MBN RALLY TEAM : SPEEDMASTER CHAMPIONSHIP 2014 ROUND 1 SUBANG – DAY 2, SS3

1129

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (88)

Day 2, 10 kilometer lagi dari 2 SS yang akan di selenggarakan di Speedmaster Championship 2014 round 1 9 februari yang lalu. Dan juga 12 jam saya dan Adhy akan bersunbathing, dan mungkin akan sedikit di shower dengan air hujan dalam rangka menanti 5 mobil dari MBN Rally Team yang beraksi di tengah kebun ubi di dalam Lanud Suryadarma TNI-AU Kalijati.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (36)

Saya pun memulai Minggu pagi itu dengan bangun jam 6 pagi, lalu langsung breakfast dengan menu yang sedikit nyleneh, yaitu special order sandwich isi telor goreng yang ditambah ayam kecap dari menu prasmanan. Plus secangkir teh panas dengan extra creamer

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (37)

Setelah breakfast kamipun menuju ke sebuah toko ban untuk mengganti ban dalam dari ban basah milik Indie. Diberikan ban dalam agar, ban tersebut lebih empuk.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (40)

Setelah sekitar 30 menit menempuh perjalanan dari kota Subang, akhirnya tibalah kami di paddock MBNRT yang dipenuhi dengan lumpur dimana-mana. Maklum saja semnejak subuh hingga paginya kota Subang diguyur hujan dengan derasnya.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (39)

Adhypun menempelkan sticker Perfourm yang kemaren kami lupa pasang di wingnya Kayla.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (5)

Sticker ini akan menambah 10 hp dan juga 100 hp (handsome power) bagi pemilik mobil ini. lol

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (2)

Setelah memasang sticker pada beberapa mobil team MBNRT, saya dan Adhy memutuskan untuk mensurvey tempat nongkrong kami yang pewe (posisi wenak) selama 12 jam kedepan. Dan sekali lagi kami harus berjalan melewati lumpur.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (45)

Area paddock dan sekitarnya memang pada hari itu dipenuhi oleh lumpur yang jauh lebih banyak daripada hari pertama.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (3)

Bahkan sepatu saya sendiri bolak balik slip atau tidak grip pada jalan ini. Untung saja body roll dan center low gravity saya seperti mobil Subaru. Jadi tidak sampai terpeleset.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (42)

Tibalah kami di tepi lintasan bagian selatan dari ajang Speedmaster ini. Dimana kelas Jeep atau Speed offroad sedang dilombakan. Sejauh mata memandang lintasannya memang basah dan licin.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (43)

Adhy pun penasaran dengan kondisi track bagian selatan ini. Akhirnya dengan semangat 45, diapun memanjat tendon tua yang terletak di tepi lintasan. Saya pun mewanti-wanti agar berhati-hati, karena besi pada tangganya sudah terlihat rapuh.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (44)

Sniper on the roof. Inilah aksi yang dilakukan Adhy di atas tendon air itu.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (4)

Dengan santainya dia memphoto kondisi track bagian selatan Speedmaster. Tampak memang beberapa bagian terlihat basah dan kering. Bagian yang ada air itu merupakan water splash made in panitia.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (7)

Karena lama-lama merasa ngeri juga diatas sana, akhirnya Adhypun turun, dan kami berdua langsung menuju ke paddock MBNRT. Ternyata para pembalap sedang bersiap untuk memulai SS ke 3 dengan memakai race suit mereka.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (8)

Jika kemaren Om Boyke tidak menggunakan Cool shirt. Maka di hari ke-2 ini, pria yang mulai bermain Rally dari kelas 3 SMP ini memakai kaos yang berfungsi menurunkan suhu atau mendinginkan suhu tubuh.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (6)

Crew Riverside pun tampak sedang mempersiapkan Kayla sebelum menghadapi SS ke-2. Kayla pun di diagnosis oleh Loqy ada trouble pada MMC Gearboxnya akibat SS 2 kemaren. Yaitu input shaftnya rusak.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (9)

Khusus untuk SS 3 kali ini yang dipenuhi oleh lumpur dan kondisi lintasan yang cukup basah dan beberapa titik terdapat lumpur yang dalam. Loqy pun memutuskan untuk men set up ulang suspension dengan menaikan shock 2 cm dan reboundnya dikurangi 2 click karena kondisi track yang basah.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (48)

Tak ingin mengulangi kesalahan di SS 1 pada hari 1, Indie pun mengganti ban keringnya dengan ban basah Advan A031 untuk menghadapi track yang menurut pandangannya sebagian besar tracknya basah.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (26)

Pak Bambang yang merupakan ayah Indie sekaligus mekanik dari JT Performance Semarang yang mempersiapkan 2 KE70 milik Indie dan Om Boyke ini mengawasi crew JT memasangkan ban basah pada DX milik anaknya ini.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (49)

Mengingat kondisi track yang basah dan licin, serta ada problem dengan gearboxnya. Ke-2 perally ini menerapkan strategi bermain aman yang penting finish dengan cara main di RPM atas – gigi atas. Yang artinya RPM tidak sampai 4000, tapi gear ada di 3-4. Atau digiring.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (76)

Para perally MBNRT pun langsung menempati posisi perang masing-masing, dan bersiap untuk memulai SS 3 pada hari ke-2 event ini. Pasangan Indie dan Agus pun yakin kalo SS 3 ini tidak akan mengulangi kesalahan pada SS 1 kemaren.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (87)

Om Boyke pun mulai memasang Stilo helmetnya sebelum memasuki cockpit Kayla.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (10)

Lalu kemudian memasang OMP glovesnya sambil terus berbincang dengan Loqy mengenai kondisi mobil terutama gearboxnya. Loqy hanya berpesan sikat terus saja, karena hendak diperbaiki input shaftnya juga tidak ada.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (88)

Selagi menunggu, Om Boyke pun mengilangkan stress atau demam panggungnya dengan cara merokok. Mungkin cara sebagian cara ini bisa membuat kita menjadi relax. Tapi dari seluruh poto saya selama 3 hari di Subang, inilah photo favorit saya. Alasannya cuma satu, rock and roll banget. Merokok dalam posisi siap perang dengan race suit, gloves, helmet, di dalam cokpit mobil balap.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (51)

Setelah menyedot beberapa sedotan pada batang rokoknya atau tidak sampai habis. Kolektor mobil rally ini pun meninggalkan area paddock MBNRT menuju ke garis start.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (52)

Tepat dibelakang Kayla, ada segerombolan STI spec C yang sedang mengintai barisan Evo yang sedang line up di depannya.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (55)

Didalam scene motorsport ataupun dunia permobilan, STI dan Evo ini bisa dibilang clash of titans nya dunia motorsport, terutama rally. Mereka selalu kejar-kejaran dalam hal bentuk body dan teknologi didalamnya. Ketika saya tanyakan ke beberapa perally. Perbedaan STI dan Evo adalah. STI kalah di top speed namun tenaga bawah hingga tengah dan di tikungan sangat ganas, handlingnya juga tajam atau sangat grip di tikungan (thanks to boxer engine yang low center of gravity, DCCD). Sementara Evo menang di power atasnya atau top speed, namun masih keteteran ketika menghadapi tikungan. Namun di Evo X sepertinya masalah itu sudah diperbaiki. Well meskipun si Scooby dan Evo selalu kejar-kejaran. Tetap saja drama percintaan di scene rally ini lebih seru dan romantic daripada percintaan vampire galau..Twilight.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (89)

Setelah sempat terkendala pemilihan ban dan track yang basah pada SS ke-2 kemaren. Pria inipun dihadapkan dengan kendala baru di SS ke-3 nya, yaitu gearbox problem.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (54)

Yang jelas di SS ke-3 ini pasangan Boyke dan Ade ini butuh waktu tercepatnya untuk bisa naik ke posisi 5 besar, dan memanfaatkan SS ke-3 ini dengan baik. Mengingat cuaca pada kemaren sore yang tidak bersahabat ketika pelaksanaan SS 2, yang menyebabkan kerusakan pada input shaft gearbox.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (70)

Yang jelas di SS ke-3 ini pasangan Boyke dan Ade ini butuh waktu tercepatnya untuk bisa naik ke posisi 5 besar, dan memanfaatkan SS ke-3 ini dengan baik. Mengingat cuaca pada kemaren sore yang tidak bersahabat ketika pelaksanaan SS 2, yang menyebabkan kerusakan pada input shaft gearbox.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (71)

Sementara di sekelilingnya, awan hitam pun mengelilingi track sprint rally dan speed offroad ini. Sepertinya si pawing hujan sedang berjuang habis-habisan melawan hujan.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (56)

Sekitar jam 11:50, Kayla pun berada di depan garis start untuk memulai SS 3 nya.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (11)

Karena rally ini di tengah perkebunan ubi, jadi the best view and tempat paling pewe untuk melihat event ini adalah ya diatas pohon. Beberapa penonton warga lokal pun terlihat naik ke beberapa pohon yang berada di tepi lintasan.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (12)

Walaupun track sudah agak kering, namun pasangan Boyke dan Ade memutuskan untuk tetap menggunakan ban basah Advan A031 persisi seperti hari sebelumnya di SS 2.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (57)

Namun karena ada warisan mechanical problem dari SS 2, yaitu Input shaft pada gearboxnya. Akhirnya Om Boyke yang bertindak sebagai driver mengalami sedikit masalah ketika melakukan shifting dari 1 ke-2. Akhirnya diputuskan untuk langsung masuk ke 3rd gear.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (58)

Hasilnya mobilpun terasa gembot atau loyo, ketika dipaksakan dari gigi 1 langsung ke gigi 3. Dengan bermain di rpm rendah atau tidak sampai 4.000, sementara gear bermain di 3rd dan 4th, Akhirnya pasangan perally ini berhasil menyelesaikan SS 3 nya dengan masuk finish.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (60)

Dan mencetak waktu 04.22,0 dan bertengger pada posisi ke – 8 dari 12 peserta di kelas S5.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (13)

Start setelah pasangan Boyke dan Ade, ada pasangan Lesmana Satyadarma dan Donny H dengan Lancer GTi nya yang bertarung di kelas S2.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (62)

Pasangan yang sementara hingga SS 2 berada di posisi ke -3 kelas S2 ini pun memakai strategi bermain cantik alias safety untuk menjaga posisi mereka di 3 besar. Caranya pun dengan menggunakan ban basah, dan menekankan pace note pada bagian-bagian track yang masih basah. Agar tidak mengalami lagi overshoot seperti di SS 1 pada hari Sabtu kemaren.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (63)

Walaupun sudah bermain aman, namun yang namanya motorsport dan mechanical problem tidak bisa dihindari. Rear suspension dari Lancer GTi dari pasangan dari kota Surabaya ini, terlihat kemps atau terlalu lemas ketika tak kuasa menahan beban mobil ketika menikung. Walaupun race dengan suspension yang tidak sehat, pasangan Lesmana dan Donny ini finish dengan catatan waktunya 05.01,4. Dan masih tetap mempertahankan posisi ke-3 nya.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (15)

Dibelakang pasangan asal Surabaya, ada duo perally dari kota Semarang, yaitu Indie dan Agus.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (16)

Setelah kemaren pada SS 1 menggunakan ban kering. Di SS ke-3 ini setelah melihat track yang masih ada sebagian basah, meraka akhirnya memutuskan menggunakan ban basah Advan A031. Sepertinya Adhy love the water splash.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (64)

Tetapi ternyata mereka keliru atau salah pilih ban. Akhirnya mereka berdua terlihat sering ngesat ngesot tidak karu-karuan atau tidak mendapatkan traksi pada lintasan akibat menggunakan ban basah. Bahkan Indie pun terlihat kesusahan dalam menaklukan setiap tikungan.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (65)

Akhirnya setelah menempuh 5 km dengan perjuangan mati-matian mengendalikan KE70 yang dipersenjatai dengan 3SGE ini. Indie dan Agus akhirnya bisa finish dengan selamat dan berhasil mencetak waktu 04.53,0

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (18)

Start di belakang Indie dan Agus ada pasangan Robby Sanger dan Ginanjar MP dengan KE70 yang spek enginenya diatas Indie (sama-sama 3SGE) yang terlihat haha hihi setelah mobil mereka ber-2 naik ke tanggul sehingga mobil agak jump miring sewaktu tikungan S.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (19)

Namun seketika muka mereka berubah menjadi serius atau kaget ketika melihat water splash di depan mereka. Mereka pun mengakui kalo terjadi benturan yang sangat keras pada bagian bawah KE70 mereka.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (66)

Senasib dengan Indie dan Agus, mereka juga menggunakan ban basah daripada ban kering pada SS 3 ini. Akibatnya mereka tampak kesusahan pada beberapa tikungan U-turn yang tampak lebih licin dengan menggunakan ban basah. Hasilnya mereka harus pelan-pelan ketika berbelok.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (67)

Robby dan Ginajar akhirnya berhasil finish dengan catatan waktunya 04.51,4

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (21)

Start paling terakhir dari kubu MBNRT adalah pasangan asal Suroboyo Ronny dan Audi. SS ke-3 yang dirasa Ronny lebih licin daripada SS 1 ini membuat Ronny dan Audi menerapkan permainan safety atau yang penting finish. Karena mengingat di SS 1 mereka di posisi 1, dan jarak dengan posisi 2 cukup jauh yaitu 22 detik.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (20)

Dengan menggunakan ban kering, Ronny pun mengawali awal lintasan dengan sangat berhati-hati agar tidak overshoot, mengingat lintasan licin. Di awal start pasangan ini tidak menemui kendala, namun di tengah jalan ada mobil yang menghalangi dan menutup jalan pasangan ini. Perally MBNRT ini pun tidak bisa mendahului karena jalanan yang licin dan sempit. Akhirnya ketika hendak mencari jalan ke kiri dan ke kanan untuk mendahului, garden KE70 ini pun terbentur batu dengan sangat keras.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (22)

Akibatnya shock lepas, rem pun blong. Meskipun pada akhirnya bisa juga melewati mobil di depan mereka.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (68)

Akhirnya mereka berdua pun bisa finish dengan waktu 05.15,9. Sewaktu finish mereka berdua ditawarkan re-start oleh panitia atas insiden terhalang oleh mobil lain.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (23)

Tapi karena arm garden belakang jebol dan kerusakannya cukup parah. Maka Ronny pun memutuskan untuk tidak mengambil re-start yang diberikan oleh panitia.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (72)

SS ke-3 pun telah selesai, karena lumpur yang cukup banyak menutupi Kayla dan mobil-mobil rally lainnya. Maka ritual mandi besar sebelum SS ke-4 wajib dilakukan disini. Anda bisa lihat tumpukan lumpur tersebut dari hasil nyuci mobil dari hari Sabtu kemaren.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (25)

Setelah dicuci, kini tugasnya para crew Riverside membersihkan pada bagian-bagian yang sempit dan fital seperti bagian kaki-kaki, undercarriage, dan mesin.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (24)

Ternyata selagi menunggu heat ke-4, Adhy pun menyempatkan diri untuk memphoto mc Speedmaster yang katanya “gua banget”. Go get her…Tiger. Roarrr

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (28)

Dan akhirnya sama seperti di hari Sabtu kemaren sore hari menjelang SS ke-4, Hujan pun turun dengan derasnya. Bukan deras lagi, tapi badai disertai hujan yang cukup lebat.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (30)

Dan terpaksa SS 4 pun diumumkan di delayed.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (29)

Menit demi menit, hingga akhirnya satu jam lebih. Hujan pun tak kunjung berbaik hati dengan kami, bahkan semakin deras.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (73)

Hingga membuat hampir seluruh are paddock terendam dengan air, bahkan lebih parah dari hari Sabtu kemaren.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (31)

Wajah kecewa dan sedih terlihat pada raut wajah pembalap MBNRT, apa mau dikata seharusnya di SS 4 mereka bisa mengejar atau melakukan aksi balas dendam ternyata terhalang oleh alam.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (33)

Dan akhirnya panitia mengumumkan bahwa SS ke-4 ditiadakan karena force major atau factor alam. Pupus sudah harapan dari seluruh pembalap MBNRT untuk emperbaiki waktu dan posisi mereka.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (75)

Sesaat setelah panitia mengumumkan SS 4 ditiadakan dan langsung pada pengumuman pemenang karena hari sudah semakin gelap. Disaat itulah Kayla di bawa menuju ke trailer untuk selanjutnya digendong dibawa ke bengkel Riverside Jakarta. The race is over for Kayla and friends.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (77)

Akhirnya sebanyak 18 piala di kejuaran sprint rally Speedmaster Championship 2014 round 1 Subang akan segera diumumkan.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (78)

Seperti biasa, sering saya dan Adhy minder dengan gear yang kami punya ketika bertemu dan kumpul dengan media ataupun photographer lainnya, terutama di daerah Jakarta. Gear kami hanya seperlimaratus dari gear mereka, ibaratnya punya kami adalah jangkrik (550D dan 1100D dengan lens kit std), sedang mereka adalah Gojira (5D bahkan 1d dengan gigantic super tele). Akhirnya Adhy baru merasakan apa yang saya rasakan ketika liputan di luar Surabaya, terutama daerah Jakarta. Kadang kami dipandang sebelah mata oleh mereka, karena gear kami mungkin lebih cocok untuk acara hunting model di taman kota.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (79)

Mari kita skip the hardest parts from this industries ke bagian yang paling saya suka dari industries ini, babes and sexy dancer. Seperti biasa dan sudah menjadi tradisi baik mau di acara auto contest hingga sprint rally, sexy girl pun ditampilkan untuk membuat para penonton dan pembalap high rev lagi.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (80)

And yes….everybody love this dance. Ibaratnya setelah 3 hari yang dilihat hanya mobil, lumpur, ubi, teman satu team, dan navigator yang semuanya lekong. Di hari ke-3 diakhir acara, kita kembali lagi ke dalam bisnis. As a real man.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (81)

Akhirnya satu persatu pemenang dipanggil maju ke depan. Dan salah satunya adalah Ronny dari MBNRT Surabaya.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (83)

Ronny JS dan Audi berhasil meraih juara ke-2 di kelas S3 dengan total waktu 16:13,0. Yang Anda lihat disini adalah terjadinya kesalahan dari panitia tentang urutan para juara. Setelah Ronny turun dari panggung, akhirnya panitia baru merevisi bahwa pasangan Ronny JS dan Audi keluar sebagai juara ke-2. Sementara juara 1 nya jatuh ke tangan Tajul Faoz dan Hilmana Falah dengan total waktu tempuh 15:58, 7

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (82)

Dikelas S2, MBNRT berhasil meraih podium ke-3 dengan pembalapnya Lesmana Satyadharma yang berpasangan dengan Donny H dari kota Surabaya dengan total waktu tempuhnya 18:03,3

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (34)

Sementara Robby Sanger dan Ginajar MP harus puas di posisi ke-5 dikelas S4 dengan total waktu 15:31,8.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (84)

Malamnya kami pun langsung angkat kaki dari kota Subang. Saya pun diantarkan Ginanjar di rumah saudara saya di Duren Sawit pakai acara nyasar berkepanjangan. Senin malam akhirnya kami pun terbang meninggalkan kota Jakarta. Adhy sepertinya tertarik dengan city view di malam hari dari atas pesawat.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (85)

Akhirnya sekitar jam 8 malam, kami tiba kembali di kota Surabaya. Thanx untuk Denny”The Bonex”Pribadi untuk 2 kaos Speedmasters nya.

MBN RALLY TEAM day 2 Speedmaster 2014 Subang (35)

Sampai berjumpa lagi dengan MBN Rally Team di Kota Sidoarjo, Jawa Timur, pada tanggal 22-23 Februari 2014. Karena MBN Rally Team akan turun full team di lintasan yang terdapat di daerah jalan lingkar timur kota Sidoarjo, Jawa Timur. See you there guys…..

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

 

Comments

comments!