TEAM EKITOYAMA : 34 TROPHIES IN OPEN JABAR CHAMPIONSHIP

Team Ekitoyama x IPC berhasil menggoyang Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, Jawa Barat dengan berhasil memborong sebanyak 34 piala atau podium, 2 diantaranya podium juara umum pada event yang bertajuk URO Drag Race Open Jabar Championship yang digelar pada tanggal 6-7 November 2021 yang lalu.

Yang spesialnya lagi dari event drag race kali ini, yaitu lokasinya yang bertempat di dalam area parking lot Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati di kota Majalengka, Jawa Barat yange merupakan bandara udara terbesar ke-2 di Indonesia dan masih fresh. So menurut saya so far dari seluruh sirkuit non permanen drag race yang pernah saya singgahi di Jawa, Sumatra, dan Sulawesi. Kertajati adalah track paling bagus dari segi layout paddock dan aspal nya.

“ Saya sangat ingin sekali mencoba track yang baru dan harus mencoba. Syukur-syukur bisa dapat best time. Dan untuk Kertajati ini saya memboyong Shiro Evo VIII MR saya dari Lampung untuk meramaikan, dan sekalian belajar membiasakan diri pake dog box nya” terang Rezky Audrey Setiadji ketika ditanyakan motivasinya untuk turun di Kertajati.

Pada race hari pertama, di kelas  All Cars 1500cc Pro Modifed Stock. Rezky Audrey Setiadji berhasil menjadi yang tercepat sekaligus merebut podium pertama dengan best timenya 09.850. Sementara Khresna Ade W berada di podium ke-3 (09.883). Sementara di kelas OMR Jazz, Team Ekitoyama dengan GK5 milik Eki ini berhasil menyapu bersih podium 5 besar di kelas ini. Dimana Khresna berada di podium pertama ( 09.764), Ruci DA di podium ke-2 (09.788), Weda BP sang tuner di podium ke-3 (09.812), dan Rezky Audrey Setiadji di podium ke-4 (09.839). Dan akhirnya di kelas 1800cc  stock non engine swap non turbo Rezky Audrey Setiadji sekali lagi menyumbangkan 1 podium untuk teamnya dengan berhasil merebut podium ke-3 dengan best timenya 10.120.

Di kelas 2WD Non NOS, Team Ekitoyama dengan VW Scirocco R milik Eki ini berhasil menyapu bersih podium di kelas ini dengan Febriansyah berada di podium pertama (09.042). Di podium ke-2 ada M. Nafri ( 09.181), Natasha Devianti dipodium ke-3 (09.233), dan akhirnya Anton Sandra di podium ke-4 (09.641)

Namun nasib kurang beruntung menimpa Estilo kuning bernama Yello Mello milik Eki mengalami masalah pada saat run ke-2 nya pada saat sesi free practice. Run yang dilakukan oleh Eki berakhir dengan kepulan asap yang keluar menjelang garis finish hingga membuat mobil tersebut didorong hingga ke paddock.

Dan setelah di cek oleh crew mekanik IPC, mereka memutuskan mesin B20 nya jebol akibat metalnya kena yang membuat Estilo kuning ini langsung di towing pulang ke workshop IPC di Depok.

Tidak sampai disitu saja, Evo VIII MR bernama Shiro ini juga mengalami masalah pada saat sesi free practice khusus FFA yang di gelar pada saat sore hari nya

Dimana  drive shaft nya jebol yang membuat evo bertenaga 499,5 whp ini terpaksa harus di towing pulang menemani Yellow ke workshop IPC.

Walaupun 2 mobil gugur dan  pulang ke workshop sebelum bertanding, namun tim asal kota Lampung ini berhasil mengumpulkan sebanyak 12 piala di hari pertama gelaran URO Drag Race Open Jabar Championship Kertajati

DAY 2

Pada race ke-2 yang mempertandingkan kelas bracket Honda Jazz GK5 bernama Bymax ini gagal menyumbangkan podium untuk Team Ekitoyama. Bertarung di kelas bracket 10 dan 9,5 detik, ke-3 pembalapnya Rezky Audrey Setiadji, Weda, dan Khrisna pulang dengan tangan hampa.

Sementara di kelas bracket 9 detik, Scirocco R milik Eki pun kembali berhasil merebut podium pertama di kelas yang rata-rata di diikuti oleh monster diesel dan mobil all motor. Adalah Natasha Devianti, istri dari Khresna Ade W (pembalap dari Surabaya) yang berhasil mengungguli para pembalap pria dengan berhasil menguasai podium pertama dengan best timenya 09.028. Sementara rekan satu teamnya , yaitu Febriansyah berada di podium ke-5 dengan best timenya 09.114

Kalah dengan sang istri di kelas bracket 9 detik. Khresna Ade W berhasil menjadi yang tercepat atau menguasai podium  pertama di kelas Pro NA dengan best timenya 08.870. Sementara di podium ke-2 ada Rezky Audrey Setiadji (08.903), dan akhirnya di podium ke-3 ada Weda BP (09.003). Tak hanya di kelas Pro NA saja Estilo touring milik Weda sang tuner IPC ini menyumbangkan podium untuk Team Ekitoyama. Di kelas bracket 8,5 detik Khresna sekali lagi berhasil naik keatas podium kemenangan dengan menyabet podium ke-2 dengan waktunya 08.936. Sementara di podium ke-3 ada Weda BP (08.936). Dan akhirnya Rezky Audrey Setiadji di podium ke-4 (09.280)

Sementara di kelas FFA atau Free For All, dimana seharusnya ada 2 mobil dari tim ini, yaitu Evo VIII MR dan Epo III. Pada race day hanya Epo 3 Jackie Chan yang bisa di ajak bertarung di kelas ini. Namun sayangnya  mobil yang pada sehari sebelumnya (free practice FFA) berhasil mencetak best time 7,2 dan 7,4 ini mengalamai masalah pada mesinnya hingga membuatnya terbatuk-batuk ketika diajak bertarung. Alias mbrebet kendala di coil nya.

Best time pada saat race day kali itu dicetak oleh Khresna dengan waktu 07.629, atau lebih lambat 00.200 dari catatan waktunya pada saat free practice yaitu 7,4 sehari sebelumnya. (6/10). Namun sayangnya Khresna yang seharusnya naik ke atas podium ke-4, di diskualifikasi akibat tidak adanya roll cage berikut seluruh pembalap yang join di mobil tersebut. Namun setelah Khresna dan Eki mengajukan protes ke pimpinan lomba karena juara ke-3-5 dari pro drag juga tidak menggunakan roll cage. Akhirnya pimpinan lomba pun merubah aturan diskualifikasinya menjadi  tidak ada jok penumpang (kursi penumpang Eponya tidak ada karena dicopot untuk perbaikan electrical), sementara jok belakang ada. Sayangnya informasi mengenai peraturan ini (roll cage) tidak di sosialisasikan sebelum event atau sewaktu scrutineering. Pimpinan lomba atau panitia hanya mengingatkan sehari sebelumnya wajib menggunakan race suit saja.

Gagal naik podium dengan GK5 dan Epo 3 nya, sang team owner Rizky Audrey Setiady berhasil merebut gelar juara umum ke-2 di ikuti oleh rekan satu teamnya Kiki sebagai juara umum ke-3event Open jabar Championship

Total pada race ke-2 hari itu team asal kota lampung ini berhasil memboyong sebanyak 22 piala, termasuk 2 piala kejuaraan umum. Jadi Total piala yang diraih oleh Team Ekitoyama selama race 2 hari di Open Jabar Championship ini adalah 34 piala. “Alhamdullialh masih di kasi rejeki dan waktu yang terbaik bersama Team Ekitoyama plus juara umum 2 dan juara umum 3. Walaupun kemaren kita mendapat pelajaran berharga berupa di diskualifikasi di kelas FFA yang membuat kita lebih perhatian dalam hal safety dan kelengkapan mobil kita. Yang pasti track Kertajati kemaren pool banget” tutup Rezky Audrey Setiadji perihal borong piala pada event kemaren.

Stay tune untuk full artikelnya

TEAM EKITOYAMA : CHASING SUNSET IN GBT SURABAYA

 

Bayu Sulistyo

IG : @bayusulistyoo

 

*Like us on Perfourm Facebook Fanpage

*Follow us on Instagram: @perfourm

*Hashtags your photo with #PERFOURMMACHINEHEAD, and you can be on Perfourm.com

*Hashtag your car project with #BUILDTORACE and #BUILDTOPERFOURM, and you can be on Perfourm.com

Comments

comments!