PERFOURM AFTER HOUR MEET AT CIPUTRA WORLD SURABAYA

3195

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (27)

Perfourm kini mulai bergerak untuk melakukan program-program kerja nya yang sempat tertunda beberapa waktu lalu. Meskipun hanya saya seorang diri saya yang menghandle acara ini, namun karena responsibility dan juga wes kadung trisno (sudah terlanjur sayang) dengan dunia otomotif. Well, the show must go on. Jadillah saya membuat sebuah event meet lanjutan dari beberapa meet yang saya buat sebelumnya (EG6 Meet, RWD meet, dan Impreza meet), kini  After hour  meet yang berisi mobil sport car.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (2)

Kali ini saya bekerja sama dengan pihak Ciputra Mall dalam hal penyedian area parkingnya sebagai tempat meet. Sebenarnya malam itu saya hanya minta beberapa space saja untuk Evo Meet, karena pikir saya pemilik Mitsubishi Lancer Evolution atau pun EPO (GLXi convert to evo). Tapi ternyata saya diberikan tempat parker yang cukup menampung sekitar 30 mobil. Jujur saja perasaan saya senang campur bingung,alias galau mendadak  bagaimana memenuhi 30 slot parkiran dalam tempo waktu 3 jam  dengan mobil-mobil sport di Surabaya.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (6)

Saya pun mulai mulai melakukan broadcast sms kepada teman-teman saya pemilik sport car. Jawabannya tentu Anda bisa tebak, yaitu kenapa mendadak? Mendadak karena saya baru tahu, kalo saya dapat space yang besar pada hari H ketika saya iseng-iseng mengecheck venue. But, thank for all my friend yang rata-rata pembaca Perfourm. Mereka pun menyempatkan diri datang.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (5)

Satu persatu mereka pun datang dengan mobil mereka masing-masing, meskipun  telat. Ya its ok lah.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (9)

Evo meet, adalah ide awal saya untuk membikin  Perfourm After hour meet  ini. Dari dulu memang saya bercita-cita untuk mengumpulkan Lancer Evolution yang ada di kota Surabaya, baik itu yang Evo ataupun atau pun EPO, sebutan saya untuk  lancer local yang di convert dengan part EVO. Karena VR-4 juga termasuk varian sport car dari Mitsubishi yang jumlahnya lebih sedikit daripada Evo, akhirnya saya menggabungkan VR-4 bersama Evo.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (13)

Malam itu Evolution yang bisa menghadiri event kali ini hanya berjumlah 3 unit. Banyak dari pemilik Evo yang saya hubungi, tidak bisa hadir karena Evo nya sedang di repair.  Jika di kumpulkan mungkin ada sekitar 10 Lancer Evolution, dari III hingga yang terbaru, Evo X.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (10)

Lancer yang paling tua saat itu adalah Epo IV Polomas Surabaya. Basic dari mobil ini adalah Lancer GLXi local yang sudah di conversion atau facelift ke Evo IV lengkap dengan body kit dan system All Wheel Drive nya. Bahkan kaca belakangnya pun sampai diganti (ada wipernya).

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (16)

Engine nya mengadopsi 4G63T comotan dari Lancer Evo IV. Walaupun terlihat standart namun, mesin legendaries dari Mitsubishi ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 280 hp. Total yang Anda harus Anda keluarkan jika ingin merubah tampilan lancer lokal Anda menjadi EPO adalah 150 juta rupiah, 75-100 juta halcut engine+awd, sisanya buat ongkos dan setting sana-sini.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (11)

Meet the MR.  Malam itu saya kedatangan 2 buah Lancer Evolution yang cukup special and rare, yaitu MR atau Mitsubishi Racing version. Yang berwarna kuning adalah Stripes Evo VII MR, dan yang merah Myb Evo IX MR. Walaupun beda generasi namun kode chassisnya tetap sama, CT9A. And seperti biasanya, carbon looks good on Evo.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (14)

Pada Lancer Evo VII MR berwarna kuning ini bagian enginenya hanya dimodifikasi pada sector radiator, housing, dan open air filter saja.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (15)

Sedangkan pada Myb Evo IX MR ini modifikasinya sudah lumayan soft core. Aluminum radiator, piping, intercooler, dan open air filter. No wonder this redex set 8,2 second for 201 meter.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (12)

Dari VR-4, ada 2 buah VR-4 yang menghadiri event meet ini. Elysium VR-4 milik Henry (silver), dan juga Myb VR-4 milik Firman (hitam).

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (18)

Dasarnya ke-2 mobil ini adalah Mitsubishi Galant  Hiu lokal yang di swap dengan mesin 276 hp 6A13TT 2.5 Lt V6 plus all-wheel drive nya VR-4.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (17)

Dengan mengupgrage engine swap 6A13TT dan all-wheel drive plus re-tune sana-sini, maka horsepower yang Anda dapatkan cukup besar dibandingkan dengan Galant lokal yang hanya bermodal mesin 176 hp  V6 saja. Bahkan dengan modal seperti ini,  Firman Myb dengan mudah meraih waktu 8,8 detik untuk jarak 201 m. Total biayanya untuk merubah galant lokal Anda menjadi VR4, adalah 100 juta an (halfcut+awd+setting include)

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (19)

Banyak teman saya yang rata-rata para car enthusiast Surabaya yang datang untuk bergabung dalam event meet ini. Mereka semua datang, bertemu, berkenalan, lalu saling share mengenai apa saja yang berbau tentang mobil. Salah satunya adalah teman saya Erik (jaket hitam, berkacamata) dari Singapore yang kapan hari mengajak saya berkunjung ke HKS Garage R Singapore. Kebetulan si Erik lagi mudik ke Kediri dan Surabaya, makanya dia bisa mampir ke event meet ini.PERFOURM  AFTER HOUR MEET (25)

Menurut temana-teman sesama car enthusiast yang datang pada waktu itu, suka dengan tempat ini, dan menyarankan saya untuk membuat agenda meet tetap untuk kota Surabaya.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (26)Well, tenang saja guys, Meet sudah masuk dalam time line schedule Perfourm. So, tunggu invitation dari saya selanjutnya

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (8)

Saya malam itu dibantu oleh Noe, salah satu team Perfourm yang bertugas sebagai designer.  Malam itu Noe tidak memphoto, namun mencoba untuk membuat video. Namun sayang, baru syuting sebentar, battery nya sudah ko it.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (48)

Dan tentu saja, misi saya malam itu juga adalah mengumpulkan saudara kembar atau brother in law nya dari  sport car yang lagi naik daun saat ini, Subaru BRZ danToyota  FT-86. Sebenarnya kurang satu lagi saudaranya, yaitu Scion FR-S. Namun sudah ada BRZ dan FT-86,  saya dan teman-teman yang hadir toh sudah cukup senang.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (21)

FT-86 putih milik Derel ini sudah di modifikasi pada sektor engine dan juga exhaust nya dengan menggunakan produk HKS pada Oilmart Motorsport Surabaya. Seperti  HKS open air filter,  HKS Intake piping, HKS oil cap, dan HKS Legamax premium exhaust. Harga HKS exhaustnya sendiri sekitar 15 juta rupiah, muffler only. Sementara BRZ milik Hando, masih standart pabrik, tapi tunggu saja kejutan dari Hando I-SPEC.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (30)

Banyak orang yang penasaran akan 2 mobil yang satu ibu tapi beda bapak ini. Mereka selalu membandingkan-bandingkan dan mencoba mencari perbedaan yang ada. Terlebih lagi ketika mereka melihat engine FA20 nya, kembar siam plek. Bahkan Pak Eri dari Honda Surabaya Center sendiri saya amati sempat tolah toleh ke ke kiri dan kekanan, mencoba melihat  perbedaan dari mesin FT86 dan juga BRZ.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (29)

Well, selain ada Evo, VR-4, FT-86 dan BRZ. Ada juga clan dari RWD lainnya yaitu SP Garage  LengZai Mazda RX8 SE3P milik si Michael Madmike dan BMW 1M milik Jason dari MOCI (M Owners Club Indonesia Surabaya)

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (35)

Jujur saja, saya baru kali ini tahu ini mobil namanya 1M bukan M1. Pikir saya dulunya namanya M1, eh ternyata banyak orang selain saya juga yang kepleset penyebutannya, bahwa yang benar adalah 1M (1 series). 1 Milyar maybe? Bekas atau 2nd nya saja seharga 1,6 M. Pertama kali saya melihat mobil ini yaitu di Orchard road Singapore  6 bulan yang lalu.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (24)

Engine baynya sendiri  terdapat mesin versi twin turbocharged  dari N45 yang ditemukan pada mobil 335is dan Z4sDrive35is. Sebuah mesin 3.0 liter inline six-cylinder  yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 340 hp/332 lb-ft. Dan berakhir pada six speed transmission . M shift know, Final gear  3.15:1 , dan LSD.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (7)

Dari clan Honda Boys, yang datang pada saat itu ada Honda CR-Z, padahal saya sudah menginvite NSX dan Type R untuk bergabung dalam event ini. Sedangkan Pak Yudi dari Olimart Motorsport malam hari itu datang menggunakan Mini Cooper, karena Evo nya pake acara ngadat ketika hendak dibawa ke acara meet ini.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (41)

Tak lama kemudian, Honda Accord Euro R CL7 milik Hendra Myb pun akhirnya datang di saat-saat injury time. Tampaknya Hendra sedang terkena demam ala Stance, buktinya CL7 nya di buat ceper abis ala Stance. Bodykitnya juga mengadopsi Mugen Power CL7 body kit.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (40)

Engine nya tetap generasi terbaru dari high performance engine Honda, K20A yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 220 hp. Tapi untuk si Euro R yang satu ini, sepertinya over 220 hp.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (33)

Sebelum acara meet malam itu berakhir ada baiknya saya mengabadikan para car enthusisast Surabaya yang sudah datang ke Perfourm Supa meet ini. Dari clan FT86 dan BRZ, ada Darel FT86 dan Hando  Escaped I-SPEC dengan BRZ

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (36)

Jason MOCI dengan BMW 1M dan Michael “The MadMike” Lengzai dengan RX8

 

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (34)

Dari clan VR-4 ada Henry Elysium dan Firman Myb

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (44)

Dari Evo, ada two brother racing, Rio dan Rian Myb AP Speed dengan  Lancer Evolution IX MR  CT9A

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (37)

Pak Yudi dari Olimart Motosport dengan Mini Cooper nya.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (43)

Hendra Myb dengan Accord Euro R CL7 nya. Saya masih ingat, ketika Hendra baru turun dari mobil ini, langsung saja ada yang menawar mobil ini dijual atau tidak.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (42)

Kevin dan Pak Eri dari Honda Surabaya Center , yang malam hari itu terobati dengan hadirnya Euro R. Next time pasti ada NSX and another Type R

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (38)

Dan inilah para car enthusiast  Surabaya yang  sudah mampir bersama mobilnya ke acara Perfourm Meet di Parking lot Ciputra World Surabaya beberapa waktu yang lalu. Ada Elysium, Polomas, SP Garage, Oli Mart, Myb, Stripes, LengZai. Moci, I-SPEC, dan Honda Surabaya Center. Thanx for comin guys.  Tunggu undangan dari Perfourm selanjutnya.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (47)

Satu persatu kami pun meninggalkan area parking lot Ciputra World.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (49)

Seperti biasa, malam hari itu si MadMike ingin mengakhiri nya dengan acara drifting. Akhirnya saya pun mengajak Hando BRZ dan Darel FT86 untuk drifting di kawasan Surabaya Barat. Saya pun menumpangi BRZ Hando, dan tak sengaja Hando memutar mp3 Justin Bieber yang beauty and the beat. Saya bukan lah Nyonk Bieber fans, namun lagu ini punya kenangan buat saya. Karena selama 1 minggu di Singapore bersama Subaru, dari bangun tidur hingga mau tidur lagu ini selalu menemani saya di kamar hotel. Makanya , khusus untuk lagu si Bieber ini, can lah.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (51)

Akhirnya malam hari itu untuk pertama kalinya di Surabaya, Subaru BRZ dan Toyota FT-86 berjalan side by side. Kama pun sempat lama berjalan beriringan, namun di belakang kami adem ayem saja, tidak ada bunyi klakson. Mungkin mereka cukup bingung melihat mobil yang sama bentuk tapi beda merek, ibarat Toyota Avanza dengan Daihatsu Xenia.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (53)

Sayangnya karena , sesuatu hal, acara drifting malam hari itu tidak jadi. Dan akhirnya kami pun hanya nongkrong di tempat meeting point kami di sebuah gas station.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (55)

Dan mencari anak si bakul Tahu, Takumi Fujiwara, untuk diajak drifting bersama. Tapi sialnya, Takumi saat itu sedang cuti. Damn.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (54)

Yang unik. Ternyata RX8 si Mike ada juga kembarannya yang parkir pas di sebelahnya. Namun sayang, it’s just another matic car.

PERFOURM  AFTER HOUR MEET (63)

Jika Anda penasaran juga aksi drift BRZ dan FT-86 ini, stay tune terus di Perfourm. We’ll show you how this BRZ drift. Later….

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

Comments

comments!