SPEEDFREAK : PAHLAWAN RUN

1066

speedfreak surabaya pahlawan run (23)

Bangun kelewat pagi-pagi dengan bunyi alarm yang cetar membahana, lalu mandi pagi dengan separuh nyawa, dan akhirnya berada di dalam Subaru Impreza WRX GDV dengan setengah badan keluar jendela dan memburu monsta Sport car Japan dalam Speedfreak, seperti WRX STI, RX8, R35, dan Akhirnya my fav. One R34. Membuat nyawa saya kembali full, dan juga hati dan jantung saya sehat kembali karena berpacu dalam melodi boxer engine.

speedfreak surabaya pahlawan run (5)

Sekitar jam 6 pagi, lebih banyak, saya pun dijemput oleh Hando yang kali itu naik mobil kaum fashionista Range Rover Evouque. 30 menit kemudian kami pun tiba di sebuah gas station di kawasan east cost Surabaya. Tampak beberapa mobil dari Speedfreak sudah  hadir di pagi hari itu, seperti WRX STI GD, MX5, WRX GV, R35, RX8, Datsun 710 SSS, dan akhirnya R34.

speedfreak surabaya pahlawan run (3)

Salah satu new kid on the block saat itu adalah yang membawa  Subaru Impreza WRX STI GD nya yang diwrapping dengan warna biru muda dof, carbon hood and trunk, juga Work Emotion XT7 rims.

speedfreak surabaya pahlawan run (9)

Budi yang biasanya membawa Toyota MR2 MKII, kali ini membawa mainannya berupa sebuah oldschool box car racer call the Datsun

speedfreak surabaya pahlawan run (2)

Bukan sembarang your grandpa datsun, tapi Datsun 710 SSS violet 1973 dibaca triple S, yang konon katanya mbah mbah atau papa kita menjadi mobil masal tercepat di jaman mereka masih gejolak kawula muda.

speedfreak surabaya pahlawan run (7)

Mengapa menjadi yang tercepat dan idaman para orang tua kita di jamannnya?Simple, 109 hp 1.600 liter SOHC double carburetor sudah menjadi option resmi dari pabrikan ketika Anda membeli mobil ini dibandingkan dengan Corolla KE20, atau bahkan  Civic Life yang masih mengdaposi single carburetor

speedfreak surabaya pahlawan run (10)

Spion tanduk, eight spoke Formula rims, Brigstone Regno 325 tires, dan stripping ala muscle car. Membuat the Datsun ini seper mini muscle car from Japan.

speedfreak surabaya pahlawan run (4)

Tak ada KGC10 yang merupakan my fav. Old school box car racer, Speedfreak pun menghadirkan missing link di keluarga Sukairain dengan Datsun SSS. Yang akhirnya membuat evolusi Sportcar dari Datsun ke Nissan berjalan dengan sempurna. Dan sekali lagi I meet my true love, a Nissan Sukairain GT-R R34 V-Spec 2001.  Seperti kata Itsuke atau Amu, Pantat besar, hidung besar, sayap besar, dan 500 hp. I want my GT-R.

speedfreak surabaya pahlawan run (6)Hello R… say hi to your lil brother R35 HKS GT800.

speedfreak surabaya pahlawan run (8)

This is where the magic begin dan juga asal muasal gelar Godzilla didapatkan oleh Sukairan ini. Sebuah mesin RB26DETT yang sudah dilengkapi dengan Greddy T517Z, Greddy Intercooler, Greddy piping kit, Greddy air filter, Greddy exhaust system kit, HKS Fcon V-Pro, dam HKS EVC yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 400 whp.

speedfreak surabaya pahlawan run (11)

Acara morning run ini kebetulan di selenggarakan tepat pada hari Minggu, 10 November 2013, yang bertepatan dengan hari Pahlawan. Apalagi Speedfreak berada di kota Surabaya. Jadi kebetulan saja beberapa anggota SF warna mobilnya ada yang merah dan juga putih.

speedfreak surabaya pahlawan run (12)

Sekitar jam 7:30 pagi, rombongan SF pun mulai bergerak meninggalkan kawasan west cost menuju ke Kota Satelit ramp untuk menuju kearah Selatan kota Surabaya melalui jalan tol.

speedfreak surabaya pahlawan run (13)

Ini adalah kali ke-2 saya olahraga atau jogging pagi dengan sport car club yang hampir semua ownernya JDM freak. And the top of line atau the god of the god from all JDM car is this Godzilla Nissan Sukairain R34 GT-R. Bahkan anak kecil pun atau orang biasapun bisa melihat aura karisma dari mobil ini.

speedfreak surabaya pahlawan run (14)

Sementara penerus kesuksesan sang kakak, adalah Nissan GT-R R35 yang sudah tidak mendapatkan marga keluarga Sukairain lagi di akte kelahirannya. Tapi tetap mendapatkan mendapatkan kode kelahiran seperti kakak-kakaknya yang terdahulu, yaitu R.

speedfreak surabaya pahlawan run (15)

Mazda RX8 SE3P ini merupakan RX8 facelift terakhir yang beredar di Indonesia, dan bad news nya semua yang beredar adalah lazy rotary boys alias automatic transmission. Tapi the good news is, ada 2 eighto ini yang there pedals yang nyasara di Indonesia. Salah satunyanya adalah milik Madmike yang digunakan untuk drifting di kota Surabaya.

speedfreak surabaya pahlawan run (16)

Mazda MX5 yang merupakan roadster terlaris di seluruh dunia dan masih diproduksi hingga kini (gen 3), merupakan milik Taneka yang sudah di custom body kit hingga tampang depannya mirip dengan si “You know who” alias Valdemor si public enemy dalam Harry Potter.

speedfreak surabaya pahlawan run (17)

Jika biasanya sebuah Subaru terutama keluarga Impreza WRX identik dengan warna biru metaliknya, well mungkin GD ini ingin something new dan terlihat lebih legit dan dayum.

speedfreak surabaya pahlawan run (18)

Terhitung sekitar 2 Eighto yang mengikuti Pahlawan run ini, satu berwarna putih dan satu lagi berwarna merah. Keunggulan Eighto facelift ini dibandingkan Eighto versi terdahulunya adalah better cooling system, ada 3 oil coolernya untuk menghadapi penyakit lama mesin rotary di iklim tropis, yaitu over heat (namun tetap rakus oli, lama hanya 2 oil cooler). Ratio gigi lebih kecil, sehingga menyebabkan akselerasi lebih cepat sedikit, dan bagian transmisi atau gearbox ditambahi lapisan pendingin, sehingga kabinnya tidak panas.

speedfreak surabaya pahlawan run (19)

Salah satu the new kid on the block hari itu adalah Charlie yang mebawa Subaru Impreza WRX STI GV yang sudah di lengkapi dengan Invidia exhaust system..

speedfreak surabaya pahlawan run (20)

Hando yang biasanya naik BRZ dan saat ini sedang menanti 4 series Msport nya, terpaksa harus berada di barisan paling belakang dengan Evouque nya.speedfreak surabaya pahlawan run (21)

Left or right guys? Jangan yang dibelakangnya Evoque atau Inova.lol. Saya pribadi dan mungkin jutaan speedfreak di seluruh dunia jua diadakan polling tidak resmi tanpa adanya pemilu pun pasti menetapkan R34 menjadi presiden dari clan keluarga R. Meskipun R35 jauh lebih canggih, dan sangat teramat mudah untuk di dinaikkan horse powa nya.

speedfreak surabaya pahlawan run (22)

Namun tak ada yang dapat mengalahkan Kharisma dari mobil kelahiran tahun 2001 ini. Saya selalu dan sering bermimpi sayalah orang yang berada di mobil itu. Tengah malam, deep house mp3, 2nd gear, 3rd gear, blow of madness, 4th gear, 5th gear, 6th gear, 300 km/hour, and I feel so damn alive.

speedfreak surabaya pahlawan run (24)

Bentuk, performance, aura, dan kahrisma yang keluar dari generasi ke- dari keluarga Sukairain ini. Membuat nya menjadi Gojira atau Godzilla  dalam rantai makanan di antara JDM car lainnya selain musuh bebuyutannya yaitu Toyota “monster” Supra JZA80 MKIV dan juga NSX NA2.

speedfreak surabaya pahlawan run (25)

Saya pun tak tahan untuk mengabdikan scene ini, mencari cara bagaimana saya serasa di Wangan atau Yokohama Express bersama Gojira ini. Mengingat, iki Suroboyo Cuk (ini Suroboyo cuk)

speedfreak surabaya pahlawan run (26)

Memasuki Waru ramp, beberapa mobil di barisan belakang sudah mulai flat our atau full throttle maju ke barisan depan. Salah satunya adalah WRX STI berwarna biru yang mulai membuntuti si Gojira.

speedfreak surabaya pahlawan run (30)

Saya yang kali itu bersama Kevin dengan Impreza WRX nya pun berusaha mengikuti WRX STI GD yang mencoba mengejar inline 6 2.6 Lt twin turbo dengan boxer engine. Saya dan Kevin pun berhasil di punch oleh boxer engine selama run tersebut hingga 180 km/jam. Boxer just punched in ya !

speedfreak surabaya pahlawan run (28)

Melihat para boxer engine  dan rotary power berhamburan berusaha mengejar R34, Iwan dengan HKS GT800 nya pun berusaha mencari celah untuk mengejar rombongan di depan. Lewat kanan, kiri atau bahkan bahu jalan pun disikat sama pria yang pernah juara tarung bebas di Thailand ini (sejenis UFC)

speedfreak surabaya pahlawan run (29)

Hingga akhirnya dia melesat seorang diri di depan.

speedfreak surabaya pahlawan run (32)

Tibalah kami di end of the road dari Juanda highway. Rombongan pun beristirahat di bahu jalan.

speedfreak surabaya pahlawan run (35)

Inilah WRX  yang saya tumpangi tadi milik si Kevin. Saya piker banyak yang harus re tune dari WRX ini supaya perfourmancenya lebih ninju. Salah satunya adalah air fuel rationya, dan juga doping extra berupa aftermarket ecu atau piggyback.

speedfreak surabaya pahlawan run (31)

Aaaahhhhhh….Sukairain. Hati saya langsung lemas jika melihat mobil ini, namun otak saya langsung horny atau orgasme ketika melihat mobil ini. Inilah kenapa mobil ini mendapatkan nama Skyline. Sky and line. lol

speedfreak surabaya pahlawan run (34)

Untuk menunjang performance dari mesin 400 whp RB26DETT ini , pada sector rolling stocknya memakai Tein coilover, TE37 SL 18×9,5 off +22 yang di wrapping dengan Advan Neova AD08. Dan juga seperangkat Endless 6 pot brake kit system. speedfreak surabaya pahlawan run (33)

Say hello to Nyonk Fujiwara or Mr. Nyonk O’Connor . Seumur hidup saya nanti saya akan terus memburu Gojira atau Sukairainini. Hal ini sudah menjadi obsesi saya semenjak pertama kali melihat mobil ini dan membuat media online 3 tahun yang lalu. Dan saya hanya berpose seperti ini atau Takumi Style hanya pada 2 mobil saja, yaitu Sukairain dan AE86 atau Hachiroku. Sukairain and Hachiroku is the car of my life.

speedfreak surabaya pahlawan run (36)

Jadi tak ada salahnya jika pada the end of this morning run atau arah pulang dari Juanda ke kota, saya nebeng di R34. Yang bisa saya lakukan di mobil ini hanya duduk, ,memphoto dari dalam, dan enjoy the 400 whp with twin turbo whistle.

speedfreak surabaya pahlawan run (40)

Seperti biasa, keadaan pulangnya sedikit chaos dengan Kevin yang mengendarai WRX merah yang pada awalnya jadi media car, kini berubah menjadi track car. Kevin pun memburu Godzilla Iwan di depannya di ikuti oleh RX8.

speedfreak surabaya pahlawan run (42)

Saya pun merasakan seperti sedang bermain di video game bernama Wangan Midnight Maximum Tune yang sedang race di New belt in course dan pada siang hari lengkap dengan truck dimana-mana.

speedfreak surabaya pahlawan run (39)

Biasanya saya hanya melihat speedometer ini di video game dengan angka rpm dan kilometernya yang sudah tegang. Tapi kali ini saya berada di dalam mobil sungguhannya, dan sedang in chasse mode atau mode mengejar in full throttle. Rekor pada hari itu, Dazz sang owner menyentuhkan hingga 230 km/jam mengingat traffic yang cukup ramai. Sedangkan rekor Dazz memacu R ini adalah 280 km/jam.

speedfreak surabaya pahlawan run (38)

Bring it on Dazz…Dan akhirnya saya pun skylinegasme atau orgasme pada 230 km/jam

speedfreak surabaya pahlawan run (41)

Nyonk, are you Rgasme bro? yes I’m.. a hella big Rgasme.

speedfreak surabaya pahlawan run (43)

Kami pun keluar dari jalan tol di pintu tol kota Satelit, lalu melanjutkan menuju sebuah restaurant di tengah kota Surabaya.

speedfreak surabaya pahlawan run (44)

Lalu tibalah kami di sebuah restaurant yang letaknya sekitar 400 meter dari Monumen tugu Pahlawan kota Surabaya.

speedfreak surabaya pahlawan run (47)

Dari 10 mobil yang berangkat, hanya 6 mobi yang tiba hingga finish. Di karenakan ini Sunday morning, jadi banyak anggota yang tidak bisa ikut atau pun ada acara keluarga lainnya. Kami pun berkumpul bersama bercerita tentang the joy of run yang barusan kami lakukan.

speedfreak surabaya pahlawan run (46)

Dan untuk sarapannya, saya memilih Song mie. Mungkin bisa jadi yang membuat mie ini sambil bernyanyi, makanya dinamakan song mie. lol

speedfreak surabaya pahlawan run (48)

So here they are..the Speedfreak Surabaya. The JDM as a fuck boys.

speedfreak surabaya pahlawan run

See you again R…

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

*Like us on our facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

Comments

comments!