WHEN THE SCOOBY BOYS MEET THE CRAPPY PEOPLE

762

i-spec surabaya drifting (8)

I-Spec Surabaya tampaknya sedang on fire untuk mengadakan event meet atau gathering sesama pemilik mobil pabrikan Fuji Heavy Industries Jepang, Subaru. Ini adalah liputan ke-2 saya bersama anak-anak I-SPEC Surabaya atau Indonesia-Subaru Performance Enthusiast Club. And trust me, every meet from this Scooby, there’s a new story that hotter than Goyang Itik atau Gotik nya  .

IMG_3397

Setelah beberapa waktu yang lalu I-SPEC mengadakan meet nya di Surabaya kawasan Timur, kali ini I-SPEC mengadakan event meet nya di mall Ciputra World  yang terletak di kawasan Surabaya Barat. Berhubung para anggotanya kebanyakan berdomisil di Surabaya Barat, maka 4 Subaru Impreza WRX STI (1 spec c dan 2 WRX), 1 Subaru Forester 2.5, dan tak lupa new Subaru baby, The Subaru BRZ.

IMG_3381

Hey, I meet you again Fozzy. Subaru Forester ini adalah mobil yang mengantarkan saya untuk berkenalan dengan pihak Subaru Indonesia dan juga Motor Image Singapore. Inilah pertama kalinya saya test drive mobil Subaru, dan sekaligus terkesan dengan kemampuan mobil seharga 360 juta yang dilengkapi dengan   226 hp 2.5 lt turbocharger boxer engine nya, plus All-Wheel Drive systemnya. Dan setelah 1st date saya dengan Fozzy ini, saya pun fall in love dengan pabrikan Jepang  ini. Bahkan cinta saya berbalas, dan akhirnya saya di ajak ngedate lagi di 20th Indonesia International Motorshow Jakarta, dan a week at Mediacorp Subaru Challenge –The Asian Face Off 2012 Singapore. Jika Anda penasaran dengan performance boxer engine dan all-wheel drive nya, datangi saja dealer Subaru terdekat di kota Anda. Dan saya jamin, Boxer will punched in ya ! And knock out other conventional car.

i-spec surabaya drifting (6)

Jujur saja, saya dulu salah satu dari jutaan fans Subaru Impreza WRX STI yang memulainya dari video game bernama  Gran Turismo, Sega Rally 2, ataupun Colin McRae, dan terutama  WRC. Setiap saya main game itu, select Impreza, Rally course, and drive it like McRae. Tak lupa juga saya selalu menonton acara WRC (World Rally Championship) ataupun APRC (Asia Pacific Rally Championship)  di tv. Dulunya bintang itu (Subaru) begitu jauh , dan hanya bisa saya lihat dari tipi atau game. But now, the six star so close to me.

i-spec surabaya drifting (5)

Bahkan saking dekatnya bintang itu dengan saya, saya pun bisa menaiki nya. Dan saat ini sayapun bisa bertemu dengan salah satu dari jutaan anak di dunia ini yang dulunya hanya bisa memainkan Subaru Impreza WRX STI di video game, tapi kini bisa memiliki dan mengendarainya generasi terbarunya (GV series). Dia adalah Ian, ketua I-SPEC Surabaya yang kali ini telah pimp his Scooby dengan Charge Speed Japan  front lips dan side skirt. Sugoi…

i-spec surabaya drifting (8)

Jika Anda sering main video game Wangan Midnight  Maximum Tune, Anda akan melihat mobil yang mengeluarkan aura nya. Tapi kini Anda akan melihat versi asli dari game tersebut, yang dimana barisan Scooby ini mengeluakan aura berwana biru, yang berarti they hotter than your car.

i-spec surabaya drifting (11)

Lalu kami pun melanjutkan acara meet itu dengan hang out di café yang terletak di lantai atas mall ini. Dan kami harus menaiki escalator terpanjang di Surabaya, atau malah di Indonesia, bahkan di ASEAN.

i-spec surabaya drifting (12)

Si Kevin pun dengan iseng berkata “ kasian si photographer ga pernah di photo, sini tak photo”

i-spec surabaya drifting (2)

Can lah

i-spec surabaya drifting (13)

Betul kan kata saya kalo escalator ini sangat panjang sekitar 34 m, menghubungkan lantai dasar atau 1 langsung ke lantai 3.  Kira-kira hamper  1-2 menit saya naik tangga berjalan ini. Jadi kalo belum pernah naik eskalator terpanjang se Asia Tenggara bisa datang ke Ciputra World Surabaya.

i-spec surabaya drifting (14)

Untuk minumannya, saya pun memesan minuman andalan saya mulai dari warkop cak gondrong hingga coffee shop high end ini, Es teh susu tapi pull not strill (gaya James Bond). Sedangkan Hendrik memesan es kelapa plus batoknya ala degan Taiwan. Katanya degan nya import dari Taiwan, rasanya lebih manis dan enak. Boro-boro dari Taiwan, pikir saya malah pertama kali liat ini buah Legen dari Tuban. Lol

i-spec surabaya drifting (15)

Untuk snack pengiring obrolan santai,  kami beramai-ramai mencicipi roti bakar dengan selai duren di dalamnya. Hmmm… yummy. Mau tau bahasa inggrisnya roti selai? Bahasa inggris dari roti selai adalah Bread Jembred. Ya maklum, my English is little little I can lah.

i-spec surabaya drifting (16)

Kama pun terlibat obrolan seru mengenai apa saja mengenai Subaru Performance, racing parts, accessories, dan tentu saja  obrolan mengenai pihak Subaru Indonesia atau MotorImage sendiri. Anak-anak I-SPEC Surabaya merasa mereka kini sudah tidak diperhatikan lagi oleh pihak Subaru Surabaya, beda dengan di awal-awal mulanya club ini terbentuk. Program dan fasilitas yang di janjikan pihak Subaru untuk mensupport  club ini,  juga tidak atau belum berjalan sesusai dengan janji mereka di acara launching I-SPEC Surabaya. Ya pikir saya, mungkin saja Subaru Surabaya sedang sibuk mempersiapkan adik mereka, yaitu Subaru Malang yang sebentar lagi  akan grand opening.

i-spec surabaya drifting (17)

Kami pun menuju ke area parking untuk mengakhiri acara meet kali ini.

i-spec surabaya drifting (20)

Karena Hando merupakan anggota I-SPEC yang terbaru dan belum mendapatkan sticker. Akhirnya pada malam itu, Hando dan Subaru BRZ nya officially menjadi member I-SPEC Surabaya.

 i-spec surabaya drifting (19)

Tiba-tiba ada Godzilla  berwarna putih yang lewat di barisan scooby, mendadak saja anak-anak scooby  kesengsem dengan  mobil yang bentuknya seperti robot Gundam ini. Ternyata di dalam R35 ini adalah teman saya yang baru saja nge-date dengan pacarnya di CW.

i-spec surabaya drifting (3)

One last shoot lah

i-spec surabaya drifting (22)

Karena beberapa waktu yang lalu niat anak-anak I-SPEC untuk melihat performa handling BRZ Hando tidak kesampaian, jadilah malam itu anak-anak I-SPEC meminta Hando untuk mengetest BRZ nya power sliding. Karena ini masuk area kekekuasaan ShowRockBoyo Sideways, sayapun mengontak RWD boys untuk menemani Hando. 

i-spec surabaya drifting (23)

Kama pun berangkat meninggalkan CW menuju ke  sebuah gas station di kawasan Surabaya Barat tempat meeting point kami bersama mobil RWD laiinya.

i-spec surabaya drifting (24)

Terlebih dahulu kami mampir di HQ Subaru Surabaya yang terletak di Jalan HR. Muhammad Surabaya.

i-spec surabaya drifting (25)

I’m waiting for that black BRZ to come out and playwith us.

i-spec surabaya drifting (26)

Kami pun tiba di meeting point di sebuah gas station  dikawasan Surabaya Barat. Ian pun tak lupa untuk fuel up da tank. Inilah contoh warga negara yang baik, tidak membeli BBM bersubsidi, secara GV ini memang diharuskan memakai Pertamax Plus atau Shell untuk performance yang maksimal dan ketahannnya.

 

i-spec surabaya drifting (27)

Setelah menunggu beberapa saat, salah satu anggota baru ShowRockBoyo Sideways si Michael a.k.a Mad Mike datang dengan mobilnya Mazda RX8 SE3P. Saya melihat tidak ada mesin conventional atau lazim di sini. Yang ada mesin boxer atau horizontally-opposed engine and wenkel engine atau rotary. Sementara Cefiro Chiu a.k.a the walltap boy sedang on the way bersama 550 whp Nissan Cefiro A31 nya.

i-spec surabaya drifting (28)

Mad Mike pun membuka acara grassroots  drift ini dengan aksi sideways nya. Michael memang sedang on fire untuk latihan drifting, tak ayal kapan saja dan dimana saja, si Mad Mike ini always going sideways.  Dan bisa terlihat disini exit nya sudah mulai full thottle dan juga tenang. Tidak seperti yang kemaren-kemaren, megal-megol.

i-spec surabaya drifting (31)

Kalo yang ini kelakuannya si Andy, drift with one hand. Tuner sekaligus drifter dari SP Garage ini malam itu bertindak sebagai sensei atau guru untuk Mad Mike. We miss your Skyline dude.

i-spec surabaya drifting (34)

Bisa dibilang inilah 1st debut Subaru BRZ di Indonesia yang dibuat drifting atau pun hanya sekedar power slide. Hando pun berada di balik mobil bertenaga 200 hp dan Andi berada di passenger seatnya yang sesekali memberikan tips, how to drift with your matic car. Hasilnya lumayan, BRZ ini sesekali over steer lalu kembali di counter steer oleh Hando. Walaupun sidewaysnya tidak sehalus atau serapi RWD manual, karena sekali lagi ini mobil matic.

i-spec surabaya drifting (36)

Traction control off and VCS sport off, maka Anda bisa bebas berdansa dengan new generation of sport compact car yang di produksi oleh Fuji Heavy Industries Japan. Terlebih lagi jika ini versi manualnya.

i-spec surabaya drifting (32)

Well, ada satu Impreza WRX yang malam itu mencoba untuk ikut berolahraga. Dia adalah Kevin dengan Impreza WRX GV. Impreza bertenaga 280 hp ini, bodnya terlihat lompat-lompat ketika di coba untuk diajak bermanuver. Hal ini disebabkan oleh suspensionnya yang tidak stiff atau keras, dan parahnya lagi, springsnya menggunakan custom milik Mercedes Benz. Sehingga set up suspensionnya terlihat amburadol dengan mobil yang terlihat anjut-ajutan ketika diajak ber helicopter atau menemui jalanan bergelombang. Kevin must buy coilover lah, sayang mobil sekelas WRX  di kasi springs custom .  Sedangkan Power distribution  AWD (All-Wheel Drive ) untuk Impreza ini atau option DCCD (Driver Controlled Center Differential) adalah 35 (front) – 65 (rear) dan 50-50. Sehingga memungkinkan diajak berdoughnut ala helicopter.

i-spec surabaya drifting (33)

Akhirnya Kevin harus puas berhelicopter ria dengan anjut-ajutan. Saya ingat ketika selesai helicopter ini, girlfriendnya Kevin langsung terlihat pucat. Serasa abis naik odong-odong ya?. Lol.

i-spec surabaya drifting (30)

Time to show who’s the real drifter is? Cefiro pun langsung mengajak Nissan Cefiro nya berdansa layaknya di atas panggung lengkap dengan sorotan lampu dari Subaru Impreza WRX STI GV dan Spec C serta Forester, tak lupa Nissan GT-R R35.

i-spec surabaya drifting (37)

Cefiro pun pada malam hari itu sukses membuat vanue kita penuh dengan asap ban. Tyre are devil they must be burn.  Dan saya melihat skill dari si wall tap boy ini makin hari makin bertambah, terlihat bagaimana dia sudah menyatu dengan mobilnya yang bertenaga 550 whp 2 JZ inside.

i-spec surabaya drifting (38)

Micheal pun kembali beraksi dengan RX8 nya, dan kali ini dia lebih berani menginjak pedal gasnya hingga floor, sehingga asap putihpun keluar dari rear tyresnya.

i-spec surabaya drifting (39)

Mad mike pun terus berusaha menyempurnakan exit nya secara terus-menerus supaya bisa stabil dan juga cepat dalam speed yang agak tinggi.

i-spec surabaya drifting (42)

Selamat malam, bisa minta tolong tunjukkan SIM, STNK, dan KTP. Sepertinya key words tersebut saya jamin Anda semua sudah hapal dan maybe sering mendengarnya secara live. Tampaknya si Hando dan Andi, berphoto atau bergaya ala shy shy cat (malu-malu kucing).lol

i-spec surabaya drifting (43)

Hando pun mulai mencoba membuat BRZ ini bergoyang. Terlihat agak kerja keras untuk membuat pantat mobil seharga 600 juta an ini bergoyang. Karena maklum mobil ini matic, dan yang punya juga baru beli mobil ini 3 bulan yang lalu. Mungkin jika manual, pasti dengan gampang over steer.

i-spec surabaya drifting (35)

Sesekali Hando berhasil membuang pantatnya lalu mengcounter steer, namun seringkali juga mobilnya kembali lurus. Saya teringat kepada teman saya yang juga pro drifter Indonesia yang bernama Anjasara ketika dia menjadi co –pilot saya sewaktu test drive BRZ di Jakarta tahun lalu. Dia bilang sebenarnya BRZ matic ini bisa di driftkan, asal kita tahu caranya, namun mungkin tidak sehalus RWD manual. Mungkin karena masig deg-deg sama mobil barunya ini, Hando pun tidak terlalu memaksakan hingga ke batas kemampuan BRZ tersebut.

i-spec surabaya drifting (41)

Untuk membuat suasanya semakin ramai, saya pun berhasil mengundang teman saya yang baru saja menarik bedcovernya berubah menjadi menarik pintu GT-R dan membawanya ke tempat drift kami. Akhirnya karena anak-anak penasaran apakah GT-R ini bisa drift atau tidak, Andi pun diserahkan kunci oleh teman saya itu untuk menjadi otoman atau stig malam hari itu

i-spec surabaya drifting (40)

Ternyata setelah di coba beberapa kali, dan pencet sana-sini (fitur GT-R). Godzilla ini tidak mau diajak berdansa. Setiap kali ketika R35 ini dicoba untuk u-turn atau hair pin, ke empat rodanya langsung menstabilkan dengan mengaktifkan VDC  (Vehicle Dynamic Controller) yang sudah dimatikan. Mobilpun langsung kembali lurus, bahkan tidak sampai 45 derajat dari 180 derajat. Jangankan beberapa derajat , tahu mobil ini mau di belokkan secara paksa saja dengan full throotle, super komputernya langsung menjaga mobil ini tetap nge-grip (over ataupun under steer). Thanks for the traction control.  Benar-benar mobil pintar turunan robot Gundam. Lagi pula mobil seharga 2 M ini kan AWD mas brow.

i-spec surabaya drifting (44)

Diakhir acara, mesin Impreza WRX Kevin terkena masalah pada selang vakum intake nya. Karena malam itu orang yang punya kemampuan mekanik hanya si Andi, jadilah dia membantu Kevin dengan alat seadanya supaya Kevin bisa pulang dengan lancer. Drifter also a mechanic, sounds sekseh.

i-spec surabaya drifting (45)

Tak terasa 2 jam sudah berlalu, dan sekarang kami berada di jam 2 pagi pada hari libur nasional yang terletak di harkipnas (hari kejepit nasional). Jalan utama di Surabaya Barat pun tampak kosong dan lengang, membuat Hando dan saya tergoda untuk full throttle  mesin BRZ  FA20 200 ps / 205 nm. Saya masih ingat ketika test drive BRZ di jalanan Singapore beberapa waktu yang lalu, yang ada hanya sound system orang Subaru Singapore yang berbunyi “can not speed lah” berulang-ulang. Lol. Akhirnya saya bisa merasakan performa gas poll dari BRZ ini di kampung halaman saya sendiri. Gas Pooll….

i-spec surabaya drifting (46)

Tak lama kemudian, ternyata dari samping kiri kami muncul WRX STI Spec C GD milik Hendrik yang melaju cepat lengkap dengan suara khas boxer engine dan blow off  turbo nya.

i-spec surabaya drifting (47)

Damn, that Spec c is so fast. BRZ Hando pun tidak bisa memberikan perlawanan yang cukup berarti, karena it’s matic and N/A.

 i-spec surabaya drifting (1)

 Hando dan saya harus puas menjadi penonton melihat 2 Subaru Impreza WRX STI GV dan Spec C GD saling kejar-kejaran di depan kami. Love the sound of boxer engine roaring and the whistle  sound blow off. Later…

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

Comments

comments!