HERE COMES THE BMW M TOWN SURABAYA

M…The most powerful in letter in Surabaya. That’s right guys.  Akhirnya penantian para car enthusiast kota Surabaya yang hungry alias haus dan dan lapar akan high performance car dari pabrikan BMW  bisa terpenuhi dengan hadirnya M Town yang merupakan exhibition space khusus untuk BMW M series alias top of the linenya pabrikan asal  Munchen, Jerman ini. Layaknya BMW M yang selalu pop up, M Town di kota Surabaya pun hadir bukan di sebuah showroom mobil, tapi sebuah gerai atau outlet di Mall Ciputra World Surabaya

Yang tentu saja membuat brand image BMW M menjadi semakin exclusive dan hype, karena bersanding dengan tetangga-tetangganya yang merupakan brand fashion kelas dunia. “ Kami memulai di mall sebagai pop up showroom untuk kemudian berkembang menjadi lebih besar sesuai tuntutan market” terang Dheny Atmaja Branch Manager Eurokars BMW M Surabaya membuka obrolan kami pada siang hari itu.

Hadir dengan konsep seperti sebuah exhibition space ala exhibition space, M Town  tak hanya menghadirkan pajangan mobil display M Series  yang bisa Anda shopping layaknya di toko sebelah. Tapi juga mendisplay M Lifestyle collection juga parts & accecories, yang bisa membuat Anda dan M Series Anda menjadi semakin ganteng. Mulai dari M Cap, travel bag, t-shirt, hingga rims, dan steering wheels. “ Sebagai Autorized Dealer khusus M Series, Eurokars ingin lebih dekat dengan customer-customer dan peminat M series di area timur Indonesia, dengan kota Surabaya sebagai kota ke-2 terbesar di Indonesia dimana sebagai pangsa pasar yang menjanjikan” jawab Dheny mengenai konsep dan tujuan dibukanya M Town di kota Surabaya.

Sama seperti slogannya M Town, Where to much is just right. M Town Surabaya yang baru beroperasi pada bulan Maret 2020  yang lalu ini mendisplay sebuah mobil yang merupakan versi gilanya dari M2, yaitu BMW M2 Competition berkelir sunset orange metalic.  Selain M2 Competition, M Town Surabaya juga menyediakan line up BMW M Series lainnya seperti  M2, M5, M8, X3M Competition, hingga X4M Competition yang baru di launcing pada 16 Juli di M Town Jakarta.

Dan ternyata para engineering BMW M membuat slogan M Town “ Where to much is just right”  ini pun tak hanya jargon saja, bahkan dibuat menjadi kenyataan. Yaitu melengserkan mesin 365 hp N55 inline six  turbo nya, dengan mesin 410 hp S55 inline six TwinTurbo dari M3 atau M4 lengkap beserta gearbox, drivetrain, dan kawan-kawannya pada M2 Competition ini. Alias chasing nya doang yang M2, namun jeroannya M3/M4. Yang jelas walaupun M2 merupakan jenis M yang paling murah alias entry levelnya M Series, namun dengan tampang cantik nan sadis ala BMW jaman now (black kidney grill, sporty front bumper yang garisnya tajam, and LED headlights yang macho), M2 Competition yang dibandrol seharga 1,968 Milyar Rupiah (OTR Surabaya) ini jelas bukan termasuk sebuah entry level sport car.

Apalagi yang paling memikat saya selain mesin 410 hp yang bersemayam di dalam engine bay mobil berkode chassis F87 ini adalah carbon fiber reinforced plastic strut bar yang bentuknya sexy, mirip ular, dan rada nyleneh dari pada strut bar pada umumnya, yaitu melintang dari kiri ke kanan diatas mesin. Yang di M2 Competition malah mengoval kebawah, seakan-akan melindungi aset paling berharga dari mobil yang mampu melesat 0-100 km/jam hanya dalam tempo waktu 4,4 detik (six-speed manual), dan 4,2 detik (7-speed dual clutch atau M Double Clutch Transmission). Dengan top speed yang dibatasi sampai dengan 250 km/jam. Tpi kalo Anda pakai M driver’s package, Anda bisa 30 km/jam lebih cepat daripada M2 (280 km/jam)

Berterima kasihlah pada para engineering di M Division yang membuat mobil sport car jaman now menjadi tidak membosankan lagi, alias ada versi manual 6 speed manual transmission disamping M Double Clutch Transmission. Jadi M2 Competition ini tak hanya bisa diajak berolahraga di circuit saja atau track day, tapi juga bisa diajak ngepot atau drifting berkat M Dynamic Mode (MDM) yang terintegrasi  dengan Dynamic Stability Control (DSC).

Tapi walaupun semuanya hampir sempurna, namun menurut saya masih ada yang mengganggu saya. Yaitu bagian exhaust nya yang tampak menyembul keluar dari rear bumper. Maklum saja, karena mesin, gearbox hingga exhaust systemnya dicomot dari M3/M4 yang secara ukuran besar, dimasukkan ke body M2 yang kecil. Jadilah very very press body bahkan menyembul keluar. Memang mesin asli S55 nya M3/M4 nya di down spec dari 425 hp menjadi 410 hp pada M2 Competition. Bisa jadi para engineering berpikir jika 425 hp terlalu liar untuk body M2 yang mungil.

OEM rims nya juga menurut saya kurang greget, seperti OEM nya M Parallel E38 atau E92 M3 GTS yang dari lahir sampai tua tetap mbois atau keren. Tapi jangan kuatir, di M Town Surabaya juga menjual M Performance forged rims untuk berbagai M Series Anda. Yang dimana menurut saya 763 M Frozen Gold  Y spoke ala BBS CI-R ini keren untuk si M2 Competition tadi. Yang mana ternyata si 763 M Frozen Gold ini merupakan rims punyanya M2 CS (Club Sport), atau 1 kasta diatas competition.

Mobil uda kece, yang jelas wajib dunk hukumnya yang punya juga kece dengan BMW M Collection

Karena konsepnya sebuah exhibition space didalam sebuah mall, maka pihak Eurokars juga menambahkan space untuk para penggemar dan owners M Series bersantai di M Town, berupa mini bar  yang didesain seperti sebuah  lounge café.

Setelah berkelilng sejenak di M Town, saya pun diajak oleh Dheny Atmaja yang merupakan Branch Manager Eurokars BMW M Surabaya untuk naik M2 Competition yang merupakan test drive  car nya M Town Surabaya. Overall, mobil ini benar-benar beast alias buas untuk urusan performance mesin 410 hp nya, tapi chill in untuk ukuran comfort atau kenyamanan lightweight M Sport seat nya, dan tentu saja Adaptive M Suspension nya yang tetap nyaman dan empuk walaupun sudah dalam kondisi perang atau Sport+ mode pada pilihan Driving Experience Control nya.

Saya sendiri dengan Dheny Atmaja sudah berkenalan semenjak tahun 2012 yang lalu, dimana dia kala itu masih menjabat sebagai Branch Manager sebuah pabrikan Flat four sport car asal Jepang. 8 tahun berlalu dan akhirnya Dheny pun kembali lagi ke kota Surabaya dengan The most powerfull letter in the world..///M.

“Di M Town Surabaya kami banyak plan event-event. Namun sesuai kondisi new normal, tentunya event-event yang kami plan ke depannya seperti customer gathering dan lain-lain akan dikondisikan ulang. Seperti grand opening yang tadinya bulan Maret kita undur Agustus, tapi tentunya kembali melihat situasi dan kondisi pandemic khususnya di kota Surabaya.. Tapi paling tidak kami berharap dengan hadirnya Eurokars BMW M di Surabaya bisa menjadi alternative bagi penggemar-penggemarnya “ tutup Branch Manager Eurokars BMW M Surabaya ini.

Interview dan obrolan saya siang itu pun di selingi dengan ice lychee lemon tea dan crisphy chicken sandwich

Sambil memandangi mobil  berkelir Hockenheim Silver seharga  1,968 Milyar Rupiah yang diparkir di luar café. Yang jelas saya masih kepikiran kalo rims nya si M2 Competition ini diganti dengan 763 M Frozen Gold  Y spoke ala BBS CI-R yang terpajang di M Town tadi. Pasti terlihat lebih greget dari OEM rims bawaannya.

Dan yang tak luput dari pandangan saya adalah M2 Competition badge nya yang kini berwarna gelap atau hitam.

yang membuatnya pop up di mobil berkelir Hockenheim Silver ini ketimbang badges lama M yang berwarna chrome.

M OWNERS CLUB INDONESIA – SURABAYA

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!