MICHAEL KUSUMAHADI : FIRST INITIATE

264

Michael Kusumahadi akhirnya kembali ke dunia drifting setelah sekitar 3 tahun menghilang. Drfiter dari kota Suroboyo ini akhirnya mengikuti kejuaraan nasional drifting Indonesia seri ke-2 di Lanud Pondok Cabe, Tangerang Selatan yang di ikuti oleh sebanyak 23 drifter dari berbagai kota besar di Indonesia. Walaupun langkah rookie drifter ini terhenti di babak best 32, namun dia berhasil mewakili kota Surabaya di event drifting nasional Indonesia.

Michael sendiri merupakan drifter asal kota Surabaya, dimana dulunya dia memulai debut driftnya dengan sebuah Mazda RX-8 dan RX-7 di event grassroot  bernama Hell Yeah! open drift practice yang diadakan oleh Perfourm semenjak tahun 2013. Pernah berlatih drifting di Fuji Speedway Japan bersama pro drifter D1 Grandprix Japan, yaitu Takahiro Ueno. Lalu ditahun 2015 mengukuti event Achilles Motorsport Festival di Yogyakarta (drift star), dan AMF Surabaya (rookie class).Dan akhirnya vakum dan banting stir jadi RC drifter sampai tahun 2018 ini.

Dengan dibantu oleh Rhenadi “The Legend” Arinton yang merupakan pioneer drifting di Indonesia sekaligus drifter Indonesia yang berhasil menembus best 8 di Formula Drift Asia di Singapore. Mike pun ditempa hanya 2 kali latihan tentang basic drift sebelum mengikuti kerjurnas drift yang dihelat pada tanggal 20-21 Juli 2018 yang lalu.

Dengan mempiloti Nissan Silvia S15 bermesin RB25DET ex- Rhenadi, arek Suroboyo yang dulunya mempiloti Mazda RX-7 dan RX-8 ini mulai bertarung di kejurnas pada babak QTT atau kualifikasi. Di babak ini, Mike harus puas bertengger di posisi ke-9 di rookie class dan ke-17 dari 23 drifter nasional lainnya dengan total score 38,00 points. Dimana dia harus berjuang beradaptasi dengan mobil baru, suspensi mati, dan demam panggung yang dihadapi pendatang baru.Di babak drift battle , Mike 2 kali bertemu Chairulli Ilham yang bertengger di posisi ke-16 (umum), dan ke-8 (rookie class) dengan total score 40,00. Dimana sebanyak 2 kali pertemuan di best 32 umum dan best 16 rookie, Chairulli berhasil mendundukkan Mike dengan Cefironya. Sebenarnya mike punya potensi untuk bisa menyingkirkan Chairulli dari best 32 atau best 16 dengan potensi mobil yang dia piloti, dan unggu di beberapa sektor. Namun karena jam terbang dan juga beberapa kali melakukan straighten (under steer), bahkan sampai melintir. Langkahnya pun terhenti di best 16 rookie class dan best 32 (umum).

” Rasanya menyenangkan bisa kembali ikut lomba drifting dengan mengendarai mobil yang mempunyai power  yang cukup dan balance yang baik. Apalagi setelah sekian lama sih yang penting bisa qualify aja sudah puas, apalagi baru 2 jam total time spent in car, shock kanan belakang bocor jadi mobil susah buang , dan apesnya zone nya ke kiri. Ya walaupun tersingkir di best 16 dan 32, nggak mikir menang kalah sih cuman enjoy aja, yang penting fun” terang Mike

Stay tune di Perfourm untuk full artikelnya. Later..

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!