B16 AP SPEED : RIO R. BRAMANTIO THE NEW KING OF JSTC & STCR 1

B16 AP Speed berhasil menutup seri ke-2 gelaran ISSOM atau Indonesia Sentul Series Of Motorsport pada tanggal 6-7 Juli 2019 yang lalu dengan hasil yang sangat amazing. Ke-2 pembalapnya yaitu, Rio R. Bramantio dan adiknya , Rian Risky berhasil memborong  10 piala di berbagai race yang di ikutinya, terutama panen di podium pertama. Ke-2 pembalap dan war machine hasil racikan Pak Aprea tau Daddy dari AP Speed benar-benar vtec just kicked in ya! pada seri kemarin.

Berbeda dengan seri 1 sebelumnya, dimana team yang bermarkas di daerah Cipinang Muara Jakarta Timur menurunkan sebanyak 3 pembalap yaitu Rio R. Bramantio, Rian Risky, dan pembalap baru yang merupkan pembalap speed offroad Yoppi Nitya. Maka kali hanya ada 2 pembalap saja.

Pada ISSOM seri ke-2 ini AP Speed hanya diperkuat oleh duo kakak beradik asal kota Suroboyo, yaitu Rio R. Bramantio dan Rian Risky yang akan mempiloti sebanyak 5 mobil balap mereka. Yaitu 2 Estilo, 1 brio, 1 civic wonder

Dan satu war machine baru mereka, yaitu Toyota Yaris yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 120 whp. Mobil yang saya sempat saya lihat dalam kondisi terbungkus dengan plastic dan bau showroom ini akhirnya bermutasi menjadi war machinenya Rian Risky pada race Indonesia Touring Car Race atau ITCR MAX. Uniknya Rian sendiri baru ngeh mobil ini adalah miliknya pada waktu hari Sabtu, dimana dihari itulah hadiah ulang tahunnya ini dipersembahkan oleh sang Kakak Rio R. Bramantio kepadanya. Tepat beberapa jam sebelum dia terpaksa harus ikut QTT ITCR Max sekaligus berkenalan pertama kali dengan mobil barunya ini.

Namun pertarungan duo bonek Suroboyo ini di mulai pada hari Sabtu, 6 Juli nya. Dimana race Indonesia Retro Race yang seharusnya diadakan pada seri 1 kemaren di undur pada saat hari Sabtu ISSOM seri ke-2 karena force major cuaca yang tidak bersahabat (hujan deras). Rio yang start grid ke-4 dengan Honda Civic Wonder nya ini (1:57.388), berhasil menyelesaikan race dengan merebut podium ke-2 di kelas Super Retro

Sementara pada race day nya, di Japan Super Touring Championship. Rio R. Bramantio untuk pertama kalinya berhasil merebut Pole position atau P1 dengan best timenya 1:45.382. Ini adalah mobil ke-2 AP Speed yang berhasil mencicipi P1 setelah Estilo milik M. Herdy pada seri JSTC sebelumnya.

Arek Suroboyo ini pun berhasil mempertahankan posisinya selama 9 lap dari serangan Umar Abdullah dan Sendy Setiawan, dan finish terdepan di race Japan Super Touring Championship dan juga di kelas JSTC 2B. Rio pun berhasil mencetak best time 1:46.474

Pembalap yang di sponsori oleh Ahmad Sahroni Center, GAS Motorcycles, Triumph, Timur Bahari, Rumah Keikira, Keikira, DeatschWerks, dan Nitro Autoparts ini berhasil merebut podium 1 di kelas umum atau overall. Meninggalkan Sendy Setiawan di podium ke-2 dan Umar Abdullah di podium ke-3. Sementara di kelas JSTC 2B, Rio juga berhasil merebut podium pertama.

Masih dengan 320 whp Honda Civic Estilo  B18 turbonya, Rio pun kembali mengulangi suksesnya finish terdepan atau P1 overall dari total 15 pembalap yang mengikuti Super Touring Car Race 1 . Kali ini bukan kaleng-kaleng, Rio yang start dari grid ke-3 (1:46.166) merupakan the one and only Honda Boys bercc hanya 1.800 Turbo ini pun berhasil finish terdepan dan membuat 2 sport car asal Jerman, Yaitu Porsche 911 Carrera bertekuk lutut selama 9 lap dan juga BMW bermesin M3  tak mampu mengejarnya hingga bendera finish dikibarkan. Rio pun berhasil merebut podium 1 di kelas STCR 1 B1 dengan best timenya 1:46.752

Sementara di Honda Brio Speed Challenge, Rio yang start dari grid ke- 7 berhasil naik 2 peringkat ke posisi ke-5, dan berhasil finish di posisi ke-5 umum, dan ke-3 di kelas HBSC Promotion. Arek Suroboyo inipun berhasil merebut podium ke-3 HBSC promotion class dengan best timenya 2:04.044. Namun sayangnya di Indonesia Touring Car Race (Kejurnas), Rio yangmengawali start dari grid ke-4 ini terpaksa melintir di tikungan S kecil yang membuatnya terlempar dari podium 3 besar ITCR 1200 (kejurnas). Satu podium pun terlepas dari genggamannya.

Beralih ke sang adik, yaitu Rian Risky. Dewi Fortuna atau God Speed pun tampaknya sedang hinggap di ke-2 kakak beradik ini. Rian pun berhasil finish di posisi ke-5 overall JSTC dengan best timenya 1:48.426. Pembalap yang mengawali start dari grid ke-5 (overall) ini berhasil merebut podium 1 di kelas JSTC 1A

Sama seperti sang kakak, Rian pun tampak on fire ketika bertarung di Super Touring Car Race 2 dengan berhasil finish di posisi ke-2 (overall) dengan best timenya 1:48.332. Pembalap yang di sponsori oleh Ahmad Sahroni Center, GAS Motorcycles, Triumph, Timur Bahari, Rumah Keikira, Keikira, DeatschWerks, dan Nitro Autoparts ini berhasil merebut podium 1 dikelas STCR 1 STC 1600

Beralih ke race Indonesia Touring Car Raceatau ITCR MAX (Kejurnas). Rian yang baru pertama kali berkenalan atau mencoba Yarisnya pertama kali pada saat QTT day ini berhasil finish di urutan ke-5 (overall) dengan best timenya 1:54.336. Rian yang mengawali start dari grid ke-7 ini berhasil naik 2 peringkat ke posisi ke-5 overall dengan penuh perjuangan menjinakkan mobil yang terbilang sangat baru baginya dan karakternya berbeda sekali dengan Estilo ataupun Jazz GK5 yang dia balapi sebelumnya. Mulai dari pantat mobil yang liar atau tidak nurut, kopling yang keras, dan stamina yang terkuras selama 12 lap menjinakkan si Yaris bertenaga sebesar 120 whp.

Namun hasilnya, Pembalap yang di sponsori oleh Ahmad Sahroni Center, GAS Motorcycles, Triumph, Timur Bahari, Rumah Keikira, Keikira, DeatschWerks, dan Nitro Autoparts ini berhasil merebut podium ke-2 di kelas ITCR MAX Rising Star. Dimana Rian menjadi the Toyota diantara 2 Honda di podium 1 (Avila Bahar), dan Dede Yoni Azhari. “Mas Rio, Daddy, Mas Oyod dan kawan-kawan bener-bener sukses bikin saya surprise dan melongo. Jujur saya sama sekali belum pernah naik Yaris (bahkan Yaris daily driven pun), sampe harus membawa Yaris race car dan bersaing dengan Avila, Abraham, Mirza yang sudah well-prepare dengan mobilnya masing-masing. P2 kemaren menurut saya sudah maksimal yang bisa saya berikan, mengingat minimnya waktu latihan dan juga perlu dilakukan beberapa pembenahan” terang Rian Risky mengenai Yaris hadiah ulang tahunnya, persiapan yang mepet, dan hasil P2 di debut perdananya dengan Yaris.

Total pada race ISSOM seri ke-2 kemaren, B16 AP Speed berhasil merebut sebanyak 10 piala dari 6 race yang di ikuti oleh Rio dan Rian. “Sangat luar biasa performa Mas Rio dan Mas Rian kemaren itu. Dengan mesin yang baru di refresh, keduanya alhamdulilah, Mas Rio dan Mas Rian bisa mengendalikan mobil dengan sempurna, salut sekali kita. Walaupun mereka berdua minim latihan namun mereka masih bisa juara di kelas masing-masing”kesan Daddy atau Pak Apre atas hasil yang diraih oleh duo kakak beradik asal Suroboyo tersebut.

Dimana pengumpul podium atau piala terbanyak adalah Rio R. Bramantio yang berhasil merebut 5 podium di seri ke-2 kemaren. Podium 1 di JSTC Overall, Podium 1 di kelas JSTC 2B, Podium ke-3 di kelas Honda Brio Speed Challenge promotion, Podium 1 di kelas STCR 1 B1, Podium ke-2 di kelas Indonesia Retro Race Suer Retro. Dan Best team Manager di STCR 1 B1. Sementara sang adik, atau Rian Risky berhasil memboyong 4 piala, yaitu podium 1 JSTC 1A, podium 1 STCR 2 STC 1600, podium ke-2 Indonesia Touring Car Race Max Rising Star, dan best team manager STCR 2 STC 1600.

“So far ini adalah balapan terbaikku. Baru pertama kali ini bisa P1 di overall JSTC dan P1 di overall STCR1.  Saya juga kemaren tampil PeDe karena kata Pak Aprea tau Daddy mobil baru saja di refresh enginenya, dan boostnya dinaikkan dari yang biasanya 0,6 – 0,8 bar menjadi 1 bar.

Ya meskipun kemaren pas sebelum balap saya masih ngantuk, cape, dan jet lag akibat baru pulang dari Eropa, namun pas race jadi melek karena liat kaca spion. Hahahaha” terang Rio perihal pencapaiannya di seri ke-2 kemaren.

Stay tune di Perfourm.com untul full artikelnya. Later..

B16 AP SPEED : BACK ON THE PODIUM AGAIN

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com *Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!