2019 SEPANG 1000 KM, THE ENDURANCE RACE OF 1.6 LT OR LESS.

Tak hanya team privater saja yang ikut meramaikan balap endurance ini, termasuk juga team pabrikan Toyota Gazoo Racing dengan Wing Hins Motorsport Toyota Viosnya yang bisa dibilang salah satu team besar atau kuat pada S1K.

Tentu saja mobil-mobil dari pabrikan Jepang juga mendapatkan saingan dari mobnas atau mobil nasional Malaysia, yaitu Proton dengan line upnya seperti Proton Satria Hatchback, Proton Saga, dan Proton Iriz

Dan tentu saja team pabrikan Proton yaitu Proton R3 Motorsport dengan Proton Saga

Dan Proton Iriz yang ke dua-duanya turun di kelas M-Production atau modified. Yang amazingnya ternyata team ini di support langsung oleh team F1 Lotus di Inggris, dimana mesinnya diboyong ke markas Lotus F1 di Inggris untuk di Reserch and Development Tak ayal, team pabrikan Malaysia ini performance mobilnya sangat amazing.

Setiap pembalap pun diberikan jatah maksimal 1,5 jam sebelum akhirnya dia dipanggil kembali ke pit untuk pit stop pergantian pembalap, refueling ataupun ganti ban dengan jatah waktu pit stop minimal 3 menit. Kalo maximalnya ya unlimited alias tidak terbatas

Contoh dari unlimited pit stop adalah turun mesin. Dimana tim ini menurunkan mesin lamanya lalu mrotoli wiring dan tetek bengeknya kemudian dipasangkan ke mesin cadangan. Dan tadaaa… mesin nancep dan tancap gas lah sang pembalap kembali ke dalam lintasan.

Tentu saja setiap pembalap dan team kalo bisa 3 menit teng langsung capcus atau cabut dari box pit stop dan lanjut kembali ke dalam lintasan. Namun mungkin karena kesusu atau terburu-buru baut roda belakang dari Honda Malaysia Racing Team ini copot hingga menyebabkan pembalapnya nyetir dengan hanya menggunakan 3 roda saja, dan untungnya saja GK5 ini FWD, yang masih memungkinkan untuk bisa jalan hingga kembali masuk ke dalam pit. Kondisi lintasan yang basah menyebabkan percikan bagian bawah dari  Jazz ini pun tidak terlalu besar, namun ada. Dan saya cukup beruntung bisa memphotonya.

Bisa dibilang sekitar 70% dari total jalannya Sepang 1000 Km yang dimulai sekitar jam 12:30 an ini berlangung dalam kondisi wet race yang dimulai dari sore hari hingga malam hari.

Dan semakin malam, curah hujan yang membahasahi sirkuit sepanjang 5,5 km ini pun semakin hujan yang memaksa saya untuk memphoto bermodalkan kantong kresek untuk melindungi camera dan lensa saya dari air hujan. Para pembalap pun tampak semakin bersemangat memacu kendaraan mereka dibawah guyuran hujan mengingat jumlah lap mereka sudah diatas 140an (target finish 181 lap)

Walaupun ditengah guyuran hujan deras, tak ada namnya untuk angkat kaki dari pedal gas. Seperti Honda City dari Honda Malaysia Racing Team yang sepertinya di piloti oleh sang Prince of Drift Tengku Djan Lee, melakukan aksi FWD sideways nya di tengah guyuran hujan sewaktu melibas tikungan panjang kekiri. Aksi keren ini mungkin dilakukan karena untuk mengejar ketertinggalan team ini yang berada di posisi ke-5 overall, sementara di kelasnya berada di posisi ke-5 di kelas M- Production

Sekitar jam 21:20an, tanda last lap pun di keluarkan, yang berarti tinggal satu lap lagi yang tersisa dari Sepang 1000 KM ini. Dimana terhitung selama kurang lebih 9 jam para pembalap berada di dalam lintasan.

Dan akhirnya pada jam 21:23 dalam kondisi hujan checkered flag dikibarkan untuk Proton Iriz bernomor lambung 83 Proton R3 Motorsport yang berhasil finish terdepan overall dan juga terdepan di kelasnya M- Production.

Proton Iriz yang di piloti oleh Mitchell Cheah dan  Farique Hariman menyelesaikan balapan dengan total lap sebanyak 178 lap dalam tempo waktu 8 jam 55 menit 18 detik dengan fastest lap 2:39.467 dan average speednya 110.58 km/h. Team pabrikan ini pun berhasil finish terdepan dari sebanyak 69 peserta, dengan 53 peserta berhasil finish , sementara 16 nya k.o di tengah race alias D.N.F (Did Not Finish)

RR MOZID RACING RUMBLE IN SEPANG 1000 KM – PT.2, END

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com *Hashtag your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!