MANHART MH1 CSL 450 V8 AT GIIAS 2018

202

Lupakan soal engine swap B hingga K-Series pada Honda boys. Kini kita beralih ke Gadun Power alias para Bimmer dengan V-Engine nya yang di caplokkan ke engine bay mobil baru BMW sekelas M3 CSL dan 1M. Karena Satu lagi monster Frankenstein BMW  V-engine lahir lagi dari workshop ART atau Auto Racing Technik Indonesia. Setelah sukses dengan Manhart MH3 550 CSL V10, ART Indonesia pun kembali dengan Manhart MH1 CSL 450 V8 yang pengerjaan mesin di lakukan di workshop ART di Kelapa Gading, sementara pemasangan Carbon fiber dan big brake kit nya di lakukan di booth ART Indonesia di GIIAS 2018

Setiady Sungkono, pemilik sekaligus tuner ART pun mengundang para rekan media untuk memperkenalkan proyek terbarunya yaitu BMW 1M hasil kaloborasi nya dengan tuner Manhart Performance asal Jerman, dimana perwakilan dari Manhart Jerman, yaitu Adam Radowski yang merupakan Technical Director Manhart turut hadir di press con kali ini.

Dimana BMW 1M yang aslinya sudah menggendong mesin 3.0 Lt inline six TwinPower Turbo bertenaga 335 hp bawaan 1M coupe, dicangkokkan mesin V8 berkode S65 milik BMW M3 sebesar 4.000cc naturally aspirated bertenaga 414 hp. S65 dianggap memiliki respon yang lebih baik pada di semua rpm, dibandingan mesin TwinPower Turbonya 1M Coupe. Dan juga pemasangan BRQ fuel catalyst pada sistem bahan bakar untuk menambah tenaga mesin 5-10%, menghemat bahan bakar hingga 20%, mengurangi emisi sampai 50%, Selain itu, ECU-nya sudah diprogram dengan sofware khusus Manhart Performance sehingga bisa menghasilkan tenaga sebesar 500 hp.

Bagian bodi juga ditingkatkan penampilannya dengan memakai beberapa body part berbahan carbon fiber, dengan desain  terinsprasi model BMW M3 E46 CSL. Mulai dari front bumper, hood, roof, fender, side skirt, dan trunk. Ibaratanya mobil ini mengalami program diet besar-besaran untuk mendapatkan power weight ratio yang amazing sesuai dengan tenaga mesin V8 nya.

Proses pengerjaan engine swap, interior, hingga weight reduction pun dilakukan di workshop ART Indonesia di Kelapa Gading, dan disupervisi langsung oleh Adam Radowski, Technical Director Manhart Performance. Sementara pemasangan part Manhart Carbon Fiber dan juga big brake kit dilakukan sewaktu pameran GIIAS 2018 berlangsung di booth ART Indonesia. “Artinya mobil ini di-develop dengan serius dan tuner Indonesia dipercaya membuat ubahannya dari nol dengan memperhatikan kualitas pengerjaan tier (level) 1 khas Manhart Performance,” kata Setiady

Sementara pada sektor kaki-kakinya atau high heelsnya. Setiady membenamkan Ohlins Road & Track Dual Flow Adjustable untuk memegang ART  380mm ultra light two piece floating  discs denganART  2 pieces  forget billet -aluminium callipers (street & race) yang berwarna gold. Dimana didalamnya terdapat 6 piston di depan, dan 2 piston di belakang. Yang cukup kuat untuk menghentikan rotasi bumi berupa Manhart Breyton Forged Wheels 19’inch yang dibalut oleh Yokohama Advan Sport.“Sebagai workshop, kami dipercaya men-develop sistem pengereman mobil ini. Perhitungan bobot mobil, tenaga mesin, jenis suspensi yang dipakai, serta karakter jalan yang kebanyakan mau dilalui jadi pertimbangan model rem yang mau dibuat. Karena itu pada kaliper rem ada logo ART sebagai tanda keberhasilan kami membuat perangkat tersebut,” sebut Setiady.

.“Kami menyebut mobil MANHART MH1 CSL ini adalah karya best of the best hasil kolaborasi ART dan Manhart Performance. Semua bagian terbaik dari beberapa BMW M digabung ke dalam satu mobil. Hasilnya, MANHART MH1 CSL ini adalah mobil yang akan diidam-idamkan semua driver enthusiast. Mobil ini pun sudah pantas untuk dipakai di sirkuit, namun juga masih nyaman dipakai harian” jelas Setiady Sungkono, pemilik sekaligus tuner ART.

Stay tune di Perfourm.com untuk full artikelnya. Later guys..

BUILD THE MANHART MH3 550 M3 CSL RHD AT ART INDONESIA

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!