2018 BSDCITY GRANDPRIX : THE TITTLE FIGHT

BSD City Grandprix 2018 menjadi seri ke-7 yang menjadi seri pamungkas untuk musim balap 2018 yang lalu. Jika pada musim balap 2017 yang lalu BSDCity GP di masukkan ke dalam agenda balap sebagai seri ke-6, maka di musim balap 2018 ini sirkuit jalan raya yang terletak di BSD City, Tangerang Selatan menjadi  medan pertempuran untuk title fight bagi beberapa pembalap yang belum mengunci gelarnya ada seri ke-6 yang lalu.

Ini  adalah untuk yang ke-2 kalinya BSD City Grandprix masuk ke dalam kalender balap touring nasional atau ISSOM (Indonesia Sentul Series Of Motorsport) semenjak tahun 2017 yang lalu. Dimana buat para pembalap itu berarti kerja keras lagi nyari yang namanya racing line and the gank. Sementara bagi kami para tukang photo itu berarti  kembali menjadi  anak pecinta alam dengan berjalan kaki mengelilingi sirkuit dibawah terik matahari lengkap dengan peralatan tempu kami yang seberat 10 kg.

BSDCity Grandprix 2018 yang merupakan seri penutup musim balap 2018 ini menjadi seri perdana atau trial kelas baru JSTC, yaitu 1600 max dan 1800 max. Dimana  di kelas ini di ikuti oleh mobil Jepang yang di produksi di Indonesia dari tahun 1986 hingga sekarang, dimana wajib menggunakan mesin bawan aslinya 1.6 Lt atau 1.8 Lt (engine swap di larang).  Kelas baru ini pun diharapkan mampu menarik minat para pembalap baru yang ingin balapan, dan juga team pabrikan.

Dan bagi beberapa pembalap BSD GP menjadi musim test bagi toy machine mereka sebelum ikut mengikuti kompetisi penuh pada musim balap 2019 ini yang rencanya akan di mulai pada bulan April ini.

Seperti  Benny Santoso  dari Sigma Speed yang pada seri ke-5 yang lalu mencicipi JSTC di Sentul dengan GE8 Turbo milik Imin  Barata. Kali ini bertarung dengan toy machine nya sendiri, yaitu sebuah Honda Civic Type R FN2R yang tergolong langka di Indonesia. “ Saya memakai FN2R karena jatuh cinta dengan bodynya. Driving experience atau handlingnya hampir sama dengan Estilo, namun FN2R lebih condong oversteernya. Tapi masih lebih unggul FN2R karena mungkin ini Type R dan lebih rigid bodynya. Ya handlingnya hampir sama kaya naik Jazz GE8 lah. Untuk mesinnya masih asli bawaan pabrik yang sudah di modif, tenaganya sekitar 280 hp-an. Suspensinya ngembat Aragosta  bekas Jazz dulu. Big Brake kit nya pakai punya D2, sama ECU nya pakai Unichip. Saya ikut JSTC karena penasaran aja, mau tau maximum waktunya berapa “ terang pembalap yang menggunakan BMW E46 bermesin M3 di balap Euro 3000 Pro ini.

Apalagi di seri BSD City Grandprix ini saya membuka kelas baru yaitu JSTC 1600 Max dan JSTC 2000 Max yang merupakan kelas khusus production class atau mobil produksi dalam negeri yang menggunakan mesin bawaan asli (no engine swap). Ada  5 pembalap yang ikut JSTC 1600 Max dan  2 mobil baru. Total ada sebanyak 15 pembalap yang mengikuti race kali ini

Sirkuit sepanjang 3 km yang pada hari biasanya merupakan jalan umum atau jalan raya di BSD City di sulap oleh panitia menjadi sirkuit jalan raya ala Monaco atau Singapore. Jadi tak ayal kiri kanan nya hanya berupa lahan kosong yang menjadi arena jogging bagi para photographer ataupun media yang meliput event ini. Jadi jika kita ingin menemui spot yang bagus atau berpindah tempat, ya kami harus jalan dari satu spot ke spot lainnya. Dimana yang perlu Anda tahu spot di balap jalan raya sangatlah terbatas, karena penuhnya jeruji besi yang melindungi pinggir samping track. Terlebih lagi kami diburu waktu oleh balapan yang berjalan singkat hanya 10 lap. Paling kami bisa leluasa mephotonya pada u-turn, hairpin, ataupun chicane.

Bahkan untuk mencapai dari 1 spot atau titik ke titik lainnya saya harus melompat [agar besi atau bahkan menyelinap ke dalam celah pagar besi yang mungkin jika ada masalah dengan body yang ukuran XL , impossible melewati celah ini.

Bahkan outsole sepatu saya pun menjadi korbannya, alias menganga. Itu berarti dalam setahun saya menghabiskan 2 running shoes. 1 di Sentul yang game over pada pertengahan tahun kemaren, dan akhirnya akhir tahun ini ditutup dengan mangapnya kembali sepatu saya.

Comments

comments!