RR MOZID RACING : SEPANG 1000 KM DAY 1 – TEST DAY

RR Mozid Racing  berhasil melewati sesi free practice di siang dan malam hari  Sepang 1000 KM pada hari Kamis (21/11) dengan masih membawa PR untuk menghadapi sesi qualifikasi atau QTT yang akan digelar pada hari Jum’at ini (22/11). Team Indonesia yang diperkuat oleh 4 pembalap nasional, seperti Rio R. Bramantio, Rio SB, M. Herdy Fauzy, dan Iwan Sidharta ini mempiloti sebuah Honda Jazz GK5 yang dimodif oleh Mozid Racing dari Malaysia.

Pada event Sepang 1000 Km 2019, team Rio Rian Mozid Racing menggunakan sebuah Honda Jazz GK5 bermesin L15B DOHC + Ecu Link yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 132 ps dengan Cusco coilover. Rio R. Bramantio selaku owner dari GK5 ini pun membeli mobil ini dari kondisi baru pada tahun 2018 dan langsung di serahkan ke Mozid Racing Malaysia untuk di modif guna mengikuti race di Sepang International Circuit, Malaysia. Dengan disponsori oleh Triumph Indonesia, GAS Motorcycle, Ahmad Sharoni Center, Timur Bahari dan  Rio Rian Racing. GK5 yang baru jadi bulan ini pun mulai mengikuti debut perdananya pada ajang balap endurance sepanjang 1000 km ini.

Tak hanya mobilnya saja yang baru turun tanah atau track, ke-3 pembalap nya pun juga baru pertama kali ini melakukan debut perdananya di Sepang International Circuit. Yaitu M. Herdy dan Iwan Sidharta dari B16 AP Speed. Dan Rio SB dari Honda Racing Indonesia. “Suatu kehormatan dan pengalaman berharga bisa ikut balapan di Sepang. Apalagi biasanya saya dulunya cuma bisa lihat di TV, tapi sekarang diajak Rio untuk balap disini” terang Arek Suroboyo ini tentang. Sementara Rio R. Bramantio sudah terlebih dahulu mencicipi Sirkuit sepnjang 5,5 km pada event balap endurance 24 jam KCar Global 24H Sepang Endurance di tahun 2017 bersama Mozid racing. Dimana Rio dan teamnya berhasil merebut podium ke-2 di kelasnya.

Ada satu hal yang berbeda dan yang tidak ditemukan oleh ke-4 pembalap ini di Indonesia, khususnya di Sentul. Selain ada acara scrutineering mobil, ada lagi yang bonus stage buat mereka, yaitu scrutineering safety gear mulai dari helmet, race suit, balaclava, base layer (baju dan celana dalaman), gloves, racing shoes, hans, hingga kaos kaki. Semua safety gear harus dan wajib bersertifikat halal FIA (FIA approved), tidak diwajibkan yang masih dalam masa 5 tahun. Yang sudah expired 5 tahun pun masih boleh digunakan. Tapi ya gitu bukan yang kaleng-kaleng atau custom ataupun tembakan. Kalo tidak ada sertifikat halal dari FIA, maka Anda tidak diperbolehkan start. kalo kedapatan pakai barang tidak halal, maka Anda akan diberikan sanksi

Rio SB pun menjadi pembalap pertama RR Mozid Racing yang mengikuti sesi all drivers free practice 1 yang digelar pada jam 15:00 – 16:30. Dalam sei latihan yang berlangsung selama 1 jam 30 menit ini Rio yang baru pertama kali menjajal sirkuit sepanjang 5,5 km ini menjadi test pilot untuk mobil yang baru hidup dan turun ke sirkuit ini. Goals atau targetnya di sesi latihan ini bukan untuk mencari best time tapi lebih mencari kekurangan dari mobil untuk untuk diberikan masukan kepada crew mekanik Mozid Racing ” strategi saya dan tim adalah sesi latihan di siang dan sore untuk mencari kekurangnan mobil ini dan juga sekaligus menghapalkan sirkuit, baru pada malam hari nya kita akan mencoba flat out atau latihan” terang Rio SB yang merupakan pembalap Honda Racing Indonesia. Dalam serba kekurangan dan masalah disektor rem, gearbox, dan suspension, Rio pun berhasil mencetak best time 2:51 yang membuatnya bertengger di posisi 41 dari 71 overall. Sementara di kelasnya (SP2), Rio bertengger di posisi ke-10.

Dengan sedikit perbaikan di rem, Iwan Sidharta pun memulai debutnya di Sepang International Circuit dengan GK5 L15B. Juara umum ke-3 Honda Brio Speed Challenge 2017 ini tterlihat masih kagok atau adaptasi dengan mobil dan sirkuit yang baru baginya. Iwan pun harus puas mencetak waktu 3:03. Terlebih dokter bedah ini mengalami masalah pada rem dan gearbox yang susah masuk. Sementara M. Herdy berhasil mencetak best time 2:58

Kelar sesi free practice siang hari, crew Mozid Racing dibantu dengan para pembalapnya mencoba secepat mungkin memperbaiki PR atau masalah yang melanda GK5 mereka pada sektor rem, gearbox, dan suspensi

Karena masalah gearbox membutuhkan waktu lama, crew Mozid Racing berusaha untuk menyembuhkan penyakit susah masuk gear pada dengan mengganti kabel porsenelingnya terlebih dahulu dan rem supaya para pembalap bisa kembali masuk ke lintasan. Sementara Rio SB lebih fokus kepada menyeting suspensinya. Dimana dia pun menyeting ulang Cusco coilovernya agar bisa lebih enak dari pada sesi latihan di siang hari.

Rio, Herdy, dan Iwan pun mulai kembali masuk ke lintasan untuk menjalani sesi driver night practice selama 1 jam 30 menit. Di sesi latihan malam ini masalah rem nya pun mulai membaik,  suspension atau handlingnya membaik, namun masalah pada gearbox at malah tambah runyam apabila terlalu panas.

Runyamnya karena para pembalap sudah mulai flat out atau gazpoll membuat gearbox yang semakin panas memjadi susah untuk dimasukkan. Alhasil seringkali ke-3 pembalap ini miss gear. Hasilnya Rio SB hanya mampu mencetak best time 2:51  yang merupakan waktu yang sama dengan waktunya pada siang hari. Sementara M. Herdy mencetak best time 2:57. Dan akhirnya Iwan Sidharta mencetak best time 3:03.

Stay Tune di Perfourm dan Perfourm Instagram untul live report dari Sepang 1000 KM, Sepang International Circuit Malaysia bersama Rio Rian Mozid Racing.

RIO AND RIAN WINS IN ROUND 6, AS B16 AP SPEED CLINCH FOUR TITLE

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com *Hashtag your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!