PROJECT : BLACK BIRD , SP GARAGE MAZDA RX8 SE3P DRIFT

1014

sp garage mazda rx8 (2)

Satu lagi mobil drifting lahir di kota Surabaya. Bukan inline 4, inline 6, ataupun V6 or V8. I’m  so sory  guys, no piston in this car. Behold of the latest wenkel engine in the world, Mazda RX8 SE3P. Yang menarik disini owner dari mobil rotary ini adalah rotary boys atau pecinta mesin rotary. Dulunya dia pernah mempunyai RX7 FD3S spirit R, but something happen, dan dia harus berpisah dengan si FD. But, di tahun 2013 ini, he’s back with the new 13B Renesis engine under the hood,  and ready to sideways.

sp garage mazda rx8 (5)

Yang menarik dari RX8 kelahiran 2011 ini adalah, it’s a 6 speed manual transmission. Padahal 2011 adalah akhir produksi dari sport car Mazda, dan rata-rata  RX8 face lift edition yang masuk ke Indonesia adalah matic. Lucky for this guy, dia berhasil mendapatkan 1 dari 2 RX8 face lift 2011 6 speed manual yang nyasar masuk ke Indonesia. Kata Michael, RX8 manual yang berwarna putih berada di Kalimantan.  Happy hunting guys. Love that rotor shift knob.

sp garage mazda rx8 (3)

Awalnya Michael menggunakan  black Rota Gird 18’inch rims wrapped with Achilles ATR Sport tires. Namun beberapa hari kemudian, pria yang juga penggemar M series ini membeli 1 set Work Emotion XD-9   18’inch rims wrapped with Dunlop FM901 tires. And the good news is, Work rims nya original alias asli Jepang.

sp garage mazda rx8 (4)

Under the hood dari mobil berkode SE3P ini, ada generasi mesin rotary  terbaru Renesis 13B-MSP (multi side port), yang berisi Wankel 654 x 2 rotary engine yang bervolume atau ber cc sebesar 1.308 liter non turbo. Karena ini 6 speed manual transmission, maka 13B yang mancep disini adalah 6-port high power Renesis yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 250 hp. Sedangkan perbandingan dengan  versi matic atau 5 speed manual yang menggunakan 4 port standart Renesis adalah 191 hp.

sp garage mazda rx8 (8)

Malam minggu setelah saya berpisah dengan Michael di SP Garage, sekitar 4 jam kemudian, sehabis Michael wakuncar (waktu kunjung pacar). Kama pun bertemu lagi di sebuah café di kawasan Surabaya Barat. Setelah menunggu tengah malam, akhirnya kami plus Andi meluncur hunting tempat 1st debut RX8 ini going sideways.

sp garage mazda rx8 (9)

Kami pun mendapati sebuah jalan yang sekiranya agak jauh dari pemukiman, dan trafiicnya sepi. Jadi lah kami mencoba RX8 standart ting-ting ini untuk drifting. Yang pertama mencoba adalah Andi SP Garage. Well, seperti orang yang satu ini sudah meningkat skillnya dengan bisa membuat mobil apa saja drifting, kecuali FWD tentunya

sp garage mazda rx8 (10)

Karena Surabaya dari sepanjang hari hujan, maka Michael pun berlatih dengan wet track yang cukup licin untuk digunakan drifting. Tapi, ada satu keuntungannya buat para rookie atau amatir yang baru belajar drifting.

sp garage mazda rx8 (13)

Mereka terbantu untuk bisa drifting atau membuang pantat mobil dengan mudah karena bantuan permukaan jalanan yang licin atau basah.

sp garage mazda rx8 (19)

Michael yang awalnya masih kagok meng counter steer, karena rada kaget beda dengan game Gran Turismo drift yang dia mainkan. Akhirnya dengan bantuan Andi yang menjadi Shifu atau sensei nya, perlahan-lahan sudah mulai menyatu dengan mobilnya dan bersideways ria.

sp garage mazda rx8 (18)

Yang pada akhirnya Michael sudah mulus melakukan U-turn atau hairpin dengan counter steer dan penguasaan throttle yang cukup baik untuk ukuran new kid. Namun ada 1 PR yang harus dia selesaikan lagi, yaitu exitnya yang masih berantakan. Alias pantatnya masih megal megol dan tidak bisa lurus ketika stop drifting

sp garage mazda rx8 (20)

Well , Andi pun beraksi menunjukkan skill nya kepada Michael tentang Supa Angle. Tak ada Skyline, RX8 pun jadi buat orang ini.

sp garage mazda rx8 (22)

Dan juga melakukan doughnut sebagai basic dari drifting. Sepertinya Andi masih ingat betul ajaran sensei besar nya dari Jepang, Takahiro Ueno, pro drifter Team Vertex D1 Grandprix Japan. Tapi ga pakai nyipratin kamera plus photograpernya kaleee.

sp garage mazda rx8 (26)

Karena kami bermainnya secara illegal, akhirnya kami pun ditegur atau kasarannya di usir oleh satpam setempat karena ada Honda Boys yang melapor kalo ada mobil yang drifting. Padahal, RX8 ini masih standart, termasuk exhaust nya. Jadi tidak bersuara, ditambah lagi lintasan basah, jadi suara ban juga minim. Go home pizza boys.

sp garage mazda rx8 (23)

Kama pun berisitirahat di sebuah gas station dan membeli beberapa soft drink. I love this orange pulpy,it’s fresh and healthy.

sp garage mazda rx8 (24) new

Sementara RX8 nya, harus di pop the hood. Ya you knowlah kalau Anda berurusan dengan mesin rotary di iklim atau cuaca tropis atau panas seperti di Indonesia, Anda harus bisa memastikan mesin 13B ini selalu sehat, apalagi habis diajak berolah raga malam. Iklim panas memang kurang bersahabat dengan mesin rotary karena sifatnya yang cepat over heat dan juga memakan oil. Tapi untungnya RX8 2011 ini oem nya sudah dilengkapi dengan 2 oil coller, jadi penyakit over heat seperti generasi RX8 terdahulunya bisa dihindari. Engine oil dan juga drive train juga sudah diganti dengan Royal Purple, jadi dijamin aman buat Black bird ini.

sp garage mazda rx8 (25)

Selagi kami beristirahat dan menikmati soft drink kami yang dingin, dan juga menunggu mesinnya dingin. Michael dan Andi pun terlihat pembicaraan mengenai 1st impression atau kesan pertama drifting menggunakan RX8 dan rotary engine. Dan juga share apa saja yang perlu di perbaiki teknik mengemudinya dan juga mobilnya.

sp garage mazda rx8 (27)

Kedepannya Michael berencana akan membangun RX8 nya ini menjadi sebuah drift machine namun juga bisa di pakai harian. Namun katanya lagi,  tidak se hardcore mobil-mobil drift yang ikut kompetisi, namun power dan handlingnya mendekati kemampuan mobil yang sudah lolos scrutineering event drifting.

sp garage mazda rx8 (1)

Baginya, dia hanya ingin melampiaskan kegemarannya drifting di game drift Gran Turismo ke dunia nyata, dan berkumpul bersama teman-teman penggemar drifting di Surabaya , lalu drifting bersama. Dia melakukannya karena dia menganggap Drifting is fun, jauh lebih fun dari pada drag race.

sp garage mazda rx8 (7)

Walaupun nantinya RX8 ini tak ber roll bar dan 2 bucket seat only. But, watchout guys. Cowok penggemar BMW M series ini, sudah ancang-ancang untuk membuat RX8 nya seperti RX8 RE Amemiya. From engine to body kit, this Wenkel engine will be roaring in Surabaya soon. Stay tune

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

SHARE
Previous articleD MOTORSPORT RALLY ROUND 2
Next articleGYMKHANA TIME
Bayu Sulistyo Nyonk
The slowest man in the fastest motorsport. Love to travel & eat, and love motorsport. Dreaming about a Nissan Cefiro A31 with 2JZ under the hood and wide fat bodykit for going sideways and weekend family car. You had me at Instagram @bayusulistyoo

Comments

comments!