MITSUBISHI MOTORS EXPERIENCE DAY

2146

mitsubishi motors experience day surabaya (11)

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya seminggu yang lalu (12 Maret 2013), saya menerima undangan press conference Mitsubishi di Ciputra World dari Cody Enterprises. Yang manariknya ini adalah undangan pertama saya dan juga Perfourm di awal berdirinya website ini. Ya sekaligus 1st date dengan pabrikan asal Jepang yang berlogo 3 diamond ini. Siapa tahu cucok.

mitsubishi motors experience day surabaya (7)

Pameran Mitsubishi kali itu mengedepankan  Mitsubishi Motors sebagai icon city car dan juga family car, yang nantinya di harapakan bahwa public Surabaya semakin mengenal  berbagai macam line up produk yang berbasis city ataupun family car Mitsubishi. Dan yang menjadi Andalan Mitsubishi di kelas city car adalah Mitsubishi Mirage.

mitsubishi motors experience day surabaya (6)

Mitsubishi Mirage merupakan 1st debut pabrikan Jepang ini di kelas City car untuk pasar Indonesia. Tapi kalo untuk di luar negeri sana, sudah ada varian bernama Mitsubishi Colt di kelas City Car. City car  berbandrol 143 juta rupiah untuk manual, dan 169 juta rupiah untuk tipe terringgi, yaitu exceed matic. City Car ini di persenjatai oleh mesin 77 hp 3A92 1.2 Lt 12 valve 3 cylinder DOHC MIVEC, Start stop engine button, minimum turning radius (4,4 m), fuel efficient,keyless entry, dan tentu saja iklan videonya yang berisi model nya yang lovely. Hey, it’s a lovely day with Mirage.

mitsubishi motors experience day surabaya (10)

Dikelas Smart SUV ada Mitsubishi Outlander Sport yang akan meraiamaikan persaingan di kelas SUV di Indonesia. Dengan berbekal tampang depan yang mirip dengan Lancer Evolution X CZ4A ( jet fighter nose), juga dapur pacu yang sama dengan Evo X, 4B11 2.0 Lt DOHC MIVEC (penerus mesin legendaris Mitsubishi 4G63T). Tapi tanpa embel-embel T  atau turbo di belakangnya, saya kira sudah cukup mampu bersaing di kelasnya. Terlebih lagi harganya sekitar 297 juta rupiah untuk versi manual, dan 340 juta rupiah untuk versi matic CVT PX. Anda bisa mendapatkan versi station wagonnya Lancer Evolution X. good news is, it’s CKD atau di rakit di Indonesia. Makanya harganya bisa murah.

mitsubishi motors experience day surabaya (12)

Saya memang sempat bertanya kepada pihak Mitsubishi, apakah ini versi wagon dari Evo X atau lancer EX GT (lancer lokal). Karena bentuknya yang mirip dengan  Lancer generasi terbaru. Menurut saya , ini varian Smart SUV  yang mengambil DNA dari generasi Lancer terbaru yang di buat atau CKD (complete knock down) di Indonesia). Makanya harganya jauh lebih murah, dibandingkan Pajero Sport yang masih import bulet-bulet atau CBU (complete built up) dari Thailand.

mitsubishi motors experience day surabaya (15)

Tapi sayangnya jika mereka hendak meng kloning evo X menjadi wagon, kenapa Mitsubishi tidak menginstal Outlander ini dengan senjata andalannya Evo, yaitu 4B11T, SAWC (Super All-Wheel Control), dan  Twin  cluth SST.

mitsubishi motors experience day surabaya (13)

Di kelas SUV sekaligus menjadi mahkota atau idolnya penjualan Mitsubishi saat ini, adalah Mitsubishi Pajero Sport. SUV yang dibandrol seharga 390 juta rupiah untuk versi manual termurah (GLS), dan 524 juta rupiah untuk versi Dakar 4×4 A/T, menyumbangkan penjualan terbanyak di Jawa Timur. Dengan market share ke-2 tertinggi di Indonesia (2012), sekitar 4.000 unit Pajero Sport terjual di Jawa Timur. Tak heran saya dan Anda sering sekali melihat SUV bertenaga 178 hp yang lahir karena terinpirasi rally dakar ini dimana-mana. From the steet into the strip. Best time Pajero Sport di Jawa Timur adalah 10,01 detik untuk lintanas 201 meter.

mitsubishi motors experience day surabaya (3)

Pada saat press conference bersama beberapa petinggi dealer  Mitsubishi Motor di Jawa Timur, Sun Star Motor dan Srikandi. Mrs. Brigita Maria selaku Branch Manager PT.Sun Star Motor Surabaya menjelasakan bahwa konsep acara ini adalah memasarkan sesuai dengan kebutuhan family atau family car. Dan tujuan dari pameran ini adalah untuk memperkenalkan lebih dekat beberapa produk unggulan terbaru dari Mitsubishi, seperti Mirage, Pajero Sport, dan Outlander Sport. Dimana ke-3 jenis mobil tersebut disediakan unit test drivenya supaya para calon pembeli atau publik Surabaya bisa merasaka driving sensation ke-3 produk unggulan terbaru dari Mitsubishi Motors Jepang. Oleh karena pameran ini berkonsep family car, jadi saya tidak menemukan varian Lancer, tapi kemana MPV 7 seater nya Mitsubishi, Grandis?

mitsubishi motors experience day surabaya (4)

Dalam pameran yang berlangsung selama 1 minggu ini, mereka menargetkan  penjualan sebanyak 150 – 200 unit untuk semua varian. Mitsubishi cukup optimis dalam meraih target penjualan tersebut, karena market share Mitsubishi sendiri naik 20% dari pada 2012. Alasannya karena mereka terkatrol oleh beberapa produk terbarunya (Mirage dan Outlander Sport). Untuk mengapresiasi para konsumen, Mitsubishi memberikan berbagai macam rewards yang cukup hebok. Seperti lucky dip berupa voucher belanja dan lucky angpau dengan hadiah tertinggi atau utama sebuah Mitsubishi Pajero Sport GLS 4×2 MT, Outlander Sport GLXi 4×2 MT, dan Mirage GLX MT. Mitsubishi Lucky Angpao 3 miliar masih berlanjut untuk para pembeli periode 1 – 31 Maret 2013. Pengundian akan dilaksanakan pada bulan April 2013. Buruan beli mobil Mitsubishi guys.

mitsubishi motors experience day surabaya (8)

Sebelum saya test drive beberapa mobil Mitsubishi, terlebih dahulu saya test drive fitur auto focus saya pada beberapa model atau spg Mitsubishi. Ya hitung saya ingin tahu seperti apa taste Mitsubishi dalam memilih SPG atau model nya.

mitsubishi motors experience day surabaya (9)

Can lah

mitsubishi motors experience day surabaya (28)

Saya pun menunggu antrian atau waiting list test drive pada hari itu di sebuah coffee shop. Maklum bukan hanya saya saja yang melakukan test drive pada sore hari itu, tapi beberapa customer setia Mitsubishi di undang untuk mencoba produk terbaru pabrikan Jepang ini.

mitsubishi motors experience day surabaya (25)

Saya menunggu antrian waiting list Outlander Sport dengan beberapa driver nya yang terbilang masih muda, dan juga up daters ala anak gaol masa kini. Tidak percaya, coba lihat saja style mereka dalam memakai polo shirt yang seluruh kancingnya di dikancing. Gaol banget gitu loh. British style

mitsubishi motors experience day surabaya (24)

Dan juga memphoto beberapa objek yang lucu dan juga manis. Maaf Eka, kamera saya ternyata sudah pintar dengan sendiri nya, auto focus pada yang namanya cewek lucu dan cantik.

mitsubishi motors experience day surabaya (27)

Kapan saya bisa memiliki gear seperti ini? 5D mk2 dengan battery grip plus 50 mm lens, wide lens, dan tele. Someday nyonk…someday.

mitsubishi motors experience day surabaya (26)

Pihak Mitsubishi menyediakan 3 unit mobil Test drive, yaitu Pajero Sport, Outlander Sport, dan Mirage. Saya hari itu Cuma feeling atau penasaran ingin mencoba Outlander Sport saja. Maklum karena lantasan test drive di parking lot saja dan hujan pula. By the bay ngomong-ngomong Mitsubishi Mirage yang katanya eco friendly ini ternyata benar-benar eco, 1 liternya saja mampu menempuh 27 km. Great scoot.

mitsubishi motors experience day surabaya (16)

Akhirnya yang saya tunggu datang juga, tibalah giliran saya untuk test drive Mitsubishi Outlander Sport  A/T CVT PX

mitsubishi motors experience day surabaya (23)

Karena sore hari itu hujan cukup lebat, maka mendadak para official cody atau pun driver test drive menjadi joki paying. Well, time to test drive this all round smart SUV with jet fighter nose.

mitsubishi motors experience day surabaya (18)

Akhirnya saya pun masuk ke dalam cockpit atau cabin dari mobil berwarna white pearl ini. Driving position nya enak, seat nya juga pas di badan saya, dan arah pandang saya ke depan cukup enak. Menurut saya wajb hukumnya jika driving position dan seat nya mutlak harus enak dan nyaman, karena rata-rata kita berada di balik kemudi selama 30 menit bahkan lebih untuk yang perjalan ke luar kota atau terjebak di kemacetan. Driving position yang nyaman dan juga seat yang pas dengan postur atau kontruksi tubuh kita (orang asia), akan membuat kita tidak cepat cape atau pegal sewaktu mengemudi.

mitsubishi motors experience day surabaya (19)

Well..well..well. Ternyata speedometernya sama persis dengan speedometer nya Lancer Evolution X CZ4A. Yang berbeda hanya di rpm nya hanya sampai di 8.000 rpm (evo X  9.000 rpm), speedometer 240 km/h (evo X, 300 km/h),  dan  Multi information  display nya hanya berisi average speed, service note, dll . Sedangkan di evo X ada Driving mode (gravel, snow, tarmac) dan S-AWC meter (super All-Wheel Control)

mitsubishi motors experience day surabaya (20)

Oh men, acara test saya kali ini di temani oleh some sekseh ladies. Tapi sayangnya mereka hanya berjoget ria dengan Pitbull di dalam 7”inch touch screen 2din dvd. Damn, coba sungguhan pasti it will be  more fun and there will be another “test drive”.lol. Audio system nya tergolong enak buat saya atau cukup.

mitsubishi motors experience day surabaya (22)

Saya pun memulai acara test drive kali itu pada saat badai sedang cetar membahana di Surabaya. Walaupun saya hanya test drive di sekitar kawasan parking lot sebuah mall yang notabenennya tidak ada pohon yang akan tumbang. Tapi tetap saja saya sport jantung ketika mengendarai mobil seharga 340 juta rupiah ini.

mitsubishi motors experience day surabaya (21)

Saya pun mencoba Outlander Sport. Karena ini hanya di parkiran, saya tidak bisa mencoba nya secara hard core. Yang saya bisa rasakan atau coba adalah driving position nya yang pewe (posisi wuenak), seatnya empuk dan pas di badan saya, pandangan atau vison saya yang cukup jelas karena dibantu juga oleh super wide range HID headlamps yang bisa levelnya bisa disesuaikan secara auto, audionya enak, suspensionnya cukup nyaman atau empuk, tidak tahu lagi jika di jalanan Indonesia yang cukup amburadol permukaannya. Handling, saya belum tahu, karena tidak bisa bermanuver di sini. Tapi kalo soal engine, saya sudah tahu dan mencobanya saat itu juga. Sayangnya mesin 150 hp 4B11 2.0 Lt DOHC MIVEC yang merupakan generasi penerus mesin legendaris Mitsubishi 4G63, rasanya loyo atau lemot untuk di ajak berakselerasi secara cepat. Saya mencobanya pada sebuah jalanan yang cukup lurus di parkiran, lalu  menggiring nya di awal setelah mobil jalan (mendapatkan traksi) lalu gas pol. Hasilnya, setelah saya coba 2 kali dengan cara automatic dan dengan versi  sport mode manual dengan paddle shift. Ternyata sama-sama loyonya atau lemot dari putaran bawah hingga tengah. Saya kira dengan paddle shift bisa mengurangi gejala lemot, ealah ternyata paddle shift sport mode nya malah tambah loyo, lebih cepatan pakai mode automaticnya saja. Untuk kota-kota atau luar kota menurut saya can lah.  Tapi yang paling saya kesengsem dari mobil ini sewaktu test drive adalah panoramic glass roof nya yang OMG. So sweet banget rasanya ketika test drive Outlander ini kita bisa melihat hujan yang turun di atas kita dan juga awannya. Ambient nya sangat mendukung untuk kita bermesraan di dalam mobil ini. Andaikan saja ada salah satu model nya menemani saya test drive, pasti mendadak dangdut dia pasti kesengsem sama saya.lol.

mitsubishi motors experience day surabaya (17)

Over all, Can lah atau not bad lah untuk seukuran mobil seharga 340 juta rupiah dengan desain ala Lancer Evolution X CZ4A pada head lamp, grill, speedometer, dan juga tail lightnya. Jangan-jangan yang digunakan chasisnya adalah CZ4A, cuma di tinggikan saja suspension dan body nya. I don’t know guys. PR nya cuma satu di mobil ini, yaitu engine nya supaya lebih responsive. Supaya papa dan keluarganya bisa merasakan driving ala kakak Sky di film the legend of speed. Tapi yang pasti rencananya kalo permintaan Outlander Sport versi AWD nya banyak,mungkin ada versi AWD plus turbonya. Kakak Sky…..

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

Comments

comments!