2013 PERFOURM MADNESS: FULL HEAVY METAL HELMET

1870

perfourm.com helmet madness (7)

Cars, engine, cockpit, race suit, racing shoes, apalagi yang membuat saya jatuh cinta hingga tergila-gila memphoto motorsport? Race queen? Umbrella girl? Tentu saja Hell yea! Secara saya masih pria sangat teramat normal,  dan juga seorang pria bertipikal metro mini, bukan metro sexual. Satu lagi objek yang menjadi favorit dan juga passion terbesar saya adalah racing helmet. Sebuah alat pelindung kepala dari benturan yang bagi saya sifatnya sangat personal. Karena terdapat motif,corak, livery ataupun polosan saja yang menggambarkan karakter atau warna favorit pembalap tersebut. Dari seharga 300 ribu rupiah hingga belasa bahkan jutaan rupiah, alat pelindung kepala ini melindungi kepala atau nyawa Anda yang nominalnya “where money can’t buy”.

team AP SPEED Jakarta QTT (68)

Mungkin ada yang kelewat extreme atau hardcore yang masih menggunakan racing helmet tarkam (antar kampung ) yang pernah berajaya pada era 90’s dan awal 2000an ini. Dengan alasan sudah kadung senang , cinta dan pewe dengan helm seharga 40 ribu rupiah dari tahun 2004 hingga sekarang. Walaupun pria ini bisa membeli helm model apapun yang ada di dunia ini.

tomahawk ap speed race day sentul (1)

Tetapi pada saat ini, para pembalap pun mulai sadar akan bahaya yang disebabkan oleh motorsport. Lambat laun, mereka pun mulai beralih dari helm half face lokal atau tarkam, menuju ke racing helmet yang memang di  build for motorsport dengan standart FIA ataupun dibawahnya (SNELL).

IMG_8093

Mulai dari produk lokal made in Indonesia yang hanya mangantongi sertifikat halal dari SNI (Standard Nasional Indonesia) hingga mentok ke DOT (Department Of  Transportation, USA)

tomahawk ap speed race day sentul (12)

Hingga benar-benar racing helmet buatan luar negeri yang sudah mendapatkan sertifikat halal dari berbagai macam pihak seperti SNELL (USA), hingga FIA (Fédération Internationale de l’Automobile) approved.

perfourm.com helmet madness (64)

Bermacam-macam merek atau brand premium racing helmet ini pun ditawarkan mulai dari yang paling basic atau warna dasarnya putih berlivery. Mulai dari Arai GP5

IMG_0621Sparco WTX 5W

perfourm.com helmet madness (51)Arai GP6-PED

the race day of the tiger in Sepang Circuit Malaysia (48)

Selain warna dasar putih ada juga warna dasar nya hitam seperti pada Simpson Bandit milik H. Dadang ini.

team AP SPEED Jakarta QTT (72)

Atau jika Anda bosan dengan warna dasar putihnya bisa membuat livery atau motif sesuai dengan pribadi atau warna kesukaan Anda masing-masing. Yang jelas racing helmet kelas premium ini lapisan luar nya terbuat dari carbon fiber, sementara lapisan dalamnya terbuat dari polystyrene atau polister (gabus),  dan lapisan busa. Sementara sudut pandang pada auto racing atau balap mobil, sudutnya lebih kecil (lebar kaca). Dimaksudkan untuk lebih jelas dan fokus melihat ke track. Inilah alasannya kenapa helm khusus balap mobil tidak boleh dipakai oleh pengendara motor di jalan raya, karena sudut pandangnya terbatas. Dan juga helmet untuk mobil harus ditest kekuatannya dengan roll cage. Nomex (lapisan anti api)  juga termasuk dalam menu helm mobil.

arya karistianto ab motorsport etcc isom 2013 (10)

Jika dulu helm hanya berupa sebuah kulit yang diikatkan kepala dengan kacamata pesawat pada jaman world war 1 (awal 1900) yang sangat teramat tidak safety. Lalu mulai berbentuk keras dan half face (menggunakan helm football and pemadam kebakaran era 20’s/30’s), dan a hingga akhirnya tahun 50’an lahirlah helm khusus balap mobil  yang terbuat lapisan tempurung yang keras. Namun motorsport atau mobil dari tahun ke tahun, masa ke masa  semakin bertambah kencang. Resiko cedera hingga meninggal pada pembalap pun semakin hari semakin besar. Ingat ngebut itu ibadah, semakin ngebut semakin dekat dengan Tuhan. Yang berarti your Game Over. Oleh karena itu selain penemuan carbon fiber pada helmet, nomex atau anti api pada race suit, kini hadirlah HANS device.

arya karistianto ab motorsport etcc isom 2013 (39)

HANS yang merupakan singkatan dari Heck And Neck Support ini adalah sebuah alat pelindung untuk mengurangi cedera dari benturan atau goncangan pada kepala dan leher sewaktu terjadinya kecelakaan tabrakan pada balapan. HANS sendiri biasanya terbuat dari carbon-fiber. Namun dalam perkembangannya HANS saat ini dilapisi oleh lapisan nomex atau anti api.

IMG_7768

Inilah yang saya suka dari sebuah helmet, yaitu livery atau personal livery. Ingat helm nya Ayrton Senna yang liverynya diambil dari warna bendera Brazil. Maka Anda bebas berekspresi dengan helm Anda sendiri.

Kembali ke HANS. Cara kerja HANS adalah menahan kepala supaya tetap ditempat atau bersandar kepada bucket seat selama mobil terjadi benturan atau tabrakan keras.

perfourm.com helmet madness (41)

Biasanya tabrakan keras itu membuat kepala akan maju ke depan akibat momentum tabrakan ke depan, sementara tubuh terikat di seat akibat seat belt.

perfourm.com helmet madness (46)Yang akhirnya menyebabkan sebuah penyakit tengkorak yang bernama basilar skull fracture. Sebuah penyakit yang menyebabkan beberapa lempengan atau lapisan dasar tengkorak manusia bergeser atau berpisah.

perfourm.com helmet madness (48)Bingung? Saya juga bingung, bahasa gampangannya tengkorak kita ini terdiri dari 6 lempeng atau bagian. Nah ketika tabrakan mobil condong berhenti, namun gaya momentum condong memaksa tubuh kita maju ke depan, sementara badan kita terikat dengan seat belt, kepala kita lah yang maju dengan kencang. Akibatnya ya itu, mungkin retak hingga lepas dari kesatuannya. Sehingga bisa menyebabkan pembuluh darah pecah, cacat, hingga kematian.

perfourm.com helmet madness (49)

HANS sendiri mulai diciptakan oleh Dr. Robert Hubbard, salah seorang professor biomechanical Enginnering di Michigan State University, tepat setelah salah satu temannya tewas di balapan. Contoh paling gampang pembalap F1 Ayrton Senna yang meninggal akibat penyakit pergeseran lempengan tengkorak kepala itu. HANS Sendiri baru secara resmi dipakai di F1 pada tahun 2013. Kini hampir setiap auto racing menggunakan alat ini.

perfourm.com helmet madness (50)

Harganya sendiri untuk HANS devices ini sekitar belasan juta.

perfourm.com helmet madness (24)

Kembali ke racing helmet, dalam rangka menunjang HANS device. Biasanya  beberapa helmet sudah mengaplikasi HANS ready berupa tempat untuk pegangan Hans

perfourm.com helmet madness (23)Sedangkan bundaran logam atau besi yang menempel pada helm biasanya dijual terpisah ataupun sudah menyatu dengan helm.

DSC_0972Tapi ada beberapa motorsport yang rada bandel tidak memakai HANS devices. Salah satunya adalah Drifting. Seperti Senseinya Michael aka Mad Mike, Takahiro Ueno dari team Vertex D1 GP Japan, yang melatihnya di Fuji Speedway 2013 yang lalu.

perfourm.com helmet madness (63)Race suit, Racing shoes, underwear, gloves, balaclava, and  a racing helmet. Menurut saya inilah uniform paling macho dan gentle di dunia ini.

tomahawk ap speed race day sentul (66)Dibawah ini adalah beberapa sisi human interest yang saya temui di berbagai sirkuit mulai dari drag race di Surabaya, Sentul, hingga event time attack di Sepang Malaysia. Dan inilah salah satu kegemaran saya memphoto para pembalap yang memakai helm fullface, dan merupakan beberapa photo terbaik saya. So enjoy, photo yang membuat para pembalap lokal terlihat seperti pro F1 driver.

Rio. R. Bramantio – AP Speed Surabaya

perfourm.com helmet madness (33)

Yudha Aditya Nugraha – Myb Racing Team, Samarinda

Tomahawk Ap speed round 4 (34)

Fany – AP Speed, Palu

perfourm.com helmet madness (36)

Fatahillah “Ustad” – AP Speed, Malang

perfourm.com helmet madness (61)

Firhando Gumelar – Speed Freak, Surabaya

perfourm.com helmet madness (7)

Siswanto – GATI Sport 2 Racing Team, Jakarta

perfourm.com helmet madness (59)

Eee…that’s me guys

flash ap speed eg6 race day (47)

M. Herdy – AP Speed, Jakarta

nyonk

That’s me… again…

perfourm.com helmet madness (28)

Some Bandit guys… in Surabaya

arya karistianto ab motorsport etcc isom 2013 (55)

Arya Karistianto – AB Motorsport, Jakarta

arya karistianto ab motorsport etcc isom 2013 (57)

Arya Karistianto – AB Motorsport, Jakarta

time to attack sepang ! 2013 round 1 (65)

Malaysian or Singapore racer at Time To Attack Sepang 2013

Drag Sentul 2013 round 2 (20)

Hendra – Wisesa Motorsport, Jakarta

the tiga is back (31)

H. Dadang – Tiger Auto Racing, Karawang

perfourm.com helmet madness (4)

Vidi – CPNK team, Jakarta

perfourm.com helmet madness (69)

Luckas – Engine+, Jakarta

sentul darg 2013 round 3 (77)

Demas Agil – DEM’S, Jakarta

perfourm.com helmet madness (2)

Iqbal – Sigma Speed, Jakarta

AP SPEED drag jambi 2013 (63)

Aik – AP Speed, Jakarta

AP Speed race day sentul  (40)Amec – AP Speed, Malang

arya karistianto ab motorsport etcc isom 2013 (45)

Jimmy Lukita – Forza, Jakarta

perfourm.com helmet madness (30)

Unknown – Smurf, Sidoarjo

sentul darg 2013 round 3 (93)

Ebel – Wisesa Motorsport, Jakarta

flash ap speed eg6 race day (87)

Oyot – AP Speed, Jakarta

AP Speed race day sentul  (54)

So meskipun Anda memakai helm full face lebih terlihat seperti seorang kosmonot atau astronot yang hendak fly me to the moon. Tak ada salahnya Anda bisa bergaya “Jempol atau OK”

Rio R Bramantio – AP Speed, Surabaya

time to attack sepang ! 2013 round 1 (43)

“Peace”

Steve Toh – at Time To Attack Sepang 2013, Malaysia

time to attack sepang ! 2013 round 1 (35)

“OK”

Leona Chin Lyweoi – Team Prince Lubricants, Malaysia

sentul darg 2013 round 3 (76)

Tersenyum

Demas Agil – DEM’S, Jakarta

time to attack sepang ! 2013 round 1 (83)

Atau bahkan main mata dengan saya. I’m so sory Akina, I still love women and read FHM.lol. So guys, beli racing helmetnya, dan tunggu kedatangan saya.

Akina Teo – Team ST Wangan, Malaysia

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our Facebook Fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

Comments

comments!