HANGOUT WITH THE MODELERS

Model Kit, atau yang lebih popular dengan nama Mokit ini bisa dibilang mainannya bocah gede atau dewasa yang beranjak dari hot wheels. Why? Disamping harganya cukup mahal, perakitan beserta tetek bengeknya pun ribet, saya pun dulu pernah mencoba uji nyali merakit nya, tapi malah D.N.F alias Did Not Finish. Alhasil saya yang masih ngidam pengen punya mokit Porsche atau yang berhubungan dengan LeMans atau Super GT ini sudah seneng diajak nongkrong sama para anggota AMI atau Auto Modelers Indonesia chapter Jawa Timur beserta mainan mobil-mobilan skala 1:24 nya.

Saya pun melakukan kopi darat dengan para pecinta Model kit ini di sebuah coffee shop di sebuah mall di kota Surabaya. Dimana para Auto Modellers ini sudah berkumpul dan mengeluarkan mobil jagoan mereka dari box mereka masing-masing yang harganya pada saat ini dari yang termurah 300 ribuan hingga jutaan rupiah. Mulai dari merek Tamiya, Fujimi, Hasegawa, hingga Revell

Menu pertama yang disajikan adalah line up kelurga besar Godzilla atau Gojira, mulai dari mbahnya Gojira, yaitu Nissan Skyline KPGC10 atau si Hakosuka yang berhasil memenangkan kontes di Malaysia, R32 GTR si asal muasal nama Godzilla, hingga sang cucu Nissan GTR R35 lengkap dengan Liberty Walk wide boy kit.

Keluarga besar Skyline atau Godzilla memang mempunyai space yang special di hati saya, meskipun saya sekarang pindah ke lain hati atau move on menjadi Porsche enthusiast. Apalagi si mbahnya Gojira si Hakosuka KPGC10, R32, dan R34. Kebetulan pada saat itu ada yang membawa R32 dan KPGC10 yang dalam kondisi prima alias siap tanding di kontes. Terutama si Hakosuka orange milik sang ketua AMI Jatim Ignatius  yang berhasil memenangkan silver medal kategori beginner  di Malaysia Competition 2019. Pengerjaannya sangat rapi dan detilnya sangat bagus sekali.

Mulai dari bagian interior, eksterior hingga mesinnya semua dikerjakan dengan detil yang  sempurna, rapi, dan presisi hingga mirip mobil aslinya.

Jika pada jaman dahulu option body kit atau wide body belum mewabah atau sehappening jaman now. Makan bisa di bilang jaman now, jamannya wide body. Tia pada mobil baru yang keluar, terutama sport car, selalu saja di ikuti wide body kit yang kelaur beberapa saat kemudian. Terutama biang keroknya si RWB, Rocket Bunny, dan Liberty Walk. Kini semua orang berlomba-lomba menggemukkan mobil mereka.

Para produsen model kit tentu saja melihat cuan atau peluang cuan dalam trending wide body kit jaman now. Maka jika mereka tidak mengeluarkan seri mobil wide body kit, jadi mereka mengeluarkan option wide body kit terpisah dari mobilnya. Seperti Rocket Bunny EG6 wide body kit yang sudah di copy ini. Maklum saja harga ori nya mencapai 1 jutaan, sementara copy paste nya atau temba’annya Cuma separuhnya saja Tapi tetap saja body kit nya lebih mahal daripada mobilnya.

Selain alira wide body kit yang sedang mewabah biak, aliran mobil ceper alias stance ataupun Bippu (VIP) pun masih di minati oleh para modelers ini. Yang mana bukan hanya sedan saja yang menjadi korbannya, termasuk juga mobil van sekelas Toyota Estima. “Kerumitan atau tantangan terbesar dalam membangun sebuah model kit adalah waktu fitingnya. Terutama pada kaki-kakinya biar kelihatan real stance nya. Kalo cat ya gitu-gitu aja. Sama kaya mobil 1:1 build” terang Sienbe yang merupakan mantan dragster kota Surabaya ini.

Bukan Cuma race car livery saja atau pun permainan cat layaknya mobil kontes yang wet look atau metalik. Namun beberapa mobil juga terlihat diberikan efek seperti habis bermain offroad. Ternyata ada obat atau bahan khusus untuk membuat efek dekil ini, bukan seperti yang saya atau Anda bayangkan tinggal mencelupkannya di lumpur saja. Bahan yang bernama AK Mud effect lansiran Vallejo ini akan stay longer alias nempel kaya perangko.

Ah..Honda Boy garage alis vtec factory.  Dimana ciri khas nya berupa mesin berserakan dimana-mana mulai dari D series, B series, F series, higgga K series menjadi estetika tersendiri bagi sang Honda boy.

Terutama ada sebuah Civic yang terhitung rare dan mahal harganya pada saat ini. Yaitu Civic SI Coupe EM1  buatan Revell USA Fast & Furious Special Edition milik Bayu yang merupakan adik dari Sienbe. Civic Ferio Coupe berkelir biru ini yang merupakan produk terakhir dari pabrikan Revell USA sebelum tutup dan pindah ke Eropa. Yang membuat dari mokit yang saat ini terbilang rare atau tidak ada yang jual lagi adalalah detilnya di setiap bagian “ Ferio coupe Fast & Furious buatan Revell USA ini lumayan detil dibangkan yang Jepangan, terutama bagian mesin. Dulu waktu belinya kena 750 ribuan, sekarang mah tidak ada yang jual alias langka. Hehehe. Modifikasinya cuma fitting work wheels nya Aoshima Jepang” terang Sienbe kakak dari sang owner Bayu.

Comments

comments!