THE 21st OF IIMS 2013 : THE CHEAP, THE CONCEPT, AND THE MONSTA – PT.1

1842

21th IIMS 2013 (81)Smart, vehicle, and mobilty. Itulah jargon yang di sematkan pada ajang ke-21 dari perhelatan akbar automotif terbesar dan termegah di Asia Tenggara, Indonesia international Motor Show 2013. Dengan mengambil seluruh tempat di JIEXPO Jakarta sampai tak tersisa, atau sekitar 75.101 meter persegi dengan tambahan 5 semi permanent hall yang luasnya mencapai 10.000 meter persegi. Event ini mampu menampung 36 APM (Agen Pemegang Merek), dan 276 industri pendukung otomotif lainnya. Ini lah event most manted tahunan bagi para car enthusiast dan juga car manufacture, beserta industri pendukungnya  di Indonesia yang saya kasi jargon baru berupa The Cheap, the concept, and the Monsta. Inilah salah satu liputan ala Perfourm style.

21th IIMS 2013 (114)

Dari sekitar kurang lebih 85.101 meter persegi itu dibagi lagi menjadi  kurang lebih 10 area yang luas masing-masing area atau hall nya bisa cukup membuat Anda mengadakan  4 pertandingan bola tingkat tarkam (antar kampung) secara bersamaan. Dan modal saya untuk mengelilingi Jurassic parknya mobil ini? Hanya beberapa jam saja. 1st stop Hall A1.

21th IIMS 2013 (85)

Begitu saya masuk kedalam hall A1 saya pun langsung disambut mesra oleh 2 orang model nya Mazda yang looks agak JDM atau panlok (panda local).lol.

21th IIMS 2013 (84)

Hampir semua pabrikan asal Jepang ada di hall ini. Yang pertama di dekat pintu masuk adalah pabrikan yang terkenal dengan mesin rotary nya, yaitu Mazda Motor Corporation. Kali ini pabrikan zoom-zoom ini mengahdirkan 3 line up terbarunya, yaitu Mazda 6 generasi ke-3, CX-5, dan Biante  yang dilengkapi dengan Skyactive, yaitu sebuah teknologi terbaru dari Mazda yang meningkatkan fuel efficiency dan juga engine performance. Skyactive juga meliputi mesin, transmission, body, dan chassis yang mulai di aplikasikan di mobil dari tahun 2011. Yang menarik hati saya adalah gnerasi ke-3 dari Mazda 6, yang bentuknya semakin punel atau semok, namun tetap sporty dan elegant dengan mesin 2.5 Lt 185 hp.

21th IIMS 2013 (115)

Dihadapannya si zoom-zoom ada salah satu pabrikan dari home of automotivenya Amerika Serikat, Detroit City, yang menjadi langganan atau member pasukannya Autobots. Chevrolet. Dari sekian banyak line up produknya Chevy, mata dan hati saya hanya tertuju ke big boys toys ini. Sebuah 2013 Camaro Hot Wheels Special Edition. Yang mulai dari sector eksterior hingga jeroan kabin nya sudah di pimp ala Hot Wheels car. Ingin membawa pulang mainan 426 hp ini untuk anak Anda, siapkan dulu uang sebesar US$ 45.720. Ini baru namanya sayang anak, bukan sayang bini.lol

21th IIMS 2013 (68)Tentu saja tak lengkap rasanya jika event akbar ini tanpa ada grand launching sebuah produk terbaru dari masing-masing pabrikan. Pada hari pertama ini atau tanggal 19 September, seluruh pabrikan pun mengadakan acara launching atau media day ini. Selama 25 menit mereka di jatah oleh panitia untuk mempresentasikan, melaunching, dan menginfokan kepada para rekan media

21th IIMS 2013 (83)

Jika tadi Chevrolet memboyong Camaro Hot Wheels Special Editionsnya, saya kira Ford juga memboyong muscle car nya berupa Mustang. Namun kali ini Ford memperkenalkan the all-new Ford Fiesta  yang diklaim mesin ecoBoost 1.000 cc performancenya sepadan dengan mesin 1.500 cc. Mesin 3 silinder turbocharger nya mampu memuntahkan tenaga sebesar 120 PS dan torsi 170 Nm. Now that’s what I call ecoBoost ! Harganya sekitar 240 jutaan. Now that’s moodbooster.

21th IIMS 2013 (79)

Lanjut kita beralih ke Suzuki. Sebenarnya ada mobil LCGC atau Low Cost Green Car dari pabrikan jepang ini yang bernama Wagon R dengan power output sebesar 68 ps dan konsumsi bbm hingga 20,5 km/liter. Tapi saya lebih tertarik untuk memphoto Suzuki Stingray yang katanya merupakan versi premium dari Wagon R. Namun harganya masih rahasia, tapi yang jelas di bawah 100 juta sesuai dengan persyaratan LCGC.

SUBARU-IIMS-2013-17

Tepat di bersebrangan dengan Suzuki, ada pabrikan Subaru yang kali itu memajang beberapa line up andalannya seperti Subaru Impreza WRX STI spec UK, WRX STI A-line, Impreza 2.0i, VX, dan Outback.

the-launching-all-new-subaru-forester-iims-2013-81

Sedangkan pada event kali ini juga Motor Image selaku distributor kendaraan Subaru di 10 negara di Asia, termasuk Indonesia. Meluncurkan generasi ke-4 dari Subaru Forester 2.0XT yang di bekali dengan tampang yang lebih sporty, agresif, dan dinamis. Serta mesin 2.0 liter boxer engine turbocharged yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 240 ps. Dengan harga 488 juta Anda bisa mendapatkan sebuah SUV serasa Impreza WRX STI, karena Fozzy ini dipersenjatai dengan amunisi yang sama persis dengan WRX STI. Mulai dari Turbocharged boxer engine, AWD, Si Drive (Subaru intelligent Drive), dan akhirnya X-Mode(pengaturan AWD sewaktu downhill di medan semi off-road)

SUBARU-IIMS-2013-32

Motor Image juga pada kali itu memperkenalkan special edition Subaru XV 2.0i yang berwarna orange ini. Mobil yang tampak fresh dan dayum ini kalo diluar negeri sana atau di Singapore dinamakan sebagai weekend car. Menurut saya putih sekarang sudah terlalu mainstream, go for orange guys.

21th IIMS 2013 (56)

Side by side dengan Subaru adalah rival abadinya di scene rally, yaitu Mitsubishi Motors. Pada event kali ini Mitsubishi menampilkan city carnya Mirage yang sudah di sulap menjadi full heavy metal rally car untuk tunggangan si perally muda Indonesia Subhan Aksa dan navigatornya Akbar.

21th IIMS 2013 (57)

Saya hanya sempat memphot bagian cockpitnya yang sudah dipenuhi dengan hutan besi bernama roll cage. Dan juga seat standartnya sudah digantikan dengan Sparco bucket seat beserta racing harness nya. Dashboard nya juga sudah dilapisi dengan suede. So this Mirage is ready for gravel action.

21th IIMS 2013 (61)

Didepan Miragenya Subhan, ada Mitsubishi Pajero Sport nya si Rifato atau Rifat Sungkar yang berlaga di berbagai event Speed Offroad di Indonesia. Dengan bantuan mesin 4 cylnder  2.5 lt DI-D turbocharged yang sudah di upgrade turbo + piggy back hingga mampu memuntahkan tenaga sebesar lebih dari 250 hp (standart 170 hp) + “single” coil over suspension system ini. Si Rifato mampu bersaing dengan monster inline six dan juga V series engine.

21th IIMS 2013 (62)

Mungkin karena sudah sering berkelana di dunia persilatan rally di muka bumi ini, tak ada salahnya Rifat menunjukkan identitas dirinya sebagai.. I’m Indonesia Racer. Nice…

21th IIMS 2013 (60)

Ingat saya bilang kalo The Monsta, nah kali ini dan salah satunya pabrikan Mitsubishi Motors ini membawa sebuah mobil sport hybrid listrik, MiEV Evolution II . Yang mengikuti ajang kejuaran time trial otomotif tahunan tertua di dunia yaitu Pikes Peak International Hill Climb di Rocky Mountains, Colorado, Amerika Serikat. Dalam ajang motorsport naik naik ke puncak gunung, mobil listrik ini mampu menyemburkan tenaga hingga 400kW (setara dengan 536,2 tenaga kuda; 100kW dari setiap motor elektrik sebanyak 4 unit), serta mampu mencapai kecepatan hingga 224 km per jam. Dan di lengkapi dengan SAWC atau Super All-Wheel Control. Hasilnya legenda Paris-Dakar Hiroshi Masuoka dan juara 6 kali PPIHC di kelas sepeda motor, yakni Greg Tracy. Keduanya keluar sebagai juara ke-2 dan ke-3 dalam Divisi EV (mobil listrik)

21th IIMS 2013 (63)

Dari kubu Negara Gangnam Style, Pabrikan Hyundai juga menampilkan Hyundai New Grand Avega yang sudah di modif ala street racing pada sector eksterior dan interiornya.

21th IIMS 2013 (65)

Dibelakangnya New Grand Avega ada sebuah sport car dengan taste K-pop yaitu Veloster turbo.  Coupe 3 pintu ini seperti hatchback yang mengadopsi sistem pintu belakang hinged door konvensional, dengan tetap mempertahankan ciri khas dari sebuah mobil coupe sporty. Handle pintu tidak kelihatan karena disembunyikan pada bagian pilar C. Untuk urusan dapur pacunya Veloster turbo dipersenjatai dengan 1.6 Lt Turbocharged GDI 4 cylinder yang mampu memutahkan tenaga sebesar201 hp pada 6.000 rpm dan torsi 265 Nm pada 1.750-4.500 rpm. Sedangkan gearboxnya menggunakan Dual Clutch Transmission (DCT) six-speed. Tapi sayangnya ini FWD alais front wheel drive.  Jika Anda pengen lihat versi Rally Car nya bisa melihat milik si Rhys Millen yang mampu menyemburkan tenaga hingga 500 hp.

21th IIMS 2013 (52)

Dari kubu tempat lahirnya the mighty Godzilla atau Nissan, menampilak concept carnya yang bernama Nissan Terra. Bisa jadi nama panjangnya Terra Janna.

21th IIMS 2013 (53)

Nissan Terra merupakan compact car SUV yang merupakan perpaduan dinamis dari SUV dan EV (electric vehicle) . Dibekali dengan sistem elektrik 107-hp yang disematkan di bagian depan. Tenaga penggeraknya berasal dari fuel cell hydrogen yang memiliki daya sebesar 2,5 kW/L yang akan memberikan kenyamanan berkendara di jalan raya serta mampu menaklukan medan off-road.

21th IIMS 2013 (54)

Ban nya sendiri cukup unik yaitu pada pattern nya. Bisa jadi karena mobil ini berbau sci-fi, maka untuk urusan bannya juga memakai yang sci-fi atau teknologi masa depan. Yaitu Bridgestone air-free tires, dan hebatnya bisa di daur ulang. Awesome

21th IIMS 2013 (55)

Walaupun punya line up mobil sekelas Godzilla GT-R dan sci-fi seperti Nissan Terra. Nissan pun juga mendevelope sebuah mobil yang di rancang untuk orang cacat dan mungkin yang punya orang tua sudah sepuh, yaitu Nissan new Serena yang di lengkapi dengan kursi roda.

21th IIMS 2013 (40)

Dan duduk manis di samping Nissan adalah The Datsun. The old coyote is back. Kali ini brand yang sempat populer di dunia dan Indonesia pada jaman 60’ hingga 80’s ini hadir dengan sebuah mobil Datsun Go yang berkoncep LCGC atau Low Cost Green Car. Dan specialnya lagi, Indonesia menjadi negara pertama yang memiliki seluruh brand dari Nissan Motor Company, yaitu Datsun, Nissan dan Infiniti. Datsun GO rencananya akan mulai dipasarkan dengan harga dibawah 100 juta. Untuk performance enginenya dicomot dari punya saudara kandungnya yaitu Nissan March 1200cc 3 cylinder yang berkekuatan 79 hp, diklaim konsumsi bbmnya bisa 20km/liter. Mungkin karena dulu jamannya orang Indonesia waktu masih kecil sudah ngidam Datsun tidak kesampaian, akhirnya terhitung sekitar 2.000 orang Indonesia sudah terdaftar sebagai calon pemilik Datsun ini.

21th IIMS 2013 (41)

Di depannya booth Nissan dan Datsun, ada pabrikan Daihatsu yang kali ini boothnya full of concept car, new car, dan juga tuning car. Salah satunya yang paling hot adalah Daihatsu DR Estate hasil penyempurnaan mobil konsep sport Daihatsu D-R Concept yang dipersenjatai dengan mesin 660 CC dilengkapi dengan turbo.

21th IIMS 2013 (42)Sedangkan andalan Daihatsu di LCGC atau Low Cost Green Car adalah Daihatsu Ayla. Mobil yang dipasarkan seharga 76,5 juta-107 juta ini langsung dijadikan demo car oleh pihak Daihatsu dengan kode GT (Grand Touring) lengkap dengan body kitnya yang terbilang cukup manis namun aggressive ala racing car.
21th IIMS 2013 (44)

Anda bahkan mendapatkan GT wing dalam paket modifikasi GT pada mobil yang dipersenjatai dengan 1.000 cc 12 valve  3 silinder DOHC FI  yang hanya mampu memuntahkan tenaga sebesar 65 PS. Jika tidak suka dengan model racing look dalam GT package, tenang pihak R&D Daihatsu sudah menyiapkan Crossover dan Elegant package.

21th IIMS 2013 (48)

Agak mundur kedepan kita ada Daihatsu Sirion yang sudah dimodifikasi ala touring car lengkap dengan O.Z racing rims dan custom bodykit.

21th IIMS 2013 (45)

Daihatsu memang pada kali itu banyak menjadikan line up mobilnya sebagai demo car nya, seperti Ayla GT, Sirion touring, ada juga pemenang dari acara Daihatsu Sirion Dress Up Challenge yang sudah di modif rada hardcore  lengkap dengan Borbet rims, body kit, dan juga audio. Rewardsnya, uang tunai dan tikey ke Japan, sepertinya golden ticket ke Tokyo Auto Salon.

21th IIMS 2013 (46)

CUV menjadi Concept car Daihatsu pada ajang kali ini. CUV sendiri merupakan singkatan dari kata Cross-over Utility Vehicle yang hanya mampu menampung 5 orang penumpang saja.

21th IIMS 2013 (77)

Selamat datang di Astra Daihatsu Motor research and Development Center. Dimana kita akan belajar mengenai body mobil beserta fitur keselamatannya (side beam impact).

21th IIMS 2013 (78)

Lalu belajar bagaimana mesin ini bisa bekerja.

21th IIMS 2013 (121)

Dan akhirnya how to build a car dari awal mulanya, yaitu menggambar sketsanya. This is where the magic’s begin guys.

21th IIMS 2013 (123)

Sampai menjadi sebuah sketsa yang fix seperti inilah sketsa Daihatsu CUV tadi.

21th IIMS 2013 (122)

Dan banyak sketsa calon mobil dimasa yang akan datang.

21th IIMS 2013 (120)Lalu membuatnya dengan bahan lilin. Tapi ingat ini bukan film Ghost loh ya, dan tidak ada music pengiring berjudul unchained melody.lol

21th IIMS 2013 (146)Welcome to Soichiro Honda World. Dimana Anda bisa bertemu lagi dengan mobil legenda yang kembali di bangkitkan lagi oleh para engineering Honda setelah lebih dari 24 tahun di test drive oleh sang legend F1 Ayrton Senna. Behold of the Acura NSX concept yang pertama kali diperkenalkan pada  Januari 2012 di North America Auto Show, kini untuk pertama kalinya hadir di Indonesia

21th IIMS 2013 (5)

Supercar generasi ke-2 dari clan NSX ini terlihat lebih mirip pesawat luar angkasa alien daripada sebuah mobil. Apalagi pada bagian headlights nya, mirip pesawatnya Aliens atau Predator. Tapi tenang walaupun dibilang mirip dengan Aliens atau Predator mobil yang rencananya akan diproduksi missal pada tahun 2015 di lengkapi dengan senjata yang bisa memburu si Godzilla. Ada rumor yang bilang memakai mesin V10,V8, V6 yang sama dengan yang akan dipakai oleh team F1 McLaren Honda pada tahun 2015 nanti. Yang jelas akan menggunakan Acura Super Handling- All Wheel Drive atau SH-AWD , yang digabungkan dengan motor electric di dalam dual clutch transmission yang nantinya akan menjadi sebuah hybrid. Tapi tenang, tahun depan Anda akan melihat Honda NSX GT bertarung melawan Godzilla GT-R dan kawan-kawannya di ajang touring paling panas seantero dunia, SuperGT GT-500.

21th IIMS 2013 (12)

Buat Anda yang sudah kebelet ingin merasakan driving experience dari NSX Concept ini bisa mencoba driving simulator yang disediakan oleh Honda. Sayangnya karena keterbatasan dan ketermepetan waktu sayayang padat, saya tidak bisa mengikuti game ini.

21th IIMS 2013 (8)

Tak lengkap rasanya jika kita ngobrol soal sportcar hybrid tanpa menyinggung CR-Z. Ini adalah Honda Mugen RZ. Jika pada tahun lalu yang diboyong kesini yang RR maka kali ini yang show off adalah RZ. Setelah pertama kali dilaunching pada Januari lalu di Tokyo Auto Salon, sport car hybrid ini diperkenalkan ke Indonesia. Mesin Honda i-VTEC SOHC 1.5 liter dikawinkan dengan Integrated Motor Assist (IMA) dan Supercharged + Mugen ECU mampu menghasilkan performance sebesar 153 hp. Bukan hanya itu juga bagian eksterior, interior, dan kaki-kakinya mendapatkan sentuhan dari Mugen Power Jepang.

21th IIMS 2013 (10)Specialnya lagi, warna khusus untuk CR-Z RZ ini hanya tersedia dalam 1 warna yaitu Azul Blue Metallic. Love this colour..my fav one.

21th IIMS 2013 (2)

Balik ke dalam negeri sendiri ada race car local yaitu sebuah All New Honda Jazz GE8 besutan pembalap Nasional Alvin Bahar dari team pabrikan Honda Racing yang sering menjuarai ajang Honda Jazz Challenge di Sentul Circuit.

21th IIMS 2013 (6)

Pada event IIMS 2013 kali ini, selain memperkenalkan mobil LCGC nya yaitu Honda Brio Satya. Pihak Honda Motor Prospect juga memperkenalkan kepada dunia  atau world premier Honda Mobilio. Yaitu sebuah mobil MPV 7 seater dengan tampang depan mirip dengan Honda Brio, tapi mengusung mesin 1.5 liter SOHC 4-silinder 16 valve i-VTEC yang bertenaga 118 HP dengan torsi 14,4 Nm. Walaupun mobil yang made in Indonesia belum diumumkan harganya, namun calon pembelinya mencapai 2.000 orang.

21th IIMS 2013 (19)

Head to head dengan Honda di dalam satu ruangan ada Toyota. Jika pihak Honda membawa Acura NSX conceptnya ke Indonesia, maka pihak Toyota juga tidak mau kalah dengan menampilkan mobil balap Hybrid Toyota TS030 yang bertarung di dalam ajang LeMans 24 hours sebagai peserta utama di kelas LM1.

21th IIMS 2013 (20)Toyota TS030 Hybrid merupakan mobil balap yang dikembangkan di bawah naungan Le Mans Prototype dengan teknologi Toyota Hybrid System-Racing atau THS-R,

21th IIMS 2013 (21)

Toyota TS030 berbekal dua sistem penggerak yaitu mesin konvensional dan listrik.. THS-R menggabungkan mesin konvensional 3.400 cc berkonfigurasi V8 berdaya 530 HP dengan motor listrik berdaya 300 HP. Total tenaga yang dihasilkan adalah 830 HP sehingga  TS030 hampir setara dengan kemampuan  formula 1

21th IIMS 2013 (22)

Motor listrik pada Toyota TS030 Hybrid memiliki cara kerja “Kinetic Energy Recovery System” (KERS) yang memungkinkan motor listrik menyimpan tenaga hasil momentum pengereman. Saat melakukan akselerasi, daya yang tersimpan digunakan sebagai tambahan daya dorong. Ketika melakukan pengereman, energi yang terbuang mengisi kapasitor yang ada di dalam motor listrik. Sistem yang sama persis dipakai oleh F1.

21th IIMS 2013 (23)

Toyota TS030 Hybrid pertama kali muncul pada FIA World Endurance Championship (WEC) pada 2012.  Hingga saat ini, mobil itu sudah melewati sembilan balapan dengan perolehan tiga kali juara dan empat kalo meraih pole position. 21th IIMS 2013 (13)Mobil ke-2 yang terlihat full heavy metal adalah mobil si bakul tahu, atau Toyota FT-86 dengan ton’s of TRD parts. Hachirokune.

21th IIMS 2013 (17)Body kit nya mulai dari front bumper yang lebih aggressive  dan juga terlihat headlightsnya seperti memamai eyeshadow, kenapa saya jadi rempong gini?.lol. Lips carbon pada front bumber, Advan racing RSII rims yang didalamnya terdapat TRD 6 pot brake kit system. Dan pada bagian vent samping yang biasanya terdapat logo 86 berbentuk boxer engine piston diganti dengan carbon canard.

21th IIMS 2013 (18)

Roofnya juga mengaplikasi carbon fiber, yang membuatnya terlihat lebih mean machines.

21th IIMS 2013 (15)

Bagian buritannya nya pun terlihat se aggressive tampilan depannya. New TRD rear bumper, beserta duck tail, diffuser, serta TRD exhaust system membuat tampang si mobil bakul tahu modern ini lebih sekseh dan sukses membuat saya horny berat alias eyegasme. Interiornya juga dipenuhi oleh berbagai macam TRD parts yang terbuat dari carbon fiber. Hachirokune sugoi desu !

21th IIMS 2013 (25)

Ini dia concept car dari Toyota yang terlihat seperti mobil mainan atau TV LED extra jumbo berjalan, atau bahkan mobil dari film Tron. Toyota Fun-Vii ini merupakan concept car yang super duper extra pintar. Mau tau beberapa kepintarannya.  Biometric Autenthication, yaitu Anda tak perlu kunci mobil untuk mengaktifkannya, karena Fun Vii akan mendeteksi wajah serta gerakan Anda. Bila dikenali sebagai pemiliknya, maka Fun Vii akan segera aktif. Virtual circuit, yaitu  saat parkir, Anda bisa merasakan ngebut bersama Fun Vii secara aman. Seketika kaca depan berubah menjadi sebuah layar berisi permainan balap. Anda pun tinggal memainkannya menggunakan pedal serta setir di mobil. Automated Crushing System, yaitu Ketika infrastruktur jalannya memadai, Fun Vii dapat mengendalikan laju mobil sendiri bagaikan auto pilot di pesawat. Anda tinggal menentukan tujuan, dan mobil akan bergegas sendiri. Ini dia mobil yang kit butuhkan.

21th IIMS 2013 (26)

Tapi yang lebih dibutuhkan oleh anak jaman saat ini adalah Ngalay mode:on.  Nah ternyata mobil ini bisa memenuhi hasrat atau dahaga para alayers yang ingin nampang atau eksis di jalan raya tanpa perlu menyewa papan billboard. Cukup memphoto seperti biasa di depan gadget kita, lengkap dengan gaya alay.

21th IIMS 2013 (27)

Walah..maka Anda akan beralay ria sepanjang jalan lengkap dengan photo alay Anda di bagian body mobil ini. So pasti Anda akan menjadi orang yang paling eksis di dunia ini. Dari sini juga orang-orang pasti sudah tahu kalo mobil ini milik Anda. awesome !

21th IIMS 2013 (28)

Saya pun ingin mencoba salah satu fitur yang diciptakan untuk ngalay ini, namanya digital imaged, yaitu mobil ini bisa menampilkan gambar apa saja dari gadget Anda ke eksterior mobil. Saya pun memphoto diri saya lewat gadgetnya Toyota.

21th IIMS 2013 (29)

Lalu seketika poto alay saya keluar di bagian eksterior mobil ini. Tapi sayangnya kenapa kalo saya yang diphoto selalu hasilnya jelek?Au ah. Huuuft.

21th IIMS 2013 (32)

Toyota New Vios pun mulai resmi melantai di ajang 21st IIMS 2013 ini. Dengan tampang yang sudah mengalami operasi plastic besar-besaran pada sector eksterior dan interiornya, all new Vios menawarkan  bentuk yang lebih stylish dan modern. Enginenya masih menggunakan 1NZ-FE yang menhasilkan tenaga sebesar 109 PS, sama seperti generasi yang 1 dan ke-2. Tapi sayangnya mobil ini sudah disorder besar-besar oleh sebuah perusahan taksi untuk menambah armada perangnya. To good to be true guys.

21th IIMS 2013 (30)

Mobil hybrid terlaris di dunia atau Toyota Prius juga hadir melengkapi lantai booth Toyota saat itu.

 

-To be continued on PT.2 (Euro zone)-

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Likeus on our facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

 

Comments

comments!