GO GREEN RACE : INDONESIA ENERGY MARATHON CHALLENGE 2013

1429

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (61)

Hapal dengan jargon atau quotes dari sebuah iklan provider kartu gsm yang mengambil setting di sebuah gas station yang seperti ini: Hemat boy: isi setengah, Takumi: Setengah tangki?, Hemat boy : Setengah liter,Takumi: WTF????. Well, itulah contoh sehari hari dari seluruh penduduk dunia terutama petrol heads yang ingin kendaraannya “hemat beib”, namun tetap ingin eksis di jalanan.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (36)

Well, jika dulu-dulunya saya selalu membawa Anda semua ke dunia hardcore dari satu sirkuit ke sirkuit lainnya yang berisi monsta yang suka dan hobby menyedot petrol secara gila-gilaan dengan emblem “green sucks”. Kali ini saya akan mengajak Anda kembali ke bangku sekolah Fisika, kimia, matematika, aljabar , dan apapun itu namanya. Yang jelas balapan ini bukan hanya blaarr…blaarr saja. Tapi berisi ?  ? ? yang jika Anda bisa kembali mengingat apa arti symbol itu, berarti IQ Anda lumayan nge-boost. Saya? Matematika, fisika, dan segala macam yang berbau hitung menghitung selalu nilainya red limiter. Maklum saya tinggal tidur.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (40)

Welcome to da club of Indonesia Energy Marathon Challenge atau IEMC 2013 yang merupakan lomba mobil hemat bahan bakar di Kenpark Circuit Surabaya pada tanggal 15-17 november 2013 yang lalu.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (75)

Acara balapan “Hemat beib “ ini diikuti oleh sekitar 53 tim dari 30 universitas, Politeknik, dan Institut terkemuka di seluruh Indonesia.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (71)

Acara yang diadakan oleh Direktorat Pendidikan Nasional, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan Teknik Mesin ITS ini merupakan kegiatan yang diadakan untuk menguji kemampuan merancang dan membangun kendaraan yang aman, irit, dan ramah lingkungan. Lomba ini dapat diiukuti oleh seluruh Universitas, Institut, dan Politeknik di seluruh Indonesia yang memenuhi criteria yang ditetapkan oleh panitia.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (137)

Jenis mobil yang dilombakan pun ada 2 macam yaitu Urban Concept dan juga Prototype. Nah yang atas ini merupakan contoh dari urban concept. Yang berarti kendaraan roda 4 yang berpendorong energy fosil, yang tampilannya mirip dengan mobil pada umumnya, dan sesuai untuk on-road. Syarat-syaratnya urban concept ini harus memiliki 4 roda yang pada kondisi normalnya harus tetap menempel pada permukaan lintasan. And remember, tidak diperbolehkan adanya roda ke-5. Dalam urban concept kelas yang dipertandingan ada 3 kelas, yaitu : bensin, solar , dan listrik.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (38)

Jenis mobil yang ke-2 adalah Prototype. Prototype adalah kendaraan masa depan dengan desain khusus yang lebih mengejar pada aspek  aerodinamika untuk race only. Jika urban concept car rodanya harus 4, prototype diperbolehkan menghilangkan satu rodanya sehingga menjadi 3 roda saja. Tetatpi yang harus di ingat prototype juga boleh memakai 4 roda, hanya warningnya mau 4 atau 3 roda kesemua rodanya harus menempel di permukaan lintasan. Kelas yang dipertadingkan juga ada 3, yaitu: bensin, solar, dan listrik. Sepertinya musuhnya Mr. Bean bisa ikut lomba prototype ini.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (138)

Inilah arti kata dari prototype, yaitu rahasia. Bahkan satu-satunya paddock yang tertutup rapat ini adalah milik tim  Sapu Angin dari ITS Surabaya.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (33)

Selamat datang di dalam paddock eco car. Hampir mirip dengan paddock mobil balap pada umumnya yang penuh dengan tools dan kits yang bersemburatan dimana-mana.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (35)

Tapi yang pasti di pit atau paddock mobil balap normal Anda tidak akan menemukan alat jump start ini.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (39)

Inilah kenapa balapan ini disebut eco, karena who need a gasoline, ketika Ada energy listrik. Kedepannya mungkin di dunia ini akan dirajai oleh mobil listrik yang dimulai dengan munculnya mobil-mobil hybrid.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (69)

Kegiatannya pun sama dengan paddock di mobil balap biasanya. Mulai dari men setting ulang mechanical nya. Tantangan terbesarnya adalah mencari cara pengubung antara engine dengan gear dibelakangnya atau katakanlah transmissionnya atau driveshaftnya. Karena mesin yang digunakan adalah mesin motor atau pun insdustri yang sebagian besar begitu di engine on. gear langsung berputar. Sementara dalam lomba begitu engine on, mobil harus diam sementara sekitar 2-5 menit sebelum diberangkatkan. Dan juga mencari cara agar power tidak terbuang sia sia pada transmissionnya karena tidak stabil atau balance dengan engine. transmissionnya  menggunakan sprocket chain system

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (72)

Set up ulang body dan chassisnya. Nah untuk urusan eksterior yang berbau las melas dan gergaji menggergaji. Panitia meneyediakan satu buah paddock yang khusus dan wajib digunakan oleh peserta yang mau memodif sector eksterior, chassis, dan interiornya. Khususnya yang menggunakan mesin las dan potong. Harus disini Anda melakukannya, tidak boleh di paddock AndaIndonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (44)

Saya cukup terkejut juga melihat ada beberapa tim yang membuka laptop, sambil menancapkan kabel datanya ke dalam interiornya, dan keluarlah tampilan yang biasanya kita lihat di engine management atau piggy back.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (46)

Karena pada urban concept dan juga prototype car yang menggunakan bahan bakar bensin dilengkapi dengan fuel system direct injection dan juga EFI atau Electronic Fuel Injection. Jadi sudah tentu ada otak atau ECU di dalamnya, makanya mahasiswa dari Universitas Sebelas Maret Solo ini menciptakan engine management made in Solo untuk membantu me remapping ecu nya. Mulai dari fuel, ignition, hingga timingnya. Setingan yang pas bagi mobil hemat beib ini adalah timingnya mundur sementara fuelnya lean. Sementara kompresinya bagi tiap tiap team berbeda ada yang tinggi,maupun direndahkan.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (32)

Atau mungkin tidur. Tidur juga berguna lho untuk me-recharge human power kita. Tapi kalo yang ini kebangetan, hingga dikasi tanda No Smoking oleh teman-temannya yang mungkin jengkel karena dia tertidur pulas disaat timnya bertanding.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (51)

Mesinnya sendiri atau fuelnya juga ada 3 jenis yang dipertandingkan, yaitu bensin, solar, dan juga listrik. Yang pertama ini adalah bensin yang biasanya engine nya mencomot dari mesin roda 2 atau motor. Biasanya mereka mengambil dari motor Honda atau Yamaha yang bercc 110 cc. menggunakan fuel system direct injection atau EFI (Electronic Fuel Injection). Horsepowernya diperkirakan hanya sebesar 5 dk. Atau sebuah mesin made in sendiri yaitu paijo Experiment PEX-03 yang mempunyai kapasaitas sebesar 65 cc

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (4)

Sedangkan untuk yang diesel power biasanya menggunakan mesin diesel untuk keperluan pabrik. Salah satunya adalah Yanmar Diesel L48AE DEGTM 210 cc. transmissionnya  menggunakan sprocket chain system

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (73)

Untuk yang berpenggerak listiknya menggunakan power dari battery yang kemudian digunakan untuk menggerakan motor untuk memutar roda.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (100)

Bahan bakarnya sendir ada 3 jenis, yaitu bensin, solar, dan listik. Bensin dan solarnya pun ditentukan oleh panitia. Untuk ukurannya 100 mililiter untuk kelas prototype dan 200 mililiter untuk kelas urban concept.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (10)

Jadi setelah race, bensin Anda akan diukur ulang oleh panitia. Jika habisnya cumin sedikit, berarti Anda menang. Tapi jika banyak bahkan sampai mogok kehabisan bensin sebelum memyelesaikan 8 lap, itu berarti Anda lebih baik ikut race normal saja.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (52)

Bodynya sendiri kebanyakan terbuat dari fiberglass atau polyurethane foam dengan chassis yang terbuat dari aluminium alloy. Ukuran, dimensi, dan beratnya pun berbeda-beda. Ada yang Panjang 280 cm, lebar 75 cm, dan tinggi 65 cm dengan berat 35 kg. Ada juga yang 260cm/125cm/115cm dengan berat hingga 100 kg.. Sory guys no rall cage, bride seat, or event Autometer here. Tapi saol urusan safety mobil ini hampur sama dengan mobil balap pada umumnya, yaitu engine cut off dan juga pemadam kebakaran. Biaya total yang dikeluarkan untuk membangun mobil ini sekitar 40-60 jutaan.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (24)

Pedalnya juga ada 3, tapi gas tetaplah gas. Sedangkan 2 pedal disebelah kiri 22nya digandeng menjadi satu menjadi rem.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (54)

Agar menghindari terjadinya kehilangan mobil ditengah lintasan, atau katakanlah mogok ditengah lintasan seperti Sepang International Circuit Malaysia. Mobil ini dilengkapi dengan GPS yang bisa memonitor apakah mobil ini bergerak atau duduk manis di tepi lintasan.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (53)

Engine cut off is must in every car.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (96)

Untuk wheels and tiresnya menggunakan ring sepeda 17 inch yang ditambahkan Hydraulic disk brake sytem

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (45)

Seperti biasa tos dulu sebelum mobil team maju ke medan peperangan

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (42)

Mobil pun mulai keluar dari paddock menuju ke daerah waiting zone.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (19)

Ternyata dalam race ini seluruh mobil yang hendak maju kelintasan harus melewati  dan lolos scrut. Seperti dimensi, berat, dan safety. Salah satu contohnya adalah sistem pengereman. Dimana setiap mobil beserta pembalapnya harus mengikuti brake testing. Yaitu pembalap dan mobilnya harus bertahan diatas ramp selama 5 detik, atau tidak boleh start.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (97)

Gabus bucket seat anyone? Its super duper extra lighweight in your car also in your pocket.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (102)

Ingat kata saya tadi segala macam fuel kecuali battery listik disediakan oleh panitia dan harus dari panitia. Ternyata harganya lebih mahal daripada seliter racing fuel galonan. Untuk bensin menggunakan pertamax plus dan bio diseslnya menggunakan Pertamax Dex

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (20)

Sama seperti race dimanapun didunia ini, setelah melewati scrut, peserta pun bersiap-siap di waiting zone. Saya juga melihat dalam hal safety panitia juga menetapkan wajibnya race suit  dan juga helmet seperti motorsport pada umumnya. Mulai dari race suit custom

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (99)

Hingga race suit ala race car

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (18)

The need for speed and  the need for irit. Terlihat seperti seorang pembalap yang mencoba memecahkan rekor dunia top speed dengan  kendaraannya di padang garam Bonneville. Cool.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (27)

Tak semua mobil irit ini berbentuk ugly kid joe atau aneh bin ajaib. Salah satunya adalah mobil dari tim ITB bandung  yang tampangnya look nice ini. Satu pos lagi pada scrut yaitu pemeriksaan mesin dan lain-lain.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (14)

Termasuk refill bensin yang sudah ditetapkan oleh panitia. Semuanya diukur disini sebelum dan sesudah race untuk mengetahui konsumsi bbm Anda.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (25)

Bahkan sampai suhu bensinnya pun diukur, sebelum dan sesudah race. Sebelum dan sesudah race suhunya harus sama.  Kalo beda maka dipakai rumus pendekatan thermodinamika. Untuk rumus termodinamika dan tetek bengeknya, You do the math. Atau Anda bisa bertanya ke mbah Google.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (3)

This is it. Mobil Prototype kelas diesel. Single seat but close wheels. Anda yang biasa balapan drag race dan sering berpinjaman pemadam kebakaran seharusnya malu dengan mobil ini yang menggunakan pemadam kebakaran 1  kg.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (5)

Untuk masuknya dan posisinya saja sudah cukup susah. Pembalap ini pun harus dibantu oleh crewnya yang masing-masing setiap mobil hanya boleh dikawal oleh 2 orang crew.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (6)

No steering wheels? No problemo. Yang ada malah stang sepeda. Rasanya cukup susah saya membayangkan menempuh 8 lap yang berjarak sekitar 12 km atau 30 menit dengan posisi seperti ini. Saya sendiri yang punya penyakit sering pegel-pegel di leher pasti tak betah didalamnya. Your da man bro.. your da man.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (7)Ini dia pembalap yang curang atau dapat jatah enak dengan posisi pewe nya di urban concept car. Yaitu posisinya hampir sama dengan mobil umum. Spacenya juga lega, mungkin ditambahkan cup holder dan audi serta ac, and we’re ready to hunt some cabe-cabean.lol

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (17)

Bagi pembalap yang ketiban apes harus terpilih menjadi pilot prototype car, harus berjuang selama 12 lap dengan posisi  kurang lebih sekitar 35 derajat.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (23)

Suhu didalam cockpit sendiri sekitar 35-40 derajat dengan sistem pendingin AV atau angin ventilasi yang anginnya tidak terlalu kencang.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (22)

Jika di urban concpet real man use three pedals or two pedals, maka di prototype carnya real man use bike brake. Alias pedal gas dan remnya menggunakan tuas rem sepeda. Cool ha? Baru kali ini ya melihatnya, sama saya juga.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (81)

Masuk ke area grid. Para pembalapnya masih di temani oleh 2 orang crew. Ini adalah titik terakhir dimana pembalap masih menikmati segarnya udara mendung dan juga ditemani oleh crewnya. Engine nya juga masih posisi mati.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (80)

Look it that. A girl with ton’s of stopwatch. Ini adalah back up time dari timing resmi panitia, ya just in chase timing aslinya error. Timing resminya menggunakan timing road race atau gokart yang berbentuk wireless yang menempel di setiap mobil. Seperti kaya Sinchan, apakah dia juga menghitung lama cinta yang bersemi di hatinya. Kidding lah

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (8)

Chassing pun ditutup, dan mesin pun dinyalakan sesaat sebelum maju ke garis start. Mulai dari sini hanya tinggal pembalap dan si black mamba ini. Crew pun sudah tidak bisa lagi menolongnya.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (11)

Mobilpun mulai meluncur meninggalkan garis start dengan kecepatan yang sangat..eee..lambat. Bahkan serasa dunia ini seperti di slow motion.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (13)

Baru berjarak sekitar 30 meter dari garis, mobilpun harus menepi karena ada problem pada engine ataupun transmissionnya

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (82)

Beberapa mobil pun dilepaskan oleh panitia dari garis start

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (89)

Dan mulai memasuki lintasan sepanjang 12 km ini

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (119)

Kenpark Circuit ini aslinya adalah jalan utama di tengah Kenjeran park yang diubah menjadi lintasan. Tracknya juga di dominasi oleh lintasan lurus dengan kurang lebih 10 tikungan ke kanan semua atau clock wise.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (118)Jadi bisa dibilang karakter lintasannya bertipikal high speed. Jadi rata-rata mobil bisa berlari average nya 50 km/jam dengan top speed ada yang mencapai 70 km/jam (prototype)Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (58)

Setelah mengejar top speed di lintasan lurus, akhirnya peserta pun mulai memasuki S dari lintasan ini. Dan dari sini pun terlihat ketatnya kompetisi seperti dalam balap touring.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (59)

Siapa bilang balapan irit-iritan ini persaingannnya tidak ketat, atau bahkan adrenalinenya tidak ada. Buktinya 2 capsul ini terlibat side by side di tikungan ini.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (62)

Bahkan beberapa mobil prototype sempat wheel to wheel ketika mulai memasuki tikungan ini. Tak ada yang mau mengalah disini, padahal setiap mobil dilengkapi dengan horn atau klakson untuk memberikan tanda, move away bro!

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (56)

Tapi beberapa peserta pun tidak tahan dalam endurance race ini, dan harus di dorong keluar lintasan.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (107)

Sementara di tepi lintasan layaknya balap Formula one, salah seorang yang mungkin bisa dibilang seperti team principal F1 sedang memonitoring pembalapnya melalui handphone. Pria ini bertuga memberikan data berapa catatan waktunya per lap, dan sudah berapa lap dia melakukan hot lappin nya.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (122)

Semar Urban UGM Jogjakarta berhasil memenangkan juara ke-2 kategori urban kelas diesel dengan konsumsi bahan bakar 111,8151 km/L

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (124)Dalam race ini ada aturan mainnya berupa limit atau batas waktu untuk menyelesaikan 12 lapnya

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (132)

Untuk kategori Urban batas waktu maksimalnya adalah 30 menit untuk satu race.Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (129)

Sedangkan untuk kategori prototype diberikan waktu maksimal yaitu 26 menit untuk satu lintasan

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (131)

Uniknya disini ketika memasuki tikungan, mereka mematikan mesin mobil mereka, dan memanfaatkan torsi maksimal atau daya dorong setelah melewati lintasan lurus.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (134)

Dari situ mereka hanya memanfaatkan energy yang tersisa pada perputaran bearing yang ada di roda mereka. Walaupun mesinnya dimatikan tapi beberapa mobil prototype terlihat cukup kencang ketika memasuki tikungan.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (28)

Dan kemudian ketika keluar dari tikungan mesinnya langsung di nyalakan lagi. Dari situlah rahasia memperirit konsumsi bensin pada lomba ini. Now you know the trick. Mungkin yang doyan “ hemat beib” bisa mencoba trick ini ketika memasuki tikungan dan keluar tikungan. Selamat mencoba. Tetapi saran saya lebih baik jangan dicoba. T E R L A L U

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (116)

Begitu mesin dinyalakan, mobil ini pun kembali terbang seketika mendapatkan tenaga nya kembali

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (113)

Mengambil gambar ini rasanya seperti mengambil photo panning ketika meliput event touring di Sentul Circuit.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (31)

Lengkap dengan keluar dari tikungan S kecil

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (83)

Dan akhirnya flat out keluar dari S kecil itu menuju lintasan lurus dengan kecepatan tinggi.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (140)

Balapan yang sempat terhenti karena hujan, khusus untuk kelas listrik. Akhirnya selesai pada sore harinya. Beberapa tim pun tampak mulai mengangkut mobil mereka masing-masing. bertiga

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (139)

Ataupun seorang diri. Orang ini terlihat seperti atlet dayung nasional

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm

Sewaktu hendak pulang saya pun bertemu dengan tim dari Universitas Indonesia Jakarta yang pada kali ini berhasil memborong beberapa piala. Diantaranya Nakula Hore UI Juara 1 Kategori prototype kelas bensin dengan konsumsi bbm 1027,4650 km/L. Lalu  Arjuna Hore UI Juara 1 di kategori prototype kelas listrik dengan konsumsi bahan bakar 252, 4328 km/kwh> hadiah untuk juara 1 adalah 7,5 juta, dan hadiah untuk juara ke-2 adalah 5 juta rupiah.

Indonesia Eco Marathon Challenge 2013 perfourm (123)

Well guys, itu tadi liputan saya yang out of the box dan namun tetap masih di dalam racing line perforum.com. Karena salah satu misi atau goalnya Perfourm adalah memberikan edukasi kepada pembacanya tentang dunia akademis juga. Jadi harapan saya dengan tulisan saya yang sudah seperti seorang Insinyur teknik mesin atau professor KW Super ini bisa memboost up your brain ecu.

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

SHARE
Previous articleTHE NUVOLKS SURABAYA OFFICIALLY ESTABLISHED
Next articleMERRY X-MAS
Bayu Sulistyo Nyonk
The slowest man in the fastest motorsport. Love to travel & eat, and love motorsport. Dreaming about a Nissan Cefiro A31 with 2JZ under the hood and wide fat bodykit for going sideways and weekend family car. You had me at Instagram @bayusulistyoo

Comments

comments!