JAMBI DRAG RACE 2013

7230

Jambi drag race (34)

Berkunjung, melihat dan menemukan hal baru bagi saya pribadi, merupakan sebuah hobby yang mengasikkan, seperti bermain dengan dengan time table hidup dalam sebuah buku diary kita. You never glow is your not blow, and you never know if you don’t go. Kali ini saya berkunjung ke kota Jambi untuk meliput team B16 AP Speed Jakarta. Anda sudah membaca dan melihat team All Motor Indonesia itu beraksi, kini saatnya Anda menyaksikan local hero kota Jambi beraksi. Dan yang pasti banyak hal yang akan memboost up pengetahuan Anda tentang drag race di luar pulau Jawa. Dan tentu saja akan membuat Anda tersenyam senyum sendiri. This is Jambi.

Jambi drag race (59)

Inilah alasan kenapa drag race cukup favorit, hidup, bahkan merajai di Indonesia dibandingan dengan motorsport lain. Alasannya?who need circuit. Yang dibutuhkan hanya jalan lempeng sejauh 400m. Dan kali ini di kota Jambi, jalan Gubernuran atau jalan utama dari kantor Gubernur provinsi kota Jambi yang dijadikan dragway.

Jambi drag race (23)

Cuman dikota Jambi Anda balapan serasa di Paris atau Monaco

Jambi drag race (61)

Maklum area paddocknya pinggirnya berjajar café kaki lima lengkap dengan makanan dan minumannya. Sekali lagi hanya di Indonesia dan mungkin Jambi.

Jambi drag race (56)

Makanannya juga menurut saya cukup eksotis alias murah, sate telur puyuh, sate udang, dan kawan-kawannya bisa Anda tebus dengan harga hanya Rp. 1000-2000 rupiah.

Jambi drag race (4)

Drag Jambi kali ini merupakan event yang ke-2 setelah terakhir kali diadakan pada tahun 2011 silam. Dan animonya cukup tinggi bagi sebuah daerah di luar pulau Jawa yang baru 2 kali ini mengadakan event drag race, yaitu sekitar 81 stater yang akan beradu di hari minggu ini.

Jambi drag race (24)

Karena  Jambi merupakan wilayah ditengah-tengah kota besar lainnya di pulau Sumatra, seperti Padang, Pekanbaru, Palembang, dan Bengkulu. Maka beberapa peserta sebagian berasal dari luar kota Jambi. Seperti Civic EK ini yang datang jauh-jauh dari Palembang.

Jambi drag race (25)

Engine 1700cc nya sendiri sudah cukup terlihat semi hardcore dengan beberapa aftermarket racing parts.

Jambi drag race

Saya juga menemukan beberapa mobil yang suaranya lebih mirip traktor bajak sawah, ketimbang suara mobil. Yaitu Honda Civic EF milik Ryan dari team Safe Performance yang suaranya sudah brap..brap..brap.

Jambi drag race (2)

Mesin 1500cc nya sudah di upgrade dengan Bullfrog camshaft durasi 280, dengan short block menggunakan D15 v-tec. Best timenya sendiri adalah 10.3 detik. You need the wash and clean the engine bay dude.

Jambi drag race (60)

Di Jambi juga saya kembali bernostalgila dengan mobil yang pernah menjadi car idol para speed freak dan juga anak gaul di jaman saya SMP dan SMA. Yaitu sebuah old school box car racer bernama Daihatsu Feroza.

Jambi drag race (15)

Dan juga sebuah Suzuki Katana yang terlihat ganjil dengan exhaust system dikiri dan kanan, serta 2 buah intercooler di bawah tanduknya. What the hell happens here.

Jambi drag race (16)

Biasanya intel inside, sekarang berganti denga V8 inside? Katana are you mad bro?

Jambi drag race (18)

Behold of the 550 hp 1UZFE twin turbo. Mobil milik Moken dari Moken Power Jambi ini terlihat seperti maniac dengan sebuah mesin yang beratnya hampir sama dengan mobilnya. Walaupun dari Jambi, tapi Katana ini made in Jakarta alias made in Nurik.

Jambi drag race (7)

Di Jambi juga saya menemukan hal-hal yang aneh bin ajaib, yaitu bolehnya penggunaan sepasang skinny tires KW1000 alias ban serep mobil pada sebuah ajang drag race.

Jambi drag race (32)

Yes, it legal in Jambi. Padahal di pulau Jawa saja di larang dengan alasan keselamatan. Bagaimana tidak ban serep yang jelas-jelas tertulis hanya untuk ban serep dan max speed nya  50 km/jam. Dipakai untu balapan hingga 100 km/jam.

Jambi drag race (66)

Penonton kota Jambi juga terhitung sebagai penonton bonek atau bernyawa 9. Mereka dengan santainya duduk posisi pewe (posisi puenak) di tepi lintasan. Maklum dragway yang satu ini terbilang dragway paling adem selama saya liputan drag race.

Jambi drag race (67)

Santai kaya dipantai, selow kaya di pulow. Bisa di maklumi karena tempat hiburan dan juga entertainment di ibu kota Provinsi Jambi ini sangat minim. Jadi inilah hiburan yang jarang-jarang diadakan di kota ini, oleh karena itu animo masyarakat kota Jambi sangatlah tinggi untuk menyaksikkan event ini.

Jambi drag race (68)

Karena mungkin terlalu membahayakan akan jalannya balapan, dan juga annoying bagi seorang MC yang dari tadi mengumkan untuk kembali ke belakang pagar pembatas penonton. Akhirnya obra’an pun diadakan, dan akhirnya semua penonton semburat.

Jambi drag race (41)

Race pun kembali dilanjutkan. Kelas yang dipertandingkan pun hampir sama dengan kelas yang dipertandingkan di pulau Jawa atau Surabaya. Yaitu terdiri dari 13 kelas. Dengan kelas tertinggi adalah FFA atay Free For All. Hondpun masih menempati sebagai mobil favorit yang digunakan untuk berperang di medan sepanjang 201 meter ini. Mulai dari Civic EF atau LX

Jambi drag race (42)

Honda Civic EG Sedan atau Genio.

Jambi drag race (29)

Boyat dari team Gilaz car’s club dengan Civic EG nya berhasil meraih podium ke 3 dikelas sedan std open 1501 s/d 1600 cc (10.337), dan juara 1 dikelas bracket 10 detik dengan catatan waktunya 10.090 detik (average 10.098).

Jambi drag race (31)

Sementara di Genio Spoonage yang di gang bang ini, hanya meloloskan 1 pembalapnya yang bernama Denni Coelon dari Gilaz car’s club di juara ke-4 dikelas sedan std open 1501 s/d 1600 cc dengan catatan waktunya 10.380 detik

Jambi drag race (38)

Icon dari EGCI hanya berhasil mencetak waktu 10.323 detik dengan EG6 nya.

Jambi drag race (30)

Deden dari team MAS berhasil meraih podium ke-5 di kelas bracket 10 detik dengan waktu 10.434 (averagenya 10.624 detik)

Jambi drag race (36)

Yosi dengan EG6 nya yang berwarna biru ini hanya mampu mencetak waktu 10.849 detik

Jambi drag race (62)

Ini dia pertarungan abadi tahun ini, lebih heboh dan legend daripada drama percintaan the Twilight. Yaitu Spoon versus fork alias wolverine.

IMG_5044

Sumatra khususnya kota Palembang memang sedang dilanda demam spoonage.

Jambi drag race (73)

Tapi dari semua mobil Honda beserta pembalapnya yang ada di kota Jambi, saya salut dan angkat jempol untuk Habibi dari team BB ATC kota Jambi. Jika Anda pernah melihat video klip Blink 182 yang berjudul All The Small Things, pria seperti Habibi ini hanya menjadi figurn yang berlari kesana kemari, tapi di race ini he’s the main actor behind the wheels.

Jambi drag race (74)

Karena memiliki kekurangan dalam hal postur tubuh yang tidak memungkinkan dia duduk normal pada driver seat dan menekan 3 pedal di bawahnya. Jadilah hanya berbekal dana sebesar 200rb, saudaranya membikinkan custom pedal untuknya selama 1 minggu untuk mengikuti race ini. Jadi biasanya kita biasanya menginjak kedepan, tapi khusus untuk Habibi dia hanya butuh mendorong kebawah saja.

Jambi drag race (75)

Tuas shiftknobnya juga di custom lebih panjang agar Habibi bisa dengan mudah melakukan shifting sewaktu drag race.

Jambi drag race (53)

Fuck you I’m a going to race. Saya minta jempol, malah di kasi jari telunjuk. HELL YEA!

Jambi drag race (55)

Dengan custom pedal, custom shift knob, dan juga custom exhaust system pada Civic type Znya. Habibi hanya mampu meraih best time 11.611 detik di kelas fwd standart 1301-1500 cc. Bukan masalah kalah atau menangnya menurut saya, tapi keberanian dan semangat seorang yang mempunyai kekurangan fisik yang mampu mewujudkan mimpinya untuk bisa ikut balap resmi atau kejuaraan drag race di kotanya. Beside that, he’s legal. Punya sim dan juga tidak ada aturan tinggi badan dalam buku kuning Drag race IMI.

Jambi drag race (3)

Selain Didominasi oleh pabrikan Honda, ternyata di kota Jambi saya juga menemukan pabrikan yang terkenal di ajang rally dan circuit attack ini, yaitu Mitsubishi. Dan populasi yang turun juga cukup banyak di event ini. Mulai dari Lancer

Jambi drag race (21)

Galant Hiu yang sudah di swap dengan mesin VR-4 4B11TT

Jambi drag race (27)

Hingga Mitsubishi Lancer Dangan yang sudah berubah menjadi war machine lengkap dengan matte black and slick tires.

Jambi drag race (17)

Dan tentu saja high rev. mesin  natural aspirated  1.8 Lt 4G37

Jambi drag race (64)

Yang mampu melesatkan mobil sedan 4 door ini dalam waktu sekejap, dan juga suaranya hampir mirip dengan Honda yang sudah di lengkapi dengan high lift camshaft.

Jambi drag race (28)

Namun sayang mobil yang menjadi Andalan dan pilihan para speedfreak di kota-kota besar di pulau Sumatra ini, belum mampu menandingi 1600 cc SOHC nya Honda. Deri dari team Pro Drag RT dengan DanGan nya hanya mampu mencetak waktu 10.288 detik, dan meraih podium ke-4 di kelas sedan modif 1701 s/d 2500cc.

IMG_5005

Sementara Moken dari Moken Power berhasil meraih podium pertama di kelas 1701 s/d 2500 cc dengan catatan waktunya 9,759 detik.

Jambi drag race (65)

Jabar dari team VIP keluar sebagai juara ke-3 di kelas sedan modif 1701 s/d 2500 cc dengan catatan waktunya 09,999 detik.

Jambi drag race (12)

Dan juga harus susah payah keluar dari lintasan dan menuju paddock dengan cara di dorong oleh pak Polisi.

Jambi drag race (9)

Di bracket 10 detik ada Yongki IDMOC dengan Mitsubishi Galant nya yang berhasil menyabet podium ke 4 dengan best timenya 10.171 detik.

IMG_5398

Agak muda lagi ada Galant Hiu yang sudah di swap dengan 4B11TT yang mampu mencetak waktu 08.785 detik, dan mengantarkan Dwipa menduduki juara ke-3 di kelas Free For All atau FFA.

Jambi drag race (10)

Ini dia mobil paling banyak menyandang gelar DNS alias Do Not Start, yaitu 3 nomor tidak melakukan start dari team Gilaz Car’s club. Atau mungkin jump start?maybe

Jambi drag race (70)

Well, cukup aneh bukan ada boneka si tukang ledeng Mario Bros di bagian trunk Galant orange ini.

Jambi drag race (50)

Well, ternyata ada seorang wanita cantik menggunakan race suit ala perempuan, yaitu tank top hitam sedang bersiap-siap di waiting zone untuk bertanding di ladies class. Meet the black tank top girl, Erica dari team Kaisar Garage.

Jambi drag race (51)

Begitu lampu hijau start, gadis Jambi ini langsung melesatkan mesin V6 nya ke tengah lintasan.

Jambi drag race (33)

Dan akhirnya mencetak waktu 11.267 detik dan meraih juara ke-3 di ladies class.

Jambi drag race (43)

Ladies class ini diikuti hampir 10 peserta wanita dari kota Jambi dan sekitarnya. Mulai dandanan seadanya.

Jambi drag race (44)

Hingga make up dulu, untuk menaikan HP (Hinner beauty power)

Jambi drag race (45)

Hingga race suit  dan racing shoe ala wanita. Yaitu tank top dan high hells. Seriously guys..their racing with that long stroke shoes.

Jambi drag race (47)

Baru kali ini saya melihat wanita bertanding dengan menggunakan tank top, sungguh race suit yang sangat menggemaskan. Kalo ceritanya semua wanita balapan dengan race suit seperti ini, saya betah memphoto mereka. Dan tentu saja taxi drag alias di sebelah mereka.lol

Jambi drag race (48)

Chila dari team Princes Kiti ini langsung full throttle begitu lampu hijau menyala, dan akhirnya meninggalkan skidmark sepanjang garis start.

Jambi drag race (35)

Dan akhirnya keluar sebagai juara 1 di ladies class dengan catatan waktunya 10.971 detik

Jambi drag race (49)

Dan membuat para pria di garis start berteriak kegirangan seperti  team cheerleaders. Dunia memang sudah mulai gila.

Jambi drag race (52)

Dan tentu saja girl will always be a girls. Bagi yang kalah atau miss gear, tentu saja ritual wajib dan senjata andalan para kaum hawa ini dikeluarkan, yaitu ngambek. Cup cup cup.

Jambi drag race (37)

Selain spesies mobil Mitsubishi, di Jambi juga ternyata masih hidup spesies old school box car racer era 90’s seperti Suzuki Katana yang sudah di swap dengan mesin 1600 cc Daihatsu Feroza lengkap dengan Weber 4 barrel dan high lift camshaft.

Jambi drag race (39)

Ada juga mobil gaul jaman saya SMP dan SMA dulu yang banyak sekali dipakai untuk drag race dan juga indo stance yang ceper mampus dengan pelek kempyeng atau steel rimsnya.

Jambi drag race (34)

Namun sayang, dari ke-3 old school box car racer ini tak ada yang mampu menembus masuk peringkat 5 besar. Mereka semua harus mengibarkan bendera putih melawan mobil injeksi yang segala sesuatunya diatur oleh ecu daripada carburator.

Jambi drag race (40)

Walaupun mereka tidak bisa menembus peringkat 5 besar di kelas bracket, namun the spirit carries on. Mereka tidak menyerah melawan mesin-mesin high tec dan high power, sementara mereka under power. They fight till the finish line.

Jambi drag race (69)

Satu-satunya box car racer yang kick some ass, yaitu Suzuki Katana yang mempunyai sekitar 500 hp di bawah hood nya. Mesin 1UZFE Twin turbo V8 nya mampu mengantarkan Moken keluar sebagai juara 1 di kelas FFA dengan catatan waktunya 08.167 detik, dan Doddy di podium ke-4 dengan catatan waktunya 09.035 detik. Katana rasa muscle car.

Jambi drag race (57)

Sementara di kelas yang cukup populer di kota Jambi, yaitu kelas minibus RWD std s/d 1500 cc yang diikuti oleh 11 stater. Ade Cahya dari team Exclusive kota Jambi harus puas duduk dipodium ke-2 dengan catata waktunya 11.211 detik

Jambi drag race (58)

1 jam sebelum jam 5 sore, race pun berakhir karena pihak kepolisian hanya memberikan batas waktu penggunaan jalan hingga jam 17:15. Jadi beberapa kelas seperti modif dan FFA, ditiadakan. Begitu race dihentikan, blockade jalanan pun langsung dibuka dan jalanpun berfungsi seperti semula. Saya pun berjalan-jalan melihat paddock beberapa team dari kota Jambi.

Jambi drag race (78)

Saya pun berjumpa dengan beberapa teman baru dari kota Jambi yaitu team Teddy Tower

Jambi drag race (71)

Lalu melihat sebuah FD1 milik anggota exclusive Jambi yang gaya tongkrongannya looks so damn low  and so sekseh.

Jambi drag race (72)

Dan saya pun bertemu dengan club paling gaol se kota Jambi yaitu Exclusive. Dimana Fanny B16 AP Speed jambi meruapak salah satu anggota dari team ini.

Jambi drag race (76)

Tapi yang membuat saya kaget dan senyam-senyum sendiri, adalah photo khas atau trademark Perfourm yaitu Jumper direquest oleh team  Pradia Motor dari kota Palembang yang ternyata pembaca setia Perfourm. Karena mereka sering meilhat saya photo Jumper, jadilah mereka request untuk di photo ala Perfourm. Well guys, enjoy your jumper photo, Your officially photo by Perfourm.com

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

Comments

comments!