THE LAUNCHING OF HONDA NEW BRIO SATYA

2374

launching honda brio satya surabaya (28)

Demam mobil LCGC atau Low Cost Green Car sedang booming di Indonesia. Berbagai ATPM mengeluarkan line up LCGC nya dengan dipersenjatai dengan sejumlah fitur, option, eco friendly mode, dan tentu saja seperti main tittle dari huruf LC didepan yang berarti Low Cost atau murah meriah. Honda Prospect Motor atau PT. HPM selaku ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) Honda di Indonesia pun tak mau kalah dengan me launching senjata utamanya yang bernama Honda New Brio Satya di kelas LCGC dengan fitur yang lengkap dan harga yang terjangkau.

brio saturday night challenge 2013 round 3 Surabaya (30)

Honda Brio Sporty yang merupakan kakak dari Honda New Brio Sporty ini secara sukses menjadi city car paling most wanted car di wilayah penjualan HSC (Honda Surabaya Center), terhitung sekitar 1.765 unit (hingga Agustus 2013) , sedangkan indonesia sekitar 14.914 unit. Terhitung dari pertama kalinya mobil 100 hp ini diluncurkan pada 2 Agustus 2012.

launching honda brio satya surabaya

Pada hari Jum’at, 13 September 2013 yang lalu, saya pun diundang oleh pihak Honda Surabaya Center selaku main dealer mobil Honda di kawasan Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara untuk acara launching Honda New Brio Satya. Tapi terlebih dahulu setelah sholat Jum’at saya pun menyantap makan siang yang sudah disediakan oleh pihak HSC.

launching honda brio satya surabaya (2)

Dan tentu saja dessert saya.

launching honda brio satya surabaya (3)

Setelah makan siang, kami pun menuju ke sebuah gedung bisokop yang sudah disulap menjadi sebuah auditorium seperti di tivi-tivi. JKT48? Yah harapan saya begitu. Tapi sayangnya hari itu tidak ada JKT48 yang ada hanya gambar JKT48 sebagai brand ambassador nya Honda New Brio. Padahal di sewaktu launching di Jakarta, JKT48 ada.

launching honda brio satya surabaya (4)

Lalu sebagai pemanasan atau warm up lap sebelum para petinggi HSC naik ke atas panggung, diputarlah video clip Honda yang bernama The Honda hand. Awalnya saya kira ini video biasa, namun awalnya orang ini memegang sebuah baut lalu berubah menjadi Honda S90 atau kuntul, CB100, lalu akhirnya sebuah CBR.

launching honda brio satya surabaya (5)

Lalu berubah lagi menjadi 1st gen of Honda Civic yaitu Honda Life.

launching honda brio satya surabaya (6)

Dan Honda life bertemu dengan Honda Civic Type R Euro FN2R

launching honda brio satya surabaya (7)

FN2Rnya fun diambil…dibantu ya…jadi apa?pok pok pok

launching honda brio satya surabaya (9)Walah, jadilah Honda NSX NA1

launching honda brio satya surabaya (8)

Lalu dirubah lagi menjadi apa? Dibantu ya?Sim salabim jadi  apa.Pok..pok..pok..

launching honda brio satya surabaya (10)

Behold of the new Acura NSX. The legends ini rencananya akan mulai di produksi dan dijual pada tahun 2014. Namun di tahun yang sama  mobil 310 hp 3.5-liter V-6 AWD yang di doping 100 hp dari 2 electric motor yang tersambung dengan lithium-ion battery pack ini mulai kembali ke lintasan yang bernama Super GT atau balap touring Jepang di kelas GT500. Dimana seperti pada tahun 90’an NSX ini akan kembali bertarung melawan GT-R dan Toyota (Lexus) sebagai rival abadinya di track.

launching honda brio satya surabaya (11)

Setelah pemutaran 2 video klip yang menggambarkan perjalan Honda dari zero to hero. Presiden Director Honda Surabaya Center, Ang Hoey Tiong  dalam sambutannya menjelaskan bahwa “Honda New Brio Satya ini merupakan pengembangan dari model Brio yang lama tetapi dihadirkan kembali dengan varian-varian, dan dengan fitur yang lebih lengkap, serta harga yang lebih terjangkau”.

launching honda brio satya surabaya (12)

Sementara Wendy Miharja selaku General Manager  Honda Surabaya Center menjelaskan bahwa berbagai varian baru yang dihadirkan pada New Brio ini akan memenuhi semua yang dibutuhkan dari sebuah City Car, baik untuk 1st time buyer atau pun additional car users. Termasuk juga para speed freak, Honda Brio sering juga digunakan untuk Slalom, Drag race, dan juga touring. Diantaranya pihak Honda Prospect Motor mengadakan Brio Saturday Night Challenge (slalom) dan Brio Speed Challenge (touring).

launching honda brio satya surabaya (14)

Lanjut setelah sambutan dari para petinggi Honda Surabaya Center dilanjutkan dengan session tanya jawab oleh para media dari kota Surabaya.

launching honda brio satya surabaya (13)

Tak lupa juga Rudy Surjanto selaku Direktur HSC (Honda Surabaya Center- tengah)  hadir dan juga ikut serta menjawab pertanyaan dari para rekan media. Termasuk saya yang waktu itu menanyakan apakah akan di selenggarakan lagi Brio Speed Challenge tahun depan? Ada rencana tidak untuk membuat seperti Jazz Battle (contest)? Yang terakhir adalah ada rencana tidak pihak Honda memasarkan accessories Brio selain Modulo, seperti Mugen pada umumnya Jazz. Mengenai Brio Speed Challenge, jika antusiasnya cukup tinggi maka kenapa tidak untuk dibuat lagi sebagai pendamping Honda One Make Race di Sentul. Mengenai contest khusus Brio, pihak Honda Prospect Motor Jakarta masih mempertimbakan karena Brio ini baru dipasarkan satu tahun yang lalu.lalu mengenai aftermarket part accessories nya tidak menutup kemungkinan bahwa Mugen akan ikut mendandani city car ini. Beliau juga sudah meilhat Brio yang di tune oleh Spoon Sport cukup keren.

launching honda brio satya surabaya (16)

Setelah session tanya jawab, saya dan beberapa rekkan media kota Surabaya di ajak menuju ke lantai bawah Ciputra World untuk melihat 2nd launching New Brio di Indonesia, khususnya yang pertama di kota Surabaya.

launching honda brio satya surabaya (15)Bukan Perfourm namanya kalo tidak suka berburu behind the scene and behind the stage. Saya pun menemukan model new Brio yang look so JDM bersiap-siap untuk show

launching honda brio satya surabaya (18)

Launching ceremony itupun dimulai dengan fashion parade oleh JDM model yang sesuai image New Honda Brio yaitu gaya yang muda, dinamis, serta trendsetter di kelasnya.

launching honda brio satya surabaya (19)

Setelah ber fashion show, para model pun langsung membuka penutup mobil dan tersingkap atau tampaklah wajah baru dari Honda New Brio.

launching honda brio satya surabaya (20)

So this is it the New Honda Brio.

launching honda brio satya surabaya (24)

Dan akhirnya New Honda Brio resmi di launching atau diperkenalkan kepada public kota Surabaya oleh Honda Surabaya Center pada tanggal 13 Sepetember 2013.

launching honda brio satya surabaya (23)

Sesaat setelah acara lauching ceremony, para public Surabaya pun langsung menyerbu ke-4 New Honda Brio, Honda Honda New Brio Satya, dan Honda New Brio Sporty yang dipajang di stand Honda.

launching honda brio satya surabaya (27)

Sementara para public kota Surabaya sedang sibuk melihat sosok New Honda Brio, para media pun sibuk mengabadikan photo ke-3 petinggi Honda Surabaya Center. Saking banyaknya media yang hadir saya pun susah dan berebutan posisi yang idela untuk melepaskan tembakan.

launching honda brio satya surabaya (25)

Karena di New Brio Satya saya tidak berhasil dapat photonya, photo sessionpun dilanjutkan di Honda New Brio yang terletak di sebelahnya. Akhirnya saya mendapatkan photo ke-3 petingginya HSC. Ini adalah photo ala media pada umumnya yang Anda biasa lihat di media cetak atau majalah. Dimana para petinggi sebuah ATPM atau orang penting sedang bercakap-cakap sambil berdiri disamping produknya.

launching honda brio satya surabaya (26)

Tapi kalo ala Perfourm, selalu ada yang baru dan segar. Seperti Honda New Brio ini dan JeyDeyEm modelnya.

launching honda brio satya surabaya (36)

So, seperti apakah mobil LCGC buatan Honda Prospect Motor ini? Pada eksteriornya di mulai pada front bumpernya sama dengan Honda Brio lainnya (New Brio dan New brio Sporty), yang berbeda hanya Brio Satya tidak dilengkapi dengan fog lamp.

launching honda brio satya surabaya (40)

Dan juga pada sector rolling stocknya Brio Satya menggunakan 14’inch steel rims atau velg besi yang di permanis dengan wheel dope. Lagi pula kita  bisa membeli alloy wheel aftermarket 2nd atau baru yang harganya murah namun looks good.

launching honda brio satya surabaya (37)

Nah pada sector interiornya dari sekian banyak fitur yang ditawarkan seperti Audio System double din AM/FM, single disc,  dual SRS airbags, immobilizer,USB port, made for iPod, dan lain-lain. Saya paling suka dan jatuh cinta dengan seat nya yang berwarna khakis dan lembut bahannya. Tapi yang paling utama bentuknya yang semi bucket seat. Yes, it’s semi bucket seat ala Brio dude.

launching honda brio satya surabaya (32)

Untuk dapur pacunya, New Brio Satya dipersenjatai dengan 88 ps 1.2 Lt i-Vtec SOHC  yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 88 ps dan torsi 11.1 kg.m pada 4.500/rpm.  Just for your info guys 88 hp merupakan horsepower terbesar dikelas LCGC, karena LCGC menerapkan standart cc berupa 1.200 cc. Dan semua Brio Satya didukung oleh transnisi manual dengan 5 speed. Dengan konsumsi bensin 1/20 km. Tertarik untuk meng engine swap engine bay ini dengan L15A (slalom) atau B series atau K series maybe?

launching honda brio satya surabaya (43)

Pada bagian buritan mobil yang namanya diambil dari bahasa Sansekerta  yang berarti tulus dan setia, tak tampak rear wiper seperti Honda Brio. Rear wiper hanya ada pada tipe E.

launching honda brio satya surabaya (44)

Namun yang menarik disini adanya badges atau emblem Honda Prospect Motor selaku ATPM Honda di Indonesia yang memproduksi Honda New Brio Satya Ini. Ini adalah sebagai syarat dari Pemerintah Indonesia kepada para produsen LCGC (Low Cost Green Car) untuk mencantumkan nama produsennya.

launching honda brio satya surabaya (45)

Dan tak lupa mencantumkan nama dan logo yang Indonesia banget. Jika tadi Satya diambil dari nama Sansekerta yang berarti “tulus” dan “setia”. Maka untuk logonya berupa bunga Melati, yang merupakan bunga nasional Indonesia.

launching honda brio satya surabaya (34)

“Bagi Honda sendiri Brio Satya merupakan model dengan harga terendah yang pernah diperkenalkan Honda di Indonesia”, terang Tomoko Uchida Presdir PT. Honda Prospect Motor.

launching honda brio satya surabaya (41)

Dengan kandungan local mencapai 85% pada New Honda Brio Satya tipe E,S, dan A. Tak ayal membuat city car ini terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Tipe A Rp. 109.800.000, tipe S Rp. 114.800.000, dan tipe E Rp. 120.800.000. Walaupun murah namun teknologi seperti Rangka body G-Con, Dual SRS airbags, Pretensioner seatbelt with load limiter dan Immobilizer memenuhi standart tinggi keselamatan pada mobil ini.
 launching honda brio satya surabaya (42)

Selain meluncurkan Honda New Brio Satya. Honda Surabaya center juga melaunching Honda New Brio ke public Surabaya. Dipersenjatai mesin 1.2 Lt i-Vtec SOHC dengan horsepower 88 hp dan transmisi matic 5AT membuatnya terlihat 1 tingkat diatas Honda Brio Satya (fiturnya). Harga yang ditawarkan pun  cukup lumayan yaitu Rp. 139.800.000 (tipe E), dan Rp. 134.800.000 (tipe S). Dan kesemuanya equip with matic only.

launching honda brio satya surabaya (39)

Untuk yang mau manual and seorang speed freak namun juga hot papa, bisa membeli Honda new Brio Sport yang duiperaenjatai dengan 1.3 Lt SOHC i-Vtec yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 100 ps, dan terbesar di kelas city car. Well tak ada yang berubah dari New Brio Sport dengan Brio yang lama. Kecuali stripping putih layaknya muscle car itu merupakan fitur resmi mobil ini. Dibandingkan dengan tahun lalu, striping ini harus ditebus dengan sejumlah uang jika kita ingin menempelnya pada body Brio kita (aksesoris).

launching honda brio satya surabaya (31)

Well dengan bentuk yang imut, sporty, powerfull, dan juga so JDM.

launching honda brio satya surabaya (29)

Sepertinya akan mampu membuat trendsetter kelas city car, dan yang pasti semakin happening dikalangan anak muda.

launching honda brio satya surabaya (35)

Sepertinya akan mampu membuat trendsetter kelas city car, dan yang pasti semakin happening dikalangan anak muda.

launching honda brio satya surabaya (48)

Setelah meliput launching Honda New Brio Satya , sayapun diundang oleh pihak Honda Surabaya Center untuk ngafe atau bersantai sejenak di sebuah coffee shop di samping pameran tersebut.

launching honda brio satya surabaya (49)

Ini mini maini, manakah yang saya makan sore hari itu? Sayapun memilih pasta favorit saya, yaitu beef lasagna.

launching honda brio satya surabaya (50)

Ini lah jika para media sedang makan siang atau hang out di sebuah coffee shop atau restaurant. Harus ada 1 meja extra bukan untuk makanan, atau tas Hermes atau LV seperti kebanyakan para kaum sosialista. Namun 1 extra meja tersebut untuk alat perang kita bernama kamera.

launching honda brio satya surabaya (51)

Bon appetite guys….

launching honda brio satya surabaya (52)

Selesai makan , saya pun berbincang –bincang dengan Wendy Miharja selaku General Manager Honda Surabaya Center mengenai tim balap Honda Surabaya Center kedepannya. Seperti tim slalomnya, dan tim touringnya yang  dari awal mula dibukanya Honda Jazz Challenge selalu keluar sebagai juara umum, dan kisah turun mesin team HSC di endurance race di Sepang Circuit Malaysia.

launching honda brio satya surabaya (46)

So guys, itu tadi LCGC made in Honda yang kandungan lokalnya hingga 85% sehingga harga nya menjadi terjangkau untuk masyarakat Indonesia. So dare to challenge?

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

Comments

comments!