PERFOURM BEST ACTION HERO 2013

1270

Jambi drag race (53)

Sebenarnya artikel ini ingin saya publikasi sewaktu injury time atau last lap di bulan December,namun karena saya banyak di kejar deadline dan liputan, akhirnya saya pending hingga awal Januari 2014. Tidak ada kata terlambat buat saya. Karena saya ingin membuat Perfourm menjadi sebuah media yang unik, gila, grassroots, dan lebih condong ke human interestnya. Untuk itu saya iseng-iseng membikin artikel Perfourm Best Action Hero 2013, yang berisi beberapa pembalap yang melakukan adegan bak aktor film action yang tidak lazim dilakukan oleh pembalap ataupun orang lain. Dan itu benar-benar terekam oleh Perfourm selama tahun 2013.

Jambi drag race (45)

Chila  Team Princess Kiti Jambi – Racing hells shoes , Jambi Drag race 2013

Wanita oh wanita, kemanapun mereka pergi pasti tidak bisa lepas dengan make up and high hellsnya. Seperti  yang turun di drag race Jambi dengan menggunakan high hells nya yang berwarna pinky wingky. And bad news for you guys, he become the champion with this pinky winky high hells (1st podium). Ada yang mau mencoba..?

bday run (14)

Wahyudi IECS – The 90 HP man

Inilah salah satu aksi kejar-kejaran bak film action terbaik pada tahun 2013. Sebuah 90 hp 1.6 Lt SOHC dan bad newsnya lagi its carburetor car, hot pursuit atau mengejar segerombolan banteng, kuda, M, Benz di jalan tol. Walaupun harus ngos-ngosan dan mendapatkan pace naote dari saya yang sambil keluar dari jendela memphoto gerombolan itu, Wahyudi tetap bisa meberikan perlawan pada mobil diatas 500 hp tersebut. Rahasianya adalah ngewine dulu. lol

AP Speed race day sentul  (79)

Rio R. Bramantio – Sweet Escape, Sentul Circuit

Ini adalah kejadian yang dilakukan secara tidak sadar oleh Rio the Flash AP Speed di saat dia marah kepada Racing Committee  Sentul Drag Race round 2, dia pun kembali ke area pit dari garis start dengan cara melompat dinding pembatas yang diatasnya ada pagarnya yang cukup sempit. Tapi karena dalam keadaan high compression  atau marah Rio pun berhasil melewati rintangan yang cukup sempit untuk tubuhnya. Sewaktu dia kembali lagi ke garis start dan saya kasi tahu kalo dia baru saja melewati tembok ini diapun tertawa dan tidak menyangka bisa melewatinya. Saya suruh coba lagi ternyata tidak bisa. lol

IMG_1327

Alex Laluyan Team Muda Charaka Siap – Drunken Masters, Sentul International Circuit

Alex Laluyan salah satu pembalap dari team Muda Charaka Siap kota Manado ternyata selain sebagai seorang seorang dragster, ternyata juga mempunyai profesi lainnya sebagai ahli debus. Untuk merayakan kemenangan team B16 AP Speed dalam memecahkan rekor All Motor Indonesia (12.107 detik) yang dicetak oleh M. Herdy B16 Ap Speed. Alex pun meminum minyam rem dan juga air radiator coolent. Sasadape….

the goldmember gold chrome aventador LP700-4 Surabaya indonesia (16)

Eric Caprin Caprin Racing Stickers – The Holly Man, The Gold Member Aventador LP700-4

Saya pun menjadi saksi hidup pembuatan Aventador emas pertama kalinya di Indonesia dan Asia Pacific (diliar Miami dan Dubai), yaitu kota Surabaya. Dan orang yang dengan gagah berani dan innocent berdiri diatas atap mobil seharga 12 Milyar ini adalah teman main skateboard saya sewaktu SMA, yaitu Eric Caprin yang dibantu oleh istrinya yang sedang hamil tua. Demi calon anaknya yang segera lahir, pasangan suami istri selama sekitar 6 hari dari pagi hingga tengah malam melapisi body banteng ini dengan gold chrome sticker dengan cara manual, alias tidak mecopot bodynya satu persatu.

VEORY POWER IN MALAYSIA Day 3 (4)

The Tiger R35 GT-R – One Night Stand ala Roro Jonggrang, GT Auto Workshop Malaysia

Jika menurut Anda kisah one night stand  Bandung Bondowoso (Candi Prambanan) dan Sangkuriang (Tangkuban perahu) hanya sebuah dongeng saja. Maka di jaman high tech ini, saya pun menyaksikan one night stand ala  crew Veory Power  yag di bantu Tobby GT Auto di GT Auto Workshop Malaysia. Mulai bekerja menurunkan mesin VR38DETT pada jam 9 malam, lalu selesai naik mesin pada jam 9 pagi keesokkan harinya. Setelah 12 jam mengganti HKS turbo kit dengan Boost Logic turbo kit selama 12 jam, mobilpun langsung dibawa ke marka Ultra Racing untuk pembuatan rollcage standart FIA.

Jambi drag race (73)

Habibi – Mini Me, Jambi Drag Race 2013

Walaupun memiliki kekurangan pada postur tubuhnya, namun tak menghentikan niatnya untuk ikut event kompetisi drag race di kota Jambi. Walaupun secara proposional tubuh kakinya tidak bisa menyentuh ketiga pedal, namun berkat bantuan kakaknya dan modal 200 ribu rupiah. Jadilah custom pedal yang sifatnya di injak bukan di dorong pada umumnya.

Drag Sentul 2013 round 2 (114)

Richard 3B Bang Bule Badjingan Engineering – The Astronout , Sentul Drag Race 2013 round 3

This is totally weird. Racing without a glass? CRX biru inipun berhasil keluar sebagai juara ke-5 di kelas bracket 15 detik dengan best timenya 15.222 detik.

IMG_1359

M. Herdy B16 AP Speed – Si kabayan, Sentul Drag Race 2013 round 4

Dan victory jump tertinggi dan tercepat pada tahun 2013 adalah M. Herdy yang berhasil keluar sebagai juara 1di kelas bracket 13 detik dan juga juara 1 di kelas bracket 12 detik Sentul Drag race 2013 round 4. Tapi yang paling utama atau the champ of the champnya adalah Pemecahan rekor nasional all motor Indonesia 12.107 detik dari rekor lama yaitu 12.147 detik yang dicetak pada tahun 2012 oleh Hendra dari team Wisesa Motorsport Jakarta.

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (16)

H. Dadang Tiger Auto Racing – The Tiger , Sepang Drag Race Malaysia.

Inilah the ultimate race yang pernah saya liput pada tahun 2013 ini, selama 20 hari saya di Malaysia, dan live dari Sepang International Circuit. Dengan membawa nama bangsa Indonesia dan bendera merah putih, H. Dadang bertarung di kelas A atau FFA. Sewaktu Qtt The Tiga mencetak waktu tercepat 9,6 detik, namun ketika heat 1, waktunya melorot menjadi 12 detik (karena trouble tidak bisa diperbaiki). Dan akhirnya gagal masuk ke heat ke -2 atau final. Suasana di Sepang malam itu sama persis dengan stadium bola ataupun bulu tangkis, Indonesia v.s Malaysia, dengan kata lain panas. Yang saya lihat, Pak Haji ini sangat sedih sekali karena Tiga sedang trouble dan tidak dapat di sembuhkan Saya pun ingat seluruh penonton bergemuruh booooo kepada kami. Benar-benar pak Haji seperti atlet olahraga nasional yang bertanding di Malaysia.

arya karistianto the flying kid (14)

Arya Karistianto Team AB Motorsport – The Flying Kid

Inilah anak kecil yang masih duduk di bangku SMP kelas 3 yang punya hobby terbang sana dan terbang sini dengan 200 hp Toyota Corolla DX  atau KE70 bersama navigatornya yang bernama Ginanjar dari Arya duduk dibangku kelas 1 SMP. Beberapa kali bocah yang sekarang focus ke ETCC (European Touring Car Championship) in memenangkan kejuaraan rally, namun bad habitnya tidak bisa dilepaskan sewaktu menghadapi tikungan ataupun over jump…gas pool!

1461878_737407076288084_1230164291_n

Steve team Steve Garage – The Baby , Semarang Drag Race 2013

Setelah sekitar sebulan yang lalu, The Baby Steve Garage EG6 memporak-porandakan kelas bracket 12 detik di Sentul Drag race 2013 round 3, dengan mencetak waktu 12.432 detik (juara ke-2). Sabtu, 23 November 2013. The Baby kembali membuat kekacauan di event drag race di kota Semarang dengan mencetak new record untuk All motor Indonesia 201 meter, yaitu 7,671 detik yang dicetak oleh Steven Teo dari team Steve Garage Pekanbaru. EG6 B20 bertenaga sebesar 320 hp/275 Nm yang diracik oleh  sigma speed, steve garage, dan juga Supernova Jakarta ini mampu menggeser rekor yang dicetak M. Herdy dari team B16 AP Speed dengan Pedes-Maniz AP Speed EG6, yaitu 7,806detik di drag race kota Pati (sekitar 6 bulan yang lalu).

madmike rx8 surabaya

Michael team SP Garage Surabaya – The Madmike

Mulai drifting pada bulan maret 2013, dengan mobil Mazda RX8 SE3P oem pabrik tanpa coilover, keong turbo, dan tetek bengeknya. Mike mulai belajar di segala medan dan tempat, yes anywhere and anytime. Basah, kering, kenjeran, jalan raya, hingga jalanan di perumahannya tak luput dari acara sideways. Bahkan pada bulan September 2013 yang lalu dia mendapat quick lesson dari Takahiro Ueno pro drifter dari team Vertex D1 Grandprix japan di Fuji Speedway Sirkuit Japan. Bisa dibilang Mike adalah drifter dari kota Surabaya yang cepat belajar dan berbakat. Agresif adalah drifting stylenya.

time to attack sepang ! 2013 round 1 (41)

Tengku Djan – The Prince of Drift , Time To Attack Sepang International Circuit

Saya belum pernah melihat  Tengku Djan beraksi  sideways di event drifting sekelas D1 Grandprix  dan juga Formula Drift. Namun, sewaktu saya mendapat kesempatan meliput event Time To Attack Sepang. Saya pun melihat sebuah BMW E36 warna putih ini melakukan aksi sideways nya di R1 atau tikungan 1 ke kanan di Sentul International Circuit. Padahal ini adalah event time attack bukan drifting.  Style yang sama yang digunakan oleh si Dorikin atau Drift king Keiichi Tsuchiya. Walaupun kebiasaan driftingnya tidak bisa dihilangkan, Tengku Djan  tetap naik ke podium juara.

SUBARU IIMS 2013 (68)

Russ Swift – The Old Coyote, Subaru Stunt Show Indonesia International Motorshow 2013

Setelah pada tahun 2012 saya menjadi bulan-bulanan si kakek tua asal Inggris ini. Setahun kemudian saya kembali lagi diundang oleh Subaru untuk datang menyaksikan lounching the All new Forester, dan juga sekali lagi menyaksikan kakek berumur 65 tahun pemegang rekor dunia parallel parking 30 cm melakukan aksi stunt show nya seperti Reverse park, parallel parking, Don’t stop dancing, berjalan dengan 2 sisi roda, dan juga doughnut. Not bad fon and old guys.   And he so damn funny guy.

sentul darg 2013 round 3 (143)

Arie W.  Yans Speed – Wong Kentir, Sentul Drag Race 2013 round 3

Walaupun wong kentir ini mencetak waktu 17.830 detik. Namun saya melihat si Arie tidak mengurangi kecepatan mobilnya, malah terlihat seperti orang balapan walaupun kaca depannya tertutup hood. Dasar wong kentir.

sentul darg 2013 round 3 (69)

Dani Darmawan Team BL Racing Bandung – The Blind Attack, Sentul Drag Drag Race 2013 round 3.

Sekitar 200 meter lepas dari garis start, mendadak hood EG6 ini terbuka dan menutupi pandangan drivernya yang mungkin pada saat itu sedang semangat 45 mengoper gigi dari 2 ke-3. Beberapa detik setelah hoodnya menutupi kaca depan, sang pembalappun langsung melepas gas untuk mengurangi kecepatan. Anda bisa melihat disini bagaimana pembalap di line sebelah balapan sambil memandang kea rah EG6 ini. Untung saja dia tidak mengeluarkan HP nya untuk memphotonya. It’s a blind Attack

ISOM 2013 round 2 (21)

Suhud Simbolon Team S Motorsport – The No Hand Man, ISOM 2013 round 2

saya lihat bagaimana si Suhud ini berhasil meng over lap mobil-mobil kecil  di depannya, lap demi lap dengan monster Gojira nya. Dan satu lagi, he doing with the style. No hand style. HELL YEA!  Dengan aksi tari tor-tor nya itu, pria Batak ini meraih juara 1 nya di raihnya dengan Nissan GT-R yang mencetak waktu 20:59.387. Dengan fastest lap di lap ke-9 yaitu 1:43.197. And its’s the best action hero I ever see… so mesmerize me. Awesome.

 

So guys, choose your best actin hero 2013

 

WARNING: ADEGAN DIATAS TADI DILAKUKAN OLEH PARA PROFESSIONAL. DON’T TRY THIS AT HOME. IT’S VERY DANGEROUS !

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

Comments

comments!