THE BIG FAMILY OF NOSTOC INDONESIA GOES TO NAVY BASE

2652

Nostoc big family (32)

Club, team, komunitas, group, atau bahkan hingga genk. Terbentuk atas satu visi dan misi yang sama, namun di dalamnya terdapat kebhinekaan atau perbedaan, namun tetap satu jua. Yah walaupun kadang menyatukan perbedaan itu terhitung cukup susah, tapi di Nostoc, perbedaan itu tidak berlaku lagi disini. Karena club mobil yang berdiri semenjak 2 Mei 2002 ini mempunyai tagline “eliminate difference through differences”, yang akan mendobrak perbedaan yang ada.

Nostoc big family (1)

Malam harinya saya pun dijemput oleh di Kenjeran Dragway Surabaya. Saya kira club ini akan sedikit memanaskan mobilnya di tengah lintasan 201 meter, namun ternyata mereka semua kecapean habis melakukan touring dari kota Malang.

Nostoc big family (8)

Nostoc sendiri  pertama kali diambil dari bahasa biologi yang berarti ganggang biru.Aneh bukan?. Tapi sejalan berjalannya waktu dari pertama kali di dirikan pada 2 Mei 2002, nama Nostoc pun re-tune menjadi Nongkrongnya Orang Sukses TOC. Sedikit memaksa, but can lah. Embel-embel yang baru ini diharapakan agar semua orang atau anggota club  yang berjumlah total 110 orang ini kedepannya bisa menjadi sukses.

Nostoc big family (68)

Jika sebuah club atau team mempunyai cabang di luar kota atau bahkan luar negeri sekelas Australia atau bahkan USA yang sudah kelewat mainstream. Lalu bagaiman jika ada car club Indonesia yang mempunyai cabang di negara yang terkenal dengan julukan negara tirai besi atau pun beruang putih ini.  Ya, Nostoc ternyata mempunyai cabang di negeri Comrade ini. Terhitung sekitar 10 orang menjadi anggota Nostoc Russia.

Nostoc big family

Asal muasal dari dibukanya Franchise Nostoc di Russia ini berasal dari pria yang nangkring diatas Dodge Challenger merah ini. His name is Arif yang merupakan ketua dari Nostoc Russia, dan wakilnya bernama Hamid. Mereka berdua dulu adalah mahasiswa pertukaran pelajar di UIN Malang. Karena setiap hari kumpul dan nongkrong bersama anak-anak Nostoc. Akhirnya mereka cocok dengan club ini, dan berkomitmen mendirikan Nostoc di Russia yang saat ini anggotanya berjumlah 10 orang.

Nostoc big family (2)

Nostoc sendiri merupakan sebuah club yang berisi banyak perbedaan namun tetap satu jua. Mulai dari jenis mobil ataupun alirannya.

Nostoc big family (5)

Dari Indoflush hingga racing. Saya sendiri sudah mulai mengenal Nostoc dari awal tahun 200an dimana saya banyak menjumpai anggotanya turun di event drag race.

Nostoc big family (6)

Hingga anggotanya yang berasal dari berbagai macam Ras, suku dan Agama.

Nostoc big family (9)

Kunci nya adalah eliminate difference through togetherness.

Nostoc big family (11)

Kadang hal yang paling susah dalam sebuah club atau team adalah menyamakan misi serta visi dari seluruh anggota dari berbagai macam background yang complex. Terutama menyangkut SARA

Nostoc big family (10)

Namun di club yang berasal dari kota Ngalam (dibaca dari belakang, Malang) ini, mereka semua side by side melebur menjadi satu.  Sayapunb baru kali ini melihat car club yang bhineka tunggal ika ini.

Nostoc big family (13)

Dengan di komandani atau di ketuai oleh Hendry, Nostoc Malang pun mulai menyebarkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan yang dimulai dari sebuah club mobil beranggota 80 orang (Malang) ke kota Surabaya yang saat ini anggotanya mencapai 20 orang.

Nostoc big family (14)

Kebersaamaan dan kekeluargaan adalah yang menjadi point pertama dalam club ini. Ini dibuktikan dengan baru diterimanya 2 orang anggotanya yang notabene tidak mempunyai kendaraan atau mobil, namun tetap diterima layaknya anggota lainnya yang mempunyai mobil.

Nostoc big family (12)

Oleh karena itu pada tahun 2009 di usianya yang ke 9 tahun, embel-embel auto car club dihilangkan dari Nostoc. Hal ini bertujuan untuk membuat Nostoc menjadi sebuah keluarga besar, dimana orang yang tidak mempunyai mobil juga bisa bergabung dan sharing disini.

Nostoc big family (29)

Sama seperti club mobil yang lainnya, Nostoc juga mempunyai agenda rutin. Seperti kumpul-kumpul di basecamp atau seketariat di jalan Soka 7 Malang, Bakti social, dan tentu saja touring. Untuk kali ini Nostoc Malang mengadakan touring ke kota Surabaya, sekaligus bersilahturahmi dengan Nostoc Surabaya, dan mengukuhkan ketua dan wakil Nostoc Surabaya.

Nostoc big family (15)

Sudah menjadi rahasia umum lagi kalo kota Surabaya dan Malang merupakan rival abadi dalam dunia persilatan sepak bola di Indonesia, yes Bonek Persebaya dan Singo Edan Arema Malang. Ke-2 kubu ini seperti kisah romantic Romeo and Juliet atau Tom and Jerry, bawaannya rebut melulu. Sampai-sampai mobil yang berplat Surabaya (L) atau Sebaliknya (Malang: N), diserbu jika berada di kandang mereka. Oleh karena itu iring-iringan ini rada sport jantung ketika melewati kerumunan Bonek Persebaya. Maklum rata-rata plat nomor Nostoc kebanyakan N.

Nostoc big family (16)

Setelah sempat sport jantung ketika melewati kemacetan jalan yang dipenuhi oleh supporter Persebaya yang bernama Bonek, akhirnya tibalah kami di depan akses jalan menuju jalan tol kota Satelit

Nostoc big family (18)

Karena jumlah anggotanya yang mengikuti event touring kali ini terbilang banyak (50 orang dengan sekitar 30 mobil). Maka tak heran mereka memakai semua gate atau pintu tol yang ada di gerbang tol ini (6 gate)

Nostoc big family (19)

Rombongan pun langsung menuju ke dalam jalan tol ini dan mengambil arah ke kanan menuju Tanjung Perak atau kota Gresik. Namun sayang ada beberapa anggota Nostoc yang malah wrong way alias belok ke kiri yang berarti mereka pulang kampung ke Malang.

Nostoc big family (27)

Dan akhirnya sekitar 30 mobil dari club Nostoc pun memenuhi ruas jalan tol menuju kea rah Tanjung Perak ataupun Kota Gresik.

Nostoc big family (20)

Mulai dari mobil FD1 yang dipersiapkan untuk mengikuti event kontes tahunan di kategori street racing.

Nostoc big family (21)

Hingga MPV

Nostoc big family (23)

Atau bahkan mobil standart pabrik dengan tanpa ubahan apapun

Nostoc big family (25)

Mereka berjalan beringan dan memenuhi ruas jalan tol hari itu. Its all about good times..all round.

Nostoc big family (24)

Ingat kata saya yang memenuhi ruas jalan tol arah Tanjung Perak?

Nostoc big family (28)

So bagaimana menurut Anda? 30 mobil berjalan sekitar 40 km/jam sementara speed limitnya 60km/jam, dengan memakan 3 jalur yang ada. So pasti pengemudi dibelakang rombongan ini kebakaran jenggot.

Nostoc big family (30)

Tibalah kami dirally point kami hari itu yaitu Markas Komando Armada R1 Kawasan Timur. Touring pada hari ini adalah berkunjung ke markas Angkatan Laut Kawasan Timur yang terletak di daerah Surabaya bagian Utara atau Tanjung Perak.

Nostoc big family (31)

Karena ini adalah kawasan militer, maka kami pun berjalan satu persatu di sebelah kiri.

Nostoc big family (32)

Kamipun mulai melewati sejumlah kapal perang Angkatan Laut Republik Indonesia yang bersandar di markas ini.

Nostoc big family (34)

Dan akhirnya tibalah kami di ujung dermaga markas AL kawasan timur ini dengan view beberapa kapal perang yang sedang bersandar dan tentu saja icon kebanggan AL yaitu monumen Jalesveva Jayamahe yang berarti Di laut kita jaya (Semboyan TNI-AL)

Nostoc big family (33)

Acara kunjungan ke markas Angkatan Laut RI ini dimaksudkan untuk lebih dalam mengenal salah satu angkatan bersenjata Republik Indonesia yang pusatnya berada di kota Surabaya, dan juga untuk menanamkan semangat cinta tanah air dan juga patriotisme bagi seluruh anggota Nostoc. Beruntung kita tinggal di Indonesia yang tidak menerapkan Wamil atau Wajib Militer. Jadi dengan cara seperti inilah kita bisa mengenal lebih dekat seperti apa itu dunia militer.

Nostoc big family (36)

Dan mengenal dunia militer yang penuh dengan kedisiplinan pun dimulai di awal mereka turun dari mobil mereka dan menginjakkan kaki mereka di markas Angkatan laut ini. Yaitu absen atau penghitungan jumlah orang yang mengikuti acara kali ini.

Nostoc big family (35)

Hal ini dimaksudkan untuk melengkapi surat resmi dari club Nostoc yang diberikan kepada pihak AL, sebagai data jumlah anggota Nostoc yang masuk ke dalam markas ini. Sehingga memudahkan pihak AL untuk mempersiapkan segalanya.

Nostoc big family (38)

Setelah diabsen satu persatu, rombongan pun menuju ke Monumen Jalesveva Jayamahe yang terletak di pinggir dermaga AL ini.

Nostoc big family (39)

1st stop, kamipun disuguhkan sebuah video dokumentasi mengenai Angkatan Laut Republik Indonesia, mulai dari Kapal Perang nya yang seolah-olah kita seperti menonton dokumnetasi perang di lautan pada jaman world war 2.

Nostoc big family (40)

Hingga pelaksanaaan latihan perang perang bersama. Tapi yang menarik perhatian saya adalah keberhasilan TNI AL dalam meluncurkan sebuah rudal made in Russia yang bernama Yakhont dari KRI Owa-354 sewaktu latihan puncak Armada Jaya pada tahun 2012 yang lalu. Penembakkan rudal seharga 12 juta dollar Amerika/ biji itupun sukses, hanya dalam tempo waktu 8 menit rudal berkecepatan supersonic ini mampu menenggelamkan sebuah kapal yang jaraknya sekitar 182 km.

Nostoc big family (42)

Lanjut  setelah menonton video documenter Angkatan Laut Republik Indonesia lengkap dengan lagu tour of dutynya, rombongan pun menuju ke bagian merchandise. I think size does matter here.

Nostoc big family (43)

Ngobrol-ngobrol soal Size does matther. Ternyata pada jaman 60’an atau era Presiden RI yang 1, Soekarno, Angkatan Laut Republik Indonesia menjadi Angkatan Laut terkuat se Asia Tenggara. Salah satunya adalah 1 buah KRI Irian yang merupakan kapal jenis penjelajah yang merupakan monster laut di jamannya. Kenapa monster laut? Karena persenjataannya mampu membuat Iron Man ketinggalan Jaman, dan juga mesin 122.000 horsepower (photo KRI Irian pojok kiri)

Nostoc big family (44)

Namun saat ini Angkatan Laut Republik Indonesia yang dipimpin oleh KSAL Laksamana Madya TNI Marsetio sudah mulai meneruskan tongkat komando untuk memperkuat kembali Alutsista(Alat utama sistem persenjataan)  TNI-AL dengan membeli beberapa kapal perang baru sehingga diharapkan kekuatan TNI-AL Indonesia pada tahun 2014 ini kembali menjadi yang terkuat di Asia Tenggara.

Nostoc big family (48)

Tibalah kami di di lantai 4 atau paling atas bangunan ini yang berada tepat dibawah kaki seorang Perwira TNI Angkatan Laut yang berpakaian PDU-1 lengkap dengan pedang kehormatan berdiri tegak  menatap kearah laut bebas.

Nostoc big family (46)

Dari atas bangunan  yang mempunyai ketinggian sekitar 60,6 meter ini, Anda pun bisa melihat ke sekeliling markas Angkatan Laut

Nostoc big family (47)

Tapi beberapa anggota Nostoc tidak tahan godaan untuk beraksi layaknya sebuah film drama romantic yang tidak jauh-jauh temanya dari laut. Yaitu Titanic. I give u nenek Rose dan juga Jack.

Nostoc big family (49)

Sebuah klub atau team tak lengkap rasanya tanpa salah satu anggotanya yang latah. Bisa dibilang ini adalah tontonan gratis yang mengibur bagi setiap anggota club, dimana kita juga bisa turut berpartisipasi menanggap atau mengerjai orang tersebut.

Nostoc big family (45)

Percaya atau tidak hampir sebagian anggota club Nostoc ini bisa mencapai roof top ini dengan perjuangan yang sangat keras, yaitu naik tangga sebanyak 4 lantai. Namun rasa lelah pun terbayarkan dengan pemandangan yang cantik dari atas atap monument Jalesveva Jayamahe.

Nostoc big family (52)

Tau kalau sebagian anggotanya kelelahan akibat naik ketas monument Jayaseva Jayamahe ini, seksi konsumsi pun mengambil alih tugas ini dengan menghidangkan nasi kotak untuk melepas lelah dan rasa lapar seluruh anggota Nostoc. Dan termasuk saya.

Nostoc big family (51)

Bon appetite guys.

Nostoc big family (53)

2nd rally point pada hari itu adalah KRI Makassar. Sebuah kapal semi stealth  yang dirancang sebagai kapal Landing Platform Dock (LPD). Yang mempunyai fungsi utama mengangkut pasukan beserta seluruh perlengkapan dan kendaraannya dalam melaksanakan operasi amfibi. Selain itu kapal ini juga bisa difungsikan sebagai kapal komando (markas), dan juga  dapat difungsikan untuk operasi kemanusian serta penanggulangan bencana alam.

Nostoc big family (54)Dan diatas helipad KRI Makassar ini Nostoc pun membentuk tulisan Nostoc dari seluruh anggotanya. Trust me, ini bukanlah pekerjaan yang mudah untuk membentuk tulisan ini, karena kami harus melawan rasa lelah dan panas yang menyengat

Nostoc big family (57)

Setelah berhasil mengabadikan tulisan Nostoc, rombongan pun menuju ke hanggar kapal yang merupakan ruang yang bisa disulap menjadi lapangan badminton ataupun gym. Disini seluruh anggota Nostoc baik dari Malang dan Surabaya berkumpul menjadi satu untuk pengukuhan pengurus Nostoc Surabaya.

Nostoc big family (56)

Akhirnya Hendry selaku ketua dari Nostoc Malang (kanan) memilih Tyok sebagai Ketua(kiri) dan juga Tommy sebagai Wakil Nostoc Surabaya. Hendry selaku Ketua dari Nostoc pusat atau Malang, berharap kepada Tyok agar Nostoc Surabaya bisa berkembang lebih besar lagi seperti induk semangnya di Malang.

Nostoc big family (58)

Merasa kalah suara, salah satu caleg dari Nostoc inipun mendadak gila dan diangkat oleh anak-anak untuk diceburkan di selat Madura. Lol. Ini adalah salah satu kegiatan Nostoc, yaitu bercanda dan membuat seluruh anggotanya tertawa. Bukankah tertawa itu sehat?

Nostoc big family (55)

Dengan dipilihnya Tyok sebagai ketua dan juga Tommy sebagai wakil ketua Nostoc Surabaya, maka secara resmi T2 ini mulai  memimpin 18 anggotanya yang berasal dari kota Surabaya. Dan untuk merayakannya, sekali lagi saya menggiring mereka semua untuk sunbathing.

Nostoc big family (59)

Tak lupa sebelum berpisah atau turun dari KRI Makassar yang merupakan akhir dari tour kami hari itu, beberapa anggota Nostoc pun berphoto bersama dengan personil TNI AL yang sudah menjadi tour guide kami dari monument Jalesveva Jayamahe hingga KRI Makassar.

Nostoc big family (37)

Diakhir acara hari ini dimana matahari sudah seperti neraka bocor alus alias panas menyengat, saya pun menyempatkan mengadakan photo session. Dengan background KRI Makassar

Nostoc big family (50)

Sebenarnya saya suka dengan cuaca hari itu, langit cerah, sinar matahari cerah, serta backround kapal perang dan juga ada modelnya

Nostoc big family (60)

Namun sayang karena saya dan juga anak-anak yang sudah kelelahan dan kepanasan dari semenjak kami datang ke markas ini, disamping itu jumlah mobil yang cukup banyak. Maka saya putuskan untuk mengabsen photo session mereka berdasarkan jenis mobil nya. Yang mendapat giliran pertama adalah City car.

Nostoc big family (61)

Yang dimana City car merupakan mobil yang paling banyak diminati oleh anggota Nostoc. Selain untuk Drag Race mereka juga memakai city car ini untuk dimodif seperti Stance, hellaflush, dan juga auto contest.

Nostoc big family (62)

Lalu lanjut kloter ke-2 yaitu Sedan. Mulai dari si jadul Toyota Corolla KE30 hingga Honda Civic FD1 yang dimodif untuk masuk ke kelas street racing di event auto contest. Dan juga beberapa mobil beraliran Hellafush ada disini.

Nostoc big family (63)

Untuk urusan stamina ternyata anak-anak pemilik mobil sedan ini jauh lebih kuat daripada kloter 1 yaitu city car. Ketika saya suruh mereka untuk lompat, mereka begitu bersemangatnya untuk melompat. Bahkan minta ulang One mo. Padahal saya sendiri sudah ampun kena panasnya matahari pada siang hari itu.

Nostoc big family (64)

Lalu kloter ke-3 adalah mobil berjenis MPV.

Nostoc big family (65)

Sama seperti kesan mobil MPV yang santai dan nyaman, para pemiliknya pun tak memilih untuk berpose biasa, karena tak tahan dengan cuaca panasnya selat Madura siang hari itu.

Nostoc big family (66)

Dan yang paling membuat saya pusing adalah mengumpulkan seluruh anggota Nostoc lengkap dengan mobilnya untuk photo session terakhir siang hari itu. Cuaca yang panas, kelelahan , dan juga kebanyakan mobil anggotanya yang mojok sendiri-sendiri untuk photo session pribadi, membuat saya dan Hendry kesusahan untuk mengatur. Tapi karena ini menjadi gong atau photo terakhir, dan harus diambil, jika tidak diambil maka belum boleh pulang. Akhirnya sekitar kurang lebih 30 anggota Nostoc pun merapatkan mobil dan juga barisan mereka. Apakah Anda lihat ada perbedaan disini guys?

Nostoc big family (67)

Tidak ada. Yang ada hanya TOGETHERNESS. Peace…….

 

*For more info about Nostoc :

NostoC Malang

Jalan Soka No.7 Malang

08176755000 – 085607995000

Fb : NostoC autocarclub malang & NostoC Surabaya

Twitter : nostocindonesia

 

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

 

Comments

comments!