SENTUL DRAG RACE 2013 ROUND 3

4394

sentul darg 2013 round 3 (101)Tak ada yang lebih menyenangkan bagi seorang pria yang notabenenya seorang petrol head, speed freak, atau speed addicted, atau what ever you named on it. Berkunjung kesuatu tempat atau playground yang di dalamnya banyak terdapat monster horse powa yang hungry for ET (Elapsed Time).

flash ap speed eg6 race day (90)

Dan playground itu bernama Sentul international Circuit, yang merupakan ibizanya para speed freak and petrol head di Indonesianya dimana, beer dan cocktail sudah terlalu mainstream dan digantikan oleh racing fuel yang kandungan alkoholnya mampu membuat rpm mobil Anda on terus.

IMG_6865

Ada adalah ke-4 kalinya saya kembali ke lintasan sepanjang 4, km ini. Ke-3 untuk event drag race, dan sekali untuk event touring. Kita tidak akan berburu di R1 atau S kecil, tapi kita akan berburu di lintasan sepanjang 402 meter yang terletak di depan pit dan grand stand ini.

sentul darg 2013 round 3 (19)

Dan pada event yang digelar pada tanggal 19-20 Oktober 2013 ini. Tak ubahnya seperti menonton film Jackie Chan, yaitu Thunderbolt, Who am I ?, dan lain-lain. Karena saya melihat banyak sekali Evo dan Epo yang ikut meramaikan round 3 ini.

sentul darg 2013 round 3 (22)

Mulai dari Epo 3. Anda pasti bingung apa beda Epo dengan Evo? Walaupun Anda tanya ke mbah Google, mbah Google pasti akan gedek-gedek, karena belum juga ngeh. Saya memberikan istilah Epo untuk Lancer local yang engine, awd, hingga body kit dan tetek bengeknya di swap ke dalam mobil yang biasanya orang Indonesia bilang sebagai Evo. Nah kalo Evo adalah lancer Evolution yang dari sononya atau lahirnya, sudah dipersenjatai dengan turbo engine dan awd.

sentul darg 2013 round 3 (21)

Walaupun di indo sendiri, Evo yang asli tidak masuk secara resmi, namun ada saja akal-akalannya orang indonesia untuk bisa membuat lancer lokalnya menjadi Evo kw super yaitu Epo. Dimulai dengan hanya mengganti bagian eksteriornya, dan interior. Hingga yang sudah ngidam Evo di ubun-ubun, yaitu engine swap 4G63T beserta AWD nya.

sentul darg 2013 round 3 (20)

Bahkan hingga menambahkan gigantic turbo yang tujuannya hanya satu, yaitu Powa.

sentul darg 2013 round 3 (39)

Dari Epo KW super, kita beralih ke Evo yang notabenenya lahir dengan nama Mitsubishi Lancer Evolution, dan di belakangnya selalu tersemat angka romawi sebagai tanda anak ke berapa. CT9A berwarna merah ini adalah senjata terbarunya bengkel Engine+ di arena kebut 402 meter ini.

sentul darg 2013 round 3 (38)

Dan tak lupa juga Engine+ membawa kembali CT9A berwarna hitam yang dilengkapi dengan Circle drag wheels, M/T slick tires, AMS intercooler, dan tentu saja the powerful 869 hp JUN 4G63T  2.1 liter engine.

sentul darg 2013 round 3 (40)

Tak ada si Mighty Casper EG6, Engine+ pun membawa mainan barunya berupa EG6 yang dipersenjatai dengan B18C yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 210 hp.  Sebenarnya mobil ini salah tempat, bukan di drag, karena EG6 ini dicptakan untuk spec circuit attack atau touring.

sentul darg 2013 round 3 (18)

Pada round 3 itu juga saya menemukan banyak mainan baru dari team-team besar di Jakarta dan Bandung, yaitu sebuah EG6 berwarna putih yang diparkir di belakang pit Wisesa. Ini adalah mainan baru dari bengkel Progressive  Bandung yang dipersenjatai dengan 322 hp B20 turbo, dastek, hella big front slick tires, dan juga wheelie bar di belakangnya.

sentul darg 2013 round 3 (9)

Tak ketinggalan juga the Predator Wisesa EG6 is back in black

sentul darg 2013 round 3 (63)

Bagian depan dari EG6 ini sudah berubah menjadi one pieces dan sedikit tubular pipe pada bagian hidungnya. Enginenya sendiri merupakan B20 yang sudah di stroker menjadi 2.260 Liter  yang mampu mencetak rekor sebagai NA tercepat di Indonesia, yaitu 12, 142 detik. Beberapa performance parts seperti polish and porting custom by Wisesa Motorsport, Hytech header, Victor X manifold, Wisesa custom close ratio, Carbonetic clutch, dan akhirnya otak dari si Predator ini adalah Motec M400k.

sentul darg 2013 round 3 (50)

Semua orang mengira ini adalah Thor Wisesa EG6 karena livery nya sama. Bahkan saya pun sempat tertipu olehnya.

sentul darg 2013 round 3 (60)

Baru setelah saya dikasi tahu sama Yose bahwa itu bukan Thor tapi mobil baru, hanya liverynya saja sama. Saya baru ngeh kalo ini yang dibilang oleh orang-orang sebagai Skunk 2, karena enginenya sendiri Skunk 2 B20 engine. GRP Titanium conroad, SSR Header, Victor X intake manifold, Wisesa Head PnP, Hondata S300, dan Wisesa Close ratio adalah beberapa part yang bersemedi pada mobil ini.  Dan yang membuat specialnya lagi, body nya sudah menadopsi tubular chassis dari ujung front bumper hingga ujung rear bumper.

sentul darg 2013 round 3 (61)

Yang mana Anda bisa lihat sendiri mobil ini sudah berubah menjadi jeruji besi dan lempengan almunium dimana-mana. Ini baru namanya super heavy extra diet program.

sentul darg 2013 round 3 (62)

Pengerjaannya tubular chassis ini dilakukan selama 6 bulan di XS Motoring. Saya dengar mengenai rumor bahwa mobil yang sudah menjadi tubular chassis jalannya tidak akan lempeng atau lurus. Well pada round 3 dan 1st debutnya ini, Wisesa akan mencoba apakah chassis ini lempeng atau tidak larinya.

flash ap speed eg6 race day (2)

Ini dia trio libels dari team Wisesa Motorsport Jakarta dan juga Progressive Bandung. Skunk 2, Predator, dan apa ya? Sepertinya saya harus memberikan nama pada EG6 putih ini. Bagaimana kalo namanya Mobydick, karena tampangnya mirip dengan ikan paus mobydick.

sentul darg 2013 round 3 (23)

Welcome to the Jakarta style atau Jakarta Swag. Yaitu weight reduction ala kota Jakarta dengan mecopot rear bumpernya.

sentul darg 2013 round 3 (24)

Saya tidak tahu pasti apakah aliran diet ini menambah horsepower, menambah aero dynamic, dan mempertajam waktu tempuhnya. Tapi yang pasti dengan membuang sekitar 2 kg plactic di belakang Anda, sudah menjadi sesuatu yang booming dan cetar membahana di event ini. Hampir seluruh mobil diatas kelas bracket 15 detik mencopot rear bumpernya. Bagaimana kalo kita bikin sedikit lebih extreme lagi. Front bumper, hood, ke-4 pintu, serta trunk atau bagasi juga ikut dicopot maybe?

sentul darg 2013 round 3 (65)

Selain diisi dengan mobil-mobil yang lapar dengan elapsed time, Sentul juga disini dengan beberapa stance car yang tampak wara wiri dan memenuhi area parking lot. Nantikan artikel saya tetantang stance car di Sentul.

sentul darg 2013 round 3 (145)Ada yang bermain dengan gas tertawanya a.k.a NOS.

sentul darg 2013 round 3 (27)Atau curhat karena real man use three pedalnya di kota Jakarta. Damn right bro..damn right !

sentul darg 2013 round 3 (111)

Sebelum race, saya pun sempat berjalan-jalan di area pit dan menemukan beberapa tuner sedang melakukan fine tune atau re-tune pada beberapa mobil mereka. Salah satu nya adalah mas Togi  dari GE Racing di pit Wisesa Motorsport untuk me retune Motec M800 pada CT9A milik Antony Ton’s Garage Medan.

sentul darg 2013 round 3 (141)

Lalu saya beralih ke pit Engine+ dimana disitu juga ada The Tiger Tiger Auto Racing GTR milik H. Dadang. Beberapa crew yang pernah merantau bersama saya di Malaysia juga tampak hadir dan membantu melipat Simpson parachute sebelum digunakan pada race nanti.

sentul darg 2013 round 3 (35)

This is the new Tiga. Tampaknya Tiga sudah  mengalami repaint ulang dengan terlihat lebih fresh warna kuning dan hitam yang membalut body mobil berkode R35 ini.

sentul darg 2013 round 3 (36)

Engine VR38DETT kini juga totally brand new engine yang dirakit di workshopnya Tiger Auto Racing di kota Karawang, Jawa Barat. Piping hingga exhaust systemnya dibuat di Karawang dengan menggunakan bahan baku yang digunakan oleh brand luar negeri. Terakhir di dyno menghasilkan 882.6 hp.

sentul darg 2013 round 3 (37)

Centerline drag rimsnya juga sudah digusur dengan Aero race Wheels yang berwarna hitam dengan garis kuning pada lipsnya.

sentul darg 2013 round 3 (140)

Sudah menjadi tradisi saya di Sentul ini, kalo saya bertemu dengan teman saya dari Sportku yang juga anggota dari club wartawan otomotif paling koplakz di Indonesia, yaitu the Koplakz. Yang hobbynya tertawa, narsis, dan saling memphoto. Hello Fajar…

sentul darg 2013 round 3 (146)Hello Ford GT-40, you make me so damn horny.

sentul darg 2013 round 3 (8)

Race pun dimulai dari jam 9 pagi dengan kelas bracket 19 detik hingga akhirnya sampai pada kelas yang paling hardcore se Sentul yaitu FFA atau free for all. Mulai dari oldschool box car racer Toyota KE30 lengkap dengan slick tires di bagian roda belakangnya.

sentul darg 2013 round 3 (58)

Hingga stance car mpv

sentul darg 2013 round 3 (144)

Yang sudah dimodif dengan boost inside, menjadikan mpv ini lebih cocok untuk hang out di Asia Afrika daripada hang out di pasar minggu.

sentul darg 2013 round 3 (130)

Size does not matter as long as you got boost and powa under the hood. Markus  Wirawan dari team Firna Rangers dengan Toyota Fortunernya berhasil mencetak waktu 15.821 detik.

sentul darg 2013 round 3 (86)

Dari Nissan Sentra coupe yang sudah dipersenjatai dengan bigger turbo and better engine. Muhammad Adrian dari team BK Speed dengan Nissan Sentra Coupenya mencetak waktu 15.132 detik di kelas bracket 14 detik.

sentul darg 2013 round 3 (13)

Hingga fast furious versi local Indonesia lengkap dengan GT wing, dan jangan lupakan juga Jakarta swagnya…no rear bumper.

sentul darg 2013 round 3

Hingga si Johny Tran dari fast furious. Johan dari team Rev Engineering dengan S2000 mencetak waktu 15.600 detik. Saya yakin si Johan sewaktu high rpm pasti berteriak..”V-tec just kicked in ya!” lol

sentul darg 2013 round 3 (12)

Tapi tak ada yang lebih dahsyat dengan melihat sebuah Suzuki Carry Futura pick up beraksi di medan perang Sentul. Yes , it’s a pick up. And he got big balls made from titanium.lol

sentul darg 2013 round 3 (71)

Ngomong-ngomong soal Titanium balls, saya sendiri rada surprises dengan hadirnya S13 ini di event yang tidak mempunyai clipping point ini. Terlebih lagi drift car ini milik Demas Agil.

sentul darg 2013 round 3 (75)

There he is, the pro drifter Indonesia without he’s race suit, sedang maximum concentration.

sentul darg 2013 round 3 (76)

Tapi begitu saya panggil-panggil, pembalap yang juga race di ajang slalom ini tertawa.

sentul darg 2013 round 3 (77)

Ya, saya ingat tatapan mata itu. Saya ingat ekspresi ini. Saya melihat ekspresi seperti ini ketika pada tahun 2011, disaat saya masih bekerja di tv local dan meliput event Final kejurnas slalom yang dimana Demas Agil berjuang dengan M. Hermawan untuk keluar sebagai juara umum. Dan wajah ini saya temukan ketika dia duduk sendirian di paddocknya sambil mendengarkan ocehan mc tentang satu persatu pembalap yang sedang turun di heat terakhir. Dan si Demas pun tak mau diwawancarai ataupun ditemani. Just leave me alone…I think. Tapi hasilnya….dia keluar sebagai yang tercepat dan juara umum slalom tahun 2011.

IMG_7124

Setelah slalom dan drifting, kini Demas pun mencoba keberuntungannya di motorsport yang tidak menyediakan track selain jalan lempeng sejauh 402 meter saja. Ternyata tunggangan terbarunya untuk bertarung di arena drifting tahun 2013 ini berhasil mengantarkannya ke podium ke- 3  di kelas bracket 13 detik dengan Mesin V8 1UZ Turbonya. (13.051 detik)

sentul darg 2013 round 3 (74)

Memasuki di kelas bracket 13 hingga 12 detik, beberapa monster all motor pun mulai memasuki area waiting zone un tuk melakukan start

sentul darg 2013 round 3 (73)

Salah satunya adalah all motor dari kota Pekanbaru, yaitu The Baby Steve Garage EG6.

sentul darg 2013 round 3 (109)Engine sendiri B20  dengan full spec for drag race. Skunk2 pro2 cam, 12.5 supertech piston, eagle rod, skunk2 ported intake, and many more. Saya tidak tahu persis berapa hp mobil ini.

sentul darg 2013 round 3 (110)

Saya pun melihat Apid dari Supernova mengawal mobi ini selama mengikuti event drag race ini.

sentul darg 2013 round 3 (88)

Ini adalah new kids on the block di dunia persilatan all motor Honda di Indonesia, khususnya Sentul. Namun orang yang berada di balik one piece hood berwarna hijau itu adalah pemain lama yang juga membangun Hulk Supernova EG6.

sentul darg 2013 round 3 (16)

Hasilnya, The Baby mampu menjadi mengantarkan Steven Teo di podium ke-2 di kelas bracket 12 detik dengan best timenya 12.432 detik. Dan juga Angger Akbar di podium ke-5 di kelas yang sama dengan best timenya 12.733 detik. EG6 ini berhasil menyolong 2 podium di 5 besar dari gempuran Lancer Evo yang merajai di kelas ini.

sentul darg 2013 round 3 (43)

Lalu ada the hottest CRX  di Indonesia yang di besut oleh Ronald Kurniawan dari team Bule hanya mampu mencetak waktu 15.004 detik. Dan brake out dari kelas bracket 14 detik

Flash-AP-SPEED-EG6-qtt-51AP Speed EK4 with K20 Type R look so legit.

sentul darg 2013 round 3 (2)

Sementara Dyo Prasetio dari Lampung harus rela tidak mengikuti heat ke-2 karena brake out di kelas di kelas bracket 15 detik dengan catatan waktunya 16.492 detik

flash ap speed eg6 race day (57)

Sementara Anggoro Oyod harus puas duduk di posisi ke-8 dengan best timenya 13.223 detik di kelas bracket 13 detik.

sentul darg 2013 round 3 (93)

Ebel dari team Wisesa Motorsport pun muali memasuki garis start bersama Skunk2 nya.

sentul darg 2013 round 3 (94)

EG6 yang sudah full tubular chassis ini pun hanya berhasil mencetak best time 12.956 detik, yang hanya mampu mengantarkan Ebel di posisi ke-9 di kelas bracket 12 detik.

sentul darg 2013 round 3 (54)

EG6 ini merupakan proyek terbaru dari Wisesa Motorsport Jakarta, jadi pada saat event kemaren merupakan 1st debutnya di track. Banyak yang masih harus di riset, namun yang paling penting adalah tubular chassis nya bekerja dengan baik. Yaitu mobil jalannya lurus. Tapi menurut Yose dari Wisesa Motorsport ada beberapa hal yang perlu diperbaiki yaitu ban belakang posisinya toe nya posisinya masih out (+ chamber), dan ban depan kanan masih mundur. Enginenya sendiri belum mendapatkan setingan yang pas untuk 1st debutnya kali itu. Maklum ini masuk ke dalam urusan power to weight ratio.

sentul darg 2013 round 3 (87)

Sementara back in black The Predator Wisesa EG6, pada 2 seri di awal absen, pada round 3 ini hanya berhasil menduduki peringkat ke 8 yang diraih oleh Hendra Wisesa dengan best timenya 12.765 detik. Padahal rekor nasional 402m untuk all motor class dipegang oleh Predator dengan best timenya 12.142 detik.

sentul darg 2013 round 3 (53)Sama seperti nasib Skunk 2, sepertinya para mekanik di Wisesa harus kembali ke laptop dan ke meja operasi untuk me-retune si mosnter ini hingga ketemu setingan yang pas.

Flash-AP-SPEED-EG6-qtt-40

Sementara Rian AP Speed yang harus berjuang dengan dogbox gearbox hanya mampu mencetak waktu 13.213 detik dan menduduki peringkat ke-13 di kelas bracket 12 detik. Sementara rekan satu timnya M. Herdy berhasil membawa flash ini berlari dan menyentuh waktu yang sama dengan The Predator Wisesa EG6 yaitu 12.765 detik, dan menduduki peringkat ke-7 di 1st debut the Flash ini.

sentul darg 2013 round 3 (99)

The Mobydick Progressive  EG6 yang berhasil mencetak best time 13.186 detik dan membuat Cokorda Rai terlempar dari kelas bracket 12 detik.

sentul darg 2013 round 3 (80)

Sementara Welliem Surya pemilik dari EG6 B20T ini hanya mampu mencetak waktu 13.724 detik di kelas bracket 13 detik. Sementara rekan satu timnya Ronny Sulistyo memperoleh waktu yang lebih baik yaitu 13.792 detik.

sentul darg 2013 round 3 (4)

Dani Darmawan dari team BL Racing Bandung yang biasanya saya lihat dari seri 1 hingga ke-2 selalu mengalami engine trouble kali ini bisa mengikuti event ini dengan mulus tanpa ada kendala pada enginenya.

sentul darg 2013 round 3 (68)

Bukannya masalah engine sudah ok berarti tak ada masalah lagi. Tapi yang saya dan Anda lihat disini malah masalahnya jauh lebih parah, yaitu safety.  Sekitar 200 meter lepas dari garis start, mendadak hood EG6 ini terbuka dan menutupi pandangan drivernya yang mungkin pada saat itu sedang semangat 45 mengoper gigi dari 2 ke-3.

sentul darg 2013 round 3 (69)

Beberapa detik setelah hoodnya menutupi kaca depan, sang pembalappun langsung melepas gas untuk mengurangi kecepatan. Anda bisa melihat disini bagaimana pembalap di line sebelah balapan sambil memandang kea rah EG6 ini. Untung saja dia tidak mengeluarkan HP nya untuk memphotonya.

sentul darg 2013 round 3 (70)

Jika di initial D ada yang namanya blind attack dengan mematikan headlights sewaktu menyalip di hari, maka kalo di Indonesia blind attacknya dilakukan di siang hari dengan kaca depan yang tertutup oleh hood.lol. Dan menurut saya hal ini perlu diperhatikan oleh setiap mekanik untuk mengecek hoodnya apakah sudah rapat dan kuat tertutupnya sebelum meninggalkan pit.

sentul darg 2013 round 3 (143)

Jika EG6 tadi belum juga cukup dengan aksi blind attacknya, maka kali ini ada yang lebih gila lagi yang dilakukan oleh Arie W. dari Yans Speed dengan Daihatsu Charade nya. Walaupun wong kentir ini mencetak waktu 17.830 detik. Namun saya melihat si Arie tidak mengurangi kecepatan mobilnya, malah terlihat seperti orang balapan walaupun kaca depannya tertutup hood. Cuku sudah saya melihat tragedy seperti ini yang menimpa Tunjung dari Ntup Surabaya yang mobilnya keluar dari arena dan menabrak keras mobil yang parker di samping track. Hingga akhirnya menyebkan drivernya meninggal dunia. Enough is enough.

sentul darg 2013 round 3 (72)

Satu-satunya mobil team Polomas yang turun pada saat itu adalah Honda Civic EK atau Ferio berwarna putih yang basically akan digunakan untuk balap touring oleh Danang sang Owner. Namun untuk mencoba performance mesin B16nya, Fozy Sondakh yang merupakan adik dari tuner  Alfred Polomas, mencoba nya di lintasan 402 meter. Namun Ferio ini harus terlempar keluar atau brake out di kelas 13 detik, karena hanya mencetak waktu 14.244 detik.

sentul darg 2013 round 3 (67)

Wakil dari BL Racing Bandung, ada Honda Civic Ferio yang turun di kelas bracket 13 detik. Namun sayang ke-2 pembalapnya terlempar dari kelas ini karena break out. Best time dari Ferio ini adalah 14.111 detik yang dicetak oleh Henry

sentul darg 2013 round 3 (96)

Budi  Sapto Wibowo dari team 234 SC Jakarta dengan KE70 ini hanya mampu mencetak waktu 14.463 detik. Jauh dari podium di kelas bracket 13 detik.

sentul darg 2013 round 3 (142)

Kini anda tahu kenapa ban slick di rod belakangnya segede gaban dengan garden yang cukup pendek. Yaitu dat 3SGTE engine.

sentul darg 2013 round 3 (48)

Ada juga beberapa mobil yang cukup rare mengikuti round 3 kali ini yaitu Toyota Levin atau Trueno AE101. Saya tidak tahu berapa waktu yang cetak oleh mesin 4AGE 20 valves standart untuk track 402 meter ini.

sentul darg 2013 round 3 (6)

Baru kali ini saya melihat ada Biem yang ikut, dan kali ini Aditya Brata Prahara membawa E36 nya ke Sentul dan berhasil mencetak waktu 15.084 detik di kelas bracket 15 detik. Saya memang tidak melihat under the hoodnya, tapi kalo saya tidak salah mungkin ada 1JZ atau RB engine series di balik hoodnya. Ya maafkan saya kalo saya salah.

sentul darg 2013 round 3 (118)

Masuk di kelas bracket 13, 12, dan FFA yang dimana mobil sedan AWD turbo yang merajai di kelas yang sudah masuk dalam hitungan kelas hardcore ini. Dimana The fastest NA FWD mulai bertarung dengan mesin force induction AWD.

sentul darg 2013 round 3 (120)

Sementara Dayat dari team Abunawas feat. Shift feat KM racing berhasil mencetak waktu 10.6 detik di kelas FFA dengan Epo III bertenaga 638 whp.

sentul darg 2013 round 3 (127)

A. Yuhyi Syahna dari team Sigma Speed Jakarta berhasil menembus waktu 11.417 detik, dan berhasil meraih podium ke-2 kelas FFA atau Free For All.

sentul darg 2013 round 3 (119)

Bahkan saking cepatnya ini mobil, pipa exhaustnya sampai copot.

sentul darg 2013 round 3 (10)

Saya tidak tahu dengan hasil Epo III dari team Red Onion ini, jika pada seri ke-2 mereka berhasil keluar sebagai juara ke-4 di kelas bracket 13 detik. Makan untuk kali ini team ini tak ada dalam hasil lomba dari panitia. Aneh.

sentul darg 2013 round 3 (133)

Rahsyd dari team Pro Drag Racing berhasil mencetak waktu 13.230 detik dan hanya mampu bertengger di posisi ke 10 di kelas bracket 13 detik.

sentul darg 2013 round 3 (5)

Dari team Ketombe Jakarta dengan Evo IV  dan Faiz Akhdan berhasil mencetak waktu 13.831 detik. Tapi belum cukup cepat untuk bisa masuk ke lima besar di kelas bracket 13 detik, Faiz hanya mampu bertengger di posisi ke-17.

sentul darg 2013 round 3 (84)

Di kelas bracket 12 detik yampak persaingan memanas antara 2 Evo ini. Yaitu Aditya Dimas dari team UC dengan Evo IV GSR berwarna silver dengan Willy Wijaya dari team Wisesa Motorsport dengan Evo IX berwarna hitam yang akhirnya dimenangkan oleh Willy dengan best timenya 12.491 detik. Dan duduk di podium ke 3. Sementara Aditya harus puas duduk diperingkat ke-6 dengan best timenya 12.499 detik.

sentul darg 2013 round 3 (90)

Meet Antony dari team Tons Garage Wisesa yang merupakan peserta paling jauh yang datang sambil membawa Evo IX nya dari kota Medan

sentul darg 2013 round 3 (101)

And his totally kill those tires….

sentul darg 2013 round 3 (42)

Hasilnya,Antony hanya mampu mencetak waktu 12.803 detik membuatnya duduk diperingkat ke 11 di kelas bracket 12 detik. Sementara rekan satu teamnya Ronny berada 1 tingkat diatasnya, yaitu posisi ke 10 dengan best timenya 12.681 detik.

sentul darg 2013 round 3 (81)

Jika kita chit chat mengenai dunia force induction, tak selama si keong racun ini didominasi oleh kendaraan AWD. Bahkan mobil FWD pun juga bisa bersaing, namun tetap kembali ke masalah basic atau penyakit lamanya, yaitu over power dan tak bisa mendapatkan traksi karena hanya mengandalkan front tires saja. Tapi ada Yulfiardi GSS Engineering-MDC dengan Toyota Starletnya berjuang melawan monsta AWD Epo. Hasilnya Yulfiardi berhasil mencetak waktu 13.255 detik dan bertengger di posisi ke 11 di kelas bracket 13 detik.

sentul darg 2013 round 3 (95)Stanley Oen Toro dari team Firna Rangers dengan Epo III berhasil keluar sebagai yang tercepat dan juara 1 di kelas bracket 12 detik dengan mencetak waktu tercepatnya 12.193 detik

sentul darg 2013 round 3 (66)Sementara Wisnu Triambodo dari team Engine+ dengan Evo VIII nya terpaksa harus angkat kaki karena brake out dari kelas 13 detik. Catatan waktunya adalah 12.842 detik, Sementara Ferdinanto rekan satu teamnya  yang berada di EG6 putih berhasil keluar sebagai juara ke-3 dengan catatan waktunya 14.1.

sentul darg 2013 round 3 (14)

Sementara pejuang FWD turbo di kelas bracket 12 detik, Vidi dari team CPNK dengan Toyota Corona bermesin 3SGTE berjuang keras melawan Epo AWD di lintasan sebelahnya.

sentul darg 2013 round 3 (137)

Dengan high boost dan juga bunyi anti lag yang terdengar seperti meriam ketika mobil ini start hingga shifting, Vidi hanya mampu duduk di posisi ke 12 dengan best timenya 12.759 detik dengan  504,3  whp 3SGTEnya.

sentul darg 2013 round 3 (132)

Toyota Corolla AE111 ini merupakan clan Toyota tersukses pada event kali ini. Mobil hasil racikan dari Rev Engineering ini mampu membantai dominasi  Evo dan juga Honda di kelas bracket 13 detik. Hasilnya podium ke 3 di kelas bracket 13 detik berhasil diraih oleh M. Imam Satya Nugraha dengan catatan waktunya 13.259 detik. Sementara rekan satu teamnya Frans H.M juga berhasil menduduki posisi ke-5 dengan catatan waktunya 13.170.

sentul darg 2013 round 3 (103)

The one and only pejuang pick-up dan diesel power yang mencoba peruntungan di kelas neraka bracket 12 detik adalah Liliek Pujiwahyana dari team Kingkong dengan Toyota Hilux nya. Begitu start, mobil ini langsung goyang dombret atau going sideways hingga beberapa meter dari garis start, lalu setelah itu NOS ditembakkan sehingga membuat Hi lux ini terlihat seperti seekor cumi-cumi yang sedang lari. Sayangnya Liliek brake out di kelas 12 detik dengan catatan waktunya 13.491 detik.

sentul darg 2013 round 3 (112)

Yang membuat saya hari itu tambah orgasme adalah ketika sebuah Nissan Skyline R32 GT-R ini memacu mesin RB26 nya di lintasan sepanjang 402 meter ini.

sentul darg 2013 round 3 (113)

Saya kira ini adalah R32 nya si Sonic, the 1st Godzill knight in Indonesia, tapi ternyata bukan. Sayangnya saya tidak tahu siapa pemilik si Sukairain ini dan juga catatan waktunya. Yang jelas saya adalah fans berat atau katakanlah maniac Sukairain. Terutama KGC10, R32, dan R34. Well i really hope Sonic will come back again with his R32 or else.

sentul darg 2013 round 3 (122)

R35 tidak masuk dalam list saya, karena I don’t know, saya melihat mobil ini sama seperti melihat sebuah robot gundam daripada sebuah mobil. Tak ada lagi celetukan Amu atau Sasuke di Initial D, Pantat besar, hidung besar 500tenaga kuda, dan sayap besar. Hanya mobil yang lahir di era 90’s hingga awal 2000an lah yang memilik bentuk body seperti itu, dan abadi.

sentul darg 2013 round 3 (51)

Tapi jika Anda di Indonesia, Anda harus stay away from this GT-R yang bernama The Tiger atau kalo saya menyebutnya Tiga (baca Tyga). The most madness GT-R in Indonesia, tentu saja setelah si Sonic mengandangkan monster 1100 dk R32 nya di kandangnya.

sentul darg 2013 round 3 (114)

The Tiger milik H. Dadang yang kali ini menggunakan all brand new engine parts ini hanya mampu mencetak waktu 10.481 detik. Walaupun masih keluar sebagai juara 1 di FFA pada event kali ini, namun timer 10.481 bukanlah yang diharapkan oleh Pak Haji.

sentul darg 2013 round 3 (116)

He want to go to 9 second or 9 second less. Kenapa? Karena jika dia sudah bisa masuk ke area 9 detik atau setidaknya 9,7 atau less. Maka itu adalah green light dan golden ticketnya untuk bisa kembali bertarung di Sepang drag race pada 24 november 2013 ini. Karena perbedaan antara 0,5 detik hingga 1 detik (lebih cepat di Sepang). Main problem dari si Tiga ini adalah set up suspension dan bodynya, bukan enginenya yang sudah 865 whp. Karena saya melihat dan Pak Haji juga merasa GTR ini ketika di shifting atau oper gigi, badanya terutama rear wheel nya tidak mendapatkan traksi hingga membuatnya goyang dombret. Dan akhirnya rencana Tiga kembali ke Sepang dan acarasaya untuk pusing-pusing Sepang dibatalkan.

sentul darg 2013 round 3 (123)

Setalah pada round 2 Jun Engine+ CT9A turun bersama Tiga dan  terjadi miss gear pada 2 ke-3 sehingga menyebabkan engine meraung hingga 11.700 rpm. Akhinya pada round 3 ini saya bisa kembali melihat monsta Evo IX ini berlari di track 402 meter.

sentul darg 2013 round 3 (124)

Namun ketika si Jun ini masuk ke area sekitar 200m hingga 250 m dari garis start. Tiba-tiba dari balik hood nya menyembul asap putih ketika posisi perpindahan dari 2nd gear ke 3rd gear pada 10.000 rpm.

sentul darg 2013 round 3 (125)

Dan mendadak track ini menjadi kabut tertutup asap putih yang keluar dari balik hood CT9A itu. Walaupun finish dalam posisi berasap dan tidak dalam top speednya, namun waktu yang dicetak oleh Luckas adalah 10.176 detik. Awesome ! Watchout Tiga, here come’s a new challenger.

sentul darg 2013 round 3 (38)Setelah kejadian itu, beberapa saat kemudian saya menghampiri pit Engine+ yang terletak dekat dengan poidum untuk melihat keadaan si Jun ini. Nampaknya dia baik-baik saja, tak ada masalah.

sentul darg 2013 round 3 (139)

Engine bay dan 869 hp  JUN 4G63T 2.2 liter nya juga terlihat sangat teramat bersih untuk sebuah race car atau mobil yang baru saja berubah menjadi mesin penyemprot hama atau demam berdarah..fogging. It’s seem everything it’s under control.

sentul darg 2013 round 3 (138)

There’s no hole in the head cylinder, but a big and hella hole in the short block. Anda bisa melihat sendiri Jun beam nya muncul di mesin yang mampu di oper hingga 10.500 rpm dengan boost sekitar 3 bar yang diatur oleh Haltech ecu. Saya yakin, apabila Evo yang memakai Jun engine, Special order Garret turbo, dan juga Pziftner gearbox bisa mencetak waktu under 10 second.

sentul darg 2013 round 3 (102)

Well, I’ll be waiting for the next round and for the ultimate monster ET.

sentul darg 2013 round 3 (121)Keep tuning guys !

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

 

Comments

comments!