REZA ZM, THE VTEC BOY FROM MAKASSAR

Reza Zulnizar Mukhsin dari team RZM Racing Squad Makassar berhasil merebut 1 podium kemenangan di gelaran Indonesian Sentul Series of Motorsport 2021 round 4 yang digelar di Sentul International Circuit , Bogor pada tanggal 16-17 Oktober 2021 yang lalu. Reza yang mempiloti Honda Civic Estilo bermesin B16 ini berhail merebut podium ke-5 di kelas FFA Max 3600 pada race STCR1.

“ Saya suka balapan touring karena ramai. Dan saya memilih memakai Estilo karena saya suka kecepatan, dan estilo itu eksis di jaman saya sekolah dimana pada jaman saya juga punya Estilo. Jadi ya saya pilih honda Estilo untuk balap touring” terang Reza mengenai alasannya mengapa memilih Estilo dibandingkan dengan mobil balap lainnya di debut perdananya di balap touring.

Dan bukan sekedar estilo standar saja yang dipiloti oleh Reza. Namun sebuah Estilo yang sudah di upgrade dan di swap dengan mesin B16A  1600cc yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 165 whp yang dibangun di HS Motor oleh Ebet dengan suspension memakai Tein Coilover.

Awalnya pria yang berfrofesi sebagai Notaris PPAT di kota Karawang ini terjun di dunia balap drag race dengan Evo II dengan best time 10.3 detik (402m), dan 6,9 detik di lintasan 201m. Namun di awal musim balap 2021 ini, yaitu ISSOM 2021 rd.1, dia memutuskan untuk mencoba full course Sentul International Circuit sepanjang 4,12 km dibawah bimbingan Avan dan Umar Abdullah dari Delta Garage Racing Team.

Memulai race nya di ISSOM rd.4 kemaren di STCR 2, pembalap asal kota Makassar yang memulai start dari grid ke-5 dengan catatan waktunya 1:53.338. Reza pun bertarung dengan Abraham Franklin yang berada di grid ke-4 dengan Vios nya untuk memperebutkan posisi pertama di kelas STCR 1600 (atau ke-4 overall). Dog fight ke-2 pembalap ini pun terjadi dari awal lap, salip menyalip / pertukaran posisi pun sering terjadi di sepanjang balapan.

Namun sayangnya keseruan dog fight ke-2 pembalap muda itu pun harus berakhir pada saat hendak memasuki lap ke-9. Reza pun tergelincir di last corner (turn 11) sehingga dia tidak bisa melanjutkan race alias D.N.F (Did Not Finish). Dan merelakan podium pertamanya di STCR 1600 direbut oleh Abraham. Best time nya pada saat race tersebut adalah 1:52.456.

Reza pun kembali mengaspal di STCR 1, dengan berbekal start dari grid ke-11 (1:52.957) atau ke-6 di kelas FFA max 3600. Reza yang baru kali ini race dalam kondisi wet race pun berjuang untuk maju ke barisan depan.

Kondisi lintasan yang setengah basah dan setengah kering basah itu pun cukup menyulitkannya dalam debut perdananya balapan basah. Dimana Reza pun sempat melebar pada saat hendak keluar dari R4 dan masuk ke gravel, namun dia tetap bisa melanjutkan race dan akhrinya finish di posisi ke-11 overall dengan best timenya 1:53.613. Namun dewi fortuna pun tampak masih cs dengan Reza, dimana walaupun dia finish di posisi ke-11 overall, namun di kelasnya yaitu FFA max 3600 Reza berhasil finish di posisi ke-5.

Yang artinya dia berhasil naik ke atas podium 5 besar FFA Max 3600, yaitu di podium ke-5 nya, dan bersanding dengan 4 pembalap tercepat di STCR 1 yang semuanya menggunakan mobil Civic Estilo. Rian Risky di podium pertama, Rio R. Bramantio di podium ke-2, Umar Abdullah di podium ke-3. Dan David Djaja di podium ke-4

“Persaingan di STCR 2 itu kurang banyak, beda dengan STCR 1 yang lawannya semua diatas 2000cc. Jadi di STCR1  saya lebih terlatih untuk bisa posisi ke-5 saja saya bersyukur.hehe. Apalagi saya baru dapat pengalaman balap dengan cuaca sedang hujan. Dimana di R4 saya sempat tergelincir. Namun untungnya saya masih bisa lanjut dan bisa naik podium. Ya namanya balapan kadang kita gagal dan berhasil yang jelas banyak bersyukur aja semoga nanti di seri ke-5 bisa kembali fight kembali” tutup Reza

TEAM EKITOYAMA ROCK THE BRIGIF DRAG RACE WITH 20 TROPHIES

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hashtag your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!