IKATAN MOTOR INDONESIA AWARDS 2013 : SUIT & TIE PARTY

1771

imi awards 2013 (58)

Award : a prize or certificate that a person is given for doing something well. Kurang lebih artinya awards seperti itu ketika saya menanyakan kepada dictionary atau kamus di handphone yang katanya sudah mengadopsi si robot hijau bernama Android. Tapi ternyata hanya bisa buat halo, sms, dan wi-fian saja. Tapi berkat old school hp android kw itu, saya bisa bisa melalang buana hingga akhirnya tiba di sebuah ballroom sebuah hotel bintang 5 yang starting list undangannya berisi para pembalap andalan Indonesia yang wear pack dan race suitnya berganti dengan suit and tie.

New PictureJumat, 29 November 2013. Jam 6 pagi saya pun kembali lagi ke Juanda Airport Surabaya untuk living on the jetplane lagi. Padahal pada Minggu malamnya saya baru landing dari Jakarta. Dan 5 hari kemudian saya harus angkat kaki lagi dari kota ini.

imi awards 2013 (2)

Ini lah salah satunya kenapa saya benci 1st flight atau 2nd flight. Karena saya harus lari pagi mengejar pesawat dimana komentator dari pusat informasi bandara mengumandangkan suara saya dan Singgih sepanjang jalan masuk ke pesawat. Sementara Rizky TJ dan ayahnya belum kelihatan sama sekali.

imi awards 2013 (3)

Akhirnya pas di menit-menit terakhir, Rizky TJ (tengah) akhirnya nongol juga dengan ayahnya. Baru saja mereka duduk, pintu pesawat langsung ditutup. Ternyata kami adalah nice guys finish last. Oh iya saya lupa menginfokan ini adalah 1st flight saya dengan Singgih SCS dan Rizky TJ CSS untuk menghadiri IMI Awards 2013 karena mereka berdua berhasil menjadi the best of the best di kelasnya masing-masing. Singgih dari team SCS Surabaya berhasil keluar sebagai juara nasional drag race 2013 kelas 3.1, dan Rizky TJ dari team CSS Surabaya sebagai juara nasional slalom 2013 kelas seeded B.

IMG_20130701_092019Beberapa saat sebelum landing, sayapun ditunjukkan phto Singgih bersama EG6 milik Daus dari team SCS Surabaya.

imi awards 2013 (4)

Setelah 1 jam 15 menit, kami terbang dan saya juga terbang ke dunia mimpi karena semalaman begadang supaya tidak bablas ketinggalan pesawat. Dan juga menempuh 2 jam dari bandara Soekarno-Hatta ke kawasan Duren Sawit. Akhirnya tibalah kami di rumah kakek neneknya TJ. Sayapun masih melihat Toyota Yaris yang digunakan TJ ketika bertarung di seri Jakarta beberapa waktu lalu dimana dia berhasil meraih juara nasional kelas seeded B.

imi awards 2013 (5)

Setelah sholat Jum’at, makan pagi+siang, dan melanjutkan heat ke-2 tidur saya. Kami pun mulai berangkat menuju ke Hotel Borobudur yang terletak di tengah pusat kota Jakarta. Dan dress code hari itu adalah suit & tie. Karena hanger nya cuma satu, dan suitnya ada 4. Jadilah hanger nya di gang bang.lol

imi awards 2013 (6)

Karena maklum kami adalah bolang atau bocah petualang ke kota, dan ditambah kami harus terjebak kemacetan jam pulang kantor di bawah hujan deras, dan tak tahu arah. Jadilah kami berakhir di dalam jalur busway. Rasanya……amazing.

imi awards 2013 (8)

Setelah sekitar 2 jam berjuang melawan kemacetan kota Jekardah, kami pun tiba di hotel Borobudur. Kami pun disambut oleh 2 buah mobil balap. Yang satu adalah Jeep Cherokee Speed offroad.

imi awards 2013 (7)

Yang satunya lagi Mitsubishi Lancer Evolution X CZ4A milik si Rifato alias Rifat Sungkar.

imi awards 2013 (9)

Tiba di lobby hotel ini, aura IMI pun mulai terasa dimana-mana, salah satunya adalah karangan bunga dari berbagai Pengprov IMI dan juga sponsorship. Sehari sebelumnya  memang diadakan rakernas atau rapat kerja nasional IMI se Indonesia. Lalu kemudian dilanjutkan dengan puncaknya yaitu pembagian kepada tidak kurang dari 124 atlit di 17 bidang olahraga otomotif. Mulai dari balap motor, grasstrack, motocross, drag race, slalom, drift, speed off road dan lain sebagainya.

imi awards 2013 (23)

Di pintu utama Hotel Borobudur tak kalah hebohnya dengan car display yang terlatak di pintu belakang. Jika di belakang ada Rally meet Speed Offroad. Maka di depan ada F3 meet the Rally.

imi awards 2013 (17)

Ini adalah mobil open wheel  dan single seat Formula three 2.0 liter yang memakai Monocoque chassis keluaran dari Dallara.

imi awards 2013 (22)

And the man behind this 200 hp Volkswagen 2.0 lt 4 cylinder ini adalah si 17 years old, Sean Gelael, putra dari pembalap senior Indonesia Ricardo Gelael.

imi awards 2013 (18)

Sean Gelael yang tergabung dalam tim Double R Racing ini mulai mengikuti FIA European Formula 3  Championship, British Formula Three Championship, dan Master of Formula3 pada musim balap 2013. Podium pertama yang diraih oleh pembalap kelahiran   ini adalah posisi ke-3 pada 2nd race di sirkuit Silverstone pada British Formula Three Championship 2013.

imi awards 2013 (19)

Disamping mobil F3 milik Sean Gelael ada juga Ford Fiesta rally car yang turun dikelas R2 (1600cc – FWD)

imi awards 2013 (20)

Rimsnya sendiri menggunakan OZ Racing M-Sport spec.

imi awards 2013 (21)

Sementara dibalik kemudi Ford Fiesta ini adalah Sabastian yang di co-navigatori oleh Dandy.

imi awards 2013 (12)

Dan karena dress code nya suit and tie. Saya pun mencoba menghadirkan suasana elegant dan klasik lewat tone black and white. Jadi saya akan membawa Anda ke suasana klasik era 60’s mulai dari pro drifter dan slalom ini, Demas Agil.

IMI AWARDS 2013 black and white (2)

Setelah kami semua merapikan suit and tie kami di toilet. Singgih dan TJ pun menuju meja penerimaan tamu untuk melakukan absensi. Dimana seluruh pembalap yang menerima undangan untuk penerimaan awards akan diberikan id card khusus.

IMI AWARDS 2013 black and white (34)

Suasana di depan pintu masuk ball room pun terlihat ramai dengan beberapa pembalap senior dari era 70-90an berkumpul semua di sini.

imi awards 2013 (13)

Kamipun melewati sebuah hall of fame dimana beberapa undangan dan pembalap menyempatkan mengabadikan moment one in the lifetime ini bersama orang yang mendukung dan menyayangi mereka dari awal mereka mulai berada dibalik kemudi.

IMI AWARDS 2013 black and white (3)

Ataupun bersama dengan teman seperjuangan yang berbeda jalan namun tetap satu goal, champion.

IMI AWARDS 2013 black and white (4)

Sedangkan saya? Me? Saya hanya ingin mengabadikan moment once in a life time ini. Meskipun saya bukanlah seorang pembalap, tapi saya bisa merasakan passion atau mimpi saya selama ini pada malam itu. Kata orang everything happen for a reason, mungkin saja someday saya kembali lagi ke tempat ini untuk mendampingi anak saya menerima IMI Awards. Aamiin.

IMI AWARDS 2013 black and white (5)

Tapi apapun alasan, tujuan, dan dengan siapapun Anda datang dan berdiri di depan hall of fame ini. Anda telah berhasil menyelesaikan satu putaran di dalam hidup Anda, dan keluar sebagai yang tercepat dan the best of the best dari seluruh pembalap yang ada di Indonesia.

IMI AWARDS 2013 black and white (7)

Terlebih lagi jika Anda adalah seorang putra daerah yang skill dan exhaust Anda bisa berbicara banyak di pentas nasional. Duduk diantara barisan line up pembalap nasional dan internasional yang biasanya Anda dengar dan lihat di media merupakan suatu awards tersendiri bagi Anda.

IMI AWARDS 2013 black and white (8)Ketua Pengprov IMI Jawa Timur, Bambang Kapten Haribowo pun mengampiri kami dan memerikan selamat kepada TJ dan Singgih.

imi awards 2013 (26)

Mulai dari generasi old school. Sambil melihat mereka tertawa bersama, dibandingkan bertarung head to head di dalam lintasan sewaktu mereka masih gejolak kawula muda. Sebelah kiri adalah Dr. Herry Agung dan Helmy Sungkar.

IMI AWARDS 2013 black and white (35)

Hingga generasi new kids on the block yang biasa hidup di bawah spot light para rekan media, kini Anda bisa melihat  mereka keluar dari racing line dan kembali menjadi seorang sosmed boys (social media). Sean Gelael in action (kemeja putih)

imi awards 2013

Speaking of generation social media. Saya yang pada saat itu duduk side by side dan juga satu table dengan juara nasional slalom   ditunjukkan  salah satu account social medianya yang profil picturenya menggunakan hasil jepretan photo saya ketika dia mengikuti Sentul Drag race round 3 yang lalu. Senang dan bangga rasanya jika hasil photo kita bermanfaat bagi orang lain.

IMI AWARDS 2013 black and white (9)

Selamat datang di Ikatan Motor Indonesia Dinner. Menu yang dihidangkan disini lengkap dengan table manner nya mulai dari Appetizer hingga dessert. Dan coffee or tea? So mari kita menyimak seperti apa menu hidangan makan malam ala IMI ini.

imi awards 2013 (28)

Dimulai dari hidangan Appetizer yang brupa makanan yang mengandung high octane racing fuel bernama king prawn salad with lemon grass dressing. Dan uniknya banyak pembalap disini yang menolak hindangan appetizer ini. Mungkin mereka takut kepala mereka berubah menjadi high rev. engine.

imi awards 2013 (29)

Lalu kemudian muncullah soup signature food atau menu paling recommended dari hotel bintang 5 ini, yaitu Oxtail soup Borobudur Hotel Jakarta Style atau bahasa gaulnya sop buntut. Bahkan mantan big boss saya di sebuah tv local Surabaya, sampai mem bbm dan memvonis wajib hukumnya kepada saya untuk mencoba sop buntut seharga 180 ribuan ini. But thanks got it’s free.

imi awards 2013 (32)

Lalu kemudian main course nya nama menu sangat asing  yaitu fish gurame with sweet and sour souce served with steamed rice and wok fried vegetable. Tapi jika diartikan menjadi gurami asem manis. Untuk menu ini, saya tidak memakannya. Hanya sayurannya saja yang saya makan.

IMI AWARDS 2013 black and white (12)

Kami pun menikmati hidangan makan malam sambil ditemani slide show dan video dari masing-masing pengprov IMI se Indonesia. Saya piker Pengprov IMI harus bekerja sama dengan Perfourm untuk urusan yang satu ini. Keluar sebagai Pengprov IMI terbaik adalah Jawa Barat, lalu Sumut, dan akhirnya DKI Jakarta. Kreteria pengurus provinsi terbaik harus memenuhi sejumlah kreteria. Adapun kreterianya adalah penilaian di bidang keseketariatan, organisasi,  penyelenggaraan event olahraga, event wisata dan bidang keuangan.

imi awards 2013 (36)

Lalu kemudian ditutup dengan hidangan penutup berupa asserted sliced fruits with traditional jack fruit ice cream. Yang rasanya mamamia….

IMI AWARDS 2013 black and white (11)

Barisan line up usher malam hari itu juga ta kalah manis dan juga mamamianya. Dayum..

IMI AWARDS 2013 black and white (14)

Tak kalah manisnya juga yang bertugas sebagai MC  ada Alinka yang pada malam itu mengganti race suit nya menjadi long dress berwarna hitam

IMI AWARDS 2013 black and white (10)

So guys…welcome to the parteh. Dimana para pembalap andalan Indonesia duduk side by side dan memakai suit and tie.

IMI AWARDS 2013 black and white (29)

Ketua IMI Pusat, Nanan Sukarna dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para pembalap Indonesia yang sudah memajukan dunia  motorsport di Indonesia. Tetapi ada juga yang menarik dari sambutannya malam itu. Yaitu bangga kepada para pembalap Indonesia yang bertanding di luar negeri dengan modal sendiri atau orang tua. Dan juga meminta maaf karena IMI belum bisa banyak membantu dalam hal dana. Mantan Wakapolri ini juga menginkan di setiap kabupaten atau kota dibangun sirkuit balap, agar mencegah adanya balap liar. Kalo memang itu sampai terealisasi dalam masa kerjanya 2012-2016, he will be our hero guys.

IMI AWARDS 2013 black and white (15)

Awards pun dimulai dengan pemberian awards para juara nasional 2012. Salah satunya adalah Dr. Herry Agung  dari kota Semarang (pojok kanan) yang berhasil keluar sebagai juara nasional drag race di kelas bracket 9 detik.

IMI AWARDS 2013 black and white (16)

Tak sengaja saya juga bertemu dengan Ginajar dari AB Motorsport  rally team (paling kanan) yang pada kali itu menerima award sebagai juara nasional Rally kelas S1 atau retro RWD 2012

IMI AWARDS 2013 black and white (39)

Tampaknya Mas Gin Gin yang juga merupakan navigatornya Arya Karistianto ini salah baca pace note yang berbunyi suit is must.lol

IMI AWARDS 2013 black and white (18)

Tak sengaja saya melihat salah satu tokoh otomotif nasional yang tak asing wajahnya, yaitu Hutomo Mandala Putra atau yang yang dikenal dengan nama Tommy Soeharto. Pembalap dan juga penggagas Sentul International Circuit.

IMI AWARDS 2013 black and white (27)

Tommy Soeharto pun duduk bersama para undangan VIP seperti Ketua IMI Pusat Nanan Sukarna, Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo. Dan Pembalap senior Indonesia, Tinton Soeprapto.

IMI AWARDS 2013 black and white (17)

Hutoma Mandala Putra atau yang lebih kita kenal dengan nama Tommy Soeharto hadir dalam acara ini sebagai Honorary Adviser Pengurus Pusat IMI, dan ikut member kan awards kepada para pembalap Indonesia yang berprestasi. Well, saya belum pernah melihat  langsung pria yang hobby motorsport ini beraksi di belakang kemudi. And it will be great if I can coverage him when his back in Rally or Touring action.

IMI AWARDS 2013 black and white (19)

Acara pun dilanjutkan dengan penyerahan awards kepada para pembalap asal Indonesia yang bertanding dan membawa nama Indonesia di ajang motorsport di luar negeri. Ternyata saya baru tahu bahwa pembalap yang bonek atau bondo nekad dan modal sendiri banyak juga.

IMI AWARDS 2013 black and white (22)

Kali ini yang akan menyerahkan awards kepada duta bangsa dalam bidang motorsport adalah Roy Suryo, selaku Menteri Pemuda dan Olahraga.

IMI AWARDS 2013 black and white (21)Diantara line up para pembalap nasional yang sering bertanding di luar negeri saya melihat wajah yang tak asing buat saya dan juga Anda, yaitu Rifat Sungkar dan Sean Gelael yang pada malam hari itu menerima awards dari IMI atas perjuangan mereka bertanding di luar negeri dengan membawa nama bangsa Indonesia

IMI AWARDS 2013 black and white (23)

Ternyata banyak juga para pembalap yang menjadi duta bangsa di luar negeri dengan bertanding di motorsport dengan membawa nama Indonesia, dan terutama membawa modal dari kantong mereka sendiri. Bukan dari negara seperti atlet-atlet olahraga lainnya.  Terutama mereka berlaga diajang gokart dan single seat.

IMI AWARDS 2013 black and white (24)

Itulah Indonesia, banyak orang yang mempunyai kepandaian, skill, dan prestasi di atas rata-rata 246,9 juta penduduk Indonesia. Harus berjuang seorang diri untuk tetap stay on top atau parahnya stay alive or survive, tanpa bantuan dari negara. Untunglah ini adalah hobby dan dunia yang mereka senangi, jadi I think money is no problemo for them. Tapi setidaknya jika ada subsidi dari negara bisa memangkas budget, dan mengalihkannya ke hal yang lebih penting. Research & development maybe…

IMI AWARDS 2013 black and white (25)

Tapi dari sekian banyak pembalap nasional yang cukup sukses and stay on track berkat menjadi papan billboard atau brand ambassador berbagai macam produk yaitu Perally Nasional Rifat Sungkar. Hampi semua SS di dalam dan di luar negeri, mulai dari APRC hingga WRC pernah dia libas. So why he can stay on the track? Good looking : check, good skill: check , always jaga smile : check, good management : check .Copy cat it guys.

IMI AWARDS 2013 black and white (26)

Roy Suryo selaku Menteri Pemuda dan Olahraga pun cukup bangga dengan hasil yang diraih oleh para duta bangsa di cabang olah raga balap mobil dan motor ini, walaupun dengan modal sendiri tanpa ada bantuan dari pemerintah. Kedepannya memang Pria yang ahli telematika ini berencana untuk membuat dunia Motorsport di Indonesia semakin maju dan didukung penuh oleh pemerintahan. Selain itu ada kabar  gembira dengan adanya semacam “paspor” bagi kendaraan balap sehingga dapat lebih membantu pebalap asing untuk dapat tampil ajang balap di Indonesia

IMI AWARDS 2013 black and white (28)

Lanjut setelah penerimaan IMI Awards 2013 kepada para pembalap yang telah menjadi duta bangsa Indonesia. Kini awards pun beralih kepada para instansi atau perusahaan baik BUMN ataupun swasta yang telah ikut mensupport agenda kejuaraan motorsport di Indonesia. Salah satunya adalah Pertamina yang diwakilkan oleh  Manager Fuel Retail Non PSO Pertamina, Waljianto,  yang merupakan teman satu kantor papa saya ketika bertugas di kota Banjarmasin.

IMI AWARDS 2013 black and white (30)

Lalu kemudian kita beralih ke awards paling tinggi atau FFA nya pada malam hari itu, yaitu lifetime achievement awards atau penghargaan atas dedikasi seuumur hidupnya pada dunia motorsport Indonesia. Yaitu veteran balap motor atau roda 2, Om Beng Siswanto.

IMI AWARDS 2013 black and white (31)

Beng Siswanto yang merupakan pembalap veteran era 60’an ini, yang jam terbangnya juga di tahun 80’an dan 90’an bersama Ricardo Gelael, Tommy Soeharto, Adiguna Sutowo, dan Aswin Bahar. Malam itu mendapatkan Lifetime achievement awards atas pengabdiannya selama ini kepada dunia motorsport di Indonesia.

IMI AWARDS 2013 black and white (32)

Such as bad ass top racer! Ladies and gentleman I give you Mr. Beng. Saya selalu suka dengan photo balap jaman bahula yang sangat artistik lengkap dengan lifestyle yang kental dengan era black and white. Walaupun motor atau wearpack beserta helmnya tidak secanggih dan semahal sekarang. Namun this guys is look so damn hot. 60’s kick ass…

IMI AWARDS 2013 black and white (33)

Turun dari atas panggung, satu persatu undangan pun menghampiri Om Ben sambil berpelukan dan berjabat tangan memberikan ucapan selamat kepada pembalap veteran  dan living legend Indonesia ini

imi awards 2013 (58)

Dan tentu saja mendapatkan ucapan dari teman seperjuangan atau mungkin rivalnya di lintasan sewaktu muda dulu. Saya terharu ketika melihat dua orang yang sudah melewati ribuan lap dan ratusan race dalam hidupnya ini, side by side dengan wajah yang tak lagi muda dan rambut yang semakin memutih dan hilang. Masih berdiri gagah seperti waktu mereka muda dulu. Tonight we are young.

IMI AWARDS 2013 black and white (36)

Setiap masa ada generasinya, dan setiap generasi ada masanya. Masuklah kita ke generasinya injection dan super smart ECU. Di Singgih Eldika pembalap drag race dari team SCS Surabaya ini pun melangkah dengan hati yang tersenyum lebar ketika namanya dipanggil untuk maju ke atas panggung.

IMI AWARDS 2013 black and white (37)

Awal atau niatnya yang hanya ingin balapan seperti biasanya, namun berubah ketika dia berada dibalik kemudi sebuah Honda Civic EG6 di kelas 3.1 standart nasional. Dari yang awal mulanya merasakan urutan 1 lalu kemudian tergeser ke posisi ke-6, membuatnya terus berburu podium dan poin supaya bisa menjadi yang tercepat serta juara nasional drag race kelas 3.1

IMI AWARDS 2013 black and white (40)

Lalu pembalap Surabaya atau Jawa Timur yang naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan slalom adalah Rizky TJ dari team CSS Surabaya (kiri) yang berhasil meraih juara nasional slalom 2013 kelas seeded B. Dan tak ketinggalan juga ada Raditya dari team Jangkar Miring Surabaya yang meraih gelar juara nasional slalom 2013 team A dan juga team F

IMI AWARDS 2013 black and white (41)

Dan akhirnya apa yang dia cita-citakan dari semasa dia duduk bangku SMP terwujud juga..menjadi juara nasional.

IMI AWARDS 2013 black and white (44)

Malam itu pembalap Surabaya atau Jawa timur yang memborong banyak piala adalah Raditya dari team Jangkar Miring Corvette racing team. Pria yang juga big bossnya team yang bermarkas di Surabaya ini, berhasil membawa pulang kurang lebih 5 piala. Team A ke-1, team F ke-1, nasional perorangan 1 dan 2, perorangan A nasional 2.

IMI AWARDS 2013 black and white (45)

Sementara Rizky TJ cukup sumringah dengan gelar juara nasional slalom 2013 kelas seeded B, mengingat dia mulai berada diantara cone merah dan hijau dari tahun 2008 . Dan melalui perjuangan yang berat dan panjang, apalagi dia absen 1 seri di kota Padang.

IMI AWARDS 2013 black and white (46)

Sementara Singgih Eldika yang awal mulanya iseng dan sekedar hobby balapan, ternyata berakhir dengan gelar nasional drag race di kelas 3.1 di pundaknya.

IMI AWARDS 2013 black and white (47)Sementara para pencari pos waktu seperti Suryo Prihatmanto dari kota  Surabaya juga mampu berbicara banyak dengan menjadi juara nasional Time Rally 2012. Sementara di tahun 2013 Surabaya juga berhasil keluar sebagai juaranasional Time Rally dengan Glemboh (pilot), Rio (navigator), dan Ariza (Navigator 2)

IMI AWARDS 2013 black and white (43)

Total malam itu kami pasukan Bonek dari kota Suroboyo dan juga Pengprov IMI Jatim, yang dikomandani oleh Bambang Kapten Harribowo (ke-7 dari kanan) berhasil membawa pulang 6 awards ke kota Surabaya.

IMI AWARDS 2013 black and white

Well, mumpung berada di antara bintang dan pembalap senior. Tak ada salahnya untuk berphoto bersama dengan pembalap idolanya. Apalagi pada malam hari itu masing-masing berhasil mendapatkan awards.

IMI AWARDS 2013 black and white (48)

So guys, inilah awards atau piala yang di persembahkan oleh Ikatan Motor Indonesia wadah petrol heads tertinggi di Indonesia. Hanya sebuah piala yang terbuat dari kayu dan juga kaca diatasnya. Tak ada hadiah uang tunai, doorprize, champagne, ataupun hadiah yang berwujud barang jika di nominalkan hanya cukup untuk mendaftar atau uang makan selama race saja.

IMI AWARDS 2013 black and white (49)

Tapi walaupun hanya sebuah piala yang terbuat dari kayu dan kaca diatasnya. But,  nama Anda dan gelar yang Anda raih tertulis dengan “emas” dalam catatan sejarah dunia motorsport di Indonesia. Ini adalah moment langka yang terjadi once in your life time atau sekali seumur hidup Anda sebagai seorang orang pembalap. Perlu digaris bawahi disini, setiap tahun dan setiap musim balap baru, pembalap dan juga baik mobil ataupun motor semakin cepat dan canggih. Besar kemungkinan tahun depan Anda malah DNS (Did Not Start) atau DNF (Did Not Finish). Ini lah hidup yang seperti sebuah race, susah di tebak. 25% racer, 25% car/bike, and 50% god. Kenapa 50 % Tuhan, karena da powa nya melebihi horsepower mesin Anda.

imi awards 2013 (60)

Tapi walaupun biasanya sebuah race susah ditebak siapa yang akan jadi pemenang ataupun Anda bisa finish ataupun terpaksa masuk pit setelah  di R1.  Tapi selagi Tuhan, bersama skill yang berpihak kepada kita, Anda bias menyelesaikan race Anda, dan mungkin finish as a champ. So enjoy your victory. Karena moment seperti ini hanya sekali seumur hidup. Life is so fast, so why slow? Dan biarkan skidmark ban mobil ataupun motor Anda menuliskan nama Anda dalam sejarah dunia motorsport di Indonesia. It’s better than just watching tv at home. Congrats to all the champ…

 

Best regards,

 

Bayu Sulistyo

Perfourm>com

 

 

 

*Like us on our facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

Comments

comments!