BREAK & FAST : PROPER & 90’S CARS, SOLO – PT.2, END

Lanjut di part ke-2 dari Break & Fast : Proper & 90’s Cars yang di adakan oleh SAR Speed Familia pada hari Minggu, 31 Januari 2021 yang lalu. Memang masih banyak di dominasi oleh pemilik mobil Honda, terutama civic nya. Namun saya akan mencoba mencari mobil di luar civic yang menarik hati saya.

Dari barisan Nissan, mungkin the one and only Nissan yang hadir pada acara kali itu adalah sebuah Nissan Sentra Coupe yang berkode chassis RZ-1. Yang memang bentuknya sekilas mirip dengan Nissan Skyline R31, secara kelahiran tahun yang sama yaitu 1988. Dan memang benar mobil ini sudah terhitung rare sekali di Indonesia. Saya sendiri baru meilhat Coupe ini sebanyak 3 kali di kota Surabaya.

Kalo Anda pengen lihat seperti apa style anak jaman 90’an atau 2000an awal. Mungkin Anda bisa melihat dari Civic Wonder yang berjuluk strika ini. Hanya bermodalkan velg kempyeng atau besi oemnya, mungkin ring 13. Lalu diceperkan dengan potong per,kaca film bening. Jadilah si strika ini mobil gaul ala anak tahun 90’an atau 2000an. Tak ada JDM parts atau wheels, kanjozoku, ga bener racing, beserta tetek bengeknya. Just pure oem style dengan ceper mampus.

Sementara dibagian intetriornya , Wonder ini terlihat masih perjaka ting-ting alias perawan dengan nuansa interirorny yang di balut dengan warna crem atau khakis. Mengingatkan saya pada mobil wonder teman sekolah saya.

Dan tentu saja, generasi 90’an tak bisa dipisahkan juga dari genk Toyota Starlet yang merupakan rival beratnya genk civic. Mulai dari Toyota Starlet Kotak EP70 tau EP71 yang tampil ala baru keluar dari showroom bersama 2 Estilo di belakangnya yang tampil masih perawan ting-ting juga.

Naik ke adiknya Starlet kotak ada Starlet Bakpao atau EP80, yang dimana si bakpao ini kebanyakan menjadi mobil dines atau tongkrongannya cewek cantik bin gaul jaman old dulu. Kalo buat kaum hawanya, mobil ini kerap dipakai buat ceper mampus dengan Mercy New Eyes E230 rims, atapun  dengan velg kempyeng atau besinya saja . Tapi si Bakpau ini juga menjadi pilhan para pembalap untuk drag dan slalom  bersaing dengan Nouva. Bahkan ad akelas khusus starlet di  ajang slalom

Tapi entah kenapa saya gatel lagi untuk melirik ke si Estilo, maklum jaman muda dulu hidup saya di kelilingi Estilo. Sayapun melirik ke Estilo yang tongkrongannya masih OEM atau fresh from the oven dengan velg OEM nya yang dahulu kala menjadi rims favorit untuk balap drag race mobil apapun yang berpcd 4x 100  ( 14’inch)yang pasti balut ban Bridgestone Potenza RE711 (untuk ban depan saja). Bahkan velg jari-jari ini dan velg oemnya Ferio harganya melambung dan langka dipasaran. Jauh sebelum kids jaman old mengenal Spoon dan kawan-kawannya.

Bahkan kita pun gat ahu kalo si Estilo punya wheel dop tau wheel cover berukuran 15’inch. Setahu saya she wheel dop 15 inch yang ngehype saat iti dipakai di velg kempyengnya escudo atau mercy di Kijang atau Feroza atau katana bahkan Escudo, adalah wheel dopnya BMW E36 dan Mercedes Benz W202

Seiring berjalannya waktu dan kesaktian mbah gugel beserta kawan-kawannya, para car enthusiast pun bisa bersurfing ria kepo tentang style atau modif apa yang ada pada mobilnya dengan tujuan memodif dan mempercantik tunggangannya. Hasilnya, jika dulu si LX cukup dikasi velg kempyeng atau oemnya Estilo atau Genio, bahkan Accord. Kini Kembali ke bible atau kitab sucinya para Honda Boys, yaitu seperangkat Mugen CF48 berwarna chrome cut silver yang lahir pada tahun 1985. Yang kalo bisa dibilang tuaan rimsnya daripada si LX. (lahirnya dijaman si Wonder)

Dan untuk menguatkan aroma-aroma jadulnya, maka sang owner juga memasangkan Honda Access Civic EF Top Cheker style cover

Hingga very rare speakers Gathers yang merupakan Honda Authorized Car Audio, beserta Rear Trunk Rack + Light EF OEM JDM yang rare. Saya sendiri baru ngeh ternyata ada rear trunk rack ketimbang roof rack. Dan ada  rear venetian blinds nya juga, yang fungsinya mirip dengan tirai yang ada dirumah. Memang aneh-aneh dan unik kalo kita lihat modifikasi jaman jadul.

Yang jelas era 90’an dimasa saya SMA, baik civic Nouva, LX, Estilo, dan Genio yang gaul dan ceper mampus dengan velg kempyengnya berwarna hitam atau putih selalu di repaint atau di cat ulang dengan warna pastel yang lagi gaul pada jaman itu (biru, kuning, hijau, orange, hijau, ungu,). Putih malah kurang popular pada jaman itu.

Comments

comments!