persis didepannya agak kekiri dikit.

G5 bagi tajil 2013 (38)

Lanjut setelah interview dan menikmati nasi kotak saya, acara yang paling saya tunggu-tunggu dari bagi tajil ini pun dimulai. Yaitu makan The best bakso in town, Bakso Tanjung Anom, yang terletak di Taman Apsari juga. Saya pun sukses secara khilaf menghabiskan 4 bakso kasaran seukuran bola tenis, es alpokat kocok, dan 1 lontong secara membabi buta. Harus saya akui bakso buatan Pentil dan Pentol G5 ini membuat saya sering ngidam untuk memakannya. Kalo sudah makan tak cukup 1 porsi(2 bakso), tapi harus 2 porsi.  Haw che sing cing ping lah…

G5 bagi tajil 2013 (36)

So guys, di bulan ramadhan yang penuh ampunan dan berkah ini. Marilah kita berlomba-lomba beramal dan beribadah. Sementara ini lupakan dulu best time Anda di lintasan, kali ini cetaklah the best things yang bisa Anda bagikan atau amalkan untuk sesama ataupun orang yang membutuhkannya. So guys, have a fasting race. See you on the finish line.

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

SHARE
Previous articleUNDERGROUND PARTY WITH DA SNC
Next articleDATING WITH THE FAIRLADY
Bayu Sulistyo Nyonk
The slowest man in the fastest motorsport. Love to travel & eat, and love motorsport. Dreaming about a Nissan Cefiro A31 with 2JZ under the hood and wide fat bodykit for going sideways and weekend family car. You had me at Instagram @bayusulistyoo

Comments

comments!