RICKY HERDIANA SET THE FASTEST OF THE DAY ON FAST SLIDE ATTACKS BOYOLALI

Ricky Herdiana pembalap dari team Garage Limited HTJRT Semarang berhasil menjadi yang tercepat atau The Fastest Of The Day dalam event Fast Slide Attacks yang diadakan oleh Whooosah Management, pada hari Sabtu, 22 Juni 2019 yang lalu di Sirkuit Boyolali, Jawa Tengah. Ricky yang mempiloti Honda Jazz GE8 ini berhasil mencetak best time 1:18.661 pada heat ke-3 atau final heat kelas F, yang mematahkan best time Satria Wiharyoga dari Team Whooosah Tuning Yogyakarta dengan waktu 1:18.668. Atau lebih cepat 007 sec dari Satria.

Fast Slide Attacks yang merupakan gabungan dari Slalom, drifting, dan time attacks ini di ikuti oleh sebanyak 57 pembalap yang berasal DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, hingga yang  terjauh yaitu Kalimantan Selatan. Dengan mempertandingkan sebanyak 8 kelas ini, balap mobil gado-gado ini berhasil menampung para pembalap yang sebagian besar berasal dari cabang slalom dan drag race, seeded hingga pemula atau rookie, untuk mejajal dan menjadi yang tercepat di balapan yang pertama kali di adakan di Indonesia ini.

Fast Slide Attacks sendiri diselenggarakan oleh Whooosah Management yang dikomandani oleh Arce Meyer,  yang merupakan salah satu mekanik paling hits di dunia motorsport Indonesia. Kemudian ada Adi Prijotomo dan Jos Oren, pembalap turing mobil retro hingga musim ini. “Tujuan diadakannya Fast Slide Attacks selain untuk memeriahkan HUT Boyolali ke-172, juga karena ingin komunitas dari masing-masing cabang olahraga itu bisa guyub dan akrab satu sama lain. Juga memberikan sesuatu yang baru dan berbeda di dunia otomotif, khususnya motorsport,” terang Arce.

Bertempat di Sirkuit Boyolali yang mempunyai panjang track 1,3 km lebar 8 meter dengan sekitar 19 tikungan didalamnya. Fast Slide Attack hanya menggunakan setengah dari sirkuit yang didalamnya terdapat 14 tikungan yang diberikan beberapa handicap khas slalom ataupun time attack (cone), dan juga area drifting zone untuk para pembalap di kelas RWD. Di kelas RWD 2( Sedan RWD – 2000cc), Anjasara Wahyu pembalap dari team Whooosah Tuning dan juga pembalap slalom TTI (Toyota Team Indonesia) ini berhasil keluar sebagai juara 1 atau pembalap tercepat dengan Corolla KE30 yang mencetak best time 1:20.457

Tidak seperti kebanyakan sirkuit pada umumnya, sikruit yang di miliki oleh Pemkot Boyolali sangat penonton friendly alias pewe untuk para penonton. Sudah gratis, banyak warung atau pedagang asongan, tribunnya juga sangat pewe diatas tebing yang viewnya menghadap ke arah sirkuit.

Uniknya dari 8 kelas yang dipertandingkan, terdapat 2 kelas yang rata-rata di isi oleh pembalap pemula atau rookie dengan mobil yang tergolong juga pemula atau mobil harian. Namun sejauh mata memandang, para new kids on the block atau newbie ini mampu melahap track dengan handicap yang dibuat oleh panitia dengan baik. Dimana Wancik yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Honda Brio nya berhasil merebut podium pertama di kelas Rookie FWD

Termasuk juga salah satu The Living Legend atau pembalap senior Indonesia yang masih flat out di scene Slalom, Gymkhana, Rally, hingga Drag Race saat ini, yaitu dr. Hery ” The Flying Doctor” Agung dari kota Semarang. Yang pada event kemaren memboyong 2 mobil rally nya yang disulap menjadi tarmac mode, yaitu Mitsubishi Colt GTI dan Corolla DX KE70. Dimana pembalap senior yang sudah memakai 14 ring (jantung) ini berhasil memboyong 2 piala dengan Corolla DX rallynya. Yaitu podium pertama di kelas RWD Open dan podium ke-5 di kelas RWD.2

Tak hanya kelas  mobil FWD atau pun kelas sedan RWD saja yang dibuka oleh panitia. Panitia juga membuka khusus kelas RWD pickup yaitu RW1 (Pick up RWD – 1600) yang di ikuti sebanyak 5 starter dengan mobil pick up dari Suzuki Carry hingga Mitsubishi Colt T120SS. Dimana Ricky Herdiana dari Garage Limited Semarang berhasil menjadi yang tercepat di kelas RWD Pickup dengan best timenya 1:21.169

Jika tadi kita sudah melihat mobil slalom  lengkap dengan handicapnya yang identik dengan soal chicken, u-turn, ataupun doughnut.  Dan flat out melibas sirkuit ala time attacks. Maka yang point dari drifting adalah pada 2 area drift zone. Dimana Denny Pribadi yang merupakan drifter juga pembalap nasional yang pada saat itu menjadi drift judge akan mengibarkan bendera hijau jika Anda berhasil drifting, dan bendera merah jika Anda gagal drifting. Point drifting ini hanya di khususkan kepada para peserta di kelas RWD saja (pick up tidak termasuk).

Pertarungan sengit terjadi di kelas FWD 2 dan FWD Open antara 2 pembalap tercepat di Fast Slide Attacks pada event kemaren. yaitu pembalap muda  Satria Wiharyoga dari Team Whooosah Tuning Yogyakarta , melawan pembalap senior Ricky Herdiana dari Garage Limited HTJRT Semarang dimana dua-duanya sama sama membesut Honda Jazz GE8. Satria pun berhasil merebut podium pertama di kelas FWD Open dengan berhasil mencetak best time 1:18.825, meninggalkan Ricky di posisi ke-2 dengan best timenya 1:19.083

Namun di kelas FWD 2, Ricky Hardiana berhasil membalas kekalahannya dari Satria Wiharyoga di race FWD Open, dengan berhasil menjadi yang tercepat atau merebut podium 1 dengan best timenya 1:18.661 yang merupakan The Fastest Of The Day.

Dimana Ricky meninggalkan Satria Wiharyoga di posisi ke-2 dengan hanya selisih 007 second lebih cepat daripada pembalap muda tersebut (1:18.668). Sementara di podium ke-2 di kelas FWD 2 ada Anjasara Wahyu dari Whoosah Tuning (1:18.859), Addyek RG dari team Fastron di podim ke-4 (1:18.915). Dan akhirnya Auddy RG dari BPRT di podium ke-5 (1:19.733)

Sementara di kelas Rookie FWD atau kelas pemula FWD. Wancik dari Yogyakarta berhasil menjadi yang tercepat dan merebut podium 1 dengan Honda Brio. Di podium ke-2 ada Julius Putra dari Jateng dengan Honda Jazz. Sementara Damar dari Yogyakarta  berada di podium ke-3 dengan Toyota Corolla Twincam Liftbacknya. Di podium ke-4 ada Ananda Kevin Weihardian dari Jateng dengan Mitsubishi Galant Eterna nya. Dan akhirnya Jati Dwi Yanuar dari Jateng dengan Honda Jazz.

It’s a wrap guys. Ke depannya, pihak Whoosah Management berniat untuk mengajak lebih banyak lagi pembalap rookie untuk menjajal Fast Slide Attacks dengan konsep yang sama untuk mengasah skill mereka. Selain itu, mereka juga mengamini tidak akan berhenti sampai di sini, karena untuk selanjutnya penyelenggara akan lanjut untuk menyelenggarakan event serupa, bahkan tidak hanya di Pulau Jawa saja, melainkan akan penjajakan untuk di Kalimantan Selatan dan Bali. “Pada prinsipnya kita akan terus berbenah dan menyempurkan apa yang bisa kita berikan kepada peserta. Nantinya kita akan full terapkan pendaftaran sistem on line dan live stremingnya juga kita maksimalin lagi,” lanjut Arce. Selain perdana menggabungkan tiga cabang olahraga motorsport, pada event Fast Slide Attacks kemarin panitia penyelenggara menyediakan fasilitas live streaming yang bekerja sama dengan media FastFreak.tv.

Berikut adalah hasil lengkap untuk pemenang dari edisi perdana Fast Slide Attacks yang berlangsung di Sirkuit Boyolali, pada Sabtu, 22 Juni 2019

Stay tune di Perfourm .com untuk full artikel dari Fast Slide Attacks. Later..

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!