LATBER SPRINT RALLY MALANG 2020

Latihan Bersama Sprint Rally Malang, di Sirkuit Terpadu Puslatker TNI-AL Bedali Lawang, Malang Jawa Timur pada Minggu, 6 September 2020 yang lalu menjadi perjalanan perdana liputan motorsport perdana ke luar kota di masa pandemic covid 19 ini.

Dan juga menjadi ajang kembalinya saya atau Perfourm ke balapan tanah atau rally ini setelah hampir 5 tahun saya tidak pernah memphoto balapan yang menguras fisik dan mental terkena debu ataupun gosong in the middle of no where. Dan saya pun berangkat ke kota Lawang dengan naik Kereta Api Ekonomi jam 04:30. Well inilah liputan pendek saya comeback ke khasanah perallyan di provinsi ini.

Sirkuit Terpadu Puslatker TNI-AL Bedali Lawang, Malang Jawa Timur adalah sirkuit  yang baru diresmikan pada bulan Januari 2020 yang lalu.  Dimana sirkuit gravel ini bertempat di dalam komplek Puslatker TNI-AL Bedali Lawang, Malang.

Perkebunan tebu ini pun di sulap menjadi lintasan sepanjang kurang lebih 3,8 km ini Dimana sebanyak 45 starter yang berasal dari Malang, Surabaya, hingga Solo bertarung  untuk menjadi yang tercepat dalam 9 kelas yang dilatih tandingkan. 4 SS (Special Stage) pun sudah dipersiapkan panitia yang masing-masing 2 SS clockwise dan 2 SS Anti Clockwise.

Yang membuat track ini cukup keren adalah lintasan straight nya cukup panjang, hingga mobil mampu digeber sampai masuk ke gigi-4.

Ditambah lagi dengan sekitar kurang lebih 21 tikungan yang hampir didominasi dengan tikungan patah atau 90 derajat, yang memaksa para pembalap yang menggunakan mobil FWD, RWD. Jeep, ataupun sedan bersideways ria.

Dan tentu saja bumbu penyedap rasanya berupa deru debu khas ladang tebu untuk kami para photographer. Meskipun saya belum pernah meliput event rally sekelas WRC atau pun APRC di kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Dimana tracknya juga berada di tengah perkebunan tebu, namun deru debu ini sudah membuat saya dan kamera saya kerepotan.

Tapi tenang saja, karena dari pengalaman meliput event rally pada dahulu kala. Saya pun melengkapi diri dengan safety gear ala photographer motorsport. Mulai dari topi, kaca mata, hingga handuk putih trade mark saya. Dan tak lupa juga Perfourm face mask (2 layers) yang membuat saya aman dan nyaman ditengah pandemic covid 19 dan juga debu dari track.

Tapi yang jelas rally tanpa deru debu dan terutama over jump ibarat seperti sayur tanpa garam. Sepo atau hambar. Maklum saja 2 element  track gravel diatas, yaitu debu dan over jump menjadi pembeda dari pada balapan di track aspal /tarmac layaknya di sirkuit permanen seperti Sentul International Circuit. Dan selalu menyenangkan Ketika melihat beberapa photo saya yang berhasil mengabadikan mobil-mobil perally dari kota Surabaya dan Malang melayang. Tapi salah satunya adalah si Starlet Kotak EP71. Make Starlet Great Again !

Bukan namanya rally jika karena suatu hal mobil mendadak harus K.O di tengah lintasan, pas di dalam tikungan. Saya yang melihatnya langsung berinisitaif untuk membantu mendorong DX bermesin 4AGE 20 Valve ini menepi ke ujung tikungan yang lebih aman daripada di tempat sebelumnya. Maklum saja tidak ada marshal di sekitar saya.

But overall, track ini cukup bagus dan menantang untuk dijelajahi. Meskipun panas dan debunya minta ampun. Masih banyak spot yang menantang dan bagus untuk saya explore. Ditambah lagi jika sore, redupnya matahari yang tidak 100 golden hours ditambah dengan bayangan pohon plus debu, menjadikan beberapa photo saya epic.

Tapi memphoto sebuah event rally tentu saja banyak resikonya. Selain resiko diajak bersilahturahmi dengan mobil karena tidak adanya beton/baja pembatas layaknya di sirkuit, dan so pasti mengeluarkan budget extra membersihkan 2 kamera dan 2 lensa saya yang kemasukan debu. Jika tipikal Anda seperti saya yang Dora The Explorer, maka masukan dalam list ganti sepatu setelah acara. Dimana outsole sepatu yang satu hilang, yang satu lagi menggantung tanpa ada kejelasan .

Jangan lupakan juga masukan dalam bill nya, facial dan face treatment also luluran. Karena saya dari pagi sampai sore sunbathing dengan hembusan debu, yang membuat muka saya seperti habis maskeran. Dan yang pasti membuat kaos saya yang berwarna putih menjadi coklat tanah dan air mandi saya berubah keruh.

Well, nantikan vlog Latber Sprint Rally Malang saya di channel Youtube Perfourm Motion. Dimana akan menggabungkan antara video mulai saya berangkat naik kereta api dengan photo-photo terbaik saya dari event ini.

GENIO CAN JUMP – LATBER SPRINT RALLY MALANG

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hastags your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

 

Comments

comments!