MBN RALLY TEAM: SPEEDMASTER CHAMPIONSHIP 2014 ROUND 1 – DAY 1 SS 1 & SS 2

2443

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (137)

Jika pada tahun 2013 di awal berdirinya Perfourm (Maret 2013), Perfourm langsung memulai 1st debut  liputannya di lintasan aspal atau tarmac bernama Sentul International Circuit dengan Rian dan Rio AP Speed Jakarta. Lalu tak lama kemudian sekitar bulan Aprilnya saya pun memulai debut saya liputan di  Sepang International Circuit, Malaysia, dengan H. Dadang Tiger R35 GT-R. Di awal tahun 2014 ini, saya pun memulai pengalaman dan lembaran baru Perfourm di scene motorsport Indonenesia. Yaitu 1st debut liputan di track gravel atau sprint rally bersama MBN Rally Team Jakarta.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (22)

Dan untuk pertama kalinya saya dan Adhy bisa berangkat bersama-sama meliput sebuah event di luar kota.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2

Dari dulu semenjak saya membangun Perfourm pada Maret 2013, saya memang ingin terbang keluar kota bersama Adhy dan meliput bersama. Akhirnya doa saya terkabul pada awal bulan Februari 2014 ini.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (24)

“fate has got it right” Well, Call me, maybe? Saya mungkin terlalu banyak nonton FTV atau pun k-pop movie, sehingga menantikan The Right One ala FTV. Anda tahu apa arti FTV? It means Fake Televison. Artinya cerita, nama, dan pemeran ini hanya terjadi didalam tv.lol

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (25)Kami pun tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar jam 9:30 pagi

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (27)

Karena kami tahu akan road trip yang sangat jauh dan melelahkan ke kota Subang, kamipun menyempatkan diri makan pagi yang di gabung dengan makan siang berupa the best Indonesian food, alias nasi Padang.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (1)

Setelah menyantap sarapan yang digabung dengan makan siang, kamipun memulai road trip kami dengan naik bis Damri dari Bandara menuju Terminal Kampung Rambutan yang berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan dengan ongkos Rp. 30.000.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (28)

Dari Terminal kampung rambutan, kamipun naik ke bis yang salah, atau ekonomi AC bukan eksekutif AC. Yang berakibat kami harus uring-uringan dengan preman yang menyamar sebagai asongan, bis yang ngetime sekitar 1 jam, pengamen yang ga jelas lagu sama suaranya sama modusnya mau ngamen atau meras. Sehingga kami tidak berani mengeluarkan kamera kami. Akhirnya dengan tiket Rp. 26.000 dan 4 jam perjalanan, tibalah kami di kota Subang.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (29)

Begitu turun dari bis saya dan Adhy di sambut oleh Ginanjar di depan pintu masuk Lanud Suryadarma Kalijati, Subang. Sudah setahun saya tidak bertemu dengan navigator rally ini, semenjak pertemuan terakhir kami di Sentul.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (2)Kamipun  langsung menuju ke sirkuit Speedmaster Championship 2014 round 1 yang dibangun diatas kebun ubi  di dalam kawasan Lapangan udara Suryadarma TNI-AU di Kalijati, Subang.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (3)Setelah sekitar 15 menit perjalanan, tibalah kami di paddock MBN Rally Team yang tampak tergenang air akibat beberapa saat sebelumnya diguyur hujan

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (31)

Bahkan ditengah-tengah daftar ulang dan  briefing peserta hujan turun dan semakin deras hingga memaksa para peserta yang duduknya agak keluar pindah kedalam.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (30)

Pada event Speedmaster Championship 2014 round 1 Subang ini kebetulan MBN Rally team dan juga Kayla’s Garage menjadi salah satu sponsor acara yang menggabungkan Sprint rally dan juga speed offroad ini.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (32)Sekitar jam 8 malam saya pun meninggalkan paddock MBN Rally Team yang masih ada beberapa crew yang sedang me-retune mmobil mobil mereka

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (72)

Sabtu, 8 Februari 2014. SS 1 dan SS 2

Sekitar jam 7:30 saya pun tiba kembali di Lanud Suryadarma, dan langsung menuju ke paddock MBN Rally Team yang terletak di depan hanggar lama peninggalan Belanda.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (33)

Saya pun langsung menyapa Om MBN Boyke Indrajaya, selaku the Godfather dari MBN Rally Team. Om Boyke ini bisa dibilang arek Suroboyo keturunan Bali. Jadi tak heran saya pun terlibat boso Suroboyoan bersama kolektor mobil rally legendaries sekelas Toyota Celica GT-Four (team Castrol) dan juga Ford Escorts Rally’94 yang memulai debutnya di dunia rally semenjak kelas 3 SMP ini.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (34)

Karena MBN Rally Team yang berarti MADE BAGUS NGURAH, jadilah kami saya dan Adhy mendapatkan kaos team berupa baju Bali yang bergambar Barong.

MBN-Rally-Team-Speedmasters-Subang-day-1-2

Meet Om Boyke weapon of choices, sebuah Mitsubishi Lancer Evolution IX  RS CT9A yang bernama Kayla. Nama Kayla diambil dari nama anak perempuan Om Boyke yang nomor 3 atau bungsu. CT9A ini dibangun di  Racetorque Australia, sementara finishingnya dilakukan di Firna Protechnik  Jakarta. Sementara maintance nya dilakukan di Riverside

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (36)

Pada sector kaki-kakinya Kayla menggunakan MCA coilover  4 way bump stop dan Brembo V/O RA FIA Homolagate.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (40)

Bannya sendiri seperti F1. Jika kondisi track keringa maka akan menggunakan  ban yang  biasanya disebut ban tahu, MRF tires (bawah), jika basah maka crew Riverside akan menggunakan Advan A031

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (41)

Selamat datang di kantornya Om Boyke yang sudah seperti pesawat tempur dengan 8 point Sparco Rollcage

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (43)

Interiornya sendiri diisi oleh 2 buah Corbeau Revenge Kevlar/carbon system 1FIA Motorsport bucket seat beserta mempelainya Willans racing harness.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (42)Untuk  Evo yang  bernama Kayla ini menggunakan MoTec MDC atau Mitsubishi Diff  Controller.  Yaitu sebuah alat yang berguna untuk mengatur diff atau pembagian power ke-4 rodanya. MDC ini berguna menggantikan peran ACD atau Active Center Diff pada evo (VII-IX), dengan 6 mode yang berbeda, mulai dari 0% hingga 100 % lock, dan 4 mode custom sesuai keinginan tunernya. Sesuai dengan kondisi track atau lintasan yang akan dihadapi.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (45)

Untuk  trip meternya Kayla menggunakan Coralba Giant.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (44)

Dan intercom antar driver dan navigator menggunakan satu merek dengan helm mereka, yaitu Peltor Intercom FMT200

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (5)

Mesin 4G63T nya yang dibangun oleh RaceTorque sesuai spek group N4 ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 190 bhp dengan boost max 1.8 bar. Mesin 4G63T yang masih standart pabrik ini dikawinkan dengan  Modena gearbox. Jika Anda lihat disini crew dari Riverside sedang mengecek ulang mesin, seperti sambungan-sambungan kabel atau housing atau klem, dipastikan terpasang dengan kuat, sebelum mobil memulai SS1 nya

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (48)

Tangki  bahan bakarnya sendiri menggunakan ATL fuel tank yang mampu menampung 70 liter ELF WRF “Unleaded Rally competition fuel” yang merupakan bahan bakar resmi WRC.  Dengan setingan konsumsi bahan bakar, jika mengadapi SS 1:2, dan touring mode atau rally panjang 1:5

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (4)

Selain mengecek bagian engine dan kaki-kakinya, crew Riverside juga mulai memeriksa tekana ban sesuai dengan kondisi lintasan.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (47)Dan sebelum memasangkan Enkei Sport rims yang di wrapped dengan ban basah Advan A031 ke Kayla, terlebih dahulu baut rodanya diberikan minyak gemuk atau grease lubricant supaya memudahkan selesai rally ban nya dibuka. (lug nutnya tidak macet terkena tanah

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (35)

Persiapan juga tampak dilakukan pada 2 mobil Toyota Corrola KE70 atau DX MBNRT yang turun di kelas S4. Jika di dunia drag race atau drift atau touring, kita bisa melihat pit atau paddocknya tidak beralas. Maka di dunia rally paddock nya beralaskan terpal, hal ini berguna agar workstation nya mudah dibersihkan dari tanah, terlihat bersih, dan juga memudahkan crew mekanik untuk memeriksa atau pun memperbaiki bagian bawah atau kolong mobil.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (53)

Ke-2 KE70 tersebut dipersiapkan oleh JT Performance Semarang, Jawa Tengah. Pada KE70 milik Indie Fiancoko 6 point rally rollcage yang terbuat dari pipa seamless bertugas melindungi Indie dan Agus yang duduk di Sparco bucket seat beserta Takata Racing harness nya.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (54)

Pada bagian dashboardnya, tepatnya di depan Agus yang bertugas sebagai navigator, terdapat terra trip atau trip meter jadul keluaran Halda Twinmaster yang bertugas untuk mengukur jarak + kalibrasi jarak agar tidak tersesat di tengah hutan. Atau pas sesuai dengan jarak yang telah ditentukan oleh panitia atau panjang SS.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (55)

Air scoopenya sendiri bukan seperti roof scoop pada Subaru WRX STI spec C yang dari sononya sudah ada ventilasi di bagian roofnya. Untuk KE70 ada sedikit usaha untuk melubangi lubang pembawa angin segar bagi driver dan navigator dikala beraksi ditengah lintasan.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (61)

Jika KE70 milik Indie tampangnya biasa, maka pada KE70 milik Boyke, tampangnya di buat ala Rally Safari lengkap dengan bullbar, Avco, sein tanduk, dan lampu sorot Cibie. Pada bagian kaki-kakinya ke-2 DX ini mempunyai set up suspension yang sama yaitu, Billstein rally coilover pada bagian depan, dan TRD coilover pada bagian belakang.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (58)

Pada bagian interiornya 6 point rollcage rally yang terbuat dari pipa seamless dan juga Recaro Hans beserta Sparco racing harness mengiasi KE70 yang menghabiskan dana sekitar 350 juta rupiah ini

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (57)

Tak lupa juga trip meter jadul lansiran tahun 1980 seharga 3 juta rupiah merek Speedpilot dan Haida Twinmaster menghiasi dashboard KE70 ini.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (60)

Pada bagian engine nya baik KE70 milik Indie dan Boyke sama-sama mengusung mesin Celica 3SGE, yang jeroannya juga sama berisi TRD parts. Seperti Camshaft, valve springs, dan juga sama-sama menggunakan Weber DCOE 45mm. Perbedaannya hanyalah pada gearbox, jika Indie menggunakan Levin gearbox (T-50), maka Boyke menggunakan TRD close ratio for rally yang 1st gearnya berada di gigi 5.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (37)Sementara Pak Lo salah satu tuner dari kota Surabaya, tampak sedang memperbaiki 4AGE pada KE70 milik Ronny yang dari hari Jum’at mengalami kendala pada pengapian dan karburatornya

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (38)

Guys, perkenalkan Om Ade Ramadhan (kiri) yang akan menjadi navigator Om Boyke di Speedmasters Championship ini. Om Ade adalah pro navigator atau navigator senior di dunia persilatan rally di Indonesia. Sementara bagi Om Boyke, ini adalah navigator ke-4 nya selama pria asli Bali ini di dunia Rally. Ini adalah kesempatannya untuk merasakan di pandu oleh navigator senior Indonesia.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (39)

Navigator senior yang sudah sering menjadi juara nasional sprint rally dan juga speed rally (rally panjang) ini lantas mencoba navigator seat di Kayla. Maklum ini adalah 1st debutnya menjadi navigator di Kayla MBN Rally Team CT9A, jadi dia harus menyesuaikan posisi seat beserta racing harness.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (51)

Sementara yang menjadi head mechanic dari Kayla MBN Rally Team CT9A ini adalah Loqy Siregar dari bengkel Riverside. Bos dari bengkel yang terletak di jalan Danau Situaksan, Bendungan Hilir Jakarta ini,  sudah malang melintang di dunia persilatan Rally semenjak tahun 1999 (navigator).

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (50)

Lalu muncullah daftar start yang dikeluarkan oleh panitia, setelah para peserta melapor ke pos MTC. Yang dimana start SS 1 akan dilakukan pada jam 10:09 oleh peserta pertama, lalu diikuti oleh peserta ke-2 dengan interval atau jeda 1 menit, yaitu 10:10. Pasangan MBN Boyke Indrajaya dan Ade Ramadhan akan memulai start ke-2 pada 10:10.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (71)

Jika para mekanik sedang mempersiapkan kendaraan sebelum masuk ke area garis start, maka kesibukkan juga tampak bagi para navigator yang mungkin belum selesai mengerjakan PR nya membuat pace note. Jalan satu-satunya seperti jaman kita sekolah dulu adalah mencontek. Namun perlu diingat, setiap navi mempunyai bahasa pace note sendiri-sendiri. Jadi contekkannya hanya pada garis besarnya saja, selanjutnya diterjemahkan lagi dalam bahasa navi masing-masing.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (52)

Sementara saya dan Adhy sibuk mengamati medan perang kita sepanjang 5 km ini. Akhirnya setelah berunding dan melihat peta lintasan, kami pun memutuskan posisi perang kita masing-masing. Ingat ini bukan balapan pp alias banyak lap. Ini adalah tipikal balapan dengan ticket one way atau pergi saja. Jadi kami hanya punya 1 kali kesempatan sewaktu mobil lewat pada setiap SS nya.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (77)

Untuk helmnya sendiri kebanyakan para perally  memilih half face helmet. Tapi walaupun hanya sekedar half face helmet tidak berarti Anda bisa langsung nylonong rally dengan helm motor Anda.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (78)

Helmet Hallface nya sendiri harus lah memenuhi sertifikat atau ber spec DOT, SNELL, dan standard FIA. Karena resiko terjadinya kecelakaan dengan mobil terbalik di rally lebih besar dibandingkan dengan motorsport yang lain. Terutama benturan dengan roll cage. Jadi helm motor Anda yang hanya berlabel SNI belum lah cukup untuk bisa mendapatkan sticker passed dari pihak scruteneering. Yang berarti Anda tidak boleh start dengan helm tersebut.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (63)Namun saat ini helm Rally modern  sekelas Stilo dan Peltor sudah dilengkapi oleh intercom atau radio penghubung antara driver dan navigatornya (harganya sekitar 10 jutaan). Jadi sang navi tidak harus teriak-teriak. Tambahan lainnya adalah HANS atau Heck And Neck  Support  (pelindung cedera leher), serta racing gloves.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (62)Om Boyke pun langsung berubah dengan memakai OMP race suit beserta under wearnya

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (67)

Dan langsung menuju ke track  bersama Loqy untuk melihat kondisi track Speedmaster hari itu. Maklum Boyke pada hari Jum’atnya belum sempat melihat atau survey track, karena terkendala pekerjaannya di Jakarta. Hujan yang mengguyur kota Subang menjadikan area paddock dan track dipenuhi oleh lumpur yang licin.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (68)

Tibalah mereka di salah satu ujung track bagi sprint rally.  Loqy selaku department yang bertanggung jawab atas set up Kayla pun menganalisa kondisi track untuk penggunaan ban dan diff mau pakai yang mana?

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (66)

Akhirnya setelah melihat lokasi. Akhirnya Loqy memutuskan untuk memilih ban basah Advan A031, sementara diff nya dipakai yang mode buat yang licin tanpa anti lag.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (69)

Beberapa menit sebelum SS 1 dimulai, diadakan terlebih dahulu doa bersama oleh seluruh anggota MBN Rally Team. Karena ini adalah 1st debut team rally baru bentukan MBN Boyke Indrajaya di ajang sprint rally di tahun 2014 ini.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (70)

Dan perjuangan team baru ini pun dimulai dengan tos.. “MBN Rally Team..Josss!”

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (74)Indie Fiancoko, perally asal Semarang Jawa Tengah ini langsung memakai race suit nya

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (73)

Loqy sang head mechanic Riverside ini langsung menurunkan Kayla dari jack stand nya.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (7)

Sesaat setelah Kayla berada di tanah, Om Boyke pun langsung masuk ke dalam cockpit, dan mulai fire up the engine.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (75)Om Boyke pun langsung keluar meninggalkan paddock MBN Rally Team

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (8)

Bukan menuju lintasan, tapi Om Boyke mengajak Kayla ke area sekitar Paddock untuk mencoba braking system dan steering nya. Maklum sudah lama pria pengkoleksi mobil ini tidak bermain dengan Kayla.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (9)

Sesampainya di Paddock, Loqy pun langsung mendatangi  Om Boyke yang masih berada di dalam cockpit Kayla.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (76)

Om Boyke pun menanyakan perihal  option atau mode yang terdapat pada MoTec MDC.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (147)

Mode atau option yang tersedia pada MoTec MDC yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda terutama kondisi track atau lintasan. Dan tentu saja mau ditambahkan anti lag atau tidak diatasnya.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (79)

Setelah mendapatkan penjelasan dari Loqy, Om Boyke pun langsung memakai seluruh gear nya

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (80)Lalu keluar menuju ke garis start

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (82)

Dimana Om Ade sudah menunggu di depan TC 1

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (81)

Om Ade pun sering terlihat melihat kearah jam tangan digitalnya. Karena waktu start mereka berdua adalah 10:10.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (59)

Daftar start atau nomor start mereka didapatkan setelah para navigator melapor ke  MTC. Lalu Time card  ini berguna sebagai kartu control atau absen bagi para peserta di panitia.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (10)

Kayla pun mulai melewati pos TC, dan menuju waiting zone

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (84)

Jika dulunya Kayla berwarna putih polos, maka semenjak berada di MBN Rally Team, livery dari Evo IX RS ini dipercantik dengan livery ala Bali lengkap dengan gambar Barong dan kain khas Bali, yaitu Poleng yang  berwarna hitam dan putih.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (85)Karena sprint rally start sesudah speed offroad, maka waiting zone benar-benar menjadi ruang tunggu bagi para perally. Sejumlah insiden seperti mobil nyungsep, membuat duo perally ini membunuh waktunya dengan cara merokok.  Disamping killing time juga berfungsi killing stressMBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (86)

Maklum mereka berdua bersama Kayla masuk ke kelas nerakanya rally atau S5. Dimana dikelas ini terdapat monsta-monsta AWD beserta keong turbonya plus meriam dari anti lag systemnya sekelas Evo IX, IX, dan IV. Dan jangan lupakan juga pasukan pemburu atau rival abadi Evo di rally, yaitu Subaru WRX STI Spec C.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (83)

Berdoa bersama sebelum maju ke medan perang. Karena biasanya jika track basah skill drivernya akan benar-benar diuji disini. Disamping itu factor keberuntungan juga berperan disini, apakah Anda bisa kembali masuk finish dengan cara berjalan sendiri, atau di towing.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (88)

Pasangan perally Boyke dan Ade pun mulai memasuki area garis start dimana no start 1 sudah mulai berada di garis start.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (89)

Om Boyke pun langsung memacu Kayla melewati 50 meter lurus lalu belok kekiri kecepatan sedang mempertahankan racing line dengan grip style nya agar mobil tidak terlalu oversteer mengingat lintasan agak basah.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (11)

Setelah melewati tikungan kekiri. Lalu melewati sekitar 50 meter jalan lurus. Akhirnya masuklah tikungan ke kiri yang membawa ke hutan kecil. Didalam hutan kecil ini masih terdapat beberapa spot yang masih lumpur atau basah karena tidak terkena sinar matahari.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (90)

Lintasan yang sudah lumayan kering ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Boyke untuk memacu Evo IX RS nya ini.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (91)

Dengan Om Ade sebagai navigator di sebelahnya, Om Boyke pun dengan yakin melalap semua tikungan atau pace note yang diberikan oleh Om Ade.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (93)

Yang saya lihat disini tak ada aksi awd slide disini, Boyke memang ingin waktunya tidak terbuang dengan aksi sliding nya. Terlihat bagaimana Kayla begitu grip dengan lintasan yang terbilang agak basah ini.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (94)

Dengan rata-rata main di 2nd dan 3rd gear, juga average speednya 80km/jam – 100 km/jam pada jalan lurus, dan 60km/jam – 70 km/jam pada tikungan.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (95)

Pasangan MBN Boyke Indrajaya dan Ade Ramadhan berhasil menyelesaikan SS 1 dengan catatan waktunya 03.38,7 yang membuat mereka ber-2 berada diposisi ke-9 di group S5 dan juga 9 di kejuaraan umum.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (96)

Beberapa menit di belakang pasangan Boyke dan Ade, pasangan Indie Fiancoko dan navigatornya, Agus Y pun memulai SS1 sejauh 5 km.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (97)

Indie yang bertugas sebagai pilot KE70 putih ini pun terlihat santai alias tidak gas pol. Karena baginya di SS 1 adalah waktunya untuk bermain aman dan memperdalam track ini.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (12)

Walaupun pada hari itu Indie tidak beraliran gas pol, namun dia pun disulitkan oleh beberapa bagian di lintasan yang masih licin banget. Hingga memaksa dia untuk bermain extra aman, supaya bisa masuk ke garis finish dengan utuh.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (101)

Aksi main aman dan juga perjuangannya melawan track yang licin ini membuahkan waktu 03.52,6 . Yang membuat pasangan perally dari kota Semarang ini bertengger di posisi ke-3 di kelasnya atau S4.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (105)

Sementara bersiap-siap di area waiting zone ada sebuah Corolla KE70 dari kota Surabaya yang juga tergabung dalam MBN Rally Team.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (106)KE70 dari kota Surabaya ini di piloti oleh Ronny JS dengan Audi sebagai navigatornya

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (110)

Walaupun KE70 ini  kemaren sempat terkendala problem pengapian pada mesin 4AGE nya, namun pada race day nya. Pasangan arek Suroboyo ini cukup menyakinkan menggeber Corollanya di lintasan Speedmaster  yang kondisinya 20% kering sementara sisanya sebanyak 80% basah.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (15)

Walaupun sudah berusaha mengendalikan DX nya sehalus mungkin agar pantatnya tidak ngesot, tapi akhirnya Ronny juga terpaksa harus meng counter steer DX nya pada beberapa bagian track yang masih basah dan licin.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (111)

Walaupun tidak memakai ban basah karena lupa membawa dari Surabaya, pasangan Arek Suroboyo ini selalu gas pol di setiap ada kesempatan. Dan akhirnya finish dengan catatan waktu 04.06,1 yang menempatkan ke-2nya di posisi 1 di kelasnya (S3)

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (116)

Tersisa di area waiting zone kali itu ada 2 mobil dari team MBN Rally Team yang terpaksa melakukan start ulang akibat ketika run 1 terhalang mobil yang melintang di tengah lintasan , dan juga transponder nya tidak terpasang.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (114)

Pasangan pertama yang akan memulai run ke-3 nya di SS1 ini adalah Bobby Sanger dan Ginanjar MP sebagai navigatornya.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (117)

Setelah sempat 2 kali melakukan re-start akibat terhalang mobil dan transpondernya tidak terpasang. Pasangan Robby Sanger dan Ginanjar ini pun langsung melesat dari garis start untuk run yang ke-3 nya di SS 1.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (98)

Karena mungkin sudah kenyang shakedown pada hari Jum’at dan juga re-start sebanyak 2 kali. Robby sang pilot pun tampil dengan percaya diri melibas track yang sudah lumayan kering. Terbukti dengan cara mengemudinya yang terlihat aggressive  dengan cara masuk ke dalam tikungan melewati bagian dalam (apex)dengan sangat mepet ke tepi lintasan. Kuncinya disini adalah menata bagian depan mobilnya terlebih dahulu.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (99)

Terang saja stylenya aggressive tipis menempel tepi lintasan ketika tikungan. La wong pria keturunan Batak ini adik dari James Sanger, si langganan juara nasional Slalom Indonesia. So pasti mereka punya DNA yang sama…Racing.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (13)

Meskipun basic lahir dari dunia slalom yang selalu menempel cone, tapi Robby juga merasakan ada  beberapa tikungan basah yang membuatnya kerepotan mengatur KE70 yang dipersenjatai dengan 3SGE ini.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (100)

Tapi karena diuntungkan dengan 2 kali re-start dan juga ini adalah run yang ke-3. Robby pun sudah katam atau hapal dengan lintasan sepanjang 5 km ini. Sampai-sampai Robby pun menyuruh sang navigator untuk diam. Ginanjar pun hanya memberikan intruksi yang agak jauh di depannya dan perintahnya simple seperti penumpang ojek “ bang depan kanan, awas ada pohon di ujung tikungan”. Pasangan yang aneh.lol

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (102)

Hasil dari aksi cowboy si Robby mengantarkan pasangan ini ke posisi ke-2 di kelas S4 (diatas pasangan Indie dan Agus) dengan catatan waktunya 03.49,4

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (115)

Dikelas S3 ada pasangan dari Surabaya Lesmana Satyadarma dan navigatornya Donny H dengan Mitsubishi Lancer GTi yang juga tergabung dalam MBN Rally Team

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (119)

Di awal-awal lintasan atau start SS1 pasangan dari Surabaya ini tampil begitu prima, karena tracknya kering dan juga kebetulan pada SS 1 menggunakan ban kering.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (17)

Masalah pun muncul disaat mobil memasuki area hutan kecil dan selepas hutan kecil yaitu U turn ke kiri lalu ada S nya. Mobilpun tidak mau grip karena lintasan yang basah dan mobil menggunakan ban basah. Walhasil GTi dari Surabaya ini sempat 2 kali overshoot (under steer dengan ban mengunci) hingga membuatnya mesinnya mati dan melintang di tengah jalan S.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (120)

Akhirnya setelah melewati 2 kali Overshoot dan pemilihan ban yang salah. Lesmana Satyadarma yang memacu mobil 1.8 Lt dengan kecepatan rata-rata 60-70 km/jam ini finish di urutan yang 3 dikelas S2 dengan catatan waktunya 04.22,4.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (107)

Kembali ke paddock, tampak Kayla sudah di jack stand dan sedang mendapatkan perawatan dari crew Riverside.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (109)

Crew Riversidepun memulai tugasnya dengan mengecek seluruh bagian dari Evo ini mulai dari kaki-kaki,engine, dan data logger dari MoTec MDC. Bahkan seluruh tanah atau lumpur yang menempel di mobil ini wajib dibersihkan. Jika sudah terlalu kotor maka, akan dicuci.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (108)

Ritual wajib dari Loqy setelah mobil masuk ke padock adalah langsung melihat data logger mobil tersebut pada laptopnya untuk mengetahui hasil run setiap SS dan menge check apakah ada masalah dengan mobil tersebut. Setelah itu biasanya Boyke dan Loqy duduk bersama saling sharing dari sudut pandang masing-masing mengenai mobil. Ternyata Kayla tidak ada masalah, permasalahnnya justru ada pada dilemma pada pemilhan ban basah atau kering. Masalah yang sering menghinggapi dari team kecil hingga team sebesar F1..yaitu pemilihan ban yang tepat.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (121)

Sementara para crew Riverside me maintains Kayla, dan seluruh pembalap MBNRT beristirahat. Saya dan Andhy yang dari tadi standby di tengah kebun ubi langsung menyamber minuman dingin di cool box.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (122)Dan tentu saja makan siang kami

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (124)

Selesai makan siang, seluruh anggota team pun berkumpul untuk saling sharing bersama tentang SS1 dan SS2 yang sebentar lagi akan dimulai.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (123)

Menjelang SS2 yang direncanakan start pada jam 12:30 hingga akhirnya berubah menjadi sore hari ini, langit pun sudah mulai menghitam pekat tepat diatas Lanud Suryadarma.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (18)Akhirnya hujan pun turun dengan derasnya mengguyur Lanud Suryadarma

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (126)

Hingga membuat seluruh paddock yang ada termasuk paddock MBNRT kebanjiran. Oh iya front bumper Kayla sedikit penyok pada SS 1.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (127)

Tak ada yang lebih nikmat di dunia ini selain bersenda gurau dengan teman di bawah hujan deras dengan segelas kopi hitam panas. Mantap…

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (128)Apalagi ditengah hujan, datang si pro rally Indonesia yang sudah mencicipi hampir seluruh SS di berbagai belahan dunia…Rifat Sungkar. Rifat pun memberikan quick tutor atau wejangan kepada Boyke untuk menghadapi track Subang kali ini. Tapi pada akhirnya hasil akhir tetap ada di skill Om Boyke.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (19)

Karena hujan deras yang tak kunjung reda, dan camera kami sudah hendak  ko it. Saya dan Adhy akhirnya menuju ke press room untuk me recharge kamera kami

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (132)

Setelah beberapa jam Lanud Suryadarma diguyur hujan deras yang menyebabkan delayed nya SS 2 yang dijadwalkan jam 15:00,  peserta di kelas S5 pun line up di area waiting zone untuk memulai SS 2 nya.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (133)

Jika di SS 1 Ade tidak menggunakan cool shirt, maka di SS 2 ini navigator senior Indonesia ini menggunakan cool shirt yang didalamnya berisi air yang berfungsi untuk mendinginkan badan pembalap. Hal ini bisa dimaklumi karena sore hari itu setelah hujan terasa agak panas atau gerah, karena kelembapannya tinggi. Apalagi ketika kita sudah memakai full set race suit dan gearnya serta duduk berlama-lama di dalam mobil.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (87)

Tak ingin terulang lagi kesalahan pemilihan ban di SS 1, akhirnya setelah melihat kondisi, pasangan ini akhirnya memilih menggunakan ban basag Advan A031nya.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (131)

Selamat datang di SS 2

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (134)Dimana track sepanjang 5 km yang terletak di tengah perkebunan ubi ini berubah menjadi lumpur yang sangat licin and very dangerous. Terutama untuk mobil selain AWD atau 4WD

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (135)

Bahkan Evo IX yang hitungannya sudah pintar dalam menghadapi medan seperti ini,  Om Boyke juga sempat kerepotan menghadapi SS 2 yang tracknya lebih cocok menjadi arena karapan sapi ini.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (136)

Mobil pun sempat beberapa kali spinning, dan asyiknya karena saya sudah tahu kelemahan para pembalap di track basah ini. Saya pun menanti adegan yang saya tunggu-tunggu dari SS 1.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (137)

Yaitu drifting atau Evo go sideways dengan ke-4 rodanya. Hell yea! Seperti yang Anda bisa lihat disini Om Boyke pun tampak sedang mati-matian mengcounter steer Kayla agar tidak overshoot

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (20)

Bukan hanya pakai acara drifting segala yang dialami pasangan Boyke dan Ade ini. Bahkan selama SS 2 pasangan baru ini mengalami beberapa kali spinning dan overshoot (mobil under steer dan steer mengunci dan tidak bisa dikendalikan)

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (21)

Dan juga mobil sempat terjebak dalam lumpur yang cukup dalam sehingga susah keluar. Mesin pun mati setelah spinning 2 kali. Sehingga menyebabkan mobil tidak mau jalan meskipun di gas. Sampai akhirnya di ketahui ada masalah dengan gearboxnya. Dengan perjuangan yang super duper extra , akhirnya pasangan ini beserta Kayla bisa  sampai ke garis finish dengan utuh. Boyke dan Ade pun berhasil menyelesaikan ganasnya SS 2 dengan waktu 06.51

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (139)

What a great race di SS 2 ini, meskipun kelas yang menggunakan mobil FWD dan RWD dibatalkan karena kondisi track yang sama sekali tidak bersahabat dengan tunggannnya. Saya dan Adhy pun sangat exiting meliput kejuaraan sprint rally yang pertama kalinya untuk kami di Perfourm.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (140)

Bahkan saking bandelnya kami berdua, dan saya sudah tahu kalo ini musim hujan, dan yang pasti becek lintasannya. Kami berdua ngotot liputan dengan sepatu kets, bukan sepatu boot. Hasilnya mud just kicked in ya !

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (141)

Inilah seni abstrak yang diciptakan oleh lintasan rally pada sebuah mobil rally bernama Kayla…mud lover. Kayla pun mengantri untuk di cuci di bagian carwash di dalam area paddock seharga Rp. 50.000 sekali cuci. Sepertinya habis acara ini ada yang ulang tahun.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (143)

Karena olahraga rally ini dimulai pada hari Jum’at dengan survey lokasi dan shakedown atau pemanasan, lalu di ikuti pada keesokan harinya dengan SS1 dan SS2 dari 4 SS yang dijadwalkan. Ditambah lagi pakai embel-embel acara hujan deras, delayed, dan akhirnya dibatalkan SS 2 untuk kelas di luar mobil yang menggunakan AWD atau Jeep 4WD. Jadilah Ronny dan Ginanjar duduk lemas berdampingan.

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (145)

Saya sendiri pun juga ikut lemas, karena harus nyambi menjadi tukang sate di kota Subang. Nasib anak kos yang merantau di kota orang…bertahan untuk hidup. It’s a hard luck life…

MBN Rally Team at Speedmaster Subang day 2 (146)

Dan untuk makan enak berupa sate kambing + sop iga sapi. Itadakimasu atau Selamat makan. Selagi Anda ngiler dengan menu makan malam saya bersama MBN Rally Team ini, saya akan melanjutkan menulis cerita SS 3 nya. Selamat ngidam dan ngiler…..

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our Facebook fanpage

*Follow us on our Instagram & Twitter : @perfourm

 

 

Comments

comments!