ENGLISHMAN IN SUROBOYO : INDONESIA MINI CLUB SURABAYA BLOODY MORNING RUN

2001

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (60)

I don’t drink coffe I take tea my dear. I like my toast done on one side. And you can hear it in my accent when I talk. I’m an Englishman in New York. Yes it’s a Bloody anthem song from Sir Sting yang menemani saya membaca buku pelajaran baru a.k.a catalog  dari Showroom MINI Surabaya mengenai salah satu mobil iconic dan Legend sepanjang sejarah dari UK yang sudah bermutasi ini (selain si VW kodok). Karena MINI Surabaya rencananya sebentar lagi akan di grand opening di LenMarc Surabaya . Dan my new adventures dengan pabrikan asal UK ini pun segera  dimulai dengan morning run bersama Indonesia MINI Club Surabaya. Saran saya sambil membaca artikel MINI saya ini, Anda sebaiknya mendengarkan lagu dance yang berbpm rendah sekelas lounge. Sehingga Anda bisa masuk ke dunianya MINI dan feel the soul of  joy MINI world.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (2)Morning call saya pada minggu pagi itu adalah 6 a:m in the morning. Dimana hampir sebagian besar masyarakat kota Surabaya masih hang over akibat malam minggu, atau sudah bangun dan berlatih jurus Tai Chi nya Jet Lee

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (3)Morning call pada jam 6 pagi ini bertempat di sebuah mall di kawasan east cost atau Surabaya Timur. Dimana saya dan Adhy datang  a lil bit late , karena kami berdua sibuk dyno test di toilet. Morning Run pagi itu diikuti oleh sekitar 7 anggota Indonesia MINI Club Surabaya, dan 2 anggota baru yang merupakan teman saya yang saya ajak untuk ikutan acara pagi ini (Rio dan Deddy)

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (5)

What are u looking at..Punk?

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (4)

Tak memakan waktu lama, begitu sampai di lokasi, sayapun langsung melakukan early briefing mengenai rules, juga do and don’t nya selama morning run ini kepada IMC Surabaya.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (6)

Saya pun membagi tugas atau battle position dalam morning run pagi itu. Adhy pun mengambil posisi di 184 hp MINI Cooper S Cabrio milik Arka yang juga salah satu temannya.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (7)

Rombongan MINI pun mulai meninggalkan meeting point 1 sekitar jam 6 :15 dan mulai menuju rally point kami yaitu Bebek goreng Sinjay di pulau Madura.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (8)

Morning run pagi itu diikuti hampir seluruh line up MINI yang ada di buku catalog nya. Mulai dari MINI Cooper, MINI Cooper S, MINI Cooper S Cabrio, MINI Coupe.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (43)

Hingga MINI Cooper S Clubman

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (10)

And everybodies love the MINI. Sepanjang jalan, pasukan MINI ini selalu menjadi pusat tontonan orang dan menjadi show stopper. And they are always smile while looking at us. Mungkin pikirnya bentuk mobilnya lucu-lucu alias cute.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (45)

Dan seperti biasa bad habit antara saya dan Adhy ketika liputan adalah saling memphoto. Sementara Adhy berada diatas MINI Cooper S Cabrio

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (11)

Saya pun berada diatas MINI Cooper S milik Deddy

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (46)

Kami pun 500 M dari gerbang tol Suramadu

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (12)

Saya pun memberitahukan kepada Arka bahwa kita harus menepi terlebih dahulu di area pos polisi, sebelum akhirnya masuk ke dalam Jembatan Suramadu,  untuk briefing atutan main photo shoot di atas Jembatan sepanjang.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (13)

Saya pun memulai briefing dengan kode etik dalam photo morning run baik di jalan tol atau pun dalam kasus ini jembatan Suramadu. Ada rules atau do and don’t nya yang harus di patuhi suapaya acara run kali ini bisa berjalan lancar. Terutama selamat hingga pulang kerumah. You know lah, kita berurusan dengan speed, formasi, dan pengguna jalan lainnya.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (14)

Meet Arka, salah satu anggota IMC Surabaya yang pada pagi hari itu yang mewakili Robin sang ketua IMC Surabaya.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (15)

Arka yang pada hari itu menjadi leader berada di barisan paling depan dalam urusan bayar membayar jalan tol pagi hari itu.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (48)

One way tiket untuk menikmati perjalanan dari kota Surabaya ke pulau Madura melewati Jembatan sepanjang 5 km ini adalah Rp. 30.000. yang berarti kalo tiket pulang perginya Rp.60.000. Masih termasuk murah daripada pada awal grand openingnya yang tiket masuknya sekitar Rp.60.000 untuk sekali jalan.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (16)

Dan perburuan kami pun dimulai diatas jembatan terpanjang di Indonesia ini (5.438 m/5.43 km)

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (17)

Indonesia MINI Club Surabaya sendiri sampai saat ini officially belum diresmikan. Karena sejarah atau awal mulanya dimulai dari Robin Fang yang memulai mengumpulkan owner MINI dari kota Surabaya dari sebuah forum website otomotif. Yang ternyata ke-3 orang tesebut, Muhammad, Yohanes, Erik The MadMINI sudah menjadi anggota Indonesia MINI Club Jakarta namun tidak aktif, karena perbedaan kota. Saya juga baru tahu kalo Erik teman saya yang dulu mengantarkan saya ke HKS Garage-R Singapore pada tahun 2012 yag lalu ikut club ini.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (18)

Akhirnya dengan berbekal sebuah kartu nama Robin Fang mulai bergerilya dan berburu owner mobil pabrikan  ini  di hampir setiap parking lot mall dan tempat gaulnya anak-anak Surabaya. Akhirnya lambat laun terkumpullah hampir sekitar 16 orang pemilik MINI di kota Surabaya.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (19)

Walaupun secara officially belum di lounching, namun IMC Surabaya ini sudah menerapkan iuran tahunan bukan bulanan seperti club mobil lainnya. Yaitu sejumlah 1,5 juta rupiah/tahun, yang sudah termasuk kemeja, t-shirt, kaos, topi, pin grill, dan sisanya untuk acara club. Agenda atau ritual  2 minggu sekalinya adalah kumpul-kumpul bersama di mall atau restaurant. Sementara monthlynya atau setiap 1 bulan sekali mereka mengadakan morning run.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (22)

Dan range umur orang dibalik kemudi setiap MINI di IMC juga menarik, yaitu umur 15 – 45 tahun. But whatever your age, yang namanya berada dibalik kemudi MINI Cooper S Cabrio ini akan membuat boy’s will always be a boys yang  seorang sun worshippers.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (52)

And Adhy love to  feel the wind rush through his hair

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (53)

Kamipun melewati bagian tengah jembatan yang dibangun dengan total dana sebesar 4,5 Triliun rupiah ini. But wait kenapa kita tidak menepi atau berhenti ditengah jembatan?

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (23)Tapi malah pake  acara rada ngebut, bukan saya tapi rombongan terdepan

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (24)

Merasa kebablasan. Saya pun mengejar Arka yang berada dibarisan paling depan. “Woy…kita kebablasan. Bukannya kita pake acara berhenti ditengah jembatan dan take a pictures?” Arka dengan polosnya menjawab “ Loh ..iya ta mas? Ta kira ga berhenti?”. Me…palm face mode on.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (55)Akhirnya ibarat seorang atlet terjun payung yang lomba ketepatan landingnya, kamipun landing di bagian penontonnya kalo perlu jurinya sekalian

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (25)

But the show must go on. Kami pun tetap melanjutkan acara photo session dengan pemandangan ala kadarnya. Yang penting bagi saya dan Adhy, tempat bukanlah masalah, selama batrei dan memory card kami masih jaya di udara.

Rio Indonesia MINI  Club Surabaya Morning run (3)

Bukan hanya saya saja yang mencoba mengabadikan emergency stop kami pada pagi hari itu, termasuk juga Rio The Flash yang pagi hari itu memakai MINi T-shirt. Yes he’s a MINI merchandise maniac.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (26)

Yes Rio The Flash yang biasanya Anda kenal orang dibalik 370 hp  ALL MOTOR The Flash AP Speed EG6 ini, ternyata seorang MINI lovers. Mulai dari old school mini cooper Mr. Bean, hingga MINI Cooper terbaru. Makanya tak membutuhkan waktu lama mengajaknya untuk ikut morning run ini.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (56)

Tapi satu yang pasti. Anda bisa melihat Danger ! datang kearah saya. Dan Danger! Itu datang dengan kecepatan cukup tinggi mengingat ini adalah high way dan juga dia sudah bermain mata menyalakan lampunya kepada saya. Hanya beberapa detik kemudian saya melakukan kesalahan yang tolol, yaitu berlari ke depan atau menyebrang bukan stay di pinggir jalan. Saya ingat setelah mobil itu melewati saya , lalu sedikit mengerem, dan terdengarlah lagu merdu khas orang Suroboyo yang berupa nama makanan….pecel pinCuk ! atau saudaranya Jangkrik ! Dan saya pun berhasil diketawakan oleh Deddy atas aksi konyol saya tadi.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (58)Back to the MINI mobile. Kami pun melanjutkan perjalan kami menuju pulau Madura. Ada Adhy yang sudah mengarahkan kamera Canon 1000D nya kearah barisan MINI di depannya

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (27)And we start rollin again

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (60)

So apa yang membuat mobil yang nenek moyangnya dulu diproduksi British Motor Corporation pada tahun 1959, yang akhirnya di pegang oleh BMW dengan bermutasi seperti X-Men pada tahun 2001 hingga menjadi look so damn bloody awesome and bloody temptation?

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (61)

Some say.. it was best British export since the 007, British  Rock, Punk, Tea, Football, and off course the WAG’s.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (63)

Some say.. it was fun to drive and feel like a street legal gokart

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (28)

Some say… it can boost up your serotonin and 5-hydroxytryptamine hormone. So can feel more happiness and boost up your self confidence when driving a MINI.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (29)

Some say..it’s seen by the people and the photographer as the iconic and pop art masterpieces from the 21st century

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (64)

Tapi apapun kata orang ataupun kabar burung diluar sana mengenai MINI. Menurut saya dan sebagian besar orang didunia ini mengatakan “ This car is cute” dan sangat eye catching ketika berada di jalanan kota Surabaya atau pun Indonesia diantara ribuan mobil sejuta umat. Dan satu lagi gear yang wajib dipakai ketika driving your lovely MINI… a sunglass.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (66)

Saya sudah sering memphoto morning run ataupun rolling car dengan driver berada dibalik kemudi dan menggunakan kacamata, namun tidak tampak se badass pengemudi MINI.

Rio Indonesia MINI  Club Surabaya Morning run (4)

Sepertinya antara mobil dan orangnya menyatu dalam photo ini, ada soul didalamnya. Just take a look to this photo. Anda bisa melihat aura yang dikeluarkan oleh tampang MINI yang cute namun pop art khas Brithish accent. Hingga mampu membuat drivernya seperti seorang rockstar dari sebuah band Brith Rock.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (67)

That’s why some say… it won North American Car of The Year award in 2003, Top Gear Small Car of The Year 2006, and 2013 International Engine of The Year  Awards for the 184 hp/ 135 kw 1.6 liter four cylinder TwinScroll Turbo engine.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (30)

Sayangnya acara morning run kami pagi hari itu terhenti sejenak karena adanya kecelakan pada jalan utama yang mengubungkan antara jembatan Suramadu ke pulau Madura.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (31)Dan juga beberapa truck yang  terlihat sedang bermasalah dengan ban mereka

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (68)

Tetapi karena tadi saya bilang ..some say it’s seen as a street legal gokart yang mempunyai weight-to-power ratio  dan handling awesome layaknya gokart

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (32)

Kenapa MINI seperti street legal gokart? Tidak perlu pusing-pusing pakai rumus E=MC², cukup pakai rumus weight-to-power ratio yang sangat simple hingga anak TK atau SD saja sudah bisa menghitungnya, yaitu berat mobil : horsepower. Hasilnya 1148 kg/ 184 hp = 6.23913. Jadi hasilnya adalah 1:6 (Mini Cooper S). Jika MINI Cooper S JCW edition malah lebih gila yaitu 1:5. Yang berarti akal sehatnya mobil kecil dan ringan dijejali mesin dengan tenaga besar. Hasilnya? Ya seperti yang Anda lihat di 2 poto Speedometer ini, need for speed. Jika Anda pikir hanya anak-anak sport Jepang atau exotic car saja yang doyan full throttle, MINI juga. Bahkan meskipun mobilnya kecil-kecil namun gesit hingga saya sendiri susah mendekati mereka ketika dalam formasi ngacir. Saya bahkan tak bisa melihat tail lights mereka, karena saking kencang dan gesitnya. Akselerasi dari 0-100 km/jam nyajuga cukup kencang yaitu 10.4 detik (cooper), 7,2 detik (Cooper S), dan 6 detik (JCW). Benar-benar kecil-kecil cabe rawit dengan 6 speed automatic gearbox. Bahkan pada jenis R53  MINI Cooper S menggunakan 6 Speed Getrag Gearbox.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (34)Setelah menempuh perjalan sekitar 30 menit yang penuh dengan adrenaline, tibalah kami di rally point kami. Cabrio pada MINI ini bisa membuka dan menutup hanya dalam waktu 15-20 detik

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (69)Yaitu Bebek Goreng Sinjay yang terletak di daerah Bangkalan pulau Madura

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (77)

Karena kami berangkat dari Surabaya jam 6:30, sementara Bebek Goreng Sinjay baru buka jam 7:30 pagi. Jadilah saya bersama anak-anak Indonesia MINI Surabaya menjadi sebagai penglaris atau 1st customer.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (81)

Pagi itu morning run IMC Surabaya sendiri termasuk yang paling lengkap dan banyak diikuti oleh anggotanya yang bisanya hanya 4-6 mobil saja yang muncul dari 16 total anggotanya. Kali ini 9 mobil dengan line up yang cukup lengkap minus JCW edition hadir disini. Seperti dari Kiri ke kanan: MINI Cooper S, MINI Cooper S Coupe, dan MINI Cooper. Khusus MINI Cooper  merupakan line up paling dasar dari varian MINI Hatch. Anda bisa melihat di hoodnya Anda tidak melihat air scoope seperti 2 MINI di sebelahnya. Yang berarti, it’s a N/A atau Natural Aspirated engine yang hanya mampu menyemburkan tenaga sebesar 118 hp. Sementara yang sebelahnya ada embel-embel S dan air scoope, yang berarti engine 1.6 liter engine nya dijejali dengan Twin Scroll Turbo yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 184 hp.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (70)

Setelah pertama kali lahir pada tahun 1959 dan menjadi bagian dari pop culture British ala The Beatles,  yang bersaing dengan si VW Kodok yang menjadi symbol Hippies atau generasi bunga (Flower generation at 60’s). Di tahun 2001, Mini pun berevolusi atau bermutasi menjadi MINI di bawah bendera BMW.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (71)

Bentuk dan ukurannya pun beremutasi menjadi lebih besar, namun tetap mempertahankan pattern Mini classic berupa head lampnya yang bundar, chrome grill, bentuk bodynya, dan british accent nya.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (82)

Di Indonesia sendiri untuk officially club dari MINI adalah Indonesia MINI Cooper yang terbentuk pada 29 Februari 2012 di kota Jakarta. Sementara untuk chapter Surabaya sendiri belum officially  di lounching, meskipun secara anggota mereka sudah cukup untuk dibilang club.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (75)

Satu hal yang selalu tak bisa lepas dari this little tinny winy  car adalah Union of Jack atau bendera Inggris. Entah itu di di door mirror, kaca spion tengah, fender, body samping, bahkan roof., it’s all Brithish accent. Tak lepas juga Arka menambahkan godfathernya tuner resmi dari mini jaman bahula hingga sekarang, yaitu John Cooper. Kini Anda tahu nama Cooper dibelakang MINI diambil dari mana. Bahkan nama tuner ini juga di abadikan dalam varian MINI paling hardcore yaitu MINI  JCW edition (John Cooper Works). Seperti dalam BMW ada M series, Benz dengan AMG, dan Honda dengan Mugen Power.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (72)

Dari 9 mobil yang mengikuti morning run pagi hari itu ada beberapa yang merupakan special edition. Seperti MINI Cooper S Mayfair 2009 yang merupakan edisi untuk memperingati Mini yang ke 50 tahun. Interior dan eksteriornya juga didominasi warna coklat

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (84)

Lengkap dengan MINI 50th badges dan classic rally beam lights pada grill nya

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (74)

Lalu ada limited edition MINI Cooper S Park Lane yang merupakan special Hongkong edition.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (85)

Dimana Park Lane tahun 2007 ini dilebur dengan warna exclusive Royal Grey metallic paint. Sementara pada rims nya, 16” Bridge Spoke alloy wheelsnya sudah diganti dengan Works Miester S1 yang dibalut Toyo DRB tires.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (36)

Mari kita sedikit skip MINI nya untuk menikmati sarapan kami pada pagi hari itu.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (78)

This is it, nasi bebek goreng Sinjay Madura.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (37)Dan Anda tahu saya selalu terobsesi dengan makanan. Jadi ritual wajib saya sebagai seorang foodhunters atau foodnista adalah memphotonya terlebih dahulu

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (79)

Some say.. it’s the most delicious fried duck in the East Java. Apa she yang membuat orang bela-belain ke Madura hanya untuk makan bebek goreng seharga Rp. 15.000 ini? Jawabannya adalah daging bebeknya yang empuk dan juga full of spicy atau rempah yang menyerap hingga tulang-tulangnya. Ditambah lagi dengan nasi panas dan sambel pencit atau mangga mudanya. Any question?

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (80)

Dan waktunya untuk para anggota wanita dari IMC Surabaya membagikan bebek sinjay sebelum nasi dan bebeknya menjadi dingin.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (38)

Sambil menyantap bebek goreng sinjay sayapun berkenalan lebih dekat dengan anggota IMC Surabaya ini. Dan juga Rio dan Deddy yang saya ajak pagi hari itu juga ikut menyatu dengan anak-anak IMC Surabaya. Bahkan Rio dan Deddy tak menyangka bahwa Arka yang mereka ajak ngobrol adalah, Arka yang dulunya  mereka tahu ada anak SD suka nangis waktu gokart di sebuah mall dikawasan Surabaya Barat.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (73)

Setelah menyantap sarapan pagi kami berupa bebek goreng Sinjay, tak ada salahnya mengabadikan poto bersama dengan barisan MINI.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (88)

Bukan hanya anggota IMC Surabaya saja yang berphoto bersama MINI mereka, namun beberapa pengunjung Sinjay pun menyempatkan diri untuk berphoto bersama dengan mobil yang mereka kenal sebagai mobilnya Mr. Bean.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (91)

Atau meminta tolong kepada anggota IMC untuk dipotokan bersama agar dalam 1 frame bisa lengkap semua.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (93)

Tak lupa juga saya memphoto seluruh peserta morning run pada Minggu pagi itu.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (94)

Yang ternyata dari segi old song atau oldies, saya yang paling tua. Oleh karena itu so much fun and lough yang ada disini. Dan saya cukup menikmatinya, jadi ingat masa-masa muda saya dulu.

Rio Indonesia MINI Club Surabayaa

Saya pun memutuskan untuk mengabadikan mereka semua dalam 1 photo trademark Perfroum yaitu jump perforum. Belakangnya terlalu terang atau over karena waktu itu mendung, dan saya butuh flash untuk membuat terang. Biasanya saya tidak pernah menggunakan flash, namun ini terpaksa karena gelap dan saya butuh untuk mem freeze photo.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (89)

Berhubung Arka merasa haus setelah habis saya jemur dan suruh melompat, dia pun pegokart ini pun lantas memesan sebuah es degan.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (90)

Dan meminumnya langsung dari kelapa nya. Thirsty bro?

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (92)Lalu menjadikan MINI Cooper S Cabrio nya special edition dengan nama Coconut Edition

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (87)

Diantara MINI yang rata-rata hatchback dan ada 1 yang coupe, ada juga satu MINI Cooper S Clubman yang merupakan sebuah sports van, load lugger, dan mobil penumpang 4 seater yang nyaman. Tapi bagi saya terlihat seperti mobil jenasah

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (96)Tapi siapa sangka yang mengendarai MINI paling besar ini adalah seorang wanita yang juga pegokart, yang bernama Iin dengan adiknya

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (95)

Sementara Adhy tampaknya sudah lama tidak melihat hamparan sawah dengan padi didalamnya, hingga ia menjadi bolang atau bocah petualang di tengah sawah

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (43)

Adalah saya yang menuruh Adhy ke tengah sawah untuk memphoto barisan MINI yang pergi ke desa. Saya pun meminta kepada seluruh anggota IMC untuk memundurkan MINI mereka ke jalan setapak yang terletak di tengah sawah.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (40)

Tentu saja barisan MINI itu menarik perhatian anak-anak pedesaan di sekitar jalan tersbut

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (41)Dan tentu saja ibu-ibu yang berhenti sesaat karena jalannya diblock oleh pasukan MINI

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (39)

Sementara gerombolan bebek ini seperti ucapan “Cuek bebek” ya cuek saja melihat barisan MINI. Mungkin barisan MINI dianggap terlalu mainstream buat mereka, sedangkan pegawai Bebek Goreng Sinjay malah dianggap yang paling scary movie.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (42)

MINI going country

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (97)

Dan tentu saja everybody love the country road. Mungkin karena mereka sudah jarang bertemu dan berphoto bersama di pinggir sawah.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (98)

Karena ada beberapa motor yang mau lewat kamipun menudahi acara MINI goes to country.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (100)

Rio pun tampak sangat enjoy sekali dengan acara kali itu, meskipun dia rada kaget kalo dia menjadi yang tertua pada hari itu…sebelum saya tentunya.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (44)

Saya pikir antara MINI dan sawah menjadi suatu kombinasi poto yang menarik dalam satu frame. Antara tradisional bertemu dengan pop art. Seperti mengembalikan MINI Mayfair 50th edition ini ke 50 tahun yang lalu dimana Mini Classic pernah berjaya keluar sebagai juara WRC atau rally dunia di Monte Carlo 1964.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (107)Kami pun melanjutkan perjalan lagi kembali menuju ke kota Surabaya

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (108)

Karena jalan penghubung antara kota bangkalan dengan Jembatan Suramadu hanya berupa jalan lurus. Jadilah sekali lagi kami mengabadikan poto bersama.

Rio Indonesia MINI club SurabayaMINI on parades

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (111)

Dan tentu saja pake acara ngebut berjamaah

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (116)Kali ini saya bersama Darrel yang juga salah satu drifter di Showrockboyo Sideways dengan FT-86 superchargernya. Ada hal unik lainnya yang saya temukan ketika menjadi penumpang dari mobil Deddy dan Darrel. Mereka sama-sama mendengarkan some dance music sekelas Avici, Zeed, dan Swedish House Mafia.  Membuat driving experience kali ini menjadi awesome, seakan-akan inilah anthem ketika kita mengendarai MINI. Feel the MINI beat.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (2)

And I ride with the MINI’s

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (109)

Jika Mini classic diposisikan sebagai mobil ekonomi atau murah seperti program pemerintah yang bernama LCGC (Low Cost Green Car), maka MINI saat ini diposisikan sebagai mobil premium. Harganya sendiri untuk yang basic atau MINI Cooper adalah 547 juta (tidak ada air scoope pada hood). Sedangkan MINI Cooper S (ada air scoope) adalah 675 juta.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (114)

Sementara MINI yang bodynya rada bohay atau besar ini, MINI Cooper S Clubman bisa ditebus dengan harga 754 juta. Sementara dibelakangnya Clubman ada MINI Cooper S Coupe di bandrol seharga 825 juta.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (110)

Untuk limited atau editionnya sendiri seperti MINI Cooper S May Fair 50th Edition dulunya bisa mencapai 700 juta an.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run

Sementara MINI Cooper S Cabrio sendiri dengan budget sekitar 764 juta Anda bisa menikmati sun bathing, hembusan angin, dan juga street legal gokart sensastion.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (46)

But what ever your MINI is? Hanya satu kata yang bisa menggambarkan ketika kita mengendarai 184 hp ini…yaitu fun.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (115)

Ada satu soul atau aura yang di keluarkan oleh masing-masing mobil. Contohnya jika Anda mengendarai muscle car sejenis Mustang, maka Anda yang aslinya cengeng jadi macho. GT-R, Anda serasa pembalap yang bawaannya full throttle. Nah di MINI sendiri saya menemukan aura fun di dalamnya, dan menjadi suatu pribadi yang unik sesuai dengan karakter kita masing-masing.   Ada sisi jiwa seni dengan sedikit rebel, ala musisi PUNK atau pun British Rock.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (113)

Bahkan saya sendiri dan Adhy yang kebetulan hanya nebeng saja juga merasakan aura fun. Jujur saja dari sekian banyak saya melakukan morning run dan juga gonta-ganti nebeng mobil sport car. Hanya di MINI lah saya merasakan senyuman dan haha hihi sepanjang jalan.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (3)

Mungkin karena bawaan mobil satu ini bentuknya lucu dan pop art banget. Jadi kita saja yang melihat mobil ini jadi gemes atau kesengsem, apalagi kita yang berada di balik kemudinya atau jadi penumpangnya. Size does not matther here. MINI car, but  BIG fun inside.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (5)

Kami pun menepi  di depan pintu gerbang jalan tol jembatan Suramadu untuk melakukan koordinasi lagi pemotretan di atas jembatan Suramadu.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (6)

Which one do you like sir? The Hatch? Or the Clubman? Pintu Clubman sendiri terletak di pilar B yang cara bukanya mirip dengan pintu belakang  Mazda RX-8 yaitu Anda harus membuka dulu pintu depannya lalu terbukalah mini suicide door nya.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (7)

Ada pemandangan yang menarik sepanjang jalan menuju pintu tol Suramadu di Pulau Madura ini. Banyak sekali penjual tahu goreng yang berjualan sepanjang jalan akses masuk ke Jembatan Suramadu.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (8)Cara makannya pun gampang, Anda tinggal memilih mau memakan tahu seharga Rp.1000 dengan apa? Garam, petis, atau cabe rawit. Atau ketiga-tiganya dalam sekali hap? Boleh juga. Yang penting setelah makan, bayar. Ketika saya tanyakan sehari bisa habis berapa? Kalo ramai  sehari sampai 2 hari kata penjualnya bisa menghabiskan sekitar 1000 tahu itu berarti 1 juta rupiah. Modalnya pun hanya sekitar 300 rb, jadi ya keuntungannya sekitar 600-700 rb.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (4)

Untuk urusan style, bagi owner MINI yang sabagian besar masih teenage mutant ninja turtles ini merasa nyaman dengan t-shirt, short pant, dan juga sepatu. Ataupun khas ala orang Indo atau Surabaya. Sandal Japit.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (12)Selain terkenal dengan banyak oem (original equipment manufacture) accecories dari MINI yang bisa Anda pasangkan kepada mobil MINI Anda. Pabrikan asal UK ini juga terkenal akan life stylenya pada fashionnya yang simple, sporty, pop art, namun tetap elegant ala British accent.  Jika dulu MINI bekerja sama dengan pabrikan sepatu asal Jepang  Asics, maka saat ini apparel nya di handle oleh PUMA. Mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, MINI mempunyailine up produk yang akan menambah +5 HP Anda (Handsome Power).

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (13)

Pop the hood. Perbedaan yang juga tampak antara MINI generasi pertama produksi tahun 2001-2008  dengan 2008 ke atas adalah pada  bagian hood dan head lampsnya. Dimana jika MINI generasi ke-2  ini ketika ketika membuka hoodnya, maka headlampnya stay on the body.

 

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (11)

Tapi ketika Anda membuka MINI rakitan awal atau MK1, maka head lamp Anda hilang dibawa atau nyantol di hood Anda.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (10)

Sehingga terlihat seperti ini, no head lamp. Mesin Cooper S di generasi 1 dengan ke -2 juga berbeda. Ini lah alasan kenapa Cooper S dibuatkan Air Scoope ala  Subaru WRX STI. Karena mesin 184 hp 1.6 Twinscroll Turbo ini mengadopsi top mount intercooler, sehingga jalan satu-satunya untuk mendapatkan fresh air adalah membuat air scoope pada bagian atas  hoodnya.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (9)

Sementara pada MINI generasi ke-2, intercoolernya dipindah ke bagian depan atau front mount intercooler yang terdapat di front bumper. Namun karena Cooper S sudah identik dengan air scoopenya, ya kurang lebih senasib dengan Subaru WRX STI,  air scoopenya tetap dipertahankan pada hoodnya, meskipun tak ada lagi top mount intercoolernya. Mungkin bisa difungsikan untuk mendinginkan mesin.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (15)

Dan juga mendinginkan suasana. Remember, hanya pesulap yang mempunyai sertifikat dari MINI yang bisa melakukan adegan tidak berbahaya ini.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (16)

Kamipun bertemu dengan rombongan Harley Davidson yang sama seperti kami, barusan saja makan bebek goreng Sinjay.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (48)Kali ini dalam perjalan pulang saya bertukar posisi dengan Adhy. Sayapun menempati posisi Adhy di Cabrio, sementara Adhy di Hatch bersama Deddy

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (17)

Kali ini photo sessionnya berjalan lancar, meskipun tepat dibelakang kami sudah banyak kendaraan yang mengantri. Seperti yang Anda lihat, hampir semua line up MINI di Showroom ada disini. Mulai dari Coupe (merah), Cooper S (coklat), MINI Cooper (putih sebelah kanan), dan akhirnya Clubman (putih paling belakang)

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (49)

Kamipun mulai menuju kebagian tengah dari Jembatan Suramadu ini dimana Anda bisa melihat jalan pada bagian tengahnya melengkung ke atas, supaya kapal-kapal yang melewati Selat Madura bisa melewati jembatan ini.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (19)

Sayapun akhirnya merasakan hembusan angin dan tentu saja panasnya matahari ala Madura ini do atas Cabrio milik Arka ini.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (20)

Tapi mereka berdua terlihat enjoy the ride. Meskipun dari tadi pagi luluran sinar matahari dan sedikit gosong.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (33)

Akhirnya kami pun berhenti pas ditengah-tengah jembatan ini.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (52)Dan kali ini tidak kebablasan

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (31)

Kami pun mendapatkan bantuan dari bapak-bapak di PJR jalan tol Suramadu untuk mengamankan beberapa menit saja bahu jalan sebelah kiri

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (51)

Untuk memberikan kesempatan bagi saya dan Adhy untuk mengabadikan moment ini

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (27)

Sayapun lantas ke tengah jalan untuk mengambil angle yang ya bisa dibilang sedikit seni menggabungkan antara pilar tengah jembatan, kabel penyangga jembatan berwarna orange, dengan barisan MINI Cooper

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (28)

Sementara Arka wara-wiri maju mundur untuk memberitahukan bahwa finish morning run hari itu di Galaxy Mall.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (21)Sementara Adhy juga terlihat wara wiri dengan dat black mamba lens.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura (53)

Yang pasti, saya selalu curi curi pandang ke belakang ketika mengambil poto ini.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (29)

Maklum agar saya tidak kesrempet mobil yang kecepatannya cukup tinggi. Mengingat ini merupakan jalan tol.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (32)

Tak ada Tower Bridge seperti di London,  Jembatan Suramadu pun jadi buat MINI.

Indonesia Mini Club Surabaya morning Run to Madura

Rombongan pun melanjutkan perjalannya ke finish line yang terletak di tempat kami start tadi pagi.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (35)

Aneh memang, pada awalnya saya mengira pemilik atau anggota dari Indonesia MINI Club Surabaya ini adalah orang yang sudah mature atau setidaknya kuliah, yaitu diatas 20 tahun, mengingat it’s a premium car.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (36)

Tapi ternyata hampir sebagian besar anggotanya masih dibawah 20 tahun, dan bahkan ada yang duduk dibangku SMA, dan SMP. Jadilah saya pada hari itu terlihat paling tua sendiri. Itulah rahasinya kenapa saya selalu young at heart dan selalu awet muda, karena lingkungan saya isinya anak muda.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (37)

Kami pun tiba di mall di kawasan Surabaya Timur ini, dan mendapatkan jatah parkir paling depan atau premium.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (38)

Ada beberapa anggota yang pamit untuk pulang terlebih dahulu karena ada urusan keluarga, yaitu Rio.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (40)

Sementara 8 anggota yang lain menikmati dinginnya AC mall dan milkshake yang ditambah dengan chocolate droop.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (39)

Well, it was the most fun bloody morning run I ever done with this MINI boys.

Indonesia Mini Club Surabaya morning run (42)Dis is Nyonk signing out yaw….peace. Sorry Deddy and Adhy, kamera saya secara otomatis akan auto focus hanya pada handsome guy….peace.

 

For more info and join the Indonesia MINI Club Surabaya, please contact:

Deiphilla Artha

PH          : 081331080990

Idline    : deiphilla

BB           : 73E978D6

 

 

-Bayu Sulistyo |nyonk|

 

 

*Like us on our Facebook fanpage

*Follow us on our Twitter and Instagram : @perfourm

 

 

Comments

comments!