STREET SOCIETY MOVIE : BEHIND THE SCENES ABOVE THE SURAMADU BRIDGE

2085

street society with Perfourm

Indonesia sedang dilanda demam film street racing yang berjudul Street Society yang baru saja di realese pada tanggal 20 Februari 2014 yang lalu. Sialnya saya sampai sekarang belum menonton film garapan sutradara Awi Suryadi  ini, karena sibuk liputan Rally bersama MBN Rally Team, dan juga setumpuk deadline yang membuat saya bertapa di depan laptop. Sayapun hanya bisa mendapatkan kabar burung dari BBM saya kalo Perfourm.com ada di dalam film besutan Ewin Picture itu?Ah masa, pikir saya tumben amat bisa masuk dalam view finder Red Camera nya. Saya pun langsung membongkar External Hard Disk saya untuk menemukan file film yang konon katanya film balap di Indonesia yang menghabiskan duit 18 M  ini.

street society with Perfourm (5)

Jum’at dinihari pada tanggal 26 Juli 2013, sekitar jam 3 subuh saya pun menyaksikan pembuatan film yang menghabiskan dana sekitar 18 Milyar Rupiah ini. Berhubung tidak ada mobil khusus  untuk persuit system dengan tracking vehicle seperti di Hollywood pada adegan kebut-kebutan di jalan raya, so seperti kata Dominique…This is Indonesia. Yang mana semuanya bisa dibikin, termasuk pimpin sebuah Hyundai Santa Fe dengan pipa-pipa yang terlihat seperti rollcage ini, hingga 1 buah lantai di atas roofnya dimana para crew film bisa naik diatasnya and make a shoot.

street society with Perfourm (3)

Dan yang membuat mobil Hyundai ini lebih sadis yaitu RED camera. Yaitu sebuah camera yang mampu membuat camera sekelas Sony CineAlta, Panavision Genesis, atau Thomson Viper, yang mungkin Saya dan Anda sendiri nggah ngeh dengan kamera ini namun sering menyaksikan hasilnya di bioskop-bioskop kesayangan Anda, terlihat jadul. Camera keluaran Red Digital Cinema Camera Company ini dapat merekam hingga resolusi 4K (4096×2160). Bahkan ada RedEpic mampu merekam hingga resolusinya 5K RAW. Rawrrrr…!!

street society with Perfourm (4)

Bukan hanya 1 RED Camera, tapi 2 buah RED camera. God bless kamera yang paling murahnya $10.150, 00 ini. I want one please…

street society with Perfourm (21)

So, 2 RED camera seharga  ini untuk mensyuting apakah? Well, ternyata 2 RED Camera itu untuk mengambil gambar scene kebut-kebutan di atas jembatan Suramadu. Dan salah satunya aktor mobilnya adalah sebuah Hyundai Tiburon atau Coupe kelahiran 1999.

street society with Perfourm (22)

What the hell Gangnam 2 door coupe doing here? Well, ceritanya bermula dari pihak crew film meminta tolong kepada Perfourm untuk mencarikan sebuah mobil di Surabaya untuk dijadikan bintang film ini. Audisi di laptop saya pun dilakukan. Subaru WRX STI GV, ditolak. Mazda RX8 SE3P, tidak dilirik. Nissan Skyline R34 yang saya dukung habis-habisan, ditolak mentah-mentah. Akhirnya yang mampu mengalahkan barisan sport car dari Japan itu adalah sebuah mobil gingseng bernama Hyundai Coupe milik Rey dari Stripes Car Community Surabaya.

street society with Perfourm (23)

Sedan coupe asal Korea Selatan kelahiran tahun ’99 ini sudah dimodif oleh Rey dengan mengoperasi plastic layakknya artis-artis K-pop dengan custom body kit hingga…trust me membuatnya jauh sekali dari tampang dasarnya yang Gangnam Style dan terinspirasi dari DC2 dan Celica GT-Four. Tapi satu yang saya salut dengan Rey, dia sangat teliti dan telaten sekali mendandani mobil yang sebagian besar orang berkata..Hyundai Coupe what?

street society with Perfourm (26)

Mulai dari eksterior hingga interiornya, dia berikan kesan street racing dengan 2 Sparco Semi Bucket seat.

street society with Perfourm (25)

Perfourm sticker bisa menambah +1 HP (Horse Power) dan 10+ Hp (Handsome Power).lol

street society with Perfourm (27)

Buritannya sendiri kata saya tergolong rapid dan sexy. Kesan mobil gingseng pun hilang ditangan Rey.

street society with Perfourm (30)

Apalagi ketika kita membuka mobil yang pernah menyabet best Hyundai ini, instalasi dan estetikanya juga bagus. Suaranya bagi saya juga cukup untuk ukuran audio jedug-jedug.

street society with Perfourm (2)

Looks what I found that night. Ada ke-4 orang pro racer Indonesia yang sudah sering Anda lihat wara-wiri di dunia persilatan motorsport Indonesia, terutama di balap touring Sentul. Mereka adalah para pembalap nasional yang disupport oleh Top 1 oil (dari kiri ke kanan) :   Andara Novrianda , Rally Marina, Fitra Eri, dan Jimmy Lukita yang akan menjadi stuntman dibalik kemudi exotic car yang digunakan pada film ini.

street society with Perfourm (8)

Dan sebagai kapten untuk adegan kebut-kebutan ini adalah juara umum Mercedes Benz C Coupe Touring Championship, Fitra Eri. Tampak Fitra Eri sedang memberikan seanario kepada para pembalap senior yang kebagian jatah mengemudikan sebuah truck besar seperti Om Abun (dibelakang pria berkacamata)

street society with Perfourm (9)

Sementara 2 Pembalap nasional lainnya, Jimmy Lukita dan Rally Marina yang juga istri dari Fitra Eri menyimak skanario scene balapan di atas jembatan Suramadu itu. Tak ketinggalan juga malam hari itu adik dari Rally Marina yang juga seorang pembalap nasional, Andara Novrianda, menjadi salah satu stuntman film ini.

street society with Perfourm (10)

Untuk adegan kebut-kebutan di atas jembatan sepanjang 5.438  meter atau 5,43 km ini , beberapa exotic car pun telah disiapkan oleh crew film untuk membuat subuh ini terasa di Miami. Yaitu sebuah Ferrari 430.

street society with Perfourm (15)

Yang akan dikemudikan oleh Andara Novrianda

street society with Perfourm (7)

Sebuah Bentley Continental GT

street society with Perfourm (12)

Yang sangat cocok sekali dikemudikan oleh Jimmy Lukita. Mungkin karena masalah usia membuat pria ini menyatu dengan Bentley. So Gentlemen

street society with Perfourm (6)

Lamborghini Gallardo LP550-2 Spyder

street society with Perfourm (17)

Dengan Rally Marina didalamnya. Pertama kali ketemu dengan pembalap wanita ini, saya langsung menanyakan bagaimana rasanya menjadi host balap NASCAR Sprint Cup Series di tahun 2003-2004 di Indosiar. Yang durasinya saingan dengan gelaran wayang kulit alias semalam suntuk (dari jam 12 malam hingga jam 6 pagi)karena banyaknya lap yang harus dijalani, yaitu 200 hingga 500 lap(3,2 km – 8 km/ lap). Saya yang pernah menontonnya saja sampai ditinggal tidur, bangun, dan tidur lagi balapannya ga kelar-kelar. Bahkan si Rally Marina sendiri sampai mati gaya dan kehabisan bahan pembicaraan. She need an energizer bunny i guess.

street society with Perfourm (18)

Dan akhirnya the optimus prime atau pemimpin Autobots  malam hari itu adalah sebuah Ferrari 458 Italia

street society with Perfourm (16)

Dan dididalamnya tak lain tak bukan si Fitra Eri.

street society with Perfourm (13)

Setelah semua set, dan traffic di atas Suramadu di sterilkan. Maka scene kebut-kebutan dari film yang versi lokalnya Fast Furious atau Need For Speed ini pun dimulai.

IMG_8596

Para pembalap senior Indonesia pun langsung memacu truck yang dibelakangnya bertuliskan “Kutunggu Jandamu” . Sayangnya sampai sinilah perjalanan saya malam itu, karena saya tidak bisa mengikuti syutingnya dengan alasan takut bocor di kamera. And it’s true.

street society with Perfourm (28)

Akhirnya sekitar jam 4 pagi, saya bersama teman saya Dean meninggalkan kembatan Suramadu. Kalo tidak salah scene di Suramadu diambil selama 2 hari atau 2 malam hanya untuk adegan kebut-kebutan dan pintu masuk tol.

street society with Perfourm (29)

Can’t wait to see the movie.

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on pur Facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

 

Comments

comments!