TOMAHAWK AP SPEED EG6 : SHOWDOWN AT THE FINAL ROUND – PT. 1

1192

Tomahawk Ap speed round 4 (51)

Setelah Sekitar 1 bulan yang lalu saya berangkat ke Sentul Ciruit dalam rangka hajatan Sentul Drag Race 2013 round 3, dan juga test drive Rian pada new spec Flash AP Speed EG6. Sebulan kemudian, tepatnya tanggal 23 November 2013, saya kembali lagi ke sirkuit ini dalam rangka end of season Sentul drag race 2013, dan juga aksi balas dendam serta temu kangen Rian pada Tomahawk nya.

tomahawk ap speed

Seperti biasa saya menuju ke Juanda Airport dengan my old school vintage Honda CB100 yang saya namakan Tomoko. Biasanya saya menelantarkan Tomoko dengan plastic menutupi carburatornya (takut hujan) selama 2-3 hari. Tetapi dulu saya pernah pisah ranjang dengannya hingga 1 minggu (Subaru Singapore), dan rekornya adalah 24 hari (The Tiger Malaysia). Tapi tenang saja undisputed champion nya atau juanda recordnya adalah 1 tahun belum diambil oleh orangnya. Alasannya simple saya pakai motor daripada taksi, murah, Cuma Rp.5.000/hari. Bahkan penjaga motor di Juanda sampai hapal dengan saya yang jam terbangnya sebulan sekali.

tomahawk ap speed (1)

Saya dan Rian berangkat pada malam hari sekitar jam 21:40 ditambah delay 15 menit, jadilah sekitar jam 22:00 baru pesawat Airbus ini tancap gas. Begitu pula Rian yang seharian bekerja, begitu sang captain bilang flight attendant take off position dan lampu dimatikan, Rian pun langsung tancap gas ke pulau mimpi.

tomahawk ap speed (2)

Tapi saya ada teman baru dalam penerbangan kali ini. Kali ini kami berangkat ber-3 dengan Fanny Myb Racing Surabaya yang mungkin nanti di Sentul akan turun. Tapi asas praduga tak bersalahnya dia menyangkalnya, alias hanya sebagai penonton dan penggembira

tomahawk ap speed (3)

Selang beberapa menit pesawat mengudara, tinggallah saya sendirian yang masih tetap mengudara.tomahawk ap speed (4)

Kami tiba di Soekarno-Hatta Airport Jakarta sekitar jam 11 malaman, dan tak ada orang disana selain penumpang pesawat yang saya tumpangi.

tomahawk ap speed (5)

Sekali lagi saya menyisiri jalanan kota Jakarta menuju kediaman yang terletak di tengah kota Jakarta, dan disambut lagi oleh patung selamat datang yang sudah menyambut saya di Jakarta selama 4 kali.

tomahawk ap speed (6)

Dan tak lupa, saya pun menyempatkan diri untuk berkunjung ke bengkel AP Speed di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur. Setelah mengalami trouble pada gearbox dan juga engine pada seri ke-3 kemaren, Flash akhirnya kembali lagi mode hibernate nya hingga tahun depan. Sementara EG6 berwarna orange milik Fanny Jambi sedang di upgrade  untuk race pada tahun depan. Can’t wait till next year.

tomahawk ap speed (7)

Tom pun sudah ready di atas trailernya untuk dibawa ke Sentul Circuit untuk acara scrutineering  yang dijadwalkan pada Sabtu pagi.

tomahawk ap speed (8)

Setelah bangun pagi dan menyantap sarapan, kami bertiga pun menuju ke Sentul Circuit dengan Civic EK4 yang sudah di swap dengan K20R. Ini adalah ke-5 kalinya saya melihat pintu gerbang Sentul Circuit di tahun 2013 ini.

tomahawk ap speed (16)

Saya pun tiba di dalam Sentul, dan langsung menuju ke pit no 36 dan 37 tempat team AP Speed berada. Pada race kali ini AP Speed juga menurunkan 2 mobil yang berlaga di kelas bracket 15 detik, yaitu Civic ES silver milik Suluh dan Civic EG milik Sinyo.

tomahawk ap speed (10)

Dan seperti biasa yang menjadi trademark team AP Speed Jakarta, yaitu berupa pasukan All Motor nya sebanyak 5 buah EG6 dari yang semi hingga hardcore.Mulai dari Pink love EG6, Patrick EG6, Spongebob EG6, Tomahawk EG6, dan akhirnya Rainbow EG6.

tomahawk ap speed (9)

Karena ini 1st debutnya Fanny di Sentul Circuit jadi tak ada salahnya dia berpose di depan sirkuit kebanggan bangsa Indonesia ini.

Tomahawk Ap speed round 4

I give you the new Rian race car…Evoque.

tomahawk ap speed (14)

Hell no. Rian akan tetap setia dengan Tomahawk nya. Evoque tadi hanya milik orang yang kami temukan sewaktu mengantarkan Fanny jalan-jalan keliling Sentul. But who knows someday he have it. Beside that, its his dream car.

tomahawk ap speed (13)

Meet Patrick the New kids on the block dalam squad all motor AP Speed. Karena bodynya masih tertinggal di Palu, jadilah Fanny meminjam body Pedes-Maniz yang notabene sudah di rebuild atau kembali ke standart (kaca samping dan belakang sudah oem Honda, roll cage sudah dicopot) untuk ikut touring ISOM pada tahun 2014.

tomahawk ap speed (17)

Engine dari Patrick AP Speed EG6 ini berisi mesin D16 yang sudah di upgrade performancenya dengan Gude camshaft, Wiseco Piston, Eagle beam, dan Spoon N1 exhaust system yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 220 hp/ 190 Nm.Tomahawk Ap speed round 4 (15)

Sementara Rainbow AP Speed EG6 yang pada round 3 tidak turun, kini kembali lagi dilintasan 402 meter ini.

Tomahawk Ap speed round 4 (2)

Selain membawa monsta all motor nya, AP Speed juga membawa beberapa lil i-vtec nya yaitu sebuah Civic ES. Namun sayang, ES ini harus mengalami bongkar head ketika sudah berada di arena.

Tomahawk Ap speed round 4 (3)

Hal ini disebabkan ada kebocoran pada packing, sehingga menyebabkan air nya menyebarang ke dalam combustion chamber.

Tomahawk Ap speed round 4 (4)

Hal bisa dilakukan adalah pop up the head cylinder membersihkannya, menggantikan dengan packing head baru,  set up ulang, dan re-tune.

tomahawk ap speed (11)

Tak hanya Civic ES yang rewel, Civic EG atau Genio berwarna merah yang memakai head P08 SOHC V-tec ini juga mengalami gejala yang sama dengan Civic ES warna hitam tadi, yaitu cylinder head packing nya bocor.

tomahawk ap speed (18)

Dude, where’s the tires?

tomahawk ap speed (12)

Ternyata front tires dari Civic EK4 yang sudah di swap dengan K20R ini, ban nya diganti dengan sepasang Toyo Proxes R1R 17’inch. Ini adalah saran dari Akina Teo, pembalap time attack Malaysia yang sama-sama menggunakan EK4 dengan K20R.

tomahawk ap speed (19)Time to get the parteh started

Tomahawk Ap speed round 4 (6)

It’a good to see this EG6 again. Maklum saya sudah mulai memphoto EG6 ini dari tahun 2004 dari dia turun di kelas standart Kejurnas 3.1 di Surabaya hingga berubah menjadi monsta kelas bracket 13 detik.

Tomahawk Ap speed round 4 (7)

Dan tetap dibalik kemudinya ada si Rian Rizky, joki veteran dari jaman mobil ini berwarna hijau, pink, matte black, lalu akhirnya grey atau abu-abu.

Tomahawk Ap speed round 4 (8)

Tepat seperti dugaan saya, ternyata Fanny pada hari itu juga akan menjadi pilot dari Tomahawknya Rian. Mereka ber-dua pun langsung melalukan persiapan untuk shakedown di area parking lot bawah pit.

Tomahawk Ap speed round 4 (9)

Secara perlahan Tomahawk pun keluar dari kandangnya menuju ke area parking lot bawah untuk melakukan shakedown atau pemanasan bagi Fanny yang merupakan joki baru nya Tomahawk.

Tomahawk Ap speed round 4 (10)

Saya suka sekali melihat mobil all motor yang bodynya masih terdapat sebagian besar oem partnya, seperti rear bumper, tail light, dan tentu dipadukan dengan carbon trunk serta CCR Racing wings.

Tomahawk Ap speed round 4 (11)

Sehingga membuat banyak baik cowo dan cewe tergila-gila akan mobil yang sudah berumur 18 tahun ini, yaitu Dat ass.

Tomahawk Ap speed round 4 (12)

Rian yang pada seri sebelumnya masih belum terbiasa menggunakan dog box gearbox  tanpa clutch atau pedal kopling sewaktu shifting, kini menemukan cintanya kembali pada Tomahawk yang mamakai ordinary close ratio gearbox dengan kopling. Fanny yang 2 kali mencoba Tom pun juga langsung lancar tanpa ada kendala yang berarti.

Tomahawk Ap speed round 4 (13)

Sesampainya di pit, Rian pun sharing mengenai apa yang perlu dilakukan agar membuat Tom ini mampu melesat dengan kencang. Tak lupa juga Daddy atau Bang Aprek menanyakan mengenai engine dan gearboxnya apakah ok. Maklum mesin Tom adalah mesin lama, yang belum pernah di overhaul, hanya tune up dan penggantian oli dan busi saja ketika mau race.

Tomahawk Ap speed round 4 (17)

Babak QTT pun dimulai, Rian pun memulai QTT nya dengan EK4 milik kakaknya Rio. Hari itu Rian berhasil mencetak best time 14,8 detik untuk standart K20R ini. Lebih cepat 0,6 detik dari catatan waktunya yang lama 15,4 detik. Ternyata saran si Akina Teo mujarab juga.

Tomahawk Ap speed round 4 (19)

Kembali ke dalam pit, tampak M.Herdy sedang melakukan ritual wajib sebelum memulai race yang 1, yaitu berdoa.

Tomahawk Ap speed round 4 (22)

Katanya orang ngebut adalah ibadah, semakin ngebut semakin dekat dengan Tuhan. Lol. Tapi kita berdoa disini untuk diberikan keselamatan dan kelancaran sewaktu memacu mobil ini. Datang dan pergi dalam keadaan selamat.

Tomahawk Ap speed round 4 (20)

Daddy pun ikut menumpang di dalam Rainbow menuju ke garis start.

Tomahawk Ap speed round 4 (21)

Rainbow pun meninggalkan pit menuju ke garis start untuk memulai babak Qtt siang hari itu.Tomahawk Ap speed round 4 (24)

Diikuti kemudian oleh Tomahawk. Ada yang baru disini, ternyata Tom sekarang sudah memakai Spoon Sport mirror. Jadi semakin manis saja EG6 ini.

Tomahawk Ap speed round 4 (14)

Sementara di pit, tampak beberapa crew AP Speed sedang mengkikir lubang baut pada Bogart rims yang akan digunakan pada Patrick. Karena lubang pada rims ini sedikit mengganjal pada baut murnya.

Tomahawk Ap speed round 4 (23)

Tak selang beberapa menit kemudian. Patrick pun keluar dari pit dan menuju ke garis start.

Tomahawk Ap speed round 4 (26)

M. Herdy atau si Kabayan ini mencetak waktu 12.7 detik untuk sesi QTT. Namun kalo saya lihat ada sesuatu yang terjadi dengan mobil ini, sepertinya enginenya sedikit tidak los  teriaknya.

Tomahawk Ap speed round 4 (27)

Sementara ES milik Suluh ini berhasil mencetak 15,6 detik

Tomahawk Ap speed round 4 (50)

Di ikuti oleh EG milik Singo yang berhasil mencetak waktu 15, 7 detik dalam keadaan engine trouble.

Tomahawk Ap speed round 4 (28)

Sementara Rian dengan Tomahawknya berhasil mencetak waktunya 12,8 detik. Cukup cepat untuk mobil yang setahun ini setelah race dimasukkan di dalam garasi rumah.

Tomahawk Ap speed round 4 (29)

Sementara Patrick mencetak waktu 13,8 detik

Tomahawk Ap speed round 4 (31)

Dan akhirnya Pink Love EG6 berhasil mencetak waktu 13,4 detik

Tomahawk Ap speed round 4 (43)

Kembali ke area pit tampak Tomahawk sedang didorong kedalam pit karena ada sesuatu hal pada enginenya.

Tomahawk Ap speed round 4 (36)

Rio sang kakak dari Rian pun hadir member semangat kepada adiknya yang bertanding memakai Tomahawk. Walaupun Flash tidak ikut untuk event kali ini, tapi tetap Flash di dadaku alias di t-shirtnya Rio.

Tomahawk Ap speed round 4 (32)

Selagi Tom diperbaiki, Rian pun bercanda dengan memakai Simpson helmet. Dulunya ini adalah Helmet milik Rian, namun karena kekecilan di lelang ke M. Herdy. Beli baru lagi, ternyata kebesaran, di lelang lagi Simpsonnya. Dan terakhir beli baru lagi  sudah pas di kepalanya, namun masih sayang sama helm Rp.40.000 nya dari jaman 2004.

Tomahawk Ap speed round 4 (33)

Oyot pun langsung mengecek mesin B20 dari Tom, ternyata ditemukan kebocoran pada selang bensinnya, sehingga membuat suplai bensin ke injectornya terganggu. Tak membutuhkan waktu yang terlalu lama, mesin Tom pun sudah sehat walafiat lagi.

Tomahawk Ap speed round 4 (35)

Sementara godaan pun kembali melanda Daddy. Bang Aprek pun digoda oleh Rainbow yang baru saja nge-run di babak QTT langsung trouble ketika hendak 2nd run.

Tomahawk Ap speed round 4 (37)

EK pun keluar lagi dari dalam pit untuk 2nd run nya di babak QTT. Kali ini ada Fanny yang berada di balik K20R ini.

Tomahawk Ap speed round 4 (41)

Fanny pun berhasil mencetak waktu 15,3 detik dengan EK berwarna kuning. Cukup bagus dengan orang yang baru pertama kali race di Sentul.

Tomahawk Ap speed round 4 (25)

Setelah Tomahawk diperbaikin pada selang bensinnya, Rian pun langsung membawa EG6 nya untuk melakukan 2nd run nya di babak Qtt sore hari itu.

Tomahawk Ap speed round 4 (39)

Dengan start yang sempurna dan juga shifting yang sempurna Rian pun berhasil menyelesaikan qtt hari itu dengan best timenya yang tidak disangka-sangkanya.

Tomahawk Ap speed round 4 (40)

Yaitu 12,7 detik.

Tomahawk Ap speed round 4 (42)

Turun dari mobilnya, yang dilakukan Rian hanyalah mesam mesem alias senyam senyum saja dan mendapat banyak selamatan dari teman satu teamnya di B16 AP Speed karena hasil yang dicapai.

Tomahawk Ap speed round 4 (44)

Jadilah Tomahawk ini di daftarkan untu mengikuti 2 buah kelas, yaitu kelas bracket 13 detik yang menjadi target podiumnya Rian. Dan kelas bracket 12 detik yang menjadi target best time atau gas pol pria yang hobby makan sea food ini.

Tomahawk Ap speed round 4 (46)

Tom pun di keluarkan lagi dari pit nya untuk 3rd run.

Tomahawk Ap speed round 4 (18)

Fanny pun bersiap-siap untuk melakukan qtt dengan Tomahawk di menit-menit tearkhir sebelum area waiting zone ditutup oleh panitia. Fanny merupakan salah satu dragster di kota Surabaya, namun saya jarang melihat anak ini race. Namun setidaknya dia sudah mempunyai basic skill how to drag your car.

Tomahawk Ap speed round 4 (48)

Fanny pun melakukan start dengan baik, meskipun terlihat sedikit over spin, namun dia berhasil menuntaskan 1st debutnya di Sentul dengan mencetak waktu 13.1 detik. Not bad untuk si pak Dokter ini.

Tomahawk Ap speed round 4 (49)

Rian dan Rio yang melihat dan mengawasi aksi 1st debut Fanny di Sentul dengan Tomahwak pun memberikan tanda Jempol. Itu berarti Fanny sukses menjadi driver si Tom.

Tomahawk Ap speed round 4 (34)

Setelah mencoba Patrick. Kini tiba giliran Fanny untuk mencoba mobil milik teman satu kotanya di Palu, Sulawesi Tengah, yaitu Spongebob. Love’s that Sparco helmet

Tomahawk Ap speed round 4 (30)

Spongebob pun berhasil mencetak best time di qtt dengan waktu 12,7 detik yang dicetak oleh M. Herdy.

Tomahawk Ap speed round 4 (38)

3 mobil dengan 3 waktu yang sama yaitu 12, 7 detik (Rainbow, Tomahawk, dan Spongebob). Padahal masing-masing mobil spec nya berbeda.

Tomahawk Ap speed round 4 (52)

Sekitar jam 3 an. Pintu waiting zone dan lampu start pun ditutup untuk babak Qtt. Semua mobil pun dikembalikan masuk ke dalam pit untuk dipersiapkan untuk menghadapi race day pada hari minggunya.

Tomahawk Ap speed round 4 (45)

Tak terkecuali Daddy. Saya melihat Daddy pun duduk terdiam setelah beberapa saat mencoba mencari-cari letak kesalahan mobil ini pada ecu nya. V-tec pada engine B20 ini tidak mau aktif, jadi ketika di open throttle, suaranya menjadi SOHC non-vtec. Alias no v-tec kicked in ya! He’s having a bad day. Ini adalah kali ke-2 nya saya melihat tuner asal kota Trenggalek ini berwajah suram di dalam cocpit mobil bikinannnya. Akhirnya selang beberapa saat Bang Aprek pun langsung berpamitan pulang duluan ke bengkel sambil membawa ecu Rainbow.

Tomahawk Ap speed round 4 (51)

Dengan Fanny si driver baru yang berhasil mencetak waktu 13.1 detik dan Rian yang sudah mulai kembali mood atau feelingnya setelah amburadol sewaktu mencoba Flash AP Speed EG6. I think I got a good feeling Tomahwak akan sukses mengulang cerita manis sewaktu round 2 dengan naik podium 1 dan juga ke 4 di kelas bracket 13 detik. We’ll see guys later….

 

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our Facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram: @perfourm

 

 

Comments

comments!