MBN RALLY TEAM : SHOWDOWN AT SIDOARJO 155 SPRINT RALLY – DAY 1, SS 1

1137

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (66)

Another day, another trip, another circuit, and another SS (special stage) yang saya jalanani bersama MBN Rally Team Jakarta ini. Setelah kurang lebih 2 minggu yang lalu saya bersama team yang di komandani oleh MBN Boyke Indrajaya dan dimanajeri oleh Ginanjar MP di kota Subang Jawa Barat untuk gelaran Speedmasters Championship 2014 round 1. Akhinrya saya berjumpa lagi dengan team rally yang sedang on fire dalam pace notenya hendak mengikuti seluruh seri sprint rally dan rally di seluruh Indonesia ini. Termasuk Kejuaraan daerah Sidoarjo 155 Sprint Rally 2014 yang diadakan di kota Sidoarjo Jawa Timur pada 22-23 Februari yang lalu.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (26)

SS saya bersama MBNRT di mulai pada H-2 sebelum SS 1 di mulai. Saya pun menjemput orang yang paling sibuk dan bertanggung jawab di team baru ini, yaitu sang Manajer Ginanjar MP. Pagi-pagi buta saya pun sudah stand by di Juanda International Airport Surabaya.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (27)Setelah menjemput sang manager dan mekanik dari Riverside Jakarta, termasuk head meachanicnya, Loqy Siregar. Kami pun menuju sebuah pool station untuk mengambil Kayla yang sudah menempuh perjalanan sekitar dari Jakarta

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (28)

Lalu kemudian menurunkannya di parking lot hotel tempat kami menginap

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (29)

Lalu melakukan perawatan dan pengecekan pada seluruh bagian Kayla.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (30)

Setelah mengecek Kayla. Tibalah waktu yang saya dan Loqy tunggu-tunggu, yaitu makan siang. Kami pun menuju ke sebuah warung Sop Buntut yang paling terkenal di kota Sidoarjo. Loqy sangat amat tergila-gila sama sop buntut ini.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (31)

Setelah puas makan siang dengan iga bakar dan sop iga. Saya pun melanjutkan tujuan saya menuju ke stasiun Pasar Turi untuk menjemput rombongan dari kota Semarang Jawa Tengah, yaitu Indie dan kawan-kawan.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (36)

Karena Rawon Setan sudah terlalu mainstream, akhirnya rombongan asal kota Semarang ini ingin makan rawon setan yang sudah insaf dengan buka dari pagi hari. Lanjut setelah full tank dengan rawon, kamipun menuju ke sirkuit lingkar timur kota Sidoarjo.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (37)

Beberapa perally MBNRT langsung melakukan survey pada lintasan sepanjang  4 km ini.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (34)

Dan membuat pace note bagi para navigator.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (32)Suryo pun tampak sedang berada di atas tank untuk meratakan dan membuat sirkuit ini supaya siap untuk event hari Sabtu dan Minggu besok

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (35)

Namun sayang, pada tengah malamnya, salah satu pembalap MBNRT yaitu Robby Sanger harus dilarikan ke UGD Rumah sakit karena terserang flu berat akibat naik kereta api tadi pagi. Tapi untungnya Robby tidak opname, hanya diberikan obat atau rawat jalan.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (39)

Pagi itu Sidoarjo sama seperti kota Surabaya, yaitu cerah ceria dengan cuaca yang cukup panas. Paddock MBNRT mulai dipenuhi dengan aktifitas mempersiapkan masing-masing rally car mereka sebelum memulai SS1 yang direncanakan pada jam 2 siang nanti.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (41)

Adhy pun mulai memasangkan sticker Perfourm pada body KE70 milik Om Boyke, Indie, dan juga Ronny.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (40)

Sementara untuk sirkuitnya, pihak panitia sudah menyediakan 3 SS yang berjarak sekitar 4 km, dengan masing-masing 1 SS 2 kali mengelilingi lintasan (2 km x 2 kali = 4 km/SS). Sirkuit Lingkar Timur sendiri berkarakter low speed yang siertai banyak tikungan balik atau U-turn. Namun pada beberapa bagian yang straight atau lurus bisa mencapai diatas 100 km/jam. Sedangkan pada SS2 dan SS 3 maka, sirkuit akan dibalik arahnya.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (38)

Acara Sabtu pagi itu dimulai dari scrutineering pada Kayla oleh panitia. Tampak Loqy Siregar dari Riverside yang sedang menemani Kayla.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1

Sedangkan saya, mencoba melawan rasa sakit kompilasi 4 in 1 dalam badan saya. Yaitu, demam, batuk, pilek, dan pusing. Sakit flu berat pada Robby Sanger memang menular pada saya, dan memang posisi saya sebelum ketemu Robby sedang droop akibat tidur dengan AC hotel 18°celcius. Jadilah saya tertidur menahan my body not delicious ini di paddock. Ditambah lagi rundown rally yang caruk maruk, baru start jam 2 , sementara scrutineering dimulai pada jam 8 pagi.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (42)

Beberapa saat setelah Kayla di scrutineering, Om Boyke pun tiba dilokasi setelah perjalanan dari Juanda International Airport.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (43)

Bisa dibilang Rally di kota Sidoarjo ini adalah ajang pulang kampung dari Om Boyke yang dari kecil tinggal di Surabaya. And have a good times..all around bersama teman-temannya dari kota Jakarta. termasuk dalam hal menu makan siang dan sarapan, yang merupakan menu favoritnya. Seperti sate klopo (kelapa ondemohen, dan pecel pandegiling.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (44)

Dan juga tentu saja juga menjadi ajang reuni baginya dengan beberapa teman balap/ rallynya dari masa sekolah dulu yang pada saat ini sebagian besar menduduki posisi penting di Pengprov IMI Jatim, dan tentu saja panitia event sprint rally Sidoarjo kali ini. Seperti Om Komang di Kabid roda 4 (rally) IMI Jatim (kaos hitam)

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (45)

Terhitung semenjak kelas 3 SMP pria yang berumur sekitar 42 tahun ini bergelut dengan dunia persilatan rally di kota Surabaya dan sekitarnya. Yang dulunya hanya seorang privater dan salah satu anggota dari team slalom Daihatsu bersama Om Komang (1988).

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (46)

Kini menjelma menjadi ketua atau owner dari sebuah team rally nasional yang bernama MBN Rally Team, yang baru saja memulai debut nya di event Speedmaster Championship 2014 round 1 Subang, 8-9 Februari 2014 yang lalu di Sirkuit Suryadarma Lanud TNI-AU Kalijati, Subang, Jawa Barat.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (47)

Setelah sempat vakum lama dari dunia rally (1992), akhirnya pada tahun 2008, pria yang keturunan Bali ini come back again di scene motorsport yang di gelutinya dari jaman dia duduk dibangku SMP di kota Surabaya.

IMG_9554

Jika pada event Speedmaster yang lalu, Om Boyke di damping oleh navigator senior Om Ade Ramadan. Maka pada kali ini berhubung om Ade Ramadan tidak bisa hadir, posisi co-driver atau navigator nya diisi oleh Mago Sarwono yang merupakan salah satu pro rally dari FBRT atau Firna Bosowa Rally Team Jakarta. Mago Sarwono di FBRT menduduki posisi sebagai international event manager, seperti mengurusi perally nasional Subhan Aksa di event WRC (World Rally Championship).

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (51)

Sedangkan saya sendiri masih didampingi co-driver saya, Adhyasaka Hutama yang tampak enthusiast sekali memphoto MBNRT dari Subang hingga Sidoarjo.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (52)Sedangkan bagi Boyke dan Mago , ini adalah 1st debut mereka berdua di ajang sprint rally kota Sidoarjo, terutama 1 mobil.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (53)

Dan juga menjadi ajang atau event ke-2 dari MBN Rallly team yang rencanya pada tahun ini akan mengikuti seluruh seri Rally baik Kejurda maupun Kejurnas di Indonesia.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (54)

Sementara pada event kali itu, Mago tidak datang sendirian, ada juga Om Adi Wibowo yang juga merupakan salah satu pro rally Indonesia dari FBRT atau Firna Bosowa Rally Team yang ikut menonton sprint rally di kota petis ini. Om Adi Wibowo  merupakan navigator dari perally nasional Sadikin Aksa dan juga merangkap sebagai domestic event manager atau manager FBRT untuk event lokal di Indonesia.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (4)

Sekitar jam 13:30, saya pun kembali bertugas dengan berjuang melawan badan saya yang sedang di combo hit oleh 4 penyakit sekaligus. Rasanya strengt o’meter saya pada siang hari itu tersisa sekitar 70%. Yang berarti saya masih bisa menahan rasa sakit ini.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (50)

Early Briefing pun dilakukan oleh 2 orang ini, yaitu sang mekanik Loqy Siregar dari Riverside dengan sang pembalap, MBN Boyke Indrajaya tentang track Sprint Rally kali ini.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (3)

Loqy Siregar yang juga merupakan komisi Rally PP IMI pusat ini,  menerapkan strategi gas pol dengan penggunaan ban basah Advan A031. Anti lag systemnya juga diaktifkan dengan setelan diff untuk track basah.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (48)

Sementara Mago Sarwono pun mulai beradaptasi dengan Corbeau bucket seat dan juga Willans Harnerss nya pada Kayla.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (49)

Namun di saat pria yang hobby sepada downhill ini mencoba pengaturan seat beltnya atau sudah ketat atau tidak. Mago pun merasakan sakit pada pundaknya. Rasa sakit ini ditimbulkan akibat pundaknya yang baru saja patah sekitar tahun lalu ketika dia bermain sepeda downhill

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (55)

Oleh karena itu Mago tidak pernah lepas dengan yang namanya HANS atau Heck And Neck Support (pelindung leher dari benturan
MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (56)Melakukan doa bersama terlebih dahulu sebelum meninggalkan paddock
MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (57)Lalu tertawa bersama…Mungkin obrolannya Om Boyke “ Let’s kick some ass”MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (58)Lalu keluar dari paddock menuju ke lintasan melewati Om Komang (baju hitam) yang merupakan sensei Om Boyke sewaktu belajar slalom sewaktu SMP dulu, dan masih ada family.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (59)Menyebrang melewati jalan raya besar menuju ke garis start. Paddock di Sidoarjo cukup unik karena antara sirkuit dan track bersebrangan atau dipisahkan oleh jalan raya yang aktif. Oleh karena itu harus extra hati-hati menyebrang jalan ini

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (60)Kayla pun mulai memasuki area garis start seorang diri. Maklum Kayla merupakan satu-satunya sedan AWD yang mengikuti event ini. Jadi dia mendapat giliran pertama untuk start terlebih dahulu

MBN RALLY TEAM at Sidoarjo Sprint'14 (6)

Karena banyaknya tikungan di track lingkar timur ini, sekitar kurang lebih 42 tikungan dengan karakter low speed.

MBN RALLY TEAM at Sidoarjo Sprint'14

Maka pasangan  perally nasional ini menerapkan strategi Scandinavian flick atau rally style dari daerah Scandinavia (Finlandia)  yang memanfaatkan momentum mobil untuk membelok, supaya waktunya lebih cepat. (jika mobil hendak berbelok kekiri, maka mobil diarahkan ke kanan terlebih dahulu, lalu kemudian dibanting ke kiri. Sehingga mobil lebih mudah membelok dengan memanfaatkan momentum tersebut)

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (61)

1 menit menuju start.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (62)

Countdown pun dimulai oleh petugas pos. Kalo Anda melihat adegan ini persis seperti di rally-rally jaman dulu , masih manual dan tradisional dengan menggunakan stopwatch a Collin McRae.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (63)

Kayla pun langsung melesat meninggalkan garis start menuju ke u-turn ke kanan.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (65)

Lalu kemudian menuju ke u-turn ke kiri. Sirkuit Lingkar Timur kota Sidoarjo memang dipenuhi oleh tikungan putar balik atau u-turn. Hampir sekitar 20 u-turn terdapat dalam SS 1 sepanjang 4 km ini.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (7)

Namun ada beberapa bagian straight atau lurus yang kita bisa membuat mobil lari dengan kecepatan cukup tinggi.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (8)

Namun bagi Om Boyke track Sidoarjo ini sangat mendukung, karena lintasannya kering. Beda dengan track di Subang yang menjadi momok bagi setiap perally, yaitu basah dengan lumpur yang lengket di ban.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (66)

Mago pun menjalankan tugasnya dengan baik sebagai co-driver atau navigator dengan memberikan pace note yang akurat kepada Om Boyke.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (67)Maklum pria berusia 42 tahun ini dituntut untuk belajar cepat beradaptasi dengan pace note navigator barunya ini. Karena ini adalah 1st debut mereka berdua

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (9)

Sementara bagi Om Boyke sendiri, track Sidoarjo ini sangatlah menantang. Karena selama dia rally belum pernah ada sirkuit seperti ini.

MBN RALLY TEAM at Sidoarjo Sprint'14 (2)

Banyak  tikungan-tikungan, track sempit, dan patah-patah.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (10)

Menjadikan tantangan tersendiri bagi pria yang kolektor mobil rally legendaries ini.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (70)

Namun perjalanan pasangan Boyke dan Mago dalam melalap SS 1 ini tidaklah mulus. Kayla pun mengalami problem pada fuel pump hingga membuat mobilnya menjadi mbrebet.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (72)

Menurut Loqy dari Riverside, fuel pumpnya belum pernah diganti semenjak di bengkel Riverside. Jadilah pasangan ini berlari selama 4km dengan kondisi Kayla tidak fit.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (73)

Namun akhirnya bisa masuk finish juga, walau dalam keadaan mbrebet. Namun sayangnya SS 1 dibatalkan oleh panitia, karena force major berupa hujan deras yang memotong SS1.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (74)

Selang beberapa menit dari pasangan Boyke Indrajaya dan M. Sarwono, ada pasangan Indie Fiancoko dan navigornya Agus dari MBNRT Semarang Jawa Tengah.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (11)

Walaupun ada beberapa bagian yang basah dan dipenuhi air, namun menurut Indie, track di Sidoarjo ini walaupun basah namun ban nya masih bisa grip.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (12)

Beda dengan track di Kalijati beberapa minggu lalu, yang totally mobil kehilangan grip pada lintasan. Di lintasan Sidoarjo yang pada basically merupakan tempat yang aslinya sudah diuruk atau ditimbun dengan pasir ini. Walaupun menurut Indie tracknya lebih condong kearah slalom karena banyaknya tikungan atau u –turn, dan bukan berkarakter speed.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (13)

Namun overall, pembalap yang pernah menyabet juara nasional rally Indonesia kelas retro ini mengatakan bahwa tidak ada masalah dengan sirkuit sepanjang 2 km ini.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (14)

Namun baginya track ini memberikan tantangan tersendiri baginya. Seperti beberapa spot yang susah pada beberapa bagian yang harus meliak-liuk di dalam padang ilalang yang cukup tinggi sehingga ada beberapa yang blind spot.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (75)

Namun dibeberapa titik, ada yang menjadi favoritnya. Salah satunya adalah adalah track yang lurus yang mampu membuatnya menggeber mesin 3SGE nya sampai flat out. Hasilnya? Namun sayangnya, SS 1 dibatalkan karena track diguyur oleh hujan yang sangat deras hingga memaksa RC membatalkan SS 1

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (76)Di belakang pasangan Indie dan Agus ada pasangan lapis 2 di kelas Retro Class 2.0 dan RC Open, yaitu pasangan Robby Sanger dan Ginanjar MP. Ini adalah penampilan Robby Sanger dibawah tekanan flu berat yang melandanya

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (15)

Sama seperti Indie, perally asal kota Semarang ini pun tak menemui masalah yang cukup menyulitkannya seperti pada seri Speedmaster yang lalu.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (16)

Walaupun ada beberapa bagian track yang dipenuhi air, namun KE70 yang dipersenjatai dengan 3SGE ini masih bisa mendapatkan traksi dan di control.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (17)Namun kata adik dari peslalom nasional, James Sanger ini, ada beberapa bagian track yang dia tidak sukai, yaitu di track lurus yang menuju ke tempat pembuangan sampah (ya para perally melewati tempat pembuangan sampah) yang berlubang dan tidak rata. Namun baginya track Subang masilah favoritnya

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (18)

Walaupun dalam kondisi tidak fit dan tidak fit dalam melibas SS 1 ini. Akhirnya pasangan Robby dan Ginanjar ini bisa menyelesaikan SS 1 nya. Walaupun yang pada akhirnya dibatalkan.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (77)Bertarung dikelas retro class 1.6 ada pasangan Ronny JS dan Audi

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (19)

Berjuang di SS 1 dibawah langit yang semakin gelap gulita. Pasangan Ronny dan Audi ini pun melibas track yang dianggapnya pendek, banyak tikungan, dan jalanan yang licin.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (20)

Ronny pun menggeber KE70 nya yang dipersenjatai denga 4AGE 16 valve ini dengan hati-hati, agar tidak menglamai overshoot di beberapa tikungan yang licin.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (21)

Selama 2 km ini Ronny pun berpikir keras hendak menggunakan 1st gear atau 2nd gear untuk menikung di beberapa tikungan.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (22)

Namun di beberapa bagian, KE70 ini dibuatnya berlari kencang hingga 3rd gear

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (78)

Alias flat out. Pasangan ini pun membukukan waktu di SS 1 nya 05:10

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (79)

Waktu pun menunjukkan jam 3 sore. Keadaan langit semakin gelap gulita. padahal stater baru berjalan separuh.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (24)

Akhirnya hujan pun turun dengan derasnya.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (81)

Dan memaksa para penonton baik photographer berputar haluan balik ke paddock. Salah satunya adalah Aphit McKlein, salah satu photographer rally yang juga kebagian tugas memphoto MBN Rally Team.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (82)

Namun hujanlah bukan penghalang bagi sebagian peserta, termasuk pasangan cameo Sprint rally Sidoarjo pada hari itu, yaitu M. Sarwono yang berpasangan dengan Adi Wibowo

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (83)

Walaupun bumi gonjang ganjing, dan hujan deras mengguyur sirkuit lingkar timur ini. Pasangan yang merupakan perally nasional dari team FBRT ini tetap gas pol di sirkuit yang sudah menjadi kubangan lumpur ini.

MBN Rally Team at Sidoarjo Sprint Rally day 1 (25)

Dan akhirnya finish dengan selamat dan utuh. Tepat setelah pasangan Mago Sarwono dan Adi Wibowo finish. Race pun dihentikan oleh panitia. Stay tune on Perfourm untuk SS 2 dan SS 3 dari Sidoarjo 155 Sprint Rally 2014 bersama MBN Rally Team. Later…

 

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our Facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

Comments

comments!