THE FLASH AP SPEED EG6 : LET’S RUN – QTT DAY

1773

Flash AP SPEED EG6 qtt (33)

The Flash is back. Akhirnya setelah hampir selama 8 bulan bersemedi di bengkel AP Speed di kawasan Duren Sawit, Jakarta. EG6 milik Rio ini kembali high voltage untuk beraksi di lintasan sepanjang 402 meter. Mobil ini lah yang dijanjikan Rio untuk saya liput ketika bertanding di Sentul Drag Race beberapa tahun yang lalu, dan akhirnya saya pun berkesempatan meliput EG6 milik kakak dari Rian the Tom.

Flash AP SPEED EG6 qtt

Ini adalah perjalanan ke-3 saya bersama two brother racing ini ke kota Jakarta. Namun sayang pada round 3 kali ini, Rio sang pemilik Flash EG6 tidak bisa ikut bertanding karena alasan keluarga. Akhirnya sang Adik yang biasa balapan dengan Tomahawk EG6, Rian, dipaksa menjadi test driver Flash yang ber spec baru.

Flash AP SPEED EG6 qtt (2)

Seperti biasa saya bersama Rian tiba di kota dengan last flight di Jum’at malam. Dan saya pun disambut lagi dengan patung selamat datang di bundaran Hotel Indonesia ketika hendak menuju ke kediaman.

Flash AP SPEED EG6 qtt (4)

Setelah dari kediaman, kami pun melanjutkan perjalanan kami di Sabtu dini hari menuju bengkel AP Speed yang terletak di daerah Duren Sawit, Jakarta Timur. Akhirnya setelah 2 kali saya ke bengkel ini, saya pun melihat Flash keluar dari tempat persemediannya.

Flash AP SPEED EG6 qtt (5)

Flash pun langsung di naikkan di atas trailer untuk di bawa dini hari ini menuju Sentul circuit untuk mengikuti scrutineering di Sabtu pagi. Namun ketika di naiikan diatas trailer, crew AP Speed mendapatkan sedikit mesalah karena Hytech header nya terlalu rendah, sehingga harus diakali dengan tumpukan kayu pada roda depan untuk bisa naik keatas trailer.

Flash AP SPEED EG6 qtt (6)

Dan akhirnya setelah beberapa saat bermain tetris dengan kayu, Flash pun naik ke atas trailer dan siap diberangkatkan menuju Sentul Circuit yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan. Dengan catatan tidak macet dan tengah malam.

Flash AP SPEED EG6 qtt (3)

Masuk di dalam kantor AP Speed ada M. Herdy, Bang Aprek the Daddy, Rian the Tom, dan Anggoro Oyot yang sedang ber chit chat mengenai race besok hari, dan tentu saja spec Flash beserta how to shift the new dogbox gearbox.

Flash AP SPEED EG6 qtt (7)

Sekitar jam 2 dini hari, Flash pun mulai di gendong menuju Sentul Circuit untuk melakukan scrutineering pada pagi hari nya.

Flash AP SPEED EG6 qtt (8)

Karena saya dan Rian baru pulang jam 3 pagi, dan baru mulai ngorok sekitar jam 03:30 pagi. Akhirnya kami ber-2 bangun ke siangan. Dan karena ini Jakarta lengkap dengan segala kemacetan dan tetek bengeknya, kami pun fast furious dengan Honda Civic EK4 yang sudah di swap dengan K20R. Dan hasilnya…i-Vtec just kicked in ya! Saya rasa kami berdua patut dapat gelar best actor.lol

Flash AP SPEED EG6 qtt (37)

Setelah sekitar 30 menit melintas di tol Jagorawi arah kota Bogor, tibalah kami di home of motorsport Indonesia, yaitu Sentul international Circuit. Ini adalah ke-4 kalinya  di tahun ini saya menginjakkan kaki saya di Sirkuit kebanggan bangsa Indonesia. Round 3 kali ini Flash hanya ditemani oleh 3 All Motor dari AP Speed, salah satunya adalah Spongebob dengan B20 bertenaga 330 hp. Sementara Pedes-Maniz lagi dalam proses rebuild untuk dijadikan sebagai monster circuit alias touring car yang dalam tempo dekat ini akan melakukan test run di Sentul untuk mengikuti ISOM (Indonesia Series of Motorsport) pada akhir tahun ini atau tahun depan. Sementara Rainbow dan Te-Em Jambi di graundedkan dalam rangka enginenya kembali di refresh dan rebuild untuk event drag race selanjutnya. Karena ke-2 mobil ini belum pernah sama sekali di groundedkan dan istirahat di geber terus menerus di berbagai event drag race di berbagai kota di Indonesia.

Flash AP SPEED EG6 qtt (33)

Hello Flash. Tampaknya dia sudah di recharge selama hampir lebih 1 tahun dan kini siap untuk beraksi di lintasan sepanjang 402 meter ini. Bagian eksteriornya masih sama seperti yang saya lihat ketika bersemedi di bengkel AP Speed. Kecuali CCC racing wing yang membantu downforce mobil ini ketika melaju.

Flash AP SPEED EG6 qtt (21)

Dan juga satu set Weld rims 15’inch dan Hoosier slick tires 15x8x26 plus skinny tires nya yang menggantikan Bogart rims dan M/T slick tiresnya (13x9x24,5)

Flash AP SPEED EG6 qtt (19)

Untuk enginenya sendiri masih tetap B20 dengan beberapa high end performance parts yang bisa melesatkan EG6 ini dari 0-402 meter dalam tempo waktu 12 detik atau under 12 seconds. Pada bagian head yang berkompresi 13,5:1 ini berisi Victor X intake, RC 440 injector, Skunk 2 pro 3 camshaft, Skunk 2 valve springs. Sedangkan pada bagian short blocknya berisi custom Wiseco piston, Carillo h beam. Yang mendapatkan high voltage VP Q16 dari Walbro fuel pump, dan dibakar dengan NGK Iridium , MSD spark plugs, dan HVC coil.. Sedangka penyaluran mesin bertenaga 370 hp  (dulu 335 hp) dan torsi 318 nm ini melalui competition clutch dan juga senjata barunya berupa dogbox close ratio gearbox. Dogbox gearbox merupakan salah satu fitur terbaru yang dipasangakn ke dalam mesin Flash untuk bisa mempertajam best timenya yang lama yaitu 12,8 detik.

Flash AP SPEED EG6 qtt (38)

Dan juga satu buah Hytech header yang saya check di e-bay seharga US$ 450. Hytech header merupakan header made in USA yang kualitasnya banyak berbicara di beberapa ajang motorsport di USA, seperti Formula Ford, 2000, Toyota, dan Nascar. Bahkan monster drag machine milik Stephen Papadakis dan Skunk 2 menggunakan header ini.

Flash AP SPEED EG6 qtt (31)

Masuk ke dalam cockpitnya, Bride bucket seat kini beganti dengan ProDrag Butler Built Professional seat systems yang terbuat dari logam yang diklaim lebih ringan daripada seat konvensional atau umum. Ya atas nama weight reduction dan power weight to ratio, semua di halalkan. Simpson racing harness juga menjadi mempelai seat made in USA ini.

Flash AP SPEED EG6 qtt (35)

Begitu juga dengan dashboardnya yang terbuat dari plastic berubah menjadi metal. Otak dari mesin bertenaga 370 hp dan torsi 318 nm ini adalah Hondata S300 yang dibantu dengan pengapian MSD 7AL2. Gearboxnya sekarang menggunakan Dogbox, yang mungkin akan menjadi bulan-bulanan bagi Rian yang baru kali ini memakai gearbox ini.

Flash AP SPEED EG6 qtt (36)

Atas nama weight reduction, Flash pun mendapatkan program diet besar besaran hingga sampai melubangi bagian bodynya. Roll cagenya pun baru saja diganti dengan roll cage baru berwarna abu-abu ini.

Flash AP SPEED EG6 qtt (32)

Jadi rumusnya 370hp/318 nm + weight reduction + DGR coilover + Weld rims & Hoosier tires + dogbox close ratio gearbox = Flash. Alias mampu berlari di waktu 12 kecil atau under 12 seconds. Dengan kata lain 11 seconds.

Flash AP SPEED EG6 qtt (59)

Setelah Spongebob, ada juga Pink Love B16 AP Speed EG6 dengan B20 yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 305 hp

Flash AP SPEED EG6 qtt (54)

Lalu new kids on the block di team B16 AP Speed ada Honda Civic EF atau Nova yang berisi mesin D16. Best time Nova ini adalah 15,7 detik sewaktu qtt.

Flash AP SPEED EG6 qtt (9)

Babak Qtt pun segera dimulai, Rian pun bersiap-siap dengan mengganti sepatunya dengan Alpinestar racing shoes

Flash AP SPEED EG6 qtt (10)

Lalu menuju ke Flash yang sudah menantinya di dalam pit 25.

Flash AP SPEED EG6 qtt (24)

Sebenarnya pada event kali ini yang yang bertanggung jawab sebagai test driver adalah si pemiliknya, alias Rio. Tapi berhubung sang kakak berhalangan hadir, maka sang adik, Rian, yang sekiranya race dengan mobilnya Tomahawk EG6, kini bertugas menggantikan tugas kakaknya dalam mencoba spec baru Flash.

Flash AP SPEED EG6 qtt (11)

Sebelum melangsungkan babak Qtt di track sentul, Rian ditemani M. Herdy merasa perlu berkenalan dulu dengan kotak gigi alias gearbox bernama dogbox ini di area parking lot belakang pit Sentul Circuit.

Flash AP SPEED EG6 qtt (12)

Sayapun langsung terkesima dan horny serta eargasme ketika mendengar mesin 370 hp ini di stater lalu mengalunkan suara merdunya yang sekseh dan garing lewat Hytech header.

Flash AP SPEED EG6 qtt (13)

Bodynya juga terlihat semakin sexy berkat CCC racing wing, namun terlihat macho dengan high hells nya berupa Weld rims dan Hoosier slick tires berukuran cukup donat yaitu 15x8x26

Flash AP SPEED EG6 qtt (14)

Welcome to fast furious movie. Dimana hanya disini, Anda bisa melihat segerombolan mobil dari berbagai tipe dan kelas saling berbentang membentuk formasi fast furious hingga 7 mobil yang line up lalu race secara bersamaan. Act a fool…..

Flash AP SPEED EG6 qtt (15)

Bahkan Flashpun sempat di jejeri untuk diajak berlari bersama, start boleh sama tapi begitu lepas. Asta la lavista beibeh. Start terlihat bagus, ban slick Hoosier bekerja cukup baik dengan langsung melontarkan EG6 ini kedepan. Engine langsung mengeluarkan tenaganya, tapi sayang mimpi buruk pun tiba ketika hendak masuk atau shifting ke 2nd gear, Rian pun miss gear. Remember..this is the 1st time he use a  dogbox gearbox.

Flash AP SPEED EG6 qtt (16)

Si Spongebob pun ikut melakukan babak free practice di area parking lot belakang pit Sentul. Karena masih menggunakan gearbox konvensional atau umum, Spongebob pun lebih mudah shifting.

Flash AP SPEED EG6 qtt (17)

2nd run dilakukan lagi oleh Rian, dan penyakit miss gear dari 1 ke 2 pun kembali terulang lagi. Rian pun gagal dalam babak perkenalan dengan dogbox ini.

Flash AP SPEED EG6 qtt (18)

Tiba di pit, Daddy atau Bang Aprek langsung menghampiri Rian yang duduk didalam cockpit Flash. Sambil menggaruk-garukkan kepalanya dengan muka terlihat bingung, Rianpun menjelaskan bahwa dia belum terbiasa tidak menggunakan clutch dari 1 ke 2 dan seterusnya (clutch pada dogbox hanya digunakan pada 1st gear), lalu dia belum ketemu sela atau line dari 1 ke-2. Dia masih harus mencari-cari selanya, dan itu cukup merepotkan. Lalu jarum pada Autometernya tidak terlihat ketika high rpm karena tertutup steering wheel.

Flash AP SPEED EG6 qtt (20)

Begitu masuk ke dalam area pit, Daddy pun langsung membongkar Autometernya dan mengganti posisinya menjadi miring. Sehingga sewaktu high rpm, jarumnya masih dalam area terlihat oleh pengemudinya.

Flash AP SPEED EG6 qtt (22)

Lalu men set ulang tekanan bannya menjadi 8 psi pada Hoosier slick tires berukuran 15x8x26 ini.

Flash AP SPEED EG6 qtt (23)

Babak Qtt pun segera dimulai. Rianpun mengambil helm bersejarah dan kesayangannya seharga Rp. 40.000 dari tahun 2004,  dimana dia pertama kali balapan sewaktu kelas 3 SMP bersama kakaknya, Rio  di team GAR Power Surabaya dengan EG6 yang saat ini menjelma menjadi Tomahawk.

Flash AP SPEED EG6 qtt (25)

Masuk kedalam cokpit, dan melakukan ritual wajib yaitu berdoa.

Flash AP SPEED EG6 qtt (26)

Menyalakan GoPro untuk memonitor driving habit sang pembalap.

Flash AP SPEED EG6 qtt (27)

Mengecek posisi spion tengah. Persis seperti baru pertama kali belajar mengemudi. lol

Flash AP SPEED EG6 qtt (28)

Dan akhirnya mencoba bermain shift knob untuk mengetahui sela, arah, dan posisi 1st gear, 2nd gear, dan seterusnya. Sementara Daddy  duduk disamping Rian menemaninya jalan menuju ke garis start. Saya baru kali ini melihat muka Daddy atau bang Aprek tegang. Maklum, ini adalah pertama kalinya senjata All Motornya dipersenjatai dengan dogbox. So mesin 370 hp plus dogbox seharusnya bisa menyentuh 12 kecil atau under 12 seconds. The tension is on the air right now, apalagi ini 1st debut Flash dengan spec baru setelah berhibernate selama 8 bulan. Ditambah lagi banyak monster All Motor yang sekelas dengan Flash pada berkeliaran di Sentul.

Flash AP SPEED EG6 qtt (29)

Flash pun mulai berjalan di area pit menuju tempat yang membuatnya sebagai mean machine pada 8 bulan yang lalu.

Flash AP SPEED EG6 qtt (41)

1st run dibabak qtt ini dilalui dengan aksi jump start ketika hendak melakukan ritual jambret pada saat start. Ketika Rian tiba di pit, pria yang hobby balapan ini berkeluh kesah bahwa mobilnya menggelinding maju, dan begitu pedal gas diinjak dan pedal kopling diangkat, mobil seketika langsung meloncat. Alhasil aksi jambretnya ketahuan sensor jump start. Diakuinya beda dengan Tomahawak yang cengli dan friendly diajak menjambret lampu start.

Flash AP SPEED EG6 qtt (34)Sama seperti Tomawahk EG6 miliknya, Rian pun mewakili kakaknya Rio menempelkan perfourm sticker pada CCC racing wing. Your officially pimp by Perfourm.

Flash AP SPEED EG6 qtt (39)

Rian pun kembali membawa Flash keluar dari pit no.25 untuk melakukan 2nd run di babak qtt.

Flash AP SPEED EG6 qtt (40)

2nd run di babak Qtt ini dilalui dengan start yang cukup baik oleh Rian. Kali ini aksi jambretnya tidak tertangkap sensor. Rian pun langsung melesat ke depan, gear dari 1st gear ini langsung mengeluarkan monster dari balik hood EG6. Rpm pun langsung melesat menuju rpm atas.  Lalu masuk ke 2nd gear dengan mulus, Flashpun tambah berteriak dan berlari kencang. Tapi lagi-lagi lagu lama pun kembali terjadi. Rian pun miss the 3rd gear. Yang Anda lihat disini, ini adalah akibat miss gear dari 2nd gear ke 1st gear dalam 9.500 rpm dan pada kecepatan yang cukup tinggi. Sehingga membuat mobil Anda seperti di engine break dan membuat badan Anda terlempar ke depan atas G-forcenya.

Flash AP SPEED EG6 qtt (42)

Setelah menunggu agak lama, dan berjuang dengan mesin mobil yang kadang-kadang mati. Rian pun tiba kembali di pit.

Flash AP SPEED EG6 qtt (43)

Pria yang baru saja kembali dari USA ini terlihat begitu tegang dan kecewa atas hasil 2nd runnya  di babak qtt ini. Apalagi dia mengalami miss gear yang cukup parah, sehingga menyebabkan mobil serasa di engine brake lalu lari atau oleng ke arah kiri menuju pit wall.

Flash AP SPEED EG6 qtt (44)

Flash pun langsung dimasukkan ke dalam pit, lalu sekitika itu juga di stand jack untuk di check apakah ada kerusakan pada engine dan gearboxnya. Serta menyakinkan bahwa gearboxnya masih aman dan bisa digunakan. Sementara Rian tampak terlihat tegang melihat Flash sedang re-check oleh Daddy dan crew nya. Saya juga baru kali ini melihat orang yang menjadi teman saya dari tahun 2004 ini tegang dalam balapan.

Flash AP SPEED EG6 qtt (45)

Ketegangan juga bertambah di wajah Daddy. Dengan duduk di samping M. Herdy yang akan menuju garis start untuk melakukan qtt sekaligus mencoba monster flash ini.

Flash AP SPEED EG6 qtt (46)

Flash pun keluar dari pit menuju garis start untuk melakukan 3rd run nya di babak qtt.

Flash AP SPEED EG6 qtt (47)

Pemilik sekaligus pembalap senior Pedes-Maniz B16 AP Speed ini pun dengan sukses menjambret lampu start dan melesatkan Flash dari 1st gear ke 2nd gear. Namun lagi-lagi acara miss gear pun kembali terulang kembali. Herdy pun  melakukan kesalahan yang dilakukan oleh Rian, yaitu miss gear di 2nd gear ke 3rd gear. Namun tidak separah Rian yang masuk ke 1st gear dari 2nd gear. Bahkan pembalap sekelas M. Herdy pun menyerah pada dogbox.

Flash AP SPEED EG6 qtt (48)

Sesampainya di dalam pit, Rian pun langsung menghampiri Herdy yang masih duduk di pilot seat. Dan bertanya apa yang sedang terjadi ketika shifting?

Flash AP SPEED EG6 qtt (49)

Pembicaraan pun berlanjut. Ke-2 pembalap ini saling sharing masalah yang dihadapi dengan gearbox bernama dogbox ini. Mereka menemukan bahwa posisi atau sela antara 1 gear ke gear lainnya adalah miring, bukan seperti formasi H pada umunya , tapi sedikit mirih atau H miring. Dimana 3rd gear terletak diantara 1 dan 2. Lalu sewaktu shifting throttle tidak boleh full, tetapi harus sedikit di angkat agar gear bisa masuk. Maklum mereka ber-2 belum pernah bermain dengan dogbox ini.  Damn, sekseh juga perutnya si M. Herdy, alias one hella big pack. Gotcha..! lol

Flash AP SPEED EG6 qtt (53)

Setelah 3rd run yang dilakukan Herdy di babak qtt hari ini tidak berjalan mulus. Flash pun langsung dinaikkan ke atas trailer, dan langsung di berangkatkan ke bengkel AP Speed. Untuk pengecekan dan re-tune lebih lanjut pada engine dan gearbox.

Flash AP SPEED EG6 qtt (50)

Galau merasa mainan barunya tampak susah untuk dimainkan. Rian pun mengajak EK4 K20R untuk diajak berolahraga di babak qtt ini.

Flash AP SPEED EG6 qtt (52)

Sementara di area pit wall, ada Aik beserta kakaknya Sadat (sebelah kiri) yang pada event kali ini absen dulu bersama Rainbow B16 AP Speed EG6 nya.

Flash AP SPEED EG6 qtt (55)

Sementara Pink love B16 AP Speed EG6 nya sore hari itu berhasil mencetak waktu 13,7 detik.

Flash AP SPEED EG6 qtt (51)

Dan Rian dengan EK4 K20R milik kakaknya Rio berhasil mencetak waktu 15 detik dengan tanpa ada acara miss gear, dan juga ketangkap sensor jump start.

Flash AP SPEED EG6 qtt (56)

Setelah Rian bermain dengan EK4,  sayapun kembali ke dalam pit untuk berisitirahat dan makan siang. Kebetulan saya belum makan siang dan sedang dalam mode dehidrasi yang sangat tinggi karena Sentul pada saat itu panas sekali. Anda bisa menebak seberapa panas Sentul pada hari itu dari banyaknya minuman yang saya minum.

Flash AP SPEED EG6 qtt (57)

Saya pun makan sambil melihat Spongebob yang sedang terkena masalah dengan electricalnya, yaitu MSD 7AL2 nya tiba-tiba ngambek atau lemah syawat, sehingga Spongebob menjadi mrebet. Daddy dibantu oleh Kacong dari Red Devil AP Speed EG6 Malang mengganti 7AL dengan 6AL.

Flash AP SPEED EG6 qtt (58)

Karena dari tadi belum sempat melakukan qtt, jadi begitu msd 6AL terpasang, dan berfungsi dengan sempurna. Mobil pun langsung dibawa M. Herdy menuju garis start untuk melakukan qtt. Saya yang baru sekitar 6 suap menikmati kotak makan siang saya, langsung semburat berlari menuju area garis start. Beginilah resiko menjadi photographer pengejar moment balapan. Because race photographer. Spongebob pun berhasil mencetak best timenya 12, 9 detik.

Flash AP SPEED EG6 qtt (60)

Sudenlly, setelah Spongebob finish, dan babak qtt ditutup. Hujan pun turun membasahi Sentul Circuit. Ini adalah hujan pertama saya di sirkuit ini, dan juga hujan pertama saya di pulau Jawa. Setelah sekitar 2 minggu lalu saya menikmati hujan pertama saya di kota Jambi bersama team B16 AP Speed.

Flash AP SPEED EG6 qtt (61)

Hujan+kopi=Mantap. Dan mungkin hanya atau the one and only di Indonesialah kita bisa Ngopi dari pedagang asongan yang masuk ke dalam area pit. Coba Anda bayangkan apabila sewaktu F1, si Vettel atau Alonso memesan dan ngopi dulu di dalam pit. “ Maas, copinya 1. Black, and make it fast” lol.

Flash AP SPEED EG6 qtt (62)

Setelah pulang dari Sentul menuju ke kediaman untuk ritual mandi dan makan malam. Sekitar jam 9 malam saya dan Rian menuju ke bengkel AP Speed. Sesampainya di sana tampak Flash sudah siap untuk kembali berlari di medan perang.

Flash AP SPEED EG6 qtt (63)

Menurut Daddy , tadi hanya dilakukan pengecekan pada engine dan gearbox. Dan yang paling utama adalah penyetelan pada gearbox dogboxnya supaya perpindahan giginya lebih gampang dilakukan oleh Rian atau Herdy. So Flash….let’s run on the race day. Later…..

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our Facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

 

 

Comments

comments!