A. FAISAL (CAUL) CROWNED 2018 BHAYANGKARA DRAG RACE KAPOLDA CUP GRAND CHAMPION

A. Faisal atau Caul dari Cukka Motorsport Makassar berhasil keluar sebagai juara umum Bhayangkara Drag Race Kapolda Cup 2018 yang diadakan pada tanggal 29 Juli 2018 di Tallasa City kota Makassar, Sulawesi Selatan. Dimana dia menyingkirkan sebanyak 364 peserta dan membawa pulang uang tunai sejumlah Rp.7.500.000 sebagai hadiah juara umum event yang digelar untuk memperingati Hut Bhayangkara ke-72.

Event yang diselenggarakan untuk memperingati ulang tahun Kepolisian Indonesia yang ke-72 tahun ini di ikuti oleh sebanyak 365 peserta, yang merupakan angka batas maksimal atau limit pendaftaran yang di tentukan oleh panitia karena batas waktu yang ditentukan oleh pihak IMI Pengda Sulsel hanya sampai jam 5 sore. Mengingat juga track yang digunakan merupakan jalan raya atau umum  Jalan Boulevard Tallasa City, Makassar, bukan sirkuit permanen.

Tak hanya dragster dari kota Makassar saja yang ikut meramaikan event drag race ini, namun sejumlah dragster dari kota Palu, Surabaya, Solo, Yogyakarta, hingga Jakarta ikut bertarung di lintasan sepanjang 201 meter ini.

“Bhayangkara Drag Race Kapolda Cup 2018 ini diadakan untuk memeriahkan dan memperingati Hut Bhayangkara ke-72. Alhamdullilah event ini bisa terlaksana dengan lancar setelah sebelumnya dijadwalkan pada tanggal 7-8 Juli yang lalu, di reschedule menjadi 28-29 Juli dikarenakan Pilkada. Dimana tempat nya juga ikut berubah dari yang awalnya di Lanud Hasanuddin dipindahkan ke sirkuit jalan raya Tallasa City, dikarenakan Bapak Presiden Joko Widodo berkunjung ke Makassar. Dan yang perlu di ingat, ini  adalah event pertama kali di jalan raya setelah insiden drag race di tahun 2006 yang memakan korban jiwa, dimana drag race di jalan raya dilarang. Jadi ya deg-deg an juga kami menyelenggarakan event perdana kami ini, mengingat masalah reschedule, pindah tempat, HOAX event batal, hingga starter mencapai 365 peserta. Yang dimana melampaui target kami, yaitu 350 starter. Kami memang membatasi jumlah stater hanya 365 saja, dikarenakan ijin kami menyelenggarakan drag race dari pengprov IMI Sulsel hanya sampai jam 5 sore. Takutnya jika kami los, maka race akan molor sampai malam” terang Yopilevi Volian Tenisia selaku ketua panitia Bhanyangkara Drag Race Kapolda Cup 2018

Race yang dimulai pada hari Minggu pagi ini, dimulai pada jam 06:30 WITA dengan babak QTT atau kualifikasi untuk para peserta kelas bracket. Dimana selanjutnya sebanyak 365 starter bertarung di 20 kelas yang dipertandingkan untuk memperebutkan titel juara umum dan juga The Fastest Of The Day. Mulai dari kelas bracket time 12 detik, wanita, hingga Free For All. Namun sayangnya karena faktor keamanan, pihak pengprov IMI Sulsel hanya mengijinkan 1 jalun saja yang digunakan untuk race. Alias para pembalap di lepas satu persatu, bukan secara bersamaan (head to head lajur kiri dan kanan).

Di Kejuaraan Umum, A Faizal a.k.a Caul dari Cukka Motorsport berhasil keluar sebagai juara umum setelah berhasil bertarung di 8 kelas yang dia  ikuti dengan mempiloti sebanyak 4 mobil (Estilo, Brio, Nouva, dan Avanza)

Caul berhasil merebut podium 1 juara umum dengan total point 82. Mengungguli Deden Bandit dari Madaeng Racing Feat. MDC di podium ke-2 dengan total point 86. Dimana di posisi ke-3 direbut oleh  Rahman Setio Ricks dari Sirina Pacco Ricks dengan perolehan total point sebanyak 62. Caul pun berhasil membawa pulang uang tunai  sejumlah 7,5 juta rupiah sebagai hadiah juara umum. Sementara Deden yang berada di posisi ke-2 membawa pulang uang 5 juta rupiah. Dan 2,5 juta rupiah untuk Rahman yang berada di posisi ke-3

Sementara Yulfiardi dari Judes Pedes Racing Team dengan Mitsubishi Lancer Evo V berhasil menjadi yang tercepat di hari itu. Atau berhasil merebut gelar The Fastest Of The Day dengan best timenya 08.126 detik di kelas FFA (Free For All)

Yulfiardi berhasil memecahkan atau mematahkan rekor best time Fastest of The Day 08,421 detik yang dicetak oleh Reza Zulnizar dari SAR Speed Levi Auto dengan Honda Civic Nouva EF9 bermesin H23 di kelas Pro N/A. Dia pun berhasil membawa pulang uang tunai sejumlah 1 juta rupiah beserta trophy yang diserahkan langsung oleh Yopilevi Volian Tenisia selaku ketua panitia Bhanyangkara Drag Race Kapolda Cup 2018.

Stay tune di Perfourm.com untuk full artikelnya. Later…

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!