G5 BROTHERHOOD : SUROBOYO HEROES DAY

1446

g5 suroboyo heroes day (21)

Surabaya, kota terbesar nomor 2 se Indonesia raya, kota paling hommy atau human friendly, kota paling panas sepanas ladies-ladiesnya, kota nya buaya darat, kotanya para bonek, kota permisuhan atau umpatan dari pecel pincuk hingga seluruh bonbin (kebun binatang) hewannya keluar semua, dan lain-lain. Tapi apapun julukan untuk kota yang terletak di pesisir utara pulau Jawa bagian Timur ini, kota perjuangan atau lebih tepatnya adalah kota Pahlawan. Tak ada yang melawan para penjajah dengan hardcore dan bonek selain para arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan kota Surabaya. 68 tahun kemudian, G5 Brotherhood dan YCS (Yaris Club Surabaya) memperingati hari dimana para arek-arek Suroboyo berhasil  mengalahkan Penjajah dan sekutunya dengan berkonvoi keliling kota Surabaya dalam rangka memperingati  Hari Pahlawan.

g5 suroboyo heroes day (3)

Sekitar jam 11 siang saya pun diajak ke sebuah area di Surabaya yang berisi 4 buah SMA, jadi namakan area ini SMA komplek. Dimana sekitar 33 mobil dari anggota G5 Brotherhood Surabaya dan 5 Toyota Yaris dari Yaris Club Surabaya

g5 suroboyo heroes day (2)

Beberapa anggota yang sudah datang langsung memasang beberapa sticker di body mobil mereka  sebagai tanda mereka adalah peserta konvoi hari pahlawan ini.

g5 suroboyo heroes day (46)

Ide untuk konvoi di hari Pahlawan ini sebenarnya sudah cukup lama munculnya yaitu tahun lalu. Jadi baru tahun ini G5 Brotherhood membuatnya menjadi nyata.

g5 suroboyo heroes day

Persiapannya sendiri memakan waktu 1 bulan, dan dilakukan dengan penuh antusias oleh seluruh para anggota G5 Brotherhood Surabaya.

g5 suroboyo heroes day (7)

Sekitar jam 1 siang, early briefing pun diadakan oleh ketua panitia untuk mengumumkan aturan mainnya dalam konvoi keliling kota hari ini, dan do and don’t nya.

g5 suroboyo heroes day (5)

G5 Brotherhood sendiri merupakan sebuah club mobil terbesar di kota Surabaya. Anggotanya sendiri mencapai sekitar dan juga merupakan club ter eksis di kota Pahlawan ini. Hampir setiap event automotive selalu di ikuti club yang berdiri 3 tahun yang lalu.

g5 suroboyo heroes day (6)

Aga yang bertugas sebagai ketua G5 dan juga  ketua panitia pada event kali itu memberikan early briefing yang telah dipersiapkannya selama 1 bulan lamanya mengenai rute dan aturan main konvoi kali ini.

g5 suroboyo heroes day (4)

The do and don’t nya

g5 suroboyo heroes day (9)

Setelah berdoa, G5 dan YCS pun melakukan tos bersama sebagai tanda semangat dan kekompakkan 2 club ini melakukan konvoi pada hari ini.

g5 suroboyo heroes day (10)

Menempati pole position dalam konvoi pada hari Pahlawan ini adalah Yaris Club Surabaya.

g5 suroboyo heroes day (11)

Lalu di ikuti oleh G5 Brootherhood. Saya tidak tahu rasanya mengendarai Volkswagens open car  seperti ini di siang hari di kota Surabaya. Yang jelas pasti si penumpang dan pengemudinya serasa berasa di oven.

g5 suroboyo heroes day (12)

Selain dibantu oleh patwal Polisi. Beberapa anggota G5 juga mengawal konvoi itu dengan menggunakan Moge seperti R1, Ninja 250,  dan Ducati.

g5 suroboyo heroes day (13)

Rombongan pun mulai meninggalkan SMA kompleks, dan beberapa saat kemudian di sekitar area Monkasel atau Monumen kapal selam, rombongan pun mulai menghadapi macetnya kota Surabaya. Monumen kapal selam itu adalah Kapal selam yang bernama KRI Pasopati dan pernah digunakan oleh AL untuk ikut merebut Irian barat (Irian jaya) atau operasi Trikora.

g5 suroboyo heroes day (14)

Setelah terlepas dari kemacetan di daerah Monkasel, rombongan pun melanjutkan konvoi hari itu melewati jalan Sudirman yang terdapat monument Bambu Runcing.

g5 suroboyo heroes day (15)

Lalu belok keaarah kanan, menuju kejalan Basuki Rahmad. Selain Toyota Yaris, kendaraan yang mendominasi di club G5 adalah GE8 yang hampir semuanya pernah merasakan drag strip di Kenjeran.

g5 suroboyo heroes day (16)

Terkecuali Volkswagen satu ini, mereka didalamnya harus merasakan panasnya kota Surabaya.

g5 suroboyo heroes day (17)

But, im sure they still can handle it. Because they are showrockboyo boys.

g5 suroboyo heroes day (18)

Kami pun berjalan menuju ke arah tugu Pahlawan melewati jalan Embong Malang, Blauran, lalu masuk ke arah Bubutan. Jalan pun tampak lengang.

g5 suroboyo heroes day (19)

Hingga bagkan kami menjadi penguasa jalan itu. Yaris Club Surabaya yang pada hari itu membawa sekitar 5 anggotanya juga membawa salah satu maskot atau jagoanya.

g5 suroboyo heroes day (24)

Yaitu sebuah Yaris yang sudah di modif dengan sedikit penambahan lemak dan juga face lift dengan tail lightsnya Toyota Fortuner. Terlihat seperti wanita Jepang, yang matanya bunder seer.

g5 suroboyo heroes day (21)

Kami pun akhirnya melewati tugu setinggi 41,15 m yang diresmikan oleh Presiden RI yang 1, Soekarno pada 10 November 1952, yang dibuat  untuk mengenang jiwa patriotisme arek-arek Suroboyo yang dengan gagah berani dang a taek-taekan berjuang melawan Belanda dan sekutunya pada 10 November 1945.

g5 suroboyo heroes day (27)

Lanjut dari Tugu Pahlawan kami pun menyisiri Kalimas, dan  akhirnya bertemu dengan sebuah jembatan yang terkenal di seluruh Indonesia dan kental dengan hari Pahlawan, yaitu Jembatan merah.

g5 suroboyo heroes day (28)

Dari Jembatan merah kamipun mulai menyusuri kota tua Surabaya yang menjadi saksi bisu pertempuran 10 November 1945, dimana kota Surabaya di bombardier dari darat, laut, dan udara. Kami pun mulai memasuki area depan kantor Gubernur yang temptanya persis menghadap ke monument Tugu Pahlwan. Dan terkadi kemacetan yang cukup parah disini. Saya pun memutuskan turun dari mobil dan berlari sekitar 200 meter untuk melihat apa yang sedang terjadi disana.

g5 suroboyo heroes day (30)

Ternyata ada beberapa persiapan yang dilakukan oleh pemerintah kota Surabaya untuk memperingati Hari Pahlawan, diantaranya adalah parade hari pahlawan yang diikuti oleh sekolah-sekolah, seniman, dan tentu saja para Tentara Nasional Indonesia atau ABRI.

g5 suroboyo heroes day (34)

Tank nya pun sudah berjejer rapi, siap untuk berparade keliling kota Surabaya. Karena saking panasnya cuaca Surabaya pada hari itu, pihak pemerintak Kota Surabaya sampai mendatangkan truck tngki berisi air untuk menyiram jalan di tempat yang digunakan untuk start parade hari Pahlawan.

g5 suroboyo heroes day (35)

Ah ada tentara jadul. Jika dulu dia berjuang menggunakan bambu runcing, maka sekarang menggunakan sebuah SLR. Lol. Saya sendiri mencari-cari para veteran perang, tapi saya tidak menemukannya.

g5 suroboyo heroes day (32)

Acara parade atau konvoi ini merupakan acara tahunan yang diadakan setiap tahunnya di kota Surabaya untuk memperingati hari Pahlawan. Yang sudah menjadi tradisi setiap tanggal 10 November, masyarakat kota Surabaya pun memenuhi sepanjang jalan trotoar kota Surabaya untuk menyaksikan parade.

g5 suroboyo heroes day (36)

Akhirnya setelah sekitar 15 menit kami terjebak di kemacetan Tugu Pahlawan, rombongan pun melanjutkan kembali perjalanannya menuju ke tengah kota Surabaya baru.

g5 suroboyo heroes day (38)

Saya tidak bohongkan kalo panasnya kota Surabaya juara se Indonesia raya, 37 derajat celcius.

g5 suroboyo heroes day (37)

Sepanjang jalan rombongn G5 dan YCS pun menjadi tontonan para masyarakat kota Surabaya yang sudah stand by menempati posisi masing-masing di sepanjang jalan utama kota Surabaya. Rencananya sekitar jam 2 siang, parade atau konvoi akan dimulai dari Tugu pahlawan. Kami pun mulai memasuki Jalan Tunjungan yang terkenal ini.

g5 suroboyo heroes day (39)

Lalu melewati Hotel Majapahit yang dulunya bernama Hotel Oranje dan Hotel Yamamoto, tempat dimana aksi heroik arek-arek Suroboyo  pada 19 September 1945  yang dinamakan insiden bendera yaitu dengan merobek warna biru pada bendera Belanda hingga yang tertinggal hanya warna merah dan putih.

g5 suroboyo heroes day (40)

Beberapa siswa yang sudah didandani dengan pakaian adat Jawa tImur pun tampak sudah stand by untuk pagelaran siang hari itu di depan hotel Majapahit.

g5 suroboyo heroes day (41)

Hotel Majapahit merupakan hotel yang sangat legendaries di Indonesia bahkan duni ini dibangun pada tahun 1910. Saking terkenal dan legendarisnya, grand opening hotel ini pernah dihadiri oleh Charlie Chaplin. Hotel ini juga mempunyai sebuah kamar  Presidential Suites seharga Rp 25 juta semalam. LIKE A BOSS.

g5 suroboyo heroes day (43)

Kapan terakhir kalinya Anda bergetar mendengar dan melihat sang saka Merah Putih? Kemaren, tahun lalu, waktu sekolah dulu, atau tidak pernah sama sekali. Saya akui kadang kita khilaf dengan sang saka Merah putih ini, terlalu sibuk dengan urusan kita masing-masing. Tapi setidaknya saya dan Anda bangga menjadi bangsa Indonesia ditengah carut marutnya. Hati saya pernah bergetar ketika melihat bendera Indonesia sewaktu liputan di Singapore dan Sepang Circuit Malaysia. Jiwa Patriotisme saya langsung high rev.

g5 suroboyo heroes day (42)

Aga, tak henti-hentinya memonitoring pergerakan teman-temannya melalui handy talkie. Jadi disaat ada beberapa anggotanya yang terputus dari rombongan utama, bisa kembali tersambung.

g5 suroboyo heroes day (50)

Setelah sekitar 1 ½ jam menjalani rute konvoi tengah kota Surabaya, tibalah rombongan di meeting point ke-, yaitu Taman Makam Pahlawan yang terletak di Jalan Mayjen. Sungkono.

g5 suroboyo heroes day (48)Saya pun langsung mengadakan acara photo session bersama 2 club mobil ini. G5 Brotherhood  dan YCS atau Yaris Club Surabaya merupakan 2 club mobil yang seperti kakak beradik.

g5 suroboyo heroes day (47)

Dimana ada G5 Brotherhood, biasanya disitu juga adalah YCS. Karena hampir seluruh anggota YCS juga termasuk anggota G5 Brotherhood Surabaya.

g5 suroboyo heroes day (49)

Sementara G5 Brotherhood sendiri merupakan salah satu club terbesar di kota Surabaya semenjak pertama kali didirikan pada tahun 2010 yang lalu, dan hanya 5 orang. Dan kini anggotanya sudah mencapai sekitar 60 an. Itu berarti ½ dari jumlah anggota ini mengikuti event yang bertujuan untuk menambah kekompakkan antar anggotanya.

g5 suroboyo heroes day (51)

Acara inti atau utama dari Suroboyo Heroes Day ini, adalah berkunjung atau nyekar ke makam pahlawan di daerah Jalan Mayjen Sungkono Surabaya.

g5 suroboyo heroes day (57)

Dimana disini terbaring jiwa dan raga para pahlawan yang sudah rela berkorban demi kemerdekaan bangsa ini.

g5 suroboyo heroes day (54)

Taman makam pahlawan dipilih sebagai tujuan utama dari acara hari itu supaya kita sebagai kaum muda atau pemuda bangsa Indonesia sudah seharusnya ingat kepada jasa-jasa jiwa raga pahlawan yang terbaring disini.

g5 suroboyo heroes day (53)

Menghormatinya walaupun hanya tinggal sebuah nama dan title berupa..pahlawan. Bukankah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya.

g5 suroboyo heroes day (55)

Dan tentu saja setidaknya mendoakan mereka disaat hening cipta atau perayaan 10 November setahun sekali. Terdengar maksa, tapi itulah kenyataannya.

g5 suroboyo heroes day (58)

Setelah acara tabur bunga di makam para pahlawan, acara pun dilanjutkan dengan interview oleh salah satu tv local di kota Surabaya. Dimulai dari Yaris Club Surabaya

g5 suroboyo heroes day (56)

Lalu G5 Brotherhood yang kali ini selaku panitia dalam acara Surabaya Heroes Day telah sukses menjalankan persiapannya selama hampir kurang lebih 1 bulan untuk event ini. Selanjutnya mereka akan bersiap-siap lagi untuk mengadakan acara yang lebih besar dari event ini.

g5 suroboyo heroes day (59)

Setelah ½ jam di taman makam pahlawan, kami pun melanjutkan perjalan menuju rest area kami yang terletak di jalan utama A. Yani Surabaya.

g5 suroboyo heroes day (62)

Lalu tibalah kami di Warung bakso sapi ETTA, yang merupakan da best meat ball in da town. Saya yang sejak pagi liputan ta kuasa menahan lapar perut saya. Dan ini adalah liputan terberat saya selama saya ini. Saya pernah berlarian di Sentul dan Sepang Circuit Indonesia, tapi hasil photo yang saya dapatkan puas. Tapi untuk kali ini saya kurang puas karena medan nya cukup susah.  Hari itu saya menghabiskan 2 porsi bakso, dan 2 mangkok es alpokat. Mantap jaya.

g5 suroboyo heroes day (61)

So buat Anda arek-arek Suroboyo yang ingin have fun dan juga ikut kegiatan sosial, bisa bergabung dengan G5 Brotherhood Surabaya. Bisa menghubungi :

 

PIN BB : 21C6468A

Twitter: @g5_brotherhood

 

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our facebook fanpage

*Follow us on our Instagram & Twitter : @perfourm

 

 

Comments

comments!