SHOWROCKBOYO SIDEWAYS : OFF SEASONS

991

showrockboyo sideways off season (60)

Setelah hampir kurang lebih 2 bulan anak-anak Showrockboyo Sideways hibernate dan tidak melakukan aktifitas membakar ban. Maka pada tanggal 14 Januari 2014 yang lalu, genk rwd boys ini kembali melakukan aktifitas membakar semua ban yang mereka punya.

showrockboyo sideways off season

Off season ini pun di mulai pada tanggal 14 Januari kemaren yang bertepatan pada hari libur nasional. Dan orang yang paling bersemangat untuk memulai latihan di awal tahun ini adalah si Madmike dari team SP Garage.

showrockboyo sideways off season (2)

Di ikuti oleh Andy dari team SP Garage yang kali itu membawa New drift machine di kota Surabaya, yaitu sebuah Nissan Skyline R33 GT-S yang sudah di swap dengan RB26DET milik  salah satu customernya dari kota Semarang. Untuk di test drive drifting oleh Andy yang juga drifter, owner, dan tuner dari SP Garage Surabaya ini.

showrockboyo sideways off season (5)

Begitu tiba dilokasi, Andy pun langsung mengganti 5Zigen yang dibalut dengan Advan AD07 tires dengan sebuah Varrstoen 19 inch yang dibalut dengan Bridgestone Potenza RE001 Adrenaline. See Anda bisa melihat betapa santai kaya di pantai dan slow kaya dipulau arek-arek Surabaya ini drifting hanya memakai kaos, celana pendek, dan dat sandal japit. Maklum ini off seasons.

showrockboyo sideways off season (25)

Varrstoen 19 inch yang mempunya lebar 11′ ini  membuat R33 ini menjadi dat ass dengan rims selebar  . Rims ini sebenarnya bermukim pada R34 SP Garage. Namun kali ini Andy sedang melakukan testing pada R33 berwarna hitam dengan memberikan R34 19’inch rims.

showrockboyo sideways off season (6)

R33 GT-S ini aslinya mempunyai mesin bawaan dari lahir berupa RB25DET yang tenaganya sudah dari cukup untuk bersideways ria, namun mungkin karena pemilik awalnya hungry for powa. Jadilah satu biji RB26DETT yang merupakan jantung dari R34 GT-R di swap kedalam engine bay R33 ini beserta high performance part lainnya seperti JE piston, HKS conroad, HKS camshaft 272 high lift, Supertech valve springs, Nismo oversize valve and valve seal, Greedy fuel rail, RC injector 1200 cc, N1 oil pump,  Royal Purple XPR 20W50 oil. HKS SQV blow off, HKS GT external wastegate, HKS type R intercooler, Turbo KKK, dan di otaki oleh Apex’I  Power FC. Sementara ORC flywheel dan twin plate serta Nismo GT LSD bertuga menyalurkan tenaga ke  rear wheel R33 ini.

showrockboyo sideways off season (7)

Orang ke-3 yang datang hari itu adalah Dariel dari team Porsckit Surabaya dengan FT86 maticnya. Walaupun matic, Dariel tetap bersemangat untuk mengikuti latihan bersama yang diadakan setiap sebulan sekali ini. Seperti biasa style anak Suroboyo, santai.

showrockboyo sideways off season (8)

Engine FA20 dari FT86 ini pun sudah di modif pengan memakai HKS product seperti, open air filter, oil filter, oil cap, dan juga HKS exhaust system. Sementara Cusco front strutbar bertugas menambah rigid mobil ini.

showrockboyo sideways off season (22)

Jadilah formasi latihan hari itu berisi 4 mobil yaitu Madmike dengan RX8, Darrel dengan FT86, Andy dengan R33, dan TJ dengan Benz-nya.

showrockboyo sideways off season (3)

Setelah sibuk membuat soal latihan drift hari itu, Mike pun mencoba soal yang dibuatnya sendiri ini. Yaitu dengan run sekitar 30 meter lalu kemudian inisiate ke kanan.

showrockboyo sideways off season (11)

Dan memulai brushing ke kanan dengan kecepatan sedang. Karena RX8nya ini masih standart, terlihat Mike agak memaksakan mobil ini melakukan long brush ke kanan. Sistem Electronic Power Steering atau EPS nya pun membuat action ini sedikit lebih susah dibandingan dengan power streering manual. Karena ketika posisi mobil sliding dengan kecepatan agak tinggi, EPS nya langsung mati. itu berarti steering wheelnya mendadak terasa berat.

showrockboyo sideways off season (56)

Setelah cukup lumayan melakukan long brusnhing ke kanan, Mike pun melakukan switching ke kiri dan kembali melakukan sideways ke kiri.

showrockboyo sideways off season (55)

Lalu kemudian melakukan switching kekanan, lalu U turn dilanjutkan sideways ke kanan menuju finish.  Tentu bukan tiket sekali pakai Mike bisa melakukan ini, namun setelah beberapa kali dia berjuang dengan mobil underpower ini, dan ban nya tidak mendapatkan grip karena sudah halus dan jalanan berpasir. Akhirnya dia bisa melakukannya.

showrockboyo sideways off season (21)

Darrel pun masuk ke dalam track setelah Mike keluar dari track.

showrockboyo sideways off season (28)

Karena FT86 Darel matic, jadi saya sarankan dia bermain angka 8 saja. Darel pun memulai latihanya dengan melakukan doughnut dari besar ke kecil lalu membesar.

showrockboyo sideways off season (29)

Lalu kemudian sideways dengan kecepatan cukup tinggi dan angle yang cukup bagus  menuju cone berikutnya untuk melakukan switching ke kiri dalam rangka membentuk angka 8. Lambat laun anggota Porsckit ini sudah menemukan teknik yang pas untuk FT86 maticnya.

showrockboyo sideways off season (18)

Lalu tiba the moment of true nya test drive R33 SP Garage. Memulai inisiate dengan kecepatan yang cukup tinggi lalu kemudian brushing ke kanan, dan kemudian switching ke kiri sambil sideways ke kiri semuanya dilakukan dengan tidak ngotot. Alias mobil ini hanya sesekali saja di tekan gasnya, sudah berjalan dengan sendirinya.

showrockboyo sideways off season (13)

Walaupun menggunakan ban belakang yang tak lazim, yaitu hella big rim 19 inch dengan lebar 11′. Namun sejauh mata memandang, R33 ini begitu mudahnya diajak berdansa, dan yang pasti penurut.

showrockboyo sideways off season (14)

Bagaimana tidak penurut, RB26DET dengan high performance parts didalamnya, Nismo trax GT LSD, HKS Hipermax III Coilover, dan juga Ikeya Formula caster kit membuat Sukairain ini tunduk pada Andy yang berada di balik kemudi Nismo Steering wheels dan Nismo shortshift serta gear knob.

showrockboyo sideways off season (15)

Dan sesekali Andy mengeluarkan monster bernama Gojira dari dalam Sukairain ini hingga membuat asap yang lumayan banyak. Namun sayangnya dia melakukannya tidak dengan full throttle.

showrockboyo sideways off season (17)

Karena mobil ini masih baru dan baru saja dikirim ke SP Garage oleh pemiliknya di Semarang. Jadi kali ini dia sekedar melakukan run sambil mencari apa yang masih kurang dari R33 ini. Disamping itu sirkuitnya juga tergolong kecil. Tapi walaupun tidak full throttle, tapi saya melihat Sukairain ini sideways saja sudah senangnya setengah mati. Menurut saya mobil ini mempunyai potensi lebih dibandingkan dengan R34 putih milik Andy SP Garage.

showrockboyo sideways off season (26)

Ketika saya tanyakan ke Andy yang sedang mendinginkan HKS type R intercoolernya menjawab, tentu saja mobil ini lebih menurut karena bodynya lebih ringan daripada R34. Namun untuk urusan engine, R34 nya specnya beda tipis dengan R33 ini. Hanya R33 ini menang di body yang ringan, namun R34 menang di kaki-kaki yang sudah full spec drift.

showrockboyo sideways off season (74)

Hadiah dari owner yang sebelumnya adalah JUN full set R33 bodykit beserta Nismo carbon fiber hood and trunk. Sementara full set Fujitsubo race TI exhaust systemnya di gantikan dengan HKS exhaust system, alasannya Fujitsubonya terbuat dari Titanium yang so pasti mahal dan sayang.

showrockboyo sideways off season (41)

Anda pasti penasaran dengan sebuah Mercedes Benz E320 tahun 1995 berwarna coklat metalik ini dengan tampang yang sudah amburadol tanpa headlights sebelah kanan. Yes, it’s another new drift machine in Surabaya. Thanx god it’s manual.

showrockboyo sideways off season (42)

Meet TJ the owner dan temannya Michael  dari team K-team yang rencanaya kedepannya akan merubah your ordinary grand pa car, menjadi your not ordinary drift car.

showrockboyo sideways off season (53)

Jadi apa yang saya sarankan kepada TJ sewaktu memulai 1st debutnya latihan drift dengan sebuah Benz yang menggendong mesin 217 hp inline 6 3.200 cc? I just said : Go out there, have fun, and kill the tires like a madman.

showrockboyo sideways off season (46)

Yes burn the tires. Maklum karena Benz ini masih mengadopsi e-brake yang bukan bernama hand brake lagi tapi foot brake alias e-brake nya terletak di pedal sebelah kopling. Jadi bagaimana caranya drifting dengan menggunakan e-brake yang terletak di samping pedal kopling Anda?

showrockboyo sideways off season (54)

Dan ketika saya mengatakan bakar semua ban, TJ pun melakukannya dengan hardcore. Toast….

showrockboyo sideways off season (48)

Maksud saya adalah membiarkan TJ menyatu dengan Benz nya terlebih dahulu seperti mengetahui karakter mobilnya dengan melakukan beberapa power slide pada cone (doughnut) dan burn out, hingga rasa takut itu tidak ada. Dan saya lihat disini TJ pun dengan semangat 45 yang berkobar-kobar melakukan nya. Walaupun dia sadar he need e-brake to go sideways. Tapi pelajarna 1 dari drift menurut saya adalah to let go your fear. Fear menabrakan mobil Anda, dan menemukan feel nya dengan mobil Anda. Sama seperti Anda belajar bermain skateboard dimana Anda hanya menghabiskan sebagian besar waktu Anda dengan hanya wara wiri dengan skateboard Anda, yang tak lain tak bukan untuk melatih keseimbangan badan Anda sebelum Anda belajar 1st trik yaitu Ollie atau melompat dengan skateboard Anda.

showrockboyo sideways off season (78)

Dan dia juga sadar bahwa telah melakukan fogging demam berdarah gratis di area Kenjeran Park ini.  I think dia sudah di luat batas luar kendali pelajaran pertama.

showrockboyo sideways off season (62)

Tapi karena memang tujuannya TJ membunuh bannya sampai mati atau meledak, akhirnya ban belakang sebelah kanan pun tewas dengan mengesankan yaitu meledak.

showrockboyo sideways off season (63)

Bahkan saking kerasnya ledakan ban itu, rear bumper Benz inipun pecah dan menggantung. See, coba lihat tampang inocent si TJ. Seumur-umur di showrockboyo sideways belum ada yang memecahkan bannya dengan cara diledakan.

showrockboyo sideways off season (64)

So bagaimana kalo kita berikan julukan pria yang baru memulai 1st debut driftnya ini dengan sebutan. “The Smokey TJ”

showrockboyo sideways off season (65)

“ Tenang mas, saya sudah bawa 4 ban cadangan buat di ledakkan lagi, itu berarti masih ada 3 ban lagi” kata TJ sambil mengganti bannya dengan tertawa. Oh boy..another madman born again in Surabaya.

showrockboyo sideways off season (66)

Inilah chaos yang ditimbulkan oleh si Smokey TJ dengan Benz nya, skidmark dimana-mana with extra rear bumper everywhere  on top

showrockboyo sideways off season (67)

Saya pun bertanggung jawab untuk mengamankan lintasan drift dengan cara menjadi seorang pemulung, yaitu memunguti serpihan rear bumper milik TJ.

showrockboyo sideways off season (68)

Setelah lintasan lumayan bersih, drift pun kembali dilanjutkan. Dan karena sore hari itu ramai penonton umum dari Kenjeran Park, jadi tak ada salahnya kita memberikan entertainment kepada para penonton. Lagipula Drifting its about entertainment, good times and all around. Madmike dan Darrel pun melakukan aksi tandem doughnut nya di tengah lintasan. Padahal setahu saya ini adalah aksi tandem pertama mereka, terlebih lagi Darell. Tapi yang cukup mengesankan saya, Darrel tampil begitu percaya diri mengimbangi mike dan berhasil membuat doughnut yang sempurna hingga para penonton memberikan standing aplouse kepada mereka ber-2.

showrockboyo sideways off season (72)

Lalu kemudian Madmike menambahkan 1 lagi atraksi untuk para penonton, yaitu doughnut  mengelilingi sebuah BMW yang diparkir di tengah lintasan.

showrockboyo sideways off season (58)

Mike pun mendapatkan standing applause dari penonton akan aksinya ini.

showrockboyo sideways off season (23)

The Smokey TJ is back. Dan kali ini dia sudah mulai mengontrol emosinya, dengan melakukan beberapa power slide tanpa asap dibelakang nya.

showrockboyo sideways off season (44)

Namun apa mau dikata bad habitnya pun muncul ketika melakukan powerslide di ujung lintasan ini. Dengan seketika monster asal Jerman ini memuntahkan tenaganya sebesar 217 hp dengan asap di belakangnya. kali ini TJ sudah mulai bisa mngeatur emosinya, tidak sebrutal yang run pertama.

showrockboyo sideways off season (59)

Dengan asap dimana-mana dan counter steer yang cukup bagus dari memanfaatkan power slides diawal. Smokey TJ pun berhasil membuat Benz standart ting ting ini sideways.

showrockboyo sideways off season (60)

Bahkan jaraknya cukup jauh. Sepertinya dia lulus dalam latihan pertama ini. Well done TJ now your officially become the Smokey TJ.

showrockboyo sideways off season (30)

Andy yang tadinya merasa kurang comfort dengan 19’inch nya, kini memakai 5Zigen 18 inch nya yang di wrapped dengan Advan Neova AD07. Hasilnya Sukairain ini terlihat lebih lincah daripada sebelumnya.

showrockboyo sideways off season (31)

Bahkan saking lincahnya, Andy tak perlu dalam dalam sewaktu menekan pedal gasnya. Dengan sedikit tekanan saja, turbonya langsung berputar dan mendapatkan boost, lalu kemudian mendorong mobilnya kedepan. Walaupun ngelag yang diakibatkan Apex’i FC Commander belum well tuned dengan Turbo KKK nya.

showrockboyo sideways off season (33)

Andy pun tinggal menginjak pedal lalu memanfaatkan sedikit tenaga dari RB26DET nya itu untuk memaksa pantat R33 terbuang lalu kemudian mengcounter steernya. Terlihat hasil fine tuning atau re-tuning yang dilakukan oleh pria lulusan UTI atau Universal Technical Institute, California-USA ini menunjukkan hasil yang bagus.

showrockboyo sideways off season (36)

Tentu saja aksi mobil yang terhitung rare car ini menarik minat para pengunjung Kenpark ini untuk menonton aksi drifting dari mobil yang kalo saya lihat the one and only Sukairain di Indonesia yang dipakai untuk sideways ini.

showrockboyo sideways off season (38)

Suara decitan ban, exhaust, blow off, dan turbo. Siapa coba tidak suka jika ke-4 paduan suara itu dihasilkan oleh mobil yang bernama Sukairain R33? Sugoi..!!!!

showrockboyo sideways off season (34)

After drifting with  R34 GT-T with Tomei RB26DET inside, now R33 GT-S with RB26DET inside. Andy SP Garage is the truly Sukairain or Gojira boy in Indonesia. So pasti pemilik R33 yang merupakan salah satu customer SP Garage dari kota Semarang ini tentu senang dengan run pada hari ini. So mulai dari sekarang saya akan menjuluki Andy dari SP Garage ini sebagai Andy The Gojira. Tentu saja disamping hobby membuat Gojira sideways, bodynya juga kaya Gojira. Alias kekar cyin. Lol

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

 

Comments

comments!