HONDA BOYS GOING HYBRID WITH THE NEW CR-Z

2031

honda new CR-Z (6)

Honda is back. And this time, they are back with fully loaded 21st century car with ton’s of technology  and ton’s of echo friendly. Yaitu Hybrid. Bisa dibilang Honda new CRZ ini menjadi sebuah sport hybrid coupe yang patut di acungi jempol karena walaupun ada embel-embel hybrid, namun tetap soul sport dari Honda tetap ada dengan menyediakan versi manualnya. This is the new era of sport hybrid car.

honda new CR-Z (2)

Beberapa waktu yang lalu saya diundang oleh pihak Honda Surabaya Center atau HSC untuk mencoba atau test drive Honda New CR-Z di sebuah mall di kawasan Surabaya Barat. Kebetulan pihak HSC sendiri sedang mengadakan pameran di mall tersebut, sekaligus memperkenalkan mobil sport hybrid mereka atau CR-Z kepada public Surabaya.

honda new CR-Z (3)

Tak tanggung-tanggung, HSC pada pameran kali itu men-display 3 unit New CR-Z. Dua diantaranya adalah versi standard (hijau dan putih), sedangkan yang berwarna ungu adalah new CR-Z versi Modulo.

honda new CR-Z (9)

Meet the new era of sport hybrid car, the Honda New CR-Z.  Sedan sport compact yang pertama kali diproduksi pada tahun 2010, dan diperkenalkan pada Oktober 2007 di Tokyo Motor Show ini, merupakan pengembangan dari Honda Insight dan juga Honda CR-X. Kali ini desain air dam pada front bumpernya CR-Z terlihat cukup extra large, terlihat cukup  extra ordinary dari mobil-mobil Honda lainya, namun diimbangi dengan tempat fog lamp yang cukup besar. Desain front bumper saat ini memang cukup aneh-aneh, kadang ga banget. Namun sebenarnya desain tersebut memaksimalkan fungsi sebuah front bumper yang menjadi bagian pertama yang bergesekan dengan udara, mendinginkan mesin, dan juga meminimalisasikan resiko cedera atau meninggal bagi pejalan kaki yang tertabrak. Bahkan  ada satu merek mobil di Eropa, memasangkan air bag khusus untuk pedestrian di pilar A nya.

honda new CR-Z (11)

Jika Anda seorang true Honda Boys, maka Anda akan ngeh mengapa CR-Z ini merupakan pengembangan dari Honda Insight dan juga terutama Honda CRX. Lebih-lebih jika Anda melihat body coupe nya yang sangat ketara kalo ini adiknya CRX adalah pada sector buritannya yang coupe dan kotak khas CRX. Namun di CR-Z ini terlihat lebih aero dynamic  dan juga futuristic, berkat lekukan-lekukan pada body samping dan juga front bumpernya.

honda new CR-Z (4)

Orang yang bertugas sebagai project leader  CR-Z adalah orang yang bertugas sebagai chef engineering Honda  Mobilio Spike dan Honda Elysion. Mobilnya sendiri sewaktu masih prototype di uji berkali-kali di berbagai macam kondisi jalan, supaya CR-Z bisa menjadi sebuah mobil sport fun to drive khas Honda namun Hybrid. Anda bisa melihat disini bagaimana kesan tranpasaran atau kaca mendominasi mobil ini, sehingga roof nya saja terlihat kecil. Rear vender nya  juga cukup semok.

honda new CR-Z (7)

Menurut saya salah satu yang menarik dari mobil ini adalah pada kaca bagian belakangnya yang terlihat seperti panoramic glass roof. Bagaimana kalau kaca belakang diperpanjang hingga pilar A?Maka kita akan mendapatkan a huge panoramic glass roff. Anyway buat Anda yang penasaran apa she singkatan dari CR-Z itu? CR-Z merupakan kepanjangan dari  Compact Renaissance Zero yang bisa di artikan sebuah ekspresi untuk berusaha menghasilkan sebuah karya seni baru dalam mendesain sebuah compact cars yang berawal dari dasar atau nol.  Yang mana CR-Z ini diharapkan menjadi sebuah mobil compact car yang sporty, keren, irit, dan juga  tidak membuat kantong bolong.

honda new CR-Z (10)

Desain bagian buritan atau belakangnya juga unik, dimana trunk atau bagasi menyatu dengan body khas mobil coupe. Namun yang membuat unik lagi adalah kaca belakangnya yang tidak  landai lagi seperti CRX, namun  berdiri sejajar dengan tail lights membuat kita leluasa melihat ke belakang melalui mirror tengah.

honda new CR-Z (14)

Tapi jika Anda membeli new CR-Z Modulo version, maka Anda akan mendapatkan duck tail pada trunknya.

honda new CR-Z (15)

List pada body samping bagian tengah dan bawah yang dilapisi ala carbon Fiber.

honda new CR-Z (16)

Dan juga carbon fiber look pada lips fron bumper dan juga rear bumper. Sayangnya ini bukan carbon fiber asli, namun carbon fiber look. Tapi jika Anda ingin bawa pulang New CR-Z Modulo version, Anda harus merogoh kocek   atau lebih mahal

honda new CR-Z (45)

Masuk kedalam cockpit atau interior dari  mobil yang website resminya di klik sebanyak 1 juta kali ini, aura sporty mulai terlihat ketika kita membuka pintunya. Dari mana? Ya tentu saja seat nya yang semi bucket khas mobil sportnya Honda seperti Type R.

honda new CR-Z (20)

Welcome to the space ship of CR-Z. Menurut saya ini cockpit ini merupakan cockpit paling kick ass atau keren selama saya keluar masuk mobil baru yang pernah saya liput. Desain dashbord, speedometer, panel-panelnya, AC, bahkan  tombol-tombolnya very-very futuristic. Love this cockpit a lot.

honda new CR-Z (29)

Dan yang membuat saya jatuh cinta lagi adalah pada pada bagian speedometer yang sangat amat futuristic . Saya seperti mengendarai X-Wing fighternya Star Wars. Totally awesome guys. Semua indicator ada disini dan disajikan secara lengkap, detil, dan penempatan serta pemilihan warnanya sungguh high end.

honda new CR-Z (26)

Yang paling mencolok adalah  3D ambient meternya, lengkap dengan logo IMA atau Integrated Motor Assist dibawahnya. Ambient atau warna rpm meternya akan berubah sesuai dengan mode mengemui atau gaya mengemudi Anda. Jika warnanya biru maka gaya mengemudi Anda seperti orang yang baru bisa nyetir alias normal (normal mode)

honda new CR-Z (42)

Tapi jika merah, maka driving style atau driving mode Anda sudah bisa ditebak sebagai pengemudi yang kesetanan atau aliran gas pol (sport mode). Ada satu lagi warna pada 3D ambient meternya, yaitu hijau. Sudah bisa ditebak jika warnanya hijau maka driving style Anda seperti grand pa atau grand ma Anda, yang very pelan and very ngirit (Econ Mode). Kalo tidak salah warna ini juga bisa berubah dengan sendiri nya dari hijau, biru. Lalu ke merah ketika RPM atau speedometer Anda menunjukkan Anda sedang wide open throttle.

honda new CR-Z (25)

Love this 3 magic button mode. Anda bisa melihat disini bagaimana pihak Honda menghargai Investasi Anda dengan Inovasinya, bahkan button nya saja dibuat sedemikian detil dan dramatisir. Sugoi.  Tapi ada satu button atau option yang menjadi favorit saya, yaitu tombol VDC atau Vehicle Dynamic Controller atau anti slip yang saya suka dalam mode : off.

honda new CR-Z (24)

Bahkan layar di Speedometernya sudah terlihat atau tampak seperti race dash data logger system. Semua indicator mesin dan lain-lain ada disini, dan yang lebih sugoi nya lagi dihadirkan secara detil dan berwarna warni sesuai dengan icon warnanya. Disini kita bisa memantau battery kita sedang digunakan atau sedang di charge. Atau pada kolom S+ yang fungsinya seperti NOS atau system KERS (Kinetic Energy Recovery System) pada F1 yang akan membantu menambah tenaga secara instan selama 5 detik , lenkap dengan kolomnya. Saya serasa bermain game balap di playstation guys.

honda new CR-Z (28)

Lupakan tombol  R1 untuk tombol NOS nya, here come’s the S+ button. S+ atau plus sport system adalah the magic button yang menjadi my most favorit magic button pada new CR-Z ini, karena bisa menambah kecepatan yang cukup signifikan, sekitar 20 hp selama 5 detik, dengan hanya menekan tombol ini dan juga floor the gas pedal. Well, I think Ja Rule don’t need that  NOS button  again.

honda new CR-Z (30)

Door trimnya saja terlihat sungguh sporty, futuristic dari lekukannya, namun cukup elegan dengan aksen chrome pada door handle. Speakernya saja dtambahi aksesoris lampu berwarna biru. Damn, CR-Z your so hot lah.

honda new CR-Z (1)

Tapi minusnya menurut saya adalah pada back seat atau kursi belakang, karena CR-Z ini sudah dicap sebagai mobil sport compat dan terlebih coupe, maka bersiap-siap kaki Anda untuk beryoga, menekuk bahkan bersila jika menumpang mobil ini. Space yang disediakan oleh Honda cukup sempit untuk orang dewasa. Ini mungkin yang menjadi permasalahan  bagi sebagian orang yang ingin membeli  sport compact car terbaru seperti Honda New CR-Z dan Subaru BRZ atau Toyota FT-86, back seatnya tidak human friendly. Banyak teman saya yang awalnya bilang I Love you sewaktu hendak membeli ke-2 mobil ini, lalu berubah menjadi thank you so much, I’m sorry good bye ketika melihat space bagian belakang atau rear passenger seatnya.

honda new CR-Z (12)

Satu lagi minusnya, yaitu pada bagian rolling stocknya. Walaupun mobil canggih ini sudah dipersenjatai dengan MacPherson strut front suspension, dan juga di comment oleh media luar bahwa handlingnya cukup bagus dengan tingkat mild under-steer. Namun desain rimsnya nggak banget, dan  tires nya memakai Michelin Energy. Ban yang sama di gunakan oleh Subaru BRZ atau Toyota FT-86. Menurut saya tire standard untuk mobil sekelas sport campact car adalah yang ber compound 200 atau kurang,  mungkin gara-gara ban ini gejala under steer bisa di minimaliskan lagi dan add more grip. So guys, now you know what you have to do first if you buy this car.

honda new CR-Z (17)

Sekarang kita akan membahas inti dari kenapa mobil seharga Rp. 492.500.000 (manual) dan Rp. 506.500.000 (matic) disebut hybrid, dan harganya cukup  ya lumayan mahal.Ketika ketika pop the hood, pasti kita melihat mesin 1.5 lt (92 cu in) i-VTEC SOHC. Sangat amat mirip mesin L15 milik GD3 atau GE8, namun mesin ini berkode LEA, dan hanya mampu mengasilkan tenaga sebesar  122 bhp /128 lb-ft pada transmisi matic (CVT atau continuously variable transmission). Sedangkan pada versi manualnya, mesin 1.500 cc ini hanya bisa menghasilkan tenaga sebesar 111 bhp/ 106 lb-ft. Kok tambah loyo ya versi manualnya?

honda new CR-Z (18)

IMA, inilah teknologi terbaru dari Honda yang menjadi biang keroknya atau penyebab mengapa CR-Z ini di sebut hybrid. IMA yang merupakan singkatan dari Integrated Motor Assist, yaitu sebuah hybrid electric system yang berupa motor elektrik yang ditempatkan pada bagian dalam ruang pembakaran dan transmisi yang electric stater, engine balancer, assist traction motor atau penambah daya. IMA mulai diperkenalkan oleh Honda di tahun 99 pada mobil Honda Insight. Cara kerja atau theory dari system Hybrid Honda in Ini adalah,memanfaatkan energy yang hilang sewaktu pengereman mobil, lalu menyimpannya, dan kemudian memanfaatkan energy tadi untuk membantu akselerasi mobil tersebut. Disinilah keuntungan dari system hybrid tersebut, yaitu meningkatkan atau menambah  akselerasi, dan mengurangi kinerja mesin bensin. IMA menambah sekitar 20 hp selama 5-10 detik. Much better than a bottle of NOS.  Kalo di F1 mungkin namanya berubah menjadi KERS atau Kinetic Energy Recovery System. Dan system IMA ini memang lebih cocok atau maksimal hasilnya di duetkan dengan mesin ber cc kecil.  Now you  know why this CR-Z  got hybrid title

honda new CR-Z (19)

Dari Motor yang terletak diantara ruang dalam pembakaran dan transmisi, ada sebuah kabel orange yang mengarah masuk ke dalam kabin, dan berakhir pada sebuah battery yang terletak di bawah back seat atau kursi penumpoang belakang. Battery ini berfungsi untuk menampung energy listrik yang dihasilkan oleh motor (IMA), lalu digunakan kembali untuk memutar motornya untuk menambah ekselerasi ketika diperlukan

honda new CR-Z (13)

Well, saya juga butuh IMA atau Indonesia Model Assistant  untuk boost up my day and HP (handsome Power). Dan seperti biasa, kamera saya secara otomotis auto focus ke spg atau model cantik yang menjaga CR-Z ini.

honda new CR-Z (8)

+ 10 hp (handsome power)

honda new CR-Z (44)

+20 hp (handsome power). And we’re know that Honda roaring in JDM culture, so we love JeyDeyEem girl. Kawai…

honda new CR-Z (39)

Time to test drive this car, dan mengetahui seberapa sport dan canggihnya mobil seharga sekitar ½ milyar ini. Pada hari itu pihak Honda Surabaya Center menyediakan 2 unit new CR-Z berwarna merah dan juga putih.

honda new CR-Z (40)

Behold of the Hybrid Power

honda new CR-Z (41)

Saya juga baru sadar ada aksesoris shark fin pada bagian roof CR-Z. Shark tale ini digunakan untuk menambah downforce , yang berguna untuk menambah grip pada body bagian belakang mobil.

honda new CR-Z (31)

Well, karena pada hari itu cuacanya sedang galau atau mendung dan langit abu-abu dimana-mana, so I take the red one.

honda new CR-Z (32)

Sepertinya msih ada CR-Z – CR-Z lainnya yang digunakan sebagai mobil test drive oleh media dan juga calon customer. Dan kali ini saya menaiki CR-Z number 03.

honda new CR-Z (34)

Saya ditemani oleh Pak Alex yang menemani saya di sesi Test drive CR-Z. Saya pun mendapatkan pengetahuan sepanjang jalan, mengenai Sport compact hybrid car Honda ini dari orang yang sebelumnya menjadi mekanik di salah satu cabang Honda di USA. Jujur, saya jadi bingung, ini saya test drive sebagai  penumpang  atau taxi test drive, tapi bukan menjadi driver. Aneh, pikir saya, karena saya tidak bisa merasakan performance dan handling secara langsung.

honda new CR-Z (36)

Saya pun berlagak diam saja akan hal tersebut, padahal sewaktu di dalam pameran  atau undangan, saya dijanjikan untuk test drive mobil ini. Dan dimana-mana test drive yaitu berposisi sebagai driver bukan passenger.  Mungkin ada rules baru untuk mobil baru ini? Tapi ya sudahlah, saya woles dan enjoy saja naik mobilnya Honda boys ini. Saya baru sadar kalo rear vendernya very-very dat ass atau semok. Kayanya keren neh di pasangkan rims yang ber offset besar.

IMG_2867

Di layar speedometer , ada icon atau indicator yang menandakan kalo saat ini mobil yang saya tumpangi menggunakan bensin.

honda new CR-Z (35)

So karena ini mobil hybrid yang punya embel-embel sport compact car, maka saya meminta tombol S+ di pencet, lalu full throttle  alias gas pol. Inilah yang saya rasakan tenaga atau akselerasi antara duet maut i-VTEC dengan IMA, cukup lumayan menghentakkan badan saya ke seat selama 10 detik. Ya not bad lah untuk ukuran mobil bertenaga 120 hp ditambah extra boost 20 hp dari IMA. Dan Anda akan bisa merasakan sensasi ala hybrid car lagi di CR-Z ini dengan menunggu lagi sekitar 5 detik untuk kembali di re-charge battery nya. Lalu kemudian Anda akan kembali menikmati lagi sensasi ala NOS hybrid selama 10 detik.

honda new CR-Z (37)

Akselerasi dari mesin  120 hp 1.5 Lt SOHC i-VTEC yang di topang dengan system IMA sebesar 20 hp, tergolong cukup lumayan untuk ukuran mobil hybrid. Untuk pengetesan 0-60 mph (0-96,56 km/h) diraih dalam waktu 10,5 detik, sedangkan quarter mile atau 400 meter nya di tempuh dalam waktu 17,6 detik. Kalo kita ngomongin soal hybrid pasti tak bisa jauh-jauh dari yang namanya irit. Untuk CR-Z versi CVT atau matic  hanya meminum 4 liter untuk menempuh jarak sekitar 100 kilometer. Sedangkan versi manualnya 4,4 liter untuk 100 kilometer. Namun  di Amerika dalam test EPA atau Environment Protection Agency, CR-Z  manual tahun 2011 berhasil menembus angka 7,6 liter untuk 100 km untuk kota-kota, sedangkan 6,4 liter untuk 100 km jalan tol. Super duper irit.

honda new CR-Z (38)

 

So, this is it guys. The new era of sport compact car, the hybrid. Futuristik, sporty, kencang, namun tetap irit di kantong . Well selamat datang dunia masa depan, dan yang pasti kedepannya mobil bahkan motorsport akan menuju ke hybrid racing. Ada yang bilang  Green Sucks! Karena tidak bisa menghasilkan tenaga yang brutal atau hard core. Just for your info, di Amerika sana ada CR-Z yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 533 hp. And guest who behind that most powerful street hybrid in the world? Behold of the Honda boys idol, Bizi Enzerioha form Bisimoto. Great Scoot..!!! Are you ready for the 1.21 giggawatts race? Jigga what?????

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

SHARE
Previous articleGYMKHANA TIME
Next articleMITSUBISHI MOTORS EXPERIENCE DAY
Bayu Sulistyo Nyonk
The slowest man in the fastest motorsport. Love to travel & eat, and love motorsport. Dreaming about a Nissan Cefiro A31 with 2JZ under the hood and wide fat bodykit for going sideways and weekend family car. You had me at Instagram @bayusulistyoo

Comments

comments!