PERFOURM MEET : THE PROLOGUE

369

Setelah absen atau hibernate selama kurang lebih 4 tahun (2014), akhirnya Perfourm Meet kembali digelar kembali  pada minggu terakhir bulan puasa atau pada tanggal  10 Juni 2018 yang lalu di Graha Fairground Surabaya. Ini adalah meet yang di planing 1 hari sebelum hari H, dan sebenarnya merupakan Perfourm RWD Meet, namun dibuka untuk all cars are welcome. Walaupun yang datang hanya sekitar 12 mobil, namun meet ini berhasil meng ignite atau menyulut beberapa RWD cars baru untuk hadir. Atau anggap saja sebagai prologue sebelum Perfourm meet yang lainnya.

Salah satu RWD cars yang bisa dibilang pelajar teladan yang hadir on time (15:30), adalah Binar dengan Daihatsu Hijet 1000 nya yang merupakan weapon of choice nya di event slalom dan gymkhana nasional. Tampang luarnya pun sudah di modif dengan custom over vender.

Satu yang pasti Hijet 1000 yang dipanggil Angry Birds ini bukanlah hijet biasa , Hijet yang  lazim dengan mesin 3 silinder 993 cc yang hanya mampu memuntahkan tenaga sebesar 45 PS. Di lesengserkan dengan mesin dari sang adik, Daihatsu Grand max 86 hp 1.300 cc 4 cylinder injection lengkap dengan gearboxnya, dan di otaki oleh Haltech. Jadi tak heran ada yang nongol ketika mengintip kekolong Hijet tersebut.

Sekitar jam 16:15an, beberapa RWD cars dari Showrockboyo Sideways pun mulai datang. Salah satunya adalah Nissan Skyline R33 GT-S milik Andy dari SP Garage Surabaya

Gojira yang basicly berwarna hitam ini, merupakan drift machine nya Andy yang merupakan owner dan tuner dari SP Garage  dari tahun 2015 yang lalu.  Lama tak melihat Gojira ini, tampilannya pun menjadi semakin kawai dengan Nissan Skyline R33 GTS Jun Body Kit yang dilebur dengan warna silver

Jika pertama kali Andy menggotong R33 ke bengkelnya, Gojira ini memakai rims jadul bermerek 5Zigen dengan tipe legendaris 5Zigen 5ZR. Maka seiring upgrade pada bagian body kit dan juga engine, Andy pun mengganti high heels gojira ini dengan Volk Rays CE28 berwarna gold.

Ketika kita pop the hood, mesin RB25 nya pun sudah digusur dengan mesin RB26DET yang sudah di modif di bengkelnya SP Garage Surabaya. RB26 yang dipersiapkan untuk drifting ini memakai RB26 RWD setup dengan parts nya seperti Full CP piston set yang dipasangkan ke Eagle H-Beam rod dan forged crankshaft. Dan supaya aliran darah olinya lancar atau tidak terkena stroke (oil leak) yang merupakan menyakit turunan mesin Nissan RB, maka dipasangkan Tomei oil pump. Ballbering twin scroll turbo yang bernapas melalui Greddy intake manifold dan single big throttle. Dimana mesin full tuned ini di otaki oleh Apex’i Power FC.

Dan tak lupa, karena Skyline ini merupakan R33 GTS bukan GTR yang AWD, dan dipakai untuk drifting. Maka lulusan UTI (Universal Technical Institute) Los Angles, USA ini megganti LSD helical bawaannya dengan LSD Nismo 2 way. Yang jelas Gojira ini pernah beberapa kali mengikuti Hell Yeah, Perfourm Open Drift Practice, dan sukses bersideways ria. Dimana dia merupakan spesies Gojira yang anti mainstream di Indoensia, yaitu digunakan untuk drifting, bukan untuk track atau pun run di jalan tol.

It’s 04:35 PM, dan 2 mobil kembali hadir di Graha Fairgorund.

Skyline R33 ini pun diapit oleh BMW Z4 milik Andre dan Mazda RX-8 milik Masardi yang juga merupakan anggota dari Showrockboyo Sideways. Dan yes guys, mereka pernah digunakan untuk drifting, bukan sebagai mobil harian atau pajangan saja.Selepas kedatangan Z4 dan RX8, beberapa car enthusiast Surabaya pun ikut berjejer rapi disebelah Daihatsu Hijet 1000 Binar.  Mereka adalah komunitas dari IECS atau Indonesian Exotic Car Spoters Surabaya. Well, thank for comin guys.

Salah satu dari mereka membawa sebuah Toyota Corolla DX atau KE70 lengkap dengan Enkei Compe 8 atau yang lebih dikenal dengan nama Enkei Compe belimbing.

Tak lama kemudian Arvel Dumais pun datang dengan bagged BMW E46 Coupe yang tampangnya sudah mengadopsi M Tech body kit.

E46 Coupe inipun semakin get low berkat D2 Air Suspension yang di instalkan ke empat Breyton Race GTS-R rims

Menjelang Magrib, gerombolan rotary boys pun mulai berdatangan.

Terhitunitung ada 3 Mazda RX-8 yang hadir pada saat itu, dimana Evan dan Utama bergabung melengkapi line up  RX8 Masardi yang sudah terlebih dahulu hadir disini. Mungkin next event akan lebih banyak lagi mesin rotary yang bisa hadir disini.

Dari 3  RX8 yang merupakan generasi ke-7 dari keluarga Mazda RX car (wankel rotary engine), 2 diantaranya merupakan RX8 generasi pertama, lalu atau yang putih merupakan RX8 2nd generation atau facelift yang cukup rare yang menggunakan transmisi manual. Cukup rare karena RX8 facelift di Indonesia kebanyakan adalah matic, sementara yang manual hanya berjumlah sekitar 4-6 biji. Rimsnya pun sudah mengadopsi Volk Rays GTC dengan Brembo Braking System

Sementara pada bagian dapur pacu yang memang dipersiapkan untuk drifting ini, Utama mempercayakan Andy dari SP Garage Surabaya untuk memodif  mesin RENESIS 13B-MSP (2-rotor, multi-side-port) 1.300 cc yang aslinya natural aspirated menjadi force induction. HKS GTX3076R ball bearing, Tial wastegate, custom aluminum piping, stainless steel header-full exhaust, Walbro fuel pump (400 LPH), SARD fuel pressure regulator, Greddy fuel rails, Greddy Type FV Bov, dan akhirnya diotaki oleh Greddy Ultimate piggyback ECU dengan sedikit sentuhan MAF  yang sudah di modif (Mass Air Flow Sensor)

Tak lupa saya pun ikut menjual atau cuci gudang stock Perfourm T-shirt dengan memberikan diskon dari 160rb menjadi 130rb. Dan pada hari itu ada 2 orang yang langsung COD membeli kaos saya, yaitu Didit dan Dani (kanan). Thank you sudah berbelanja kaos Perfourm guys. Dani sendiri saat ini tengah menanti hidupnya BMW E46 nya yang dipersenjatai dengan mesin 2JZ dan M3 LSD untuk bersideways ria.

Menjelang berbuka puasa, satu lagi BMW E46 Coupe yang hadir disini, yaitu E46 Coupe milik David yang mengadopsi BMW E46 M Tech body kit dengan Alpina rims

Well, total mobil yang hadir pada saat itu sebanyak 12 mobil, dengan 5 diantaranya adala drift car. Saya cukup senang bisa menyaksikan berkumpulnya para pemilik mobil yang sport yang cukup rare di kota Surabaya, antara Jepang dan Eropa.

Semoga saja kedepannya, Perfourm meet dengan titelnya Show Up (dari 2014) bisa mengumpulkan tidak hanya pemilik mobil sport dari Jepang dan Eropa saja, namun USA juga. Tak hanya sport car saja, tapi semua jenis mobil berbagai macam aliran  bisa datang disini alias all cars are welcome. Termasuk juga para spotters dan die cast enthusiast. Thanks for comin guys.

Setelah ngabuburit dan berphoto bersama, kamipun melanjutkan acara untuk berbuka bersama di salah satu fast food di samping Graha Fairground Surabaya. And everybody love the patty

Jika dulu sebuah BMW Coupe sangat jarang terlihat di jalanan kota Surabaya atau bahkan menjadi mahluk langka di Suroboyo, maka saat ini si Coupe sudah mulai memenuhi jalanan kota Pahlawan. Dan good news nya mereka tampil dalam kondisi sudah dipermak alias di modif.

Sementara dari barisan  kubu JDM cars, yang semuanya diwakili oleh para anggota Showrockboyo Sideways datang dengan membawa JDM icon flagship dari masing-masing pabrikan. Seperti Nissan dengan Skyline nya dan Mazda dengan RX-8. Next mungkin akan hadir lebih banyak lagi JDM icon dari pabrikan Jepan lainnya.

Yang saya sukai dari tempat ini adalah suasananya yang sangat hommy dan nyaman banget untuk sebuah acara meet car. Dimana kalo sore tidak terlalu panas karena rindangnya pohon-pohon, akses maksudnya juga gampang. Sementara kalo malam serasa di taman kota lengkap dengan lampu-lampu dan tenda serta foodtruck dengan lunch table  yang disediakan oleh pemilik taman ini. Saya rasa lebih Pewe daripada Flavor Bliss di BSD.

Sudah lama semenjak Perfourm mengadakan RWD meet pada tahun 2013 yang lalu parkiran mall yang berakhir dengan street drifting ketika tengah pulangnya selepas meet. Dimana meet tersebut menjadi cikal bakalnya munculnya street drifting atau drifting di kota Surabaya.

Dimana pada meet tersebut berkumpulnya para owner mobil RWD dari pabrikan Jepang dan Eropa yang cukup rare di kota Surabaya, bahkan Indonesia. Seperti Nissan Skyline R34, Nissan Silvia S15, Nissan Silvia S13, Toyota Aristo, Subaru BRZ, Toyota GT86, Nissan Fairlady Z (Z34), Mazda MX2, Mazda RX8, Mazda RX7,  BMW M5, BMW 1M, dan tentu saja Nissan Cefiro A31

So the next Show UP atau meet up akan diadakan pada awal bulan Juli ini, dimana kita all cars are welcome alias mobil aliran apa saja bisa datang. Termasuk juga para pecinta die cast.

So guys, jangan lupa pantengin terus IG nya Perfourm @perfourm dan website Perfourm untuk next Show UP atau Perfourm meet pada awal bulan Juli besok. Jadi jangan lupa persiapakan mobil Anda, dan ajak teman dan club mobil Anda untuk datang ke next meet. See ya..

SHOW UP! : PERFOURM MEET MADNESS

PERFOURM RWD MEET IS BACK !

THE APRILLOOSE, HELL YEA! : PERFOURM OPEN DRIFT PRACTICE

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!