FAST SLIDE ATTACKS : WHEN SLALOM, DRIFTING, AND TIME ATTACKS BECOME ONE!

Penyelenggaraan event otomotif motorsport diakui oleh beberapa kalangan adalah monoton alias gitu-gitu aja. Alhasil Event Organizer bernama Whooosah Management tergerak untuk mengadakan sebuah kejuaraan balap mobil yang diklaim memiliki adrenalin beda, seru, dan pastinya menarik untuk kita saksikan.Bertempat di Sirkuit Boyolali, Jawa Tengah pada Sabtu 22 Juni 2019 mendatang, sebuah event motorsport pertama di Indonesia karena mengadopsi tiga cabang olahraga motorsport yang meliputi Slalom, Drifting dan Time Attacks, akan diselenggarakan dengan tajuk Fast Slide Attacks. Whooosah Management sendiri dimotori oleh Arce Meyer, salah satu mekanik paling hits di kalangan dunia balap mobil. Kemudian ada Adi Prijotomo dan Jos Oren, pembalap turing mobil retro hingga musim ini.

“Fast, cepat. Slide, menyalip. Attacks, menyerang. Jadi secara keseluruhan, Fast Slide Attacks merupakan kompetisi penggabungan dari tiga cabang olahraga mobil yang ada di Indonesia, yaitu drifting, slalom/gymkhana, dan time attacks,” buka Arce Meyer. “Kami sebagai pihak penyelenggara berharap, bisa mengakomodir para peserta yang ingin merasakan sedikit slalom/gymkhana (sebagai rintangan atau hambatannya), bisa drifting, dan juga bisa time attacks, karena akan balapan di sirkuit, serta para peserta juga bisa mempunyai racing line,” lanjutnya.

Kenapa tiga cabang olahraga motorsport tersebut yang dipilih, karena pihak penyelenggara ingin sesuatu yang beda. Di mana cabang olahraga aspal sebenarnya ada empat, satu lagi turing, tapi mereka tidak hitung itu. Jadi pihak penyelenggara hanya ambil yang tiga saja, yakni drifting, slalom/gymkhana, dan time attacks. Dengan harapan lain agar, penggabungan tiga cabang olahraga tersebut bisa dikembangkan untuk mendapatkan sesuatu yang menarik, meski untuk sekarang ini animonya masih lebih banyak dari pemain slalom.

Arce juga menambahkan, bahwa tujuan diadakannya Fast Slide Attacks selain untuk memeriahkan HUT Boyolali ke-172, juga karena ia ingin komunitas dari masing-masing cabang olahraga itu bisa guyub dan akrab satu sama lain. Juga memberikan sesuatu yang baru dan berbeda di dunia otomotif, khususnya motorsport.

Untuk target peserta Fast Slide Attacks mencakup semuanya, dan nasional. Baik itu privateer, komunitas, dan juga tim balap dari cabang olahraga mobil apa pun. Maka dari itu, sebelum event ini berjalan di tanggal 22 Juni 2019 nanti, terlebih dahulu sudah diadakan latihan bersama yang diselenggarakan pada 2 Maret 2019 lalu. Selanjutnya juga telah dilaksanakan coaching clinic yang digelar pada 11 Mei 2019 di Sirkuit Boyolali.

Coaching clinic bertujuan untuk sosialisasi dan briefing mengenai acara Fast Slide Attacks, mulai dari kategori, regulasi, hingga ke persoalan trek sirkuit. Juga panitia penyelenggara ingin mengajak orang-orang yang belum mengenal dunia balap, khususnya slalom, drifting, dan time attacks agar bisa merasakan adrenalin ketika mengikuti kompetisi Fast Slide Attacks nanti.

Pada saat latihan bersama yang berlangsung bulan Maret kemarin, ada sekitar 35 starter yang ikut serta. Dan panitia kedatangan peserta tidak hanya dari wilayah Jawa Tengah saja, melainkan ada dari Jawa Timur, Jakarta, Yogyakarta, hingga Kalimantan Selatan. Maka dari itu, Whooosah Management optimis bahwa Fast Slide Attacks akan diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia, dengan target maksimal 120 starter.

Lantas, kenapa Sirkuit Boyolali yang dipilih, sementara sirkuit tersebut sebenarnya diperuntukkan untuk kejuaraan balap motor. Dalam hal ini, Adi Prijotomo menjelaskan. “Karena memang fokus kita adalah membuat kompetisi di sirkuit-sirkuit motor yang mungkin tidak banyak digunakan oleh kendaraan roda empat. Tapi memiliki lebar minimal delapan meter,” ujarnya.

Untuk regulasi, Fast Slide Attacks mengacu ke slalom. Kenapa demikian? Karena slalom lebih mudah untuk diterapkan kepada para peserta. Tapi ada beberapa poin dari peraturan dan regulasi slalom yang disempurnakan. Berikut adalah beberapa kategori yang diperlombakan di Fast Slide Attacks!

  1. Kelas FW1 (FWD – 1400 CC)
  2. Kelas FW2 (FWD 1401 – 2000 CC)
  3. Kelas FW Open (FWD Modifikasi – 2000 CC)
  4. Kelas RW1 (Pick-up RWD – 1600 CC)
  5. Kelas RW2 (Sedan RWD – 2000 CC)
  6. Kelas RW Open (Sedan RWD diatas 2000cc dan atau memakai Force Induction)
  7. Kelas Rookie FWD
  8. Kelas Rookie RWD

Bagi peserta yang ingin mendaftar, dapat menghubungi Denry di nomor tlp 082234569996, dengan syarat membayar biaya registrasi sebesar Rp 700.000 (on the spot Rp 1.000.000), wajib mempunyai Kartu Anggota (KTA) Ikatan Motor Indonesia (IMI), KIS (Kartu Izin Start) dan wajib mengenakan pakaian balap lengkap.

Selain itu panitia juga membuka kelas Rookie yang diperuntukan untuk calon peserta yang belum pernah mengikuti event Kejurda Slalom dan Drifting.

Akan ada perebutan juara kelas dan juara umum dengan total hadiah sebesar Rp 75 juta. Sementara itu, bagi yang tidak sempat hadir untuk menonton, jangan khawatir! Karena panitia penyelenggara menyediakan fasilitas live streaming yang bekerja sama dengan media FastFreak.tv.

Pada penyelenggaraannya nanti, juga akan diadakan taxi ride untuk lima penonton yang beruntung. Mobil taxi ride tersebut bakal dikemudikan oleh pembalap nasional Anjasara Wahyu dari Toyota Team Indonesia. Serta bagi para penggemar fotografi, dapat mengikuti model foto hunt yang tersaji di Fast Slide Attacks.

Tidak ketinggalan, pihak penyelenggara turut mengundang klub/komunitas otomotif roda empat yang berada di wilayah Solo Raya dan sekitarnya untuk bersilaturahmi dan halal bihalal.

PENDAFTARAN

Bagi peserta yang ingin mendaftar, dapat menghubungi Denry di nomor tlp 082234569996, dengan syarat membayar biaya registrasi sebesar Rp 700.000 (on the spot Rp 1.000.000), wajib mempunyai Kartu Anggota (KTA) Ikatan Motor Indonesia (IMI), KIS (Kartu Izin Start) dan wajib mengenakan pakaian balap lengkap.

 

Comments

comments!