NEW DRIFT MACHINE : SP GARAGE MAZDA RX7 FD3S SPIRIT R

1617

mike testing rx7 fd3s (42)

Horse power dan human power dalam dunia motorsport bisa di ibaratkan seperti kucing dan tikus yang selalu kejar-kejaran. Meskipun pada basicnya kita memulai terjun ke dunia motorsport dari sebuah mesin yang levelnya equal atau sama dengan skill kita yang masih nothing. Tapi sejalan day by day, lap by lap, and race by race. Keadaan menjadi terbalik, kendaraan kita menjadi nothing, sementara kita menjadi something. Something that need more powaaa…….

HELL-YEA!-perfourm-open-drift-practice-2013-round-1-(5)

Seseorang yang awalnya nothing menjadi something itu bernama Michael atau yang bisa saya panggil Mike dengan julukan Madmike SP Garage. And he love to drift. Yang berarti drift anytime and anywhere.  Yang kali ini menjadi test drive RX7 milik Andy Sp garage.

mike testing rx7 fd3s (1)

Madmike pun membawa sebuah Mazda RX7 FD3S berwarna putih milik Andy yang merupakan generasi paling powerfull dan terakhir dari FD3S, yaitu Spirit R yang merupakan cikal bakal demo car dari bengkel SP Garage Surabaya. Yes, Mike will test this car for Andy SP Garage.Dan juga Mike memang dititipkan oleh Andy yang kebetulan pada hari itu tidak bisa hadir karena bengkelnya sedang ramai customer.

mike testing rx7 fd3s (7)

Hari itu tak ketinggalan juga Darrel dari team Porsckit Surabaya ikut menemani si Mike dengan FT-86 matic nya.

mike testing rx7 fd3s (10)

Walaupun terbilang mobil matic, namun setelah kurang lebih 5 bulan Darrel pun akhirnya bisa bermain dengan mobil terbarunya si bakul tahu ini. Dan dari hari ke hari dia pun makin mahir mengendalikan steering wheels dan juga throttle position pada FT-86 matic yang bisa menjadi satu-satunya FT-86 yang diajak bermain sideways daripada cuma untuk transporter atau nge-run saja.

mike testing rx7 fd3s (11)

Sementara Wira dari team Bajoel Tech Surabaya semakin hari semakin bagus saja mengendalikan RX8nya. Kini dia sudah mampu merubah habitnya dari full throttle ke semi throttle. Anglenya pun semakin bagus.

mike testing rx7 fd3s (35)

Sewaktu time out atau istirahat, Mike dan Wira pun saling bertukar pikiran sesama rotary boys ini mengenai perbedaan apa saja pada RX7 dan RX8 ketika diajak bermanuver drifting. Menurut Mike power standart 13B twin turbonya sudah jauh lebih baik daripada mesin RX8nya yang natural aspirated, body nya juga jauh lebih ringan, namun sayang suspension dan tak adanya LSD membuat mengendalikan mobil ini sedikit mengeluarkan tenaga extra. Well tampaknya habis ini Andy mendapatkan masukan dari test drivernya  tentang FD nya ini.

mike testing rx7 fd3s (36)

Sementara Darrel yang sekarang driving skill nya sudah mulai naik  sudah mulai berpikiran untuk bermain dengan manual car. Dan memfokuskan FT86 nya untuk daily car atau show car saja.

mike testing rx7 fd3s (38)

.He got the big ball untuk berani membuat mobil langka milik temannya sendiri ini untuk drifting.  Padahal  baru terhitung beberapa bulan saja dia melakukan drifting. Melihat pria ini drifting di dalam RX7 FD3s Spirit R type A membuat pikiran saya terlempar pada bulan Agustus yang lalu.

michael  with Takahiro Ueno san in Fuji Speedway japan (53)

Yaitu disaat pria yang hobby main Gran Turismo ini liburan ke Jepang dan merubah liburannya menjadi sebuah pengalaman yang unforgettable holiday. Yaitu berkunjung ke team Vertex yang di komandani oleh Takahiro Ueno pro drifter D1 Grandprix Japan.

yokomo-international-drift-meet-2012-surabaya-indonesia-II-(12)

Sebelum berangkat ke Jepang, saya pun mengenalkan Mike ke Ueno melalui FB. Karena pada tahun 2012 yang lalu Ueno san pernah ke Surabaya untuk menjadi juri pada RC Drift, dan saya pun berhasil membujuk dia untuk demo dan mengajarkan 2 orang drifter dari Surabaya, yaitu Andy SP Garage (R34), dan Cefiro Chui  Loading (A31) di parking lot Lenmarc.

yokomo-international-drift-meet-2012-surabaya-indonesia-II-(13)

Dan akhirnya untuk pertama kalinya pembalap team Vertex D1 Granprix Japan ini drifting di Indonesia, and the good news is, di kota Surabaya. Saya masih ingat hari itu di Jakarta ada Formula Drift, rasa sesal saya tak bisa nonton FD pun terlunasi dengan melihat aksi Ueno san beraksi dengan R34 milik Andy SP Garage ini. Bahkan Ueno pun sempat meminta one mo lagi kepada Andy untuk drifting dengan Sukairain ini. Ternyata di ketagihan atau suka dengan setingan Andy yang juga head mechanic dari SP Garage ini. Jadilah dia bilang kalo ini adalah mobil favoritnya di luar Jepang.

michael  with Takahiro Ueno san in Fuji Speedway japan (64)

Kembali ke Jepang, Mike yang pada malam sebelumnya di jemput di stasiun dan diantarkan oleh Ueno San ke hotel rekomendasinya, harus bangun sekitar jam 4 pagi. Dan menuju ke bengkel Vertex, lalu menuju ke Fuji Speedway yang terletak di bawah kaki gunung Fuji. Sebenarnya saya bilang ke Ueno san untuk mengajak Mike ke Ebisu Circuit, namun Ueno san bilang Ebisu jauh. Dan juga biaya transport, sewa mobil, dan lain-lainnya mahal. jadi lebih baik ke Fuji Speedway saja karena jauh lebih murah. I love this Sensei.

michael  with Takahiro Ueno san in Fuji Speedway japan (86)Pada hari itu kebetulan ada acara Open Drift Practice, dan yang menjadi bintang tamu adalah Ueno san dan juga Daisuke Hasegawa dari D1 Grandprix Japan. Karena Mike datang bersama Ueno-san, jadilah Ueno san sewaktu early briefing bersama seluruh peserta memperkenalkan bahwa mereka kedatangan bintang tamu dari Indonesia. Dan semua orang langsung terkesima, maklum Mike datang 2 minggu setelah Amandio keluar sebagai juara ke-3 di D1 Grandprix Japan Ebisu Circuit.

michael  with Takahiro Ueno san in Fuji Speedway japan (101)

Mike pun masuk dikelas D dari 5 kelas yang ada (A adalah D1 GP driver dan E adalah baru basic drift) berkat video driftnya yang menggunakan RX8 yang ditunjukkan ke panitia dan Ueno San. Mereka bilang Mike cukup gila bermain dengan mobil yang liar namun under power tersebut, padahal di Jepang sendiri orang menghindari Eighto (RX8). Karena  bahasa Jepang Mike cukup lancar, jadilah dia mudah bergaul dengan sapa saja disana. Mike pun mendapatkan kesempatan practice dengan sang Senseinya yang berada di sebelahnya. Glovenya pun special pemberian Ueno san.

michael  with Takahiro Ueno san in Fuji Speedway japan (106)

Mike pun latihan di Fuji Speedway drift land dengan sebuah Toyota Chaser Mark II JZX100  yang merupakan mobil  temannya Ueno San . Mike pun sangat enjoy dengan event latihan sehari bersama juara D1 Grandprix Japan itu. Banyak hal yang diajarkan oleh Ueno San mulai dari set up suspension, posisi mengemudi, dan memegang steering wheels, dan lain-lain. Total biaya yang dihabiskan Mike untuk private lesson ini hanya 100.000 yen atau sekitar 10 juta rupiah. Untuk sewa mobil+bensin+ 6 buah ban+ mekanik+ sewa sirkuit+ Ueno San. Murah sekali bukan. Mike sampai bercanda kalo Ueno San nya gratis.

michael  with Takahiro Ueno san in Fuji Speedway japan (13)

Satu hal yang diajarkan Ueno san, yaitu drifting haruslah fun. Jangan terlalu serius, nikmatilah dan rasakanlah sensasi drifting pada pinggang ketika mobil diajak sideways. Saya lihat setelah kembali ke Surabaya, Mike tampak sering berkomunikasi dengan Senseinya.

mike testing rx7 fd3s (12)

Rekan satu alirannya, yaitu Wira dari team Bajoel Tech Surabaya juga menunjukkan peningkatan perfourmancenya dalam mengendalikan RX8nya. Wira kini sudah mampu untuk mengendalikan throttle gasnya, steering wheelnya, bahkan membuka sudut angle nya hingga mentok seperti yang Anda lihat disini ketika dia latihan angka 8.

mike testing rx7 fd3s (34)

Wira juga saya lihat sudah mulai halus dalam bermain pedal gas nya ketika mulai melakukan doughnut atau angka O dari besar ke kecil lalu ke besar lagi.

mike testing rx7 fd3s (31)

Impiannya tahun depan adalah mulai bermain soal yang lebih menantang dan juga membelikan Tam-tam (julukan RX8nya) seperangkat coilover dan lsd untuk handling yang lebih maximal.

mike testing rx7 fd3s (29)

Sementara Darrel tampak di sesi ke-2 sore itu tampak sedang asyik bermain angka 8

mike testing rx7 fd3s (26)

Pria ini pun sudah mulai berani membuka throttle gas secara penuh.

mike testing rx7 fd3s (27)

Lalu kemudian mulai meng counter steer

mike testing rx7 fd3s (24)

Dan kemudian keluar dari cone nya dengan posisi sideways cukup tinggi speednya.

mike testing rx7 fd3s (25)

Dan kemudian bersiap-siap switching ke kanan. Well done for the new kids on the block and a matic car.

mike testing rx7 fd3s (43)Saya pun request kepada Mike untuk menyalakan headlightsnya yang merupakan ciri khas dari clan RX7 ini. Saya serasa di Jepang ketika melihat FD ini beraksi dengan pop up headlightsnya.

mike testing rx7 fd3s (44)

Well guys, banyak PR yang harus dilakukan Andy untuk membuat FD ini driftlable. Seperti coilover, LSD, hood, radiator, dan kawan-kawanya. Karena 13B twin turbo ini menurut Mike cepat panas, Cuma cepat pula dingin. Tidak seperti habit 13B Renesis RX8 nya

 

So guys, can’t wait this FD burn all tires. 2014 ? Aamiin…..

 

*Full story from Japan with Mike coming soon on Perfourm.

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

Comments

comments!